You are on page 1of 13

PEDOMAN PENYUSUNAN SILABUS

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2017

dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga. kritis. dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Psikologi Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. kolaboratif. Direktorat Pembinaan SMK 3 . menerapkan. serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual. Menunjukkan keterampilan mempresepsi. dan menyaji secara efektif. mengolah. Menunjukkan keterampilan menalar. informasi. produktif. sekolah. Bidang Keahlian : KESEHATAN DAN PEKERJAAN SOSIAL Kompetensi Keahlian : KEPERAWATAN SOSIAL (SOCIAL CARE) Mata Pelajaran : PSIKOLOGI Durasi (Waktu) : 72 JP KI-3 (Pengetahuan) : Memahami. dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Psikologi pada tingkat teknis. operasional dasar. teknologi. dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah. budaya. dunia kerja. KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik. detil. @2017. konseptual. SILABUS MATA PELAJARAN Nama Sekolah : SMK KEJURUAN …………………………………. menjadikan gerak alami. warga masyarakat nasional. regional. membiasakan gerak mahir. spesifik. kreatif. seni. menganalisis. dan internasional. mandiri. meniru. dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah. serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. kesiapan. komunikatif. berkenaan dengan ilmu pengetahuan. dengan menggunakan alat. dan kompleks.

Direktorat Pembinaan SMK 4 .1.1 Membedakan ahli  Mengolah data konsep psikologi konsep psikologi tentang konsep dalam kehidupan yang berkaitan psikologi yang sehari-hari yang dengan pekerjaan berkaitan dengan berkaitan dengan sosial dengan ilmu Pekerjaan Sosial Pekerjaan Sosial psikologi  Mengomunikasikan umumnya tentang konsep 4.1 Menyajikan 4.1 Menjelaskan  Konsep 6 JP  Mengamati untuk Pengetahuan: hakekat konsep kejiwaan kejiwaan mengidentifikasi  Tes kejiwaan manusia manusia dan merumuskan Tertulis manusia 3.1 Menganalisis 3.2 Mengklasifikasikan  Jenis-jenis tentang hakekat Keterampilan: jenis-jenis kejiwaan kejiwaan manusia  Penilaian kejiwaan manusia manusia  Mengumpulkan Unjuk 3. Sosial  Mengumpulkan Unjuk kan teori psikologi  Teori data tentang teori Kerja sesuai para ahli psikologi psikologi sesuai  Observasi sesuai para para ahli 4. Kerja @2017.2 Menginterprestasi.1.2.2.  Penilaian 3.2 Menuliskan konsep psikologi yang psikologi yang berkaitan dengan berkaitan dengan Pekerjaan Sosial pekerjaan sosial 3.1.1.2.2 Menganalisis 3. Alokasi Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Materi Pokok Waktu Kegiatan Pembelajaran Penilaian Kompetensi (JP) 1 2 3 4 5 6 3.1 Mendeskripsikan  Konsep 6 JP  Mengamati untuk Pengetahuan: konsep Psikologi konsep psikologi Psikologi mengidentifikasi  Tes yang berkaitan yang berkaitan berkaitan dan meumuskan Tertulis dengan dengan Pekerjaan dengan masalah tentang Keterampilan: Pekerjaan Sosial Sosial Pekerjaan konsep psikologi.3 Menjelaskan  Dampak data tentang jenis.

3 Menyajika 4. konsep kebutuhan kebutuhan mengidentifikasi  Tes kebutuhan manusia dalam manusia dan merumuskan Tertulis manusia dalam kehidupan menurut para tentang Keterampilan: kehidupan menurut para ahli ahli kebutuhan.  Penilaian 3. jenis kebutuhan- jenis-jenis kebutuhan kebutuhan kebutuhan dalam berdasarkan manusia dalam kehidupan jenis-jenis kehidupan kebutuhan  Mengolah data 4.2.3 Mengimplementasi kan kakekat kejiwaanmanusia 3.1 Menuliskan kejiwaan manusia hakekat kejiwaan hakekat kejiwaan di masyarakat manusia manusia  Mengomunikasikan 4.1 Mendefinisikan  Konsep 8 JP  Mengamati untuk Pengetahuan: kebutuhan.2 Menanggapi tentang dampak hakekat kejiwaan kejiwaan manusia manusia di masyarakat 4.3 Menganalisis 3.2.2 Menyajikan 4.3. dalam tentang kebutuhan – jenis kebutuhan kehidupan kebutuhan- kebutuhan manusia dalam kebutuhan manusia dalam kehidupan sesuai @2017.2 Mengklasifikasikan  Jenis-jenis kebutuhan Unjuk jenis-jenis kebutuhan manusia dalam Kerja kebutuhan dalam menurut para kehidupan  Observasi kehidupan ahli  Mengumpulkan  menurut para ahli  Contoh data tentang jenis- 3.3.3. dampak kejiwaan kejiwaan jenis kejiwaan  Observasi manusia di manusia di manusia masyarakat masyarakat  Mengolah data tentang dampak 4.3 Mencontohkan kebutuhan. Direktorat Pembinaan SMK 5 .3.1 Membedakan jenis.2.

