You are on page 1of 27

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt. yang telah
memberikan kekuatan dan keteguhan hati kepada kami untuk menyelesaikan
makalah mata kuliah Dasar-dasar pendidikan yang berjudul “Problematika
Pendidikan Di Indonesia Serta Solusinya. Sholawat beserta salam semoga senantiasa
tercurah limpahan kepada nabi Muhammad saw. yang menjadi tauladan para umat
manusia yang merindukan keindahan syurga.

Dalam penyelesaian makalah ini, penulis banyak mengalami kesulitan,
terutama disebabkan kurangnya ilmu pengtahuan. Dan minimnya referensi yang ada.

Kami menyadari, sebagai seorang pelajar yang pengetahuannya tidak
seberapa yang masih perlu belajar dalam penulisan makalah, bahwa makalah ini
masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik
dan saran yang positif demi terciptanya makalah yang lebih baik lagi, serta
berdayaguna di masa yang akan datang.

Besar harapan, mudah-mudahan makalah yang sangat sederhana ini dapat
bermanfaat dan maslahat bagi semua orang.

Wasalamu'alaikum Wr.Wb

Purwakarta, Mei 2016

Penyusun

i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ................................................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................................................... ii

A. Hand Tools Beserta Contohnya ................................................................... 1
B. Power Tools Beserta Contohnya ................................................................. 5
C. Alat Keamanan Kerja .................................................................................. 11
D. Pengertian Keamanan Kerja ........................................................................ 16
E. Manfaat Keamanan Kerja ............................................................................ 18
F. Alat Ukur di Bengkel Otomotif ................................................................... 19
G. Alat Ukur yang Menggunakan Mesin ......................................................... 24

ii

Kunci Ring ( Box Wrench ) Fungsi Daripada Kunci Ring ialah untuk membuka baut/mur dengan memutar ke arah kanan. dalam perkakas dan di tempat yang aman  Hindari dari sinar matahari secara langsung  Berilah WD Secara rutin  Hindari dari tempat yang lembap agar tidak terjadi pengikisan atau korosi secara langusng kepada kunci tersebut 2. HAND TOOLS BESERTA CONTOHNYA Sesuai dengan namanya hand tools atau alat-alat tangan yaitu peralatan di bengkel/workshop yang bisa digunakan menggunakan tangan atau tanpa energi lain seperti listrik atau bahan bakar. simpanlah kunci pas di dalam lemari.A. dalam perkakas dan di tempat yang aman  Hindari dari sinar matahari secara langsung  Berilah WD Secara rutin  Hindari dari tempat yang lembap agar tidak terjadi pengikisan atau korosi secara langusng kepada kunci tersebut 1 . Kelayakan nya dilihat di kepala kunci itu sendiri jika kepala kunci pas itu haus atau dol maka kunci itu tidak akan bisa digunakan. Open Wrench ( Kunci Pas ) Fungsi Daripada Kunci Pas ialah untuk membuka baut/mur dengan memutar ke arah kanan. Perawatan :  Jika Selesai digunakan.Di sebuah bengkel hand tools sangat banyak macamnya. Kelayakan nya dilihat di kepala kunci itu sendiri jika kepala kunci ring itu haus atau dol maka kunci itu tidak akan bisa digunakan. simpanlah kunci pas di dalam lemari. Perawatan :  Jika Selesai digunakan. 1. Berikut beberapa jenis hand tools yang ada di workshop/bengkel. Jika ingin mengencangkan maka putarlah ke arah kiri.Jika ingin mengencangkan maka putarlah ke arah kiri.

Kelayakannya dilihat dari mata ujung kunci L kalo patah atau aus maka tidak bisa di gunakan. selain itu kunci ini lebih mudah dikarenakan tidak perlu menggunakan tenaga yang tidak terlalu besar seperti kunci pas dan ring. 4. Kunci Kombinasi ( Standard Combination) Kegunaan kunci ini ialah penggabungan funsgi kunci pas dan ring. dalam perkakas dan di tempat yang aman  Hindari dari sinar matahari secara langsung  Berilah WD Secara rutin  Hindari dari tempat yang lembap agar tidak terjadi pengikisan atau korosi secara langusng kepada kunci tersebut 2 . Kelayakannya diliha dari penyetel rahang kunci inggris dan dilihat dari mulut kunci itu sendiri. Kunci L ( Allen Wrench ) Kegunaan kunci ini ialah untuk membuka/ melepaskan baut yang kepalanya bautnya menjorok ke dalam seperti di tang sepeda. simpanlah kunci inggris di dalam lemari. Ukuran kunci ini antara 2mm . 5.3. Kunci Inggris ( Adjustable Wrench ) Kegunaan kunci ini ialah untuk membuat baut/mur yang tidak bisa dilakukan oleh kunci pas/ring.22 m. Perawatan :  Jika Selesai digunakan. Kunci ini lebih simpel dikarenakan kunci ini saling mengisi kekurangan diantara dua kunci tersebut.

