You are on page 1of 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 8.1)

Nama Sekolah :SMP Negeri 2 Selomerto
Mata Pelajaran :Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :VIII /Satu
Materi Pokok :Gerak pada Makhluk Hidup dan Benda
Alokasi Waktu :1 Pertemuan (2 jam)

A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga
kesehatan sistem gerak.
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton
dan penerapannya pada gerak benda dan gerakmakhluk hidup
4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga
kesehatan sistem gerak manusia
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1 Mengidentifikasikan jenis tulang penyusun sistem gerak manusia
3.1.2 Mengidentifikasikan proses perkembangan tulang
3.1.3 Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia
3.1.4 Mendeskripsikan struktur tulang manusia
3.1.5 Mengidentifikasikan jenis-jenis sendi
3.1.6 Mengidentifikasikan sendi–sendi yang bekerja dalam melakukan aktivitas sehari
hari
3.1.7 Mendeskripsikan jenis-jenis otot
3.1.8 Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia
3.1.9 Menyebutkan jenis-jenis gerak yang melibatkan otot yang dibawah kesadaran
3.1.10 Mendeskripsikan gangguan yang terjadi pada sistem gerak
3.1.11 Mendeskripsikan upaya menjaga kesehatan
4.1.2 Menyelidiki perbedaan diameter otot pada saat berkontraksi dan berelaksasi

Sendi–sendi yang bekerja dalam melakukan aktivitas sehari hari g.1. Fungsi sistem rangka bagi manusia d.7 Menyebutkan jenis-jenis otot 3. Materi pembelajaran reguler: a. Fungsi otot bagi manusia i. Menyebutkan gangguan yang terjadi pada sistem gerak k. Proses perkembangan tulang c.4 Menyebutkan struktur tulang manusia 3.1. Jenis-jenis otot h. TUJUAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN PERTAMA : Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran.3 Menjelaskan fungsi sistem rangka bagi manusia 3.1.1. Jenis-jenis sendi f.2 Menjelaskan proses perkembangan tulang 3. MATERI PEMBELAJARAN 1. Struktur tulang manusia e. Menjelaskan upaya menjaga kesehatan .10 Menyebutkan gangguan yang terjadi pada sistem gerak 3.1. Fungsi otot bagi manusia i. Struktur tulang manusia e.1. Sendi–sendi yang bekerja dalam melakukan aktivitas sehari hari g. Jenis-jenis otot h.1.5 Menyebutkan jenis-jenis sendi 3. siswa diharapkan dapat: KD 3.1. Jenis tulang penyusun sistem gerak manusia b. Jenis-jenis gerak yang melibatkan otot yang dibawah kesadaran j.8 Menjelaskan fungsi otot bagi manusia 3. Fungsi sistem rangka bagi manusia d. Jenis tulang penyusun sistem gerak manusia b.1: 3.1: 4.9 Menjelaskan jenis-jenis gerak yang melibatkan otot yang dibawah kesadaran 3. Materi pembelajaran remedial: a. Proses perkembangan tulang c.6 Menyebutkan sendi–sendi yang bekerja dalam melakukan aktivitas sehari hari 3.D.1.1 Menyebutkan jenis tulang penyusun sistem gerak manusia 3.11 Menjelaskan upaya menjaga kesehatan KD 4.2 Mengamati dan menjelaskan perbedaan diameter otot pada saat berkontraksi dan berelaksasi E.1. Materi pembelajaran pengayaan: Mengerjakan uji kompetensi 3. Jenis-jenis gerak yang melibatkan otot yang dibawah kesadaran j.1. Menjelaskan upaya menjaga kesehatan 2. Menyebutkan gangguan yang terjadi pada sistem gerak k. Jenis-jenis sendi f.1.

Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. METODE PEMBELAJARAN Pendekatan :Scientific Model Pembelajaran :COOPERATIVE LEARNING dan TWO STAY TWO SPRAY Mencakup suatu kelompok kecil peserta didik yang bekerja sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah masalah.tanya jawab G.F. PERTEMUAN PERTAMA : 2 JP a. SUMBER BELAJAR Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017. Pensil/Spidol b.menyelesaikan suatu tugas. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014 I. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. 3) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya. . 2) Guru memerhatikan kesiapan siswa dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan. 2017. Bahan-bahan lainnya H. Kegiatan Pendahuluan (15 menit) 1) Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang siswa dengan penuh khidmat. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017 Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017 Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014. Media Gambar tentang sistem gerak manusia Laptop/Komputer LCD Projector Whiteboard/Blackboard 2. yaitu dengan cara melakukan tanya jawab singkat tentang kompetensi tersebut. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN 1. MEDIA DAN BAHAN 1. Bahan a. Kertas c. atau untuk mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama lainnya kemudian memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain (dua orang dari masing-masing kelompok menjadi tamu dari kelompok lain dan dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka) Metode :Diskusi. Flash Disk d.

Kegiatan Inti (90 menit) 1) Mengamati a) Siswa bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang sistem gerak pada manusia yang diberikan oleh guru b) Siswa mengamati gambar dari guru tentang sistem gerak pada manusia 2) Menanya a) Membimbing kelompok merumuskan pertanyaan. d) Salah angggota kelompok menjadi penyaji. yaitu memahami sistem gerak pada manusia 6) Guru menyampaikan lingkup penilaian. struktur apa sajakah yang di miliki manusia sehingga dapat melakukan gerak aktif 3) Mengumpulkan informasi a) Peserta didik melakuakan pengamatan untuk mengidentifikasi nama-nama tulang penyusun sistem rangka manusia b) Masing-masing kelompok memberi nama atau melengkapi bagian-bagian rangka manusia pada gambar yang tersedia 4) Menalar/ mengasosiasi a) Masing-masing kelompok diberikan dua masalah yaitu tentang m=nama- nama tulang penyusun sistem rangka manusia dan tentang sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan diskusi pada “ayo kita lakukan” b) Masing-masing kelompok mendiskusikan pemecahan masalah 5) Mengomunikasikan a) Membimbing kelompok menyajikan hasil diskusi b) Memberi kesempatan kelompok untuk mempresentasikan hasilnya dan ditanggapai kelompok lain dan menemukan simpulan bersama. penilaian pengetahuan. 4) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai. f) Setelah usai berkunjung ke kelompok lain. e) Anggota kelompok yang berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok lain dengan cara menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi. yang meliputi: penilaian sikap. c) Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan cara saling berkunjung. dan penilaian keterampilan. siswa kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi penyaji. g) Setiap kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya. b. yaitu kompetensi tentang sistem gerak pada manusia 5) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. sementara anggota yang lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan dan mengkritisi. .

Observasi Jurnal Lampiran Saat Penilaian untuk pencapaian 4 Pembelajaran pembelajaran (assessment Berlangsung for and of learning) 2. layanan konseling. Penilaian Lembar Lampiran Saat Penilaian sebagai Diri Penilaian 5 Pembelajaran pembelajaran (assessment Diri usai as learning) 3. Penilaian Lembar Lampiran Saat Penilaian sebagai Diri Penilaian 5 Pembelajaran pembelajaran (assessment Diri usai as learning) 3. 5) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya. dalam bentuk remedi. Sikap Sosial Contoh Bentuk Waktu No. Penilaian Lembar Lampiran Saat Penilaian sebagai antarteman Penilaian 6 Pembelajaran pembelajaran (assessment antarteman usai as learning) . Teknik Butir Keterangan Instrumen Pelaksanaan Instrumen 1. Penilaian Lembar Lampiran Saat Penilaian sebagai antarteman Penilaian 6 Pembelajaran pembelajaran (assessment antarteman usai as learning) 2. c. Observasi Jurnal Lampiran Saat Penilaian untuk pencapaian 4 Pembelajaran pembelajaran (assessment Berlangsung for and of learning) 2. PENILAIAN 1. 6) Guru bersama-sama para siswa menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup. Teknik Butir Keterangan Instrumen Pelaksanaan Instrumen 1. Sikap spiritual Contoh Bentuk Waktu No. 2) Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar siswa selalu bersyukur atas karunia Tuhan. pengayaan. J. dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada siswa. 3) Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan. 4) Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut. Kegiatan Penutup (15 menit) 1) Guru bersama-sama para siswa merumuskan simpulan tentang sistem gerak pada manusia.

