You are on page 1of 4

1.

Teknik pemeriksaan untuk mengetahui lama hidup di dunia pada kasus aborsi adalah
a. Docimacia pulmonum hidrostatikum
b. Breslau second life
c. Open window
d. Wreden went
e. Longsap prof test
2. Urutan pembentukan kaku mayat
a. Kelopak mata – jari – lengan atas – tungkai atas
b. Kelopak mata – rahang – tungkai bawah – lengan atas
c. Kelopak mata – rahang – tungkai bawah – jari
d. Rahang – kelopak mata – jari – lengan atas
e. Rahang – kelopak mata – jari – tungkai bawah
3. Sepasang orang tua datang ke IGD RSDK meminta dokter melakukan pemeriksaan dan
membuatkan visum et repertum bagi anaknya yaitu seorang perempuan berumur 18 tahun
yang mengalami kekerasan 4 hari yang lalu.
Bagaimana tindakan dokter untuk kasus diatas?
a. Meminta keluarga melapor ke polisi terlebih dahulu
b. Melakukan pemeriksaan lalu menulis di rekam medis
c. Membuat visum et repertum lalu lapor polisi
d. Meminta persetujuan keluarga sebelum menyerahkan hasil pemeriksaan
e. Menunda visum et repertum tapi mau apabila dipanggil menjadi saksi ahli
4. Jika pada pemeriksaan didapatkan luka memar sesuai dengan kronologis yang diceritakan
korban, apakah warna memar yang paling mungkin pada tubuh korban?
a. Sama dengan kulit sekitar
b. Kemerahan
c. Merah kebiruan
d. Biru kehijauan
e. Hijau kekuningan
5. Jika akan dilakukan tindakan pada pasien tersebut, siapakah yang boleh memberikan consent?
a. Ibu
b. Ayah
c. Anak
d. Ibu dan anak
e. Ayah dan ibu
6. Jika pasien tersebut mengalami kekerasan dan terpaksa harus menjalani rawat inap, berapa
lama penyimpanan rekam medis sebelum dimusnahkan?
a. 1 tahun
b. 2 tahun
c. 5 tahun
d. 8 tahun
e. 10 tahun
7. Anda sebagai seorang dokter muda yang ikut dalam pemeriksaan harus menjaga rahasia
kedokteran, hal ini sesuai dengan dasar hukum yaitu?
a. UU No 36 tahun 2009
b. UU No 44 tahun 2009
c. KODEKI
d. PP No 10 thn 1966
e. Permekes No 269 thn 2008

. a. merah c. Memar warna kehijauan disebabkan oleh aktivitas . b. KUHAP c. Namun dokter tersebut tidak mau mengucap sumpah setelah menyampaikan keterangan. Tenggelam e. KUHP b.. kuning d. Oedem vasogenik b. putih e. Label jenazah dengan AIDS a. Mekanik b. Dokter di sandera lalu dibawa kembali ke pengadilan dan mau mengucap sumpah. Lain-lain d. Keterangan saksi c. Keterangan ahli d. Ditemukan sperma dan feses dalam celana. Apakah jenis keterangan yang disampaikan dokter di pengadilan? a. Jari keriput. Tidak dapat ditentukan 14. UU No 36 tahun 2009 d. Seorang wanita tewas di banjir kanal dengan beberapa luka di tubuhnya. Hemosiderinolisin d. Biliverdin reduktase e. Memar dan lecet anggota gerak atas. Keterangan yang menguatkan hakim 11. biru b.8. Keterangan saksi ahli b. Kulit berbintil seperti bulu angsa. dasar hukumnya adalah a. Tes DNA termasuk metode identifikasi a. PP No 58 tahun 2010 12. Bilirubin reduktase 13. 10. c.. Luka robek pada kepala dan wajah. Jenis asfiksia pada korban adalah? a. Primer b. Non mekanik c. Oedem intestinal . Permenkes No 68 tahun 2013 e. Sekunder c. Pemeriksaan luar didapatkan buih halus kemerahan keluar dari hidung dan mulut. hijau 9. Campuran e. Oedem yang terjadi a. Saksi ahli e. Seorang dokter diminta sebagai saksi ahli dalam kasus pidana. Tersier d. Oedem sitotoksik c. Anda sebagai dokter yang memeriksa anak tersebut wajib melapor kepada polisi.

UU No 36 tahun 2009 d. Konvulsi c. A. Apneu d. Saat pemeriksaan korban didapatkan GCS E2M3V2 dengan lucid interval dan harus segera dilakukan craniotomi tetapi tidak ada keluarga pasien saat itu. Gram b. Jejas berwarna kebiruan c. Methilene blue 18. Dokter saraf c. d. Giemsa c. Fase yang terjadi sebelum fase pengeluaran sperma dan feses adalah a. Tidak melakukan operasi karena belum mendapat consent c. Korban kemudian dibawa ke IGD RSDK. Tidak didapatkan resapan darah dibawah kulit e. Malachite green e. 19.. apakah yang akan dilakukan oleh dokter bedah? a. d. Dokter forensik b.. betis kekuningan. B. Warna memar di wajah ungu. Pemeriksaan IMS Chlamydia menggunakan pengecatan a. pundak kehijauan. KUHP 357 b. e. betis. dan C benar 15. Terminal e. A dan B benar e. Dokter jantung e. Ada luka memar di wajah. Jika sebelum mati jenazah dilakukan pertolongan ke IGD dan sudah terjadi mati batang otak (MBO). UU No 22 tahun . Pelaku seperti itu bisa dijerat dengan? a. maka siapakah dokter yang boleh menentukan MBO tersebut? a. Didapatkan vesikel disekitar jejas 16. akhir 17. Perabaan halus d. Jejas berwarna pucat b. Menunggu hingga keluarganya datang b. Seorang laki-laki 59 tahun tertabrak oleh mobil angkutan umum saat sedang menyebrang jalan. pundak. Tetap melakukan operasi tanpa memerlukan consent d. Apakah yang bisa didapatkan dari pemeriksaan leher yang menunjukkan korban masih hidup sewaktu gantung diri? a. Dispneu b. Jika datang SPV pada saat itu. Dokter radiologi 20. Meminta persetujuan polisi e. apakah isi pemeriksaan visum yang akan anda buat? .. Seorang wanita datang ke dokter meminta visum setelah dipukul oleh suaminya. Meminta persetujuan orang yang membawa pasien 21. KUHP 352 c. Dokter jaga bangsal d.

Sedang d. Apakah kemungkinan kualifikasi luka pada korban diatas? a. Sangat berat . Ringan-sedang c. Ringan b. Saat pertama kali anda periksa b. Memuat dari pertama datang hingga akhir perawatan 22. Pemeriksaan sesuai tanggal SPV c. Menunggu hingga selesai perawatan d. Berat e. Membuka rekam medis e. a.