Obeng Obeng terdiri dari obeng plus (+) dan obeng minus (-) Kegunaan obeng ialah untuk membuka/memasang sekrup + dan sekrup .6.macam kunci socket :  Kunci Soket. Macam . melepaskan sambungan pada propeller shaft dsb. dll Kelayakan dilihat dari mata obeng itu jika mata obeng itu bengkok maka tidak bisa digunakan.pada kompone-komponen tertentu pada bagian motor seperti pada lampu kepala. 3 . dan untuk melepas pengikat seperti sekrup. Perawatan Jika selesai digunakan tarulah obeng di tempatnya agar tidak hilang 7. 8. Kunci Soket ( Socket Wrench ) Kunci Socket ialah kunci yang terdiri dari beberapa kunci dimana kegunaannya ialah untuk membuka baut/mur yang jauh dan tidak terjangkau oleh tanga sperti berada di dalam mesin bagian dalam.dsb. Palu ( Hammer ) Kegunaan benda ini ialahh untuk memukul atau memasang dan melepaskan komponen komponen mesin seperti pada pemasangan bearing. Kelayakan dilihat dari kepala palu dan tubuh palu. jika ingin memakai peralatan ini perhatikanlah posisi tersebut. pelindung radiator. biasanya digunakan untuk menjadi tumpuan untuk memukul barang.

Adaptor Solit Extension Bar. Ratchet Handle.  Extention. digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan kepala baut/mur dengan cara menyetel arah putaran sesuai keperluan tertentu.  L handle. digunakan untuk melepaskan atau mengencangkan baut/mur yang berada pada jauh dari jangkauan tangan. Cth : Universal Joint. 4 .  Speed Handle. digunakan pada socket dan dapat bergerak leluasa bebas meskipun kepala baut/mur berada pada posisi rumit. digunakan untuk menghubungkan antara handle dengan kunci sok jika mur/baut tidak dapat dijangkau oleh tangkai yang ada.

Untuk mengatur ukuran chuck. Tombol trigger lock terdapat di permukaan bawah handle atau di dekat trigger. Chuck membuka dan menutup sesuai dengan ukuran mata bor (drill bit) yang berbeda. Peralatan ini harus sesuaidengan pemilihan kebutuhan. Tombol (trigger) terdapat pada handle yang mengendalikan operasi bor. Portable drill umumnya berbentuk pistol besar. ukuran motor (hp). Bor dapat digunakan digunakan untuk reamer. hidrolis. berlawanan arah jarum jam untuk membuka. Chuck key diputar searah jarum jam untuk menutup. dan kecepatan (rpm). dengan drill cover terbuat dari plastik atau logam. dan mengencangkan sebuah chuck key dimasukkan ke dalam lubang kecil pada chuck. Bor Listrik Portabel (Portable Electric Drill) Bor listrik portable atau disebut juga bor tangan memiliki spesifikasi berdasarkan ukuran chuck. mengamplas atau mengkilapkan permukaan. Untuk membantu pekerjaan elektromekanik. POWER TOOLS BESERTA CONTOHNYA Power tool / peralatan bertenaga Power tool atau peralatan bertenaga adalah peralatan yang dioperasikan tidak dengan tenaga manusia namun dioperasikan dengan menggunakan listrik. Penggunaan utama adalah untuk membuat lubang. angin. Berikut beberapa jenis power tools tools 1. Tool ini dibuat cukup ringan untuk dipegang dengan satu tangan dan mudah untuk dioperasikan. Terdapat lubang udara kecil untuk inlet dan outlet pada rumah bor (drill case) sehingga memungkinkan udara mengalir melalui motor. untuk mengebor base plate kita gunakan mata bor hole saw. Chuck berada pada ujung drill. Di atasnya terdapat sebuah plat serial number dengan informasi tingkat kecepatan (rpm). Flexible Extension Bar B. Misalnya bor yang digunakan untuk mengebor pcb dan mengebor base plate tentu saja berbeda. Peralatan ini tidak bisa berfungsi jika tidak terkoneksi dengan listrik. Jenis material yang akan dib or 5 .

lepaskan key chuck sebelum mulai mengebor. Jika tidak melepaskan key. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan  Besarnya torsi yang dihasilkan air drill ditentukan oleh tekanan sistem udara yang mengalirkannya. Drill akan memberikan hasil yang lebih baik apabila digunakan sesuai dengan kecepatan yang tepat. Misalnya. 2. Beberapa perlengkapan dan assesoris memungkinkan drill digunakan untuk banyak tujuan lainnya. Tombol trigger lock menahan trigger dalam posisi “on” ketika drill digunakan untuk mengamplas. Kekuatannya sebanding dengan battery powered drill. Bor Angin (Air Drill) Bor angin (Air dril)l digunakan dalam lingkungan dimana electric drill tidak aman untuk digunakan. drill bit menggunakan key chuck. Pastikan bahwa semua bolt dan fitting terpasang dengan kuat. menentukan jenis mata bor (drill bit). Pastikan untuk memegang drill dengan hati-hati sehingga tidak merusak drill bit atau perlengkapannya. Periksa kabel listrik apakah ada yang terkelupas dan mengalami kerusakan lainnya. Periksa operasi trigger dengan melepaskan plug. 6 . Drill yang baik memiliki Putaran balik (reverse variable speed). Setelah mengencangkan drill bit di dalam chuck dengan key.  Air drill lebih kecil dan berputar dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada electric drill. Jangan menggunakan tool dengan kemampuan kecil untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh heavy duty tool. Kecepatan variable membuat operator dapat memperlambat kecepatan drill untuk memasukkan screw. mengkilapkan atau membersihkan bagian yang kasar agar menjadi halus. Perawatan Jagalah kebersihan drill dari kotoran dan oli. Keselamatan Kerja Pada gambar di atas. percikan api dapat menyalakan cairan yang mudah terbakar. Karena air drill bergantung pada udara bertekanan maka drill ini tidak sekuat electric drill walaupun berputar secepat electric drill. Jagalah agar area kerja bersih. maka key dapat terlempar dari chuck dan menyebabkan cidera. Gunakan hanya chuck key untuk mengencangkan chuck.