1 Menyajikan jenis. kehidupan tingkatannya manusia dalam 4. dalam kehidupan manusia dalam hari sehari-hari kehidupan sehari- 4. data tentang manusia dalam jenis kepribadian kepribadian kehidupan sehari.4.3. 3.4.4 Menganalisis 3.1 Mendiskripsikan  Teori 8 JP  Mengamati untuk Pengetahuan: kepribadian teori kepribadian kepribadian mengidentifikasi  Tes manusia dalam manusia manusia dan merumuskan Tertulis kehidupan sehari.4.2 Menerangkan  Jenis-jenis tentang Keterampilan: hari jenis-jenis psikologi kepribadian  Penilaian kepribadian kepribadian manusia dalam Unjuk menurut para ahli menurut para kehidupan sehari.4 Menyajikan  Mengumpulkan  kepribadian 4. Kerja ahli hari  Observasi 4.2 Mendemonstrasi hari kan jenis  Mengolah data kepribadian dalam tentang kehidupan sehari.4.2 Mengimplementasi kehidupan kan kebutuhan  Mengomunikasikan manusia dalam tentang contoh kehidupan kebutuhan- kebutuhan manusia dalam kehidupan 3. Direktorat Pembinaan SMK 6 . kepribadian hari manusia dalam kehidupan sehari- hari  Mengomunikasikan tentang @2017.

manusia pada tahap tahap masa hidup perkembangan perkembangan  Mengomunikasikan manusia pada manusia pada tentang tahap- masa hidup masa hidup tahap 4.4.1 Menjelaskan teori  Teori-teori 12 JP  Mengamati untuk Pengetahuan: tahap-tahap perkembangan perkembangan mengidentifikasi  Tes perkembangan manusia manusia dan merumuskan Tertulis manusia pada 3.2 Menggambarkan perkembangan tahap-tahap manusia pada perkembangan masa hidup manusia pada @2017.5 Menganalisis 3. kepribadian manusia dalam kehidupan sehari- hari 3.2 Mendiskripsikan  Perkembangan tentang tahap.5.1 Menyajikan tahap.5.5.3 Mengklasifikasikan perkembangan masa hidup  Observasi ciri-ciri manusia pada  Mengumpulkan  perkembangan masa hidup data tentang manusia pada  Periode tahap-tahap masa hidup perkembangan perkembangan 3. Keterampilan: masa hidup perkembangan manusia pada tahap  Penilaian manusia pada Masa hidup perkembangan Unjuk masa hidup  Ciri-ciri manusia pada Kerja 3.5.5. Direktorat Pembinaan SMK 7 .4 Mengelompokan manusia pada manusia pada periode masa hidup masa hidup perkembangan  Mengolah data manusia pada tentang tahap- masa hidup tahap perkembangan 4.5.5 Menyajikan tahap.