Penugasan Tugas tertulis Lampiran 8 Saat Penilaian untuk dan Pembelajaran sebagai pembelajaran usai (assessment for and as learning) 4. Pengetahuan Contoh Bentuk Waktu No. 19730522 199412 1 001 . siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.M. NIP. Teknik Butir Keterangan Instrumen Pelaksanaan Instrumen 1.M. 19690125 199601 2 001 NIP. 3. as and of learning) 5.Pd.M. keterampilan 9 Pembelajaran sebagai dan/atau produk Berlangsung/atau pencapaian setelah usai pembelajaran (assessment for. HIDAYAT S. Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 11) 6. Produk Soal Lampiran Saat Penilaian untuk.Pd. meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber. Format kegiatan pengayaan (lampiran 12) Selomerto. Pembelajaran Pengayaan Berdasarkan hasil analisis penilaian. Pembelajaran Remedial Pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk: • pembelajaran ulang • bimbingan perorangan • belajar kelompok • pemanfaatan tutor sebaya bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian. Keterampilan Contoh Bentuk Waktu No. 17 Juli 2017 Guru Mata Pelajaran Kepala SMP N 2 Selomerto Ilmu Pengetahuan Alam SRI PUJI ASTUTI. Lisan Pertanyaan Lampiran 7 Saat Penilaian untuk (lisan) dengan Pembelajaran pembelajaran jawaban Berlangsung (assessment for terbuka learning) 2. Teknik Butir Keterangan Instrumen Pelaksanaan Instrumen 1.

Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan Keterangan: a. Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester. LAMPIRAN 2: LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan 3. Mengungkapkan secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan 5. Catatan Tanda Tindak No. apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan. baik yang positif maupun yang negatif. Pernyataan Ya Tidak 1. perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol). b. Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaiakn pendapat/presentasi 4. 2. Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa. . Waktu Nama Siswa Butir Sikap Perilaku Tangan lanjut 1. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu 2. No.LAMPIRAN 1: JURNAL SIKAP SPIRITUAL Petunjuk: a. Amati perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan. Dst. yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal. b.

Teman saya merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan Keterangan: a. b. baik yang positif maupun yang negatif. No. Teman saya memberi salam sebelum dan sesudah menyampaiakn pendapat/presentasi 4. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal. .LAMPIRAN 3: LEMBAR PENILAIAN ANTARTEMAN SIKAP SPIRITUAL Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Teman saya mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan 3. Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester. Catatan Tanda Tindak No. teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa. apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan. LAMPIRAN 4: JURNAL SIKAP SOSIAL Petunjuk: a. b. Pengisian jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol. yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. Teman saya mengungkapkan secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan 5. Teman saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu 2. Pengamatan perkembangan sikap menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan. 2. perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol). Dst. Waktu Nama Siswa Butir Sikap Perilaku Tangan lanjut 1. Sebagaimana teknik penilaian diri. Pernyataan Ya Tidak 1.

teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa. b. Keterampilan berkomunikasi 5. Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok 4. No. Teman saya menunjukkan rasa ingin tahu 2. . LAMPIRAN 6: LEMBAR PENILAIAN ANTARTEMAN SIKAP SOSIAL Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya! No. Teman saya memiliki rasa kejujuran Keterangan: a. Teman saya menunjukan ketelitian dan kehati-hatian 3. Kejujuran Keterangan: a. Pernyataan Ya Tidak 1. Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa. Teman saya tekun dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok 4. Sebagaimana teknik penilaian diri. Pernyataan Ya Tidak 1. Ketelitian dan kehati-hatian 3. Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurangkurangnya satu kali dalam satu semester. yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester. Teman saya memiliki keterampilan berkomunikasi 5. Menunjukkan rasa ingin tahu 2. yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.LAMPIRAN 5: LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. b.

Hasil Pengamatan 3 = sangat relevan 2 = relevan 1 = kurang relevan 3. Buatlah tabel pengamatan diameter otot 2. Sajikan dalam bentuk presentasi dalam bentuk tabel. Rubrik Penilaian Produk No. No. Hasil Analisis dan Kesimpulan 3 = sangat relevan 2 = relevan 1 = kurang relevan Skor maksimum 