Portable power grinder digunakan di tempat yang tidak memungkinkan untuk mencekam benda kerja di pedestal grinder. Body grinder dapat terbuat dari logam atau plastik. Berikan beberapa tetes oli pada inlet dari air tool sebelum digunakan. menghaluskan permukaan dan membersihkan karat. Lama-lama sambungan ini menjadi aus dan menimbulkan kebocoran udara. Ukuran gerinda diklasifikasikan berdasarkan kecepatan (rpm) dan ukuran grinding wheel yang digunakan. Kedua jenis drill ini lebih aman saat digunakan dalam lingkungan dimana terdapat material yang mudah terbakar. Apabila portable power grinder digunakan untuk menghaluskan suatu permukaan. Kebanyakan workshop memiliki tool automatic oiler yang digabungkan dengan sistem air supply. horizontal grinder dan surface grinder. Bagian-bagian portable power grinder adalah:  Body yang menahan motor atau drive unit. air drill tidak memerlukan listrik untuk mengoperasikannya.  Air tool memerlukan pelumasan.  Handle hingga ke tempat penyambungan power source. Portable power grinder dipegang dengan tangan dan dioperasikan di atas bidang yang dikerjakan. Apabila workshop tidak memiliki automatic oiler. Ada lightweight grinder. 3. Portable power grinder digunakan untuk menggerinda hasil pengelasan. output dari air tool akan berkurang. Periksalah grinding wheel apakah ada yang pecah atau retak sebelum 7 . kualitas hasilnya tidak akan sama dengan hasil dari gerinda yang menggunakan mesin Gunakan hanya portable power grinder di tempat dimana permukaan akhir tidak terlalu penting. Apabila kebocoran udara berlebihan.  Tidak seperti battery power drill atau electric drill.  Control lever untuk power. cone wheel grinder.  Air tool dipasang pada air supply melalui fitting yang dapat dihubungkan dan dilepaskan dengan mudah. maka air tool harus dilumasi setiap hari.  Grinding wheel. Portable Power Grinder Portable power grinder tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Attachment lain.

digunakan. Cabut kabel listrik jika tidak digunakan.000 rpm hingga 12. Nut dikencangkan dengan menggunakan wrench yang ada pada gerinda ketika dibeli.  Hentikan penggerindaan pada interval tertentu untuk mengistirahatkan tangan dan engan. Apabila wheel guard telah dibuat untuk gerinda. lepaskan power dan letakkan gerinda di atas bangku dengan disc menghadap ke atas. Selalu gunakan safety glass saat menggunakan portable power grinder.  Pastikan benda yang digerinda berada pada ketinggian pinggang saat proses penggerindaan. Menggunakan Portable Angle Grinder Hal-hal untuk Diperhatikan  Grinder disc diputar pada kecepatan yang berkisar antara 5. jika terlalu banyak penekanan akan memperlambat motor dan menyebabkan benda kerja menjadi panas.000 rpm. Sanding disc dan wire wheel dapat dipasang pada gerinda. dekatkan gerinda secara perlahan dengan benda kerja. 8 . Pastikan kecepatan maksimum spindle tidak melebihi kecepatan yang telah ditentukan. Nut dirancang khusus untuk disesuaikan dengan cerukan di bagian tengah pad atau wheel. Hal ini dapat menyebabkan motor terbakar. di sekitar campuran atau material yang mudah terbakar. Ketika menggunakan gerinda.  Setelah selesai menggerinda. pastikan pelindung ini digunakan. sehingga membuatnya menjadi electric tool yang serba guna. dapat menyebabkan distorsi terhadap logam. Menggunakan Gerinda  Pastikan agar grinding disc berada pada sudut 150 dengan benda yang digerinda.  Abrasive disc dipasang pada gerinda dengan flange dan nut. Apabila ada yang pecah atau retak. Jangan menghidupkan gerinda dengan spindle terkunci atau dalam keadaan dibebani. Jangan meletakkan gerinda dengan menghadap ke bawah sampai disc berhenti berputar. pasanglah grinding wheel baru. Jangan terlalu menekan gerinda.  Semakin kecil gerinda maka semakin tinggi putarannya. Jangan menggerinda di sekitar gas yang mudah terbakar.