6. Direktorat Pembinaan SMK 8 .6. menyimpang mengganggu sifat  Bentuk.6.6.6 Menganalisis 3. kehidupan penyimpangan bentuk masyarakat perilaku manusia perilaku  Mengolah data 3.3 Mengklasifikasi Penyimpangan masyarakat ciri-ci perilaku  Jenis-jenis  Mengumpulkan menyimpang yang perilaku data tentang mengganggu orang menyimpang penyimpangan lain dan tidak  Sebab-sebab perilaku manusia mengganggu orang terjadi yang mengganggu lain perilaku dan tidak 3.1 Menjelaskan  Pengertian 8 JP  Mengamati untuk Pengetahuan: penyimpangan pengertian perilaku mengidentifikasi  Tes perilaku perilaku menyimpang dan merumuskan Tertulis manusia yang menyimpang oleh para ahli tentang Keterampilan: mengganggu dan manusia menurut  Teori perilaku penyimpangan  Penilaian tidak para ahli menyimpang perilaku manusia Unjuk mengganggu 3.6. masa hidup 3.6 Mencontohkan dan tidak sebab-sebab mengganggu terjadinya perilaku kehidupan manusia masyarakat menyimpang @2017.4 Menerangkan sifat.6.2 Mendiskripsikan  Ciri-ciri yang mengganggu Kerja kehidupan teori perilaku perilaku dan tidak  Observasi masyarakat menyimpang Menyimpang mengganggu  manusia  Sifat-sifat kehidupan 3.5 Mencontohkan menyimpang tentang jenis-jenis perilaku penyimpangan manusia perilaku manusia menyimpang yang mengganggu 3.

1 Membedakan jenis dan tidak penyimpangan penyimpangan mengganggu perilaku perilaku manusia kehidupan manusia yang yang mengganggu masyarakat mengganggu dan dan tidak tidak mengganggu mengganggu kehidupan kehidupan masyarakat masyarakat 4.2 Menjelaskan masalah Kesejahteraan  Observasi 4.6.7 Menganalisa 3.7.2 Mendemonstrasi kan bentuk- bentuk perilaku yang menyimpang 3.7 Menyajikan pengertian kesejahteraan Sosial (PMKS)  perilaku klien penyandang sosial  Mengumpulkan sebagai masalah data tentang penyadang kesejahteraan perilaku klien masalah sosial @2017.1 Menjelaskan  Pengertian 10 JP  Mengamati untuk Pengetahuan: perilaku klien konsep klien penyandang mengidentifikasi  Tes sebagai sebagai masalah dan merumuskan Tertulis Penyandang penyandang kesejahteraan tentang perilaku Keterampilan: Masalah masalah sosial klien sebagai  Penilaian Kesejahteraan kesejahteraan  Jenis-jens Penyandang Unjuk Sosial (PMKS) sosial penyandang Masalah Kerja 3. Direktorat Pembinaan SMK 9 . 3.7 Mencontohkan  Mengomunikasikan bentuk-bentuk tentang perilaku manusia penyimpangan menyimpag perilaku manusia yang mengganggu 4.6.7.6.6 Menyajikan jenis 4.

8 Menganalisis 3.8.1 Mendemonstrasi sosial yang terapi sosial kan terapi sosial diberikan kepada @2017.7.2 Memilih jenis-jenis diberikan kepada Unjuk terapi sosial yang orang yang Kerja sesuai degan bermasalah (Klien)  Observasi permasalah klien  Mengumpulkan  data tentang terapi 4.1 Menggambarkan klien sebagai jenis-jenis klien Penyandang berdasarkan Masalah penyandang Kesejahteraan masalah Sosial (PMKS) kesejahteraan  Mengomunikasikan sosial tentang perilaku 4.7. kesejahteraan 3.1 Mendiskripsikan  Konsep terapi 6 JP  Mengamati untuk Pengetahuan: terapi sosial terapi sosial yang sosial mengidentifikasi  Tes yang diberikan diberikan kepada  Jenis-jenis dan merumuskan Tertulis kepada orang orang yang terapi sosial tentang terapi Keterampilan: yang bermasalah bermasalah (klien) sosial yang  Penilaian (Klien) 3.3 Mencontohkan sebagai sosial (PMKS) jenis-jenis Penyandang penyandang Masalah masalah Kesejahteraan kesejahteraan Sosial (PMKS) sosial  Mengolah data tentang perilaku 4.8. Direktorat Pembinaan SMK 10 .8.7.2 Mengidentifikasi klien sebagai klien berdasarkan Penyandang jenis-jenis Masalah masalah sosial Kesejahteraan Sosial (PMKS) 3.8 Menyajikan 4.