Jenis tuas mengoperasikan kecepatan alat dan mengubah arah rotasi. Jenis tuas tidak memiliki handle terpisah dan tool dipegang di sekeliling penutup motor atau unit penggerak. Portable Impact Wrench Portable impact wrench digunakan untuk memengendorkan baut/mur dengan sangat cepat. Spline drive unit memungkinkan socket masuk. Jenis pistol mirip seperti portable electric drill yang memiliki tuas kontrol yang sama untuk power supply. Dua jenis utama adalah pistol dan tuas. Pastikan menggunakan ukuran impact wrench 9 . Electric impact wrench dan air impact wrench digunakan di workshop. Keuntungan utama dari impact wrench dibandingkan wrench standar adalah kecepatan untuk melonggarkan atau mengencangkan bolt dan nut. kecepatan (rpm). Jangan mengoperasikan tool listrik tanpa terhubung dengan ground. ukuran drive. Jangan menggunakan impact wrench tanpa pembebanan.760kg. Impact wrench diklasifikasikan berdasarkan jumlah tegangan yang diperoleh dalam waktu 5 detik. sedangkan yang berukuran besar digunakan juga untuk mengendorkan baut/mur yang sangat kencang. Portable impact wrench cukup ringan dan mudah dioperasikan. Air impact wrench digunakan di hampir semua kebutuhan industri.250 hingga 33. Gunakan safety glass ketika menggunakan impact wrench. Impact wrench listrik digunakan untuk pekerjaan yang lebih kecil karena electric impact wrench memberikan torque yang lebih rendah daripada air impact wrench dengan ukuran yang sama.4. Impact wrench akan mengalami keausan lebih cepat jika tidak memiliki beban saat dioperasikan. Cara mengetahui perbedaan antara impact socket dan standard socket adalah impact socket berwarna hitam. Kisaran tension pada impact wrench adalah 2. Operator juga tidak akan mendapatkan torque yang cukup dari hand tools yang lebih kecil dan akan membutuhkan impact wrench. ukuran bolt dan jenis daya (listrik atau udara). Beberapa impact wrench memiliki perlengkapan yang dapat mengatur torque agar sesuai dengan fastener yang diputar. Portable impact wrench tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk penggunaan yang berbeda. Gunakan hanya socket yang sesuai dengan impact ketika menggunakan impact wrench. Lepaskan alat tersebut saat tidak digunakan. Impact wrench digunakan untuk kebutuhan industri. Pastikan memegang wrench dengan kuat sehingga socket tidak akan terlepas dari bolt atau nut. Impact socket adalah satu-satunya socket yang digunakan dalam impact wrench. Penggantian chuck yang cepat memberikan berbagai macam output. Square drive unit beroperasi seperti socket wrench.

Masukkan beberapa tetes oli ke dalam inlet air tool sebelum digunakan. Jangan menggunakan impact wrench untuk mengencangkan wheel lug nut. Kebanyakan workshop memiliki automatic oiler yang dipasang di dalam sistem air supply.  Selalu gunakan six point impact socket ketika menggunakan air impact wrench. maka sulit untuk menentukan berapa banyak torque sebuah impact wrench ketika diterapkan pada fastener. Apabila workshop tidak memiliki automatic oiler.  Air tool dipasang pada air supply dengan menggunakan fitting yang memungkinkan air supply dihubungkan dan dilepaskan dengan mudah. air tool perlu dilumasi setiap hari. Impact socket dibuat dari berbagai campuran material yang berbeda dan ketebalan yang lebih besar dibandingkan standard socket.  Air tool memerlukan pelumasan. yang benar dan socket yang sesuai dengan bolt dan nut. maka output air tool akan berkurang. 5. Pastikan bidang yang dikerjakan dipasang dengan kuat sehingga tidak akan bergerak. 10 . Apabila terjadi kebocoran secara berlebihan.  Penggunaan air impact wrench yang baik adalah untuk melepaskan wheel lug nut. Setelah beberapa lama sambungan ini menjadi aus dan udara menjadi bocor. Air Chisel Air chisel memiliki fungsi yang sama seperti jackhammer (tool pelubang beton). Karena besar tekanan ini bervariasi. meskipun cycling rate lebih cepat. sehingga mudah terjadi over torque maupun under tighten pada fastener.  Setiap impact wrench akan memiliki mekanisme kontrol sehingga impact wrench dapat digerakkan pada dua arah. Hal-hal untuk Diperhatikan  Tempatkan mata bor kearah benda kerja sebelum menarik trigger. Menggunakan Air Impact Wrench Hal-hal untuk Diperhatikan  Besar torque yang dihasilkan air impact wrench ditentukan oleh besarnya tekanan sistem yang menyuplainya.

Memenuhi ketentuan dari standart yang ada 7.  Air tool dipasang pada air supply melalui fitting yang memungkinkan supply dihubungkan dan dilepaskan dengan mudah. keselamatan kerja menjadi hal utama. salah satunya dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan standarisasi. Tidak menimbulkan bahaya tambahan 5. Lama-lama sambungan ini menjadi aus dan udara menjadi bocor. APD ini terdiri dari kelengkapan wajib yang digunakan oleh pekerja sesuai dengan bahaya dan risiko kerja yang digunakan untuk menjaga keselamatan pekerja sekaligus orang di sekelilingnya. Apabila workshop tidak memiliki automatic oiler atau apabila automatic oiler tidak berfungsi. Berbobot ringan 3. ALAT KESELAMATAN KERJA Bagi seorang pekerja dan perusahaan.08/Men/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri. air tool perlu dilumasi setiap hari. Penggunaan attachment yang tidak benar dapat mengakibatkan kerusakan yang besar dalam waktu yang singkat. Perusahaan dan pekerja sama-sama harus mengetahui tentang keselamatan kerja sesuai dengan standar yang berlaku. output air tool akan berkurang. Per. Dapat dipakai secara fleksibel ( tidak membedakan jeniskelamin ) 4. Apabila terdapat kebocoran udara yang berlebihan. Kewajiban ini tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. C. Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 ini juga diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan.  Gunakan attachment yang benar untuk pekerjaan yang dilakukan. Dan pengusaha wajib untuk menyediakan APD sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pekerjanya.  Air tool memerlukan pelumasan. Tidak mudah rusak 6. APD adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang yang fungsinya mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. Kebanyakan workshop memiliki automatic oiler yang dipasang di dalam sistem air supply. Masukkan beberapa tetes oli ke dalam inlet air tool sebelum digunakan. Dapat memberikan perlindungan terhadap bahaya 2. Pemeliharaan muda 11 . Syarat – syarat Alat Pelindung Diri Alat – alat pelindung diri yang telah dipilih hendaknya memenuhi ketentuan- ketentuan sebagai berikut: 1.

api. dan sabuk lainnya yang digunakan bersamaan dengan beberapa alat lainnya seperti karabiner. Penggantian suku cadang mudah 9. Tidak membatasi gerak 10. 2. safety rope. Rasa” tidak nyaman” tidak berlebihan 11. Sabuk dan tali Keselamatan Sabuk keselamatan atau safety belt ini berfungsi untuk membatasi gerak pekerja agar tidak terjatuh atau terlepas dari posisi yang diinginkan. atau kejatuhan benda tajam dan berat yang melayang atau meluncur di udara. Beberapa pekerjaan mengharuskan pekerja untuk berada pada posisi yang cukup berbahaya seperti pada posisi miring.8. Bentuknya cukup menarik Selain itu alat pelindung diri juga harus memenuhi syarat :  Enak dipakai  Tidak mengganggu kerja  Memberikan perlindungan efektif terhadap bahaya Berikut contoh dari alat keselamatan kerja beserta fungsinya : 1. Helm ini juga bisa melindungi kepala dari radiasi panas. rope clamp. tergantung atau memasuki rongga sempit. dan lain-lain. Untuk beberapa pekerjaan dengan risiko yang relatif lebih rendah bisa menggunakan topi ataupun penutup kepala sebagai pelindung. pukulan. 12 . Sabuk keselamatan ini terdiri dari harness. lanyard. Helm Keselamatan Helm keselamatan atau safety helmet ini berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan. decender. percikan bahan kimia ataupun suhu yang ekstrim.

terkena cairan panas atau dingin. tertusuk benda tajam. Selain fungsi di atas. kanister. anti-bahan kimia. Masker Masker pernafasan ini berfungsi untuk melindungi organ pernafasan dengan cara menyaring vemaran bahan kimia. ataupun gas. Ada yang antislip. dll. partikel debu. Masker ini terdiri dari berbagai jenis.3. seperti respirator. sepatu safety berkualitas juga memiliki tingkat keawetan yang baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. terkena cairan panas atau dingin. 4. uap panas. Lihat berbagai fungsi safety shoes di sini! 5. dan alat pembantu pernafasan. asap. uap panas. Sepatu Boot Sepatu boot ini berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan atau tertimpa benda berat. aerosol. Sehingga udara yang dihirup masuk ke dalam tubuh adalah udara yang bersih dan sehat. uap. mikro-organisme. antipanas. katrit. Berbagai sepatu pelindung ataupun safety shoes tersedia sesuai dengan kebutuhan. tangki selam dan regulator. tertusuk benda tajam. bahan kimia berbahaya ataupun permukaan licin. bahan kimia berbahaya ataupun permukaan licin. anti-listrik. Sepatu Pelindung Sepatu pelindung ini berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan atau tertimpa benda berat. 13 . Bedanya dengan safety shoes umumnya adalah perlindungan yang lebih maksimal karena modelnya yang tinggi dan melindungi hingga ke betis dan tulang kering.

Jenis kacamata pengaman ini bisa berupa spectacles atau goggles. 14 . radiasi. 8.6. Kacamata Pengaman Kacamata pengaman ini digunakan sebagai alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi mata dari paparan partikel yang melayang di udara ataupun di air. Ada yang terbuat dari logam. benturan serta pukulan benda keras dan tajam. tergores benda tajam ataupun infeksi dari zat patogen seperti virus dan bakteri. bahan kimia. Sarung Tangan Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi jari-jari tangan dari api. pukulan. 7. kulit. benturan. ataupun uap panas. kanvas. karet dan sarung tangan yang tahan terhadap bahan kimia. Selain itu kacamata pengaman juga berfungsi untuk menghalangi pancaran cahaya yang langsung ke mata. percikan benda kecil. arus listrik. benda panas. suhu panas. Penutup telinga Penutup telinga ini bisa terdiri dari sumbat telinga (ear plug) atau penutup telinga (ear muff). suhu dingin. Sarung tangan ini terbuat dari material yang beraneka macam. yang berfungsi untuk melindungi telinga dari kebisingan ataupun tekanan. kain. tergantung dari kebutuhan.