1 Menerapkan  Konsep 6 JP  Mengamati untuk Pengetahuan: mekanisme konsep Mekanisme mengidentifikasi  Tes pertahanan diri mekanisme pertahanan dan merumuskan Tertulis manusia pertahanan diri diri tentang mekanisme Keterampilan: 3.1 Mendemonstrasi tentang mekanisme mekanisme kan mekanisme pertahanan diri pertahanan diri pertahanan diri manusia orang tersebut yang sesuai  Mengomunikasikan manusia 4.9.9 Mengevaluasi 3.2 Melengkapi tentang @2017.2 Memberikan  Jenis-jenis pertahanan diri  Penilaian contoh jenis-jenis Mekanisme manusia) Unjuk mekanisme Pertahanan  Mengumpulkan Kerja pertahanan diri diri data tentang  Observasi yang dapat mekanisme  digunakan sesuai pertahanan diri 4.8.9. Direktorat Pembinaan SMK 11 .9 Memecahkan kebutuhan klien manusia masalah orang  Mengolah data dengan 4. yang diberikan yang diberikan orang yang kepada manusia kepada orang yang bermasalah (Klien) yang bermasalah bermasalah dan  Mengolah data (klien) sesuai masalahnya tentang terapi 4.9.9.2 Melaksanakan sosial yang penanganan kasus diberikan kepada klien dengan orang yang menggunakan bermasalah (Klien) terapi sosial  Mengomunikasikan tentang terapi sosial yang diberikan kepada orang yang bermasalah (Klien) 3.

mekanisme mekanisme pertahanan diri pertahanan diri yang tidak sesuai manusia @2017. Direktorat Pembinaan SMK 12 .

Kolom 2: diisi dengan rumusan IPK yang merupakan rincian standar minimal kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Durasi (Waktu) : diisi jumlah waktu mata pelajaran secara keseluruhan berdasarkan Kepdirjen Nomor 130/D/KEP/KR/2017.Keterangan Pengisian Format Silabus Nama Sekolah : diisi nama SMK yang bersangkutan. Direktorat Pembinaan SMK 13 . @2017. Khusus untuk materi mata pelajaran peminatan kejuruan (C2 dan C3) dapat mempertimbangkan KUK dan batasan variabel/lingkup variabel/range of variabel SKK yang diacu. KI-2 : diisi rumusan Kompetensi Inti 2 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan. KI-3 : diisi rumusan Kompetensi Inti 3 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan. Kolom 3: diisi dengan Materi Pokok yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk menguasai KD berdasarkan IPK. Kolom 5: diisi dengan pokok-pokok proses pembelajaran berpendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik pasang KD Kolom 6: diisi dengan Aspek dan Teknik Penilaian yang disarankan. Kolom 4: diisi dengan Alokasi Waktu jam pelajaran yang disediakan untuk mempelajari pasangan KD. Kolom 1: diisi nomor dan rumusan pasangan KD yang dipindahkan dari format KI dan KD mata pelajaran yang bersangkutan. KI-4 : diisi rumusan Kompetensi Inti 4 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan. Mata Pelajaran : diisi nama mata pelajaran sesuai Struktur Kurikulum berdasarkan Kepdirjen Nomor 130/D/KEP/KR/2017. Kompetensi Keahlian : diisi nama Kompetensi Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan Kepdirjen Nomor 4678/D/KEP/MK/2016. KI-1 : diisi rumusan Kompetensi Inti 1 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan. Bidang Keahlian : diisi nama Bidang Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan Kepdirjen Nomor 4678/D/KEP/MK/2016.

2  Teknik  Mengumpulkan data  Observasi 4.14.14 Mendiagnosis 3. Memperbaiki  Mengomunikasikan kerusakan sistem tentang perbaikan pengisian sistem pengisian. Unjuk Kerja 3.14 Memperbaiki Mendeteksi letak penggantian tentang perbaikan sistem kerusakan Komponen sistem pengisian.14. Direktorat Pembinaan SMK 14 .1 hasil perbaikan sistem pengisian. 4.14.2 Mengontrol hasil perbaikan sistem pengisian …. dst @2017. pengisian komponen sistem  Prosedur  Mengolah data pengisian pengecekan tentang perbaikan 4.14. Indikator Alokasi Kompetensi Dasar Pencapaian Materi Pokok Waktu Kegiatan Pembelajaran Penilaian Kompetensi (JP) 1 2 3 4 5 6 3.1  Prosedur dan 32  Mengamati untuk Pengetahuan: kerusakan Menentukan cara teknik mengidentifikasi  Tes Tertulis sistem pemeriksaan pemeriksaan dan merumuskan Keterampilan: Pengisian kerusakan sistem gangguan sistem masalah tentang  Penilaian pengisian pengisian sistem pengisian.