9. Pelampung Pelampung ini digunakan oleh pekerja yang bekerja di atas air atau di permukaan air agar terhindar dari bahaya tenggelam. Memang pada beberapa contoh tidak tersedia. Pelindung Wajah Pelindung wajah atau face shield ini merupakan alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi wajah dari paparan bahan kimia berbahaya. penggunaan 15 . benturan atau pukulan benda keras atau tajam. masker selam. Beberapa APD juga memiliki masa pakai. 10. namun untuk pekerjaan di mana kami bisa terus berhadapan dengan debu atau bahan beracun. Terdiri dari tameng muka atau face shield. APD atau Alat Pelindung Diri ini harus diperhatikan kondisinya. Anda bisa melepaskan masker jadi saja. partikel yang melayang di udara atau air. namun tidak berarti saat di dalam ruangan. serta pancaran cahaya.Alat Safety Kebanyakan orang akan menggunakan masker saat bepergian untuk melindungi dari polusi atau ketika sedang sakit. Masker Fungsi Masker Respirator . 11. percikan benda kecil. atau full face masker. lifevest atau bouyancy control device untuk mengatur keterapungan. Pelampung ini terdiri dari life jacket. Jika APD rusak atau rusak atau tidak dapat berfungsi dengan baik harus segera dimusnahkan. panas ataupun uap panas. sehingga perawatannya harus lebih diperhatikan dan dicatat waktu pembelian serta masa pemakaiannya. Dalam Peraturan Menakertrans ini juga disebutkan bahwa pengadaan APD dilakukan oleh perusahaan. dan pekerja berhak untuk menyatakan keberatan untuk melakukan pekerjaan jika alat keselamatan kerja yang disediakan tidak memenuhi ketentuan dan persyaratan.

104). Keselamatan kerja adalah kondisi keselamatan yang bebas dari resiko kecelakaan dan kerusakan dimana kita bekerja yang mencakup tentang kondisi bangunan. keselamatan kerja merupakan rangkaian usaha untuk menciptakan suasana kerja yang aman dan tentram bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan. sehat dan aman serta dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja di perusahaan. Usaha-usaha tersebut harus dilaksanakan oleh semua unsur yang terlibat dalam proses kerja. yaitu pekerja itu sendiri. 16 . Menurut Simanjuntak (1994). pemerintah. perusahaan. dan kondisi pekerja . dan manusia pada umumnya. Menurut Suma’mur (2001. pengawas/kepala kelompok kerja.163) keselamatan dan kesehatan adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya. Masker dapat membantu kami tetap bernafas dengan mendapatkan kualitas udara yang baik karena fungsi ini untuk menyaring udara kotor. pelindung adalah hal yang wajib. 2. kondisi mesin. Menurut Mangkunegara (2002. Untuk itu pengelolaan k3 yang baik sangatlah penting diterapkan agar dapat menciptakan kondisi lingkungan kerja yang nyaman. sehingga hal ini harus diantisipasi dengan baik dan dikendalikan semua dampak dan potensi bahaya yang terjadi maupun yang mngkin terjadi. hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat adil dan makmur. karena semua kegiatan yang dilakukan ditempat usaha memiliki dampak dan resiko bahaya yang dapat mempengaruhi kenyamanan. p. 3. D.dan msayarakat pada umumnya. Tanpa ada kerja sama yang baik dari semua unsur tersebut tujuan keselamatan kerja tidak mungkin dapat dicapai secara maksimal. Pengertian kesehatan dan keselamatan kerja menurut para ahli 1. kesehatan dan keselamatan kerja serta efisiensi dan produktivitas kerja. Kesuksesan dari pengelolaan k3 ini sangat tergantung dari komitmen setiap pemimpin dan keterlibatan seluruh lapisan karyawan dibidang kerjanya masing-masing dalam merencanakan dan menerapkan pengelolaan k3. PENGERTIAN KESELAMATAN KERJA Perkembangan dunia bisnis saat ini sangat diwarnai dengan persaingan yang luar biasa ketat dan berbagai perusahaan situasi dan kondisi baik dalam maupun luar negeri. maka pengelolaan k3 perlu untuk diterapkan disetiap kegiatan usaha. p. Untuk mengantisipasi keadaan tersebut seiring dengan makin meningkatnya tuntutan dan kesadaran dari berbagai pihak khususnya mereka yang berkecipung dalam dunia usaha. peralatan keselamatan.

Jackson (1999. Pengertian k3 Secara Keilmuan. 5. 222). p. Pada jaman romawi kuno barang kali hal ini benar karena pada waktu itu hukum yang mengatur tentang sebab akibat memang belum dikenal oleh masyarakat dan pemerintahannya. Pekerjaan dikatakan aman jika apapun yang dilakukan oleh pekerja tersebut. 245). Menurut Ridley. John (1983) yang dikutip oleh Boby Shiantosia (2000. 17 . Kata “accident” dalam bahasa indonesia berarti kebetulan atau kecelakaan.6).4. mental dan stabilitas emosi secara umum. Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaannya. Pengertian k3 Secara Filosofis Suatu pemikiran atau upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani. resiko yang mungkin muncul dapat dihindari. sehingga tidak mudah capek. Tetapi memasuki melenium ketiga. Dengan keselamatan dan kesehatan kerja. 6. Kesehatan adalah merujuk pada kondisi umum fisik. Tinjauan filosofis Keselamatan dan kesehatan kerja sesara filosofi adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani. p. pemaham manusia tentang kejadian-kejadian fisik berkembang terlampau cepat. Pekerjaan dikatakan nyaman jika para pekerja yang bersangkutan dapat melakukan dengan merasa nyaman dan betah. tenaga kerja pada khususnya dan masyarakat pada umumnya terhadap hasil karya dan budayanya menuju masyarakat adil dan makmur. maka para pengguna diharapkan dapat melakukan pekerjaan dengan aman dan nyaman. karena tidak ada sesuatu ditempat kerja yang terjadi secara kebetulan atau accident. menjelaskan bahwa Kesehatan dan Keselamatan Kerja menunjukkan kepada kondisi- kondisi fisiologis-fisikal dan psikologis tenaga kerja yang diakibatkan oleh lingkungan kerja yang disediakan oleh perusahaan. Pemberian arti ini sebenarnya tidaklah tepat. Mathis dan Jackson (2002. perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerja tersebut. Sehingga dipercayai bahwa kejadian-kejadian fisik (termasuk kecelakaan kerja) dikendalikan oleh para dewa. Ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam usaha mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. menyatakan bahwa Keselamatan adalah merujuk pada perlindungan terhadap kesejahteraan fisik seseorang terhadap cedera yang terkait dengan pekerjaan. p.

Kesemuanya itu menuju pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan umat manusia E. Kecelakaan kerja dapat terjadi karena kondisi yang tidak membawa keselamatan kerja. TUJUAN DAN MANFAAT KESELAMATAN KERJA Tujuan dan manfaat Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja : Secara umum. Agar semua hasil produksi dipelihara keamanannya. b. Agar setiap pegawai mendapat jaminan keselamatan dan kesehatan kerja baik secara fisik. meningkatkan dan mengamankan produksi. pemeliharaan bangunan-bangunan. 2. Menurut Mangkunegara (2002. kecelakaan selalu diartikan sebagai kejadian yang tidak dapat diduga. Mencegah/mengurangi kematian akibat kerja 4. yaitu mengungkapkan sebab-akibat suatu kecelakaan dan meneliti apakah pengendalian secara cermat dilakukan atau tidak. 7. Mencegah atau mengurangi cacat tetap 5. konstruksi. Fungsi ini dapat dilakukan dengan dua cara. 8. Memperlancar. Agar setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baiknya selektif mungkin. 1995) Keselamatan dan kesehatan kerja pada dasarnya mencari dan mengungkapkan kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan.165) bahwa tujuan dari keselamatan dan kesehatan kerja adalah sebagai berikut: a. dan psikologis. Mencegah timbulnya penyakit akibat kerja. 6. bersih. Menjamin tempat kerja yang sehat. (Silalahi. p. 3. Mengamankan material. d. dan instalasi-instalasi. Meningkatkan produktivitas kerja tanpa memeras tenaga kerja dan menjamin kehidupan produktifnya. atau perbuatan yang tidak selamat. Mencegah terjadinya kecelakaan ditempat kerja.Akibatnya keyakinan masyarakat bahwa suatu “accident” tidaklah terjadi secara kebetulan begitu saja. Kecelakaan kerja dapat didefinisikan sebagai setiap perbuatan atau kondisi tidak selamat yang dapat mengakibatkan kecelakaan. dan aman sehingga dapat menimbulkan kegembiraan semangat kerja. alat-alat kerja. mesin-mesin. Berdasarkan definisi kecelakaan kerja maka lahirlah keselamatan dan kesehatan kerja yang mengatakan bahwa cara menanggulangi kecelakaan kerja adalah dengan meniadakan unsur penyebab kecelakaan dan atau mengadakan pengawasan yang ketat. sosial. pemakaian. industri serta pembangunan. Adapun sasaran keselamatan kerja secara terinci adalah : 1. c. Agar adanya jaminan atas pemeliharaan dan peningkatan kesehatan gizi pegawai. nyaman. 18 .

20 ) Dimana : S20 = Berat jenis koreksi St = Berat jenis terukur 19 . Agar meningkatkan kegairahan. Agar terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atau kondisi kerja.e. berat jenis ideal baterai adalah 1. Berikut kami paparkan jenis .jenis alat ukur yang digunakan di bidang otomotif beserta fungsinya. dan partisipasi kerja. Bila berat jenisnya kurang dari 1.28.komponen yang ada di mesin. sehingga rumus yang digunakan untuk menentukan hubungan ini adalah : S20 = St = 0.Berat jenis baterai juga dipengaruhi oleh suhu. Tujuannya adalah dengan mengetahui jenis alat ukur.23 maka harus dilakukan pengisian ulang ( charge). Dimana hal itu sangat berkaitan erat dengan proses perbaikan dan mencari permasalahan ( trouble ) pada setiap kendaraan. Hidrometer Cara penggunaan hidrometer Hidrometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur jenis elektrolit baterai. g. ALAT UKUR DI BENGKEL OTOMOTIF Selain harus mengenali banyaknya komponen . Semakin banyak alat ukur yang kita kenal. maka mudahlah kita dalam penanganan kerusakan pada setiap mobil. maka kita tahu proses penggunaanya.jenis alat ukur yang sering digunakan di bidang otomotif beserta fungsinya : 1.26 - 1. baik yang bergerak ataupun yang diam. maka kita juga harus mengetahui jenis . Agar setiap pegawai merasa aman dan terlindungi dalam bekerja F. Berat jenis elektrolit berubah menurut tingkat isi baterai. keserasian kerja. f.007 ( t .

Radiator Cup tester 20 . 3. Nozle Tester Nozle tester Nozle tester digunakan untuk memeriks tekanan pembukaan injektor mesin diesel dan kondisi injektor ( kebocoran setelah injeksi ) yang ditandai dengan tetesan bahan bakar saat injeksi telah selesai. maka harus digunakan gauge dengan tekanan yang lebih tinggi juga. Pemasangan alat ini pada lubang busi pada jenis mesin bensin dan pada lubang injektor atau glow plug pada jenis mesin diesel. Compression Tester compression tester Compression tester digunakan untuk mengukur tekanan kompresi pada ruang bakar.t = Suhu Saat pengukuran 2. 4. Karena tekanan kompresi pada mesin diesel lebih tinggi.

Static Timing Static timing Static timing gauge berfungsi untuk memeriksa timing injeksi pada mesin diesel yang menggunkan jenis pompa injeksi tipe distributor / VE ( langkah plunger ) 6. radiator cup tester Radiator Cup tester ini digunakan untuk memeriksa kondisi radiator ( sistem ) pendingin dari kebocoran dan tutup radiator yang tidak bekerja dengan baik. Vacum Gauge Vacum gauge Vacum gauge berfungsi untuk menghasilkan vakum untuk memeriksa komponen yang berhubungan dengan kevakuman udara. Tyre pressure gauge 21 . 5. 7.

Camber Caster gauge camber caster gauge Camber caster gauge berfungsi untuk mengukur sudut camber. 8. Turning Radius Gauge Turning radius gauge Turning radius gauge berfungsi untuk mengukur sudut belok roda. tyre pressure gauge Tyre pressure gauge berfungsi untuk mengukur tekanan angin ( udara ) ban. caster dan king pin inclination. 22 . 9.

10. Suara buzzer atau lampu peringatan akan menyala bila side slip melebihi standar yang ditentukan 12. Roda penggerak kendaraan digerakkan oleh roller .roller. Side Slip Tester Side slip tester Side slip tester berfungsi untuk mengukur jumlah side slip ( penyimpangan roda saat kendaraan berjalan ) per meter. Speedometer Tester Speedomter tester berfungsi untuk memeriksa kesalahan speedometer pada kendaraan. Toe Gauge Toe Guage Toe gauge berfungsi untuk mengukur besarnya toe in dan toe out dalam besaran mm ( milimeter ) 11. apabila terjadi perbedaan antara 23 .

speedometer pada mobil dengan speedometer tester. voltmeter. Smoke tester ini menunjukan tingkat pencemaran dalam % ( persen ). dan ohmmeter. Power Steering tester power steering gauge Power Steering Tester berfungsi untuk mengukur kandungan emisi (sulfur) yang ada pada gas buang mesin diesel. 4. Alat yang dimaksud tak lain adalah volt meter. Volt Meter Selain ada amperemeter. Seperti yang telah kami katakan tadi. 13. maka speedometer mobil harus diganti. voltmeter juga sepaket dalam multimeter bersama dengan ampere meter dan juga ohm meter. Alat yang satu ini digunakan oleh para teknisi elektronika dan kelistrikan karena fungsinya untuk mengukur kuat arus listrik. Pada umumnya alat ini berada dalam satu paket dengan sebuah alat bernama multimeter atau avometer yang merupakan singkatan dari amperemeter. juga ada alat ukur yang sangat erat dengan dunia elektronika dan kelistrikan. Ampere Meter Selanjutnya ada alat ukur bernama ampere meter. G. ALAT UKUR YANG MENGGUNAKAN MESIN 1. 24 . Voltmeter berfungsi untuk mengukur tegangan listrik.

25 . Ohm Meter Ohmmeter adalah salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur hambatan atau tahanan listrik. Pada umumnya ohm meter bekerja dengan menggunakan galvanometer untuk melihat seberapa besar arus listrik yang kemudian dikalibrasi ke dalam bentuk satuan ohm. Ohm meter juga berada satu paket dalam sebuah avometer atau multitester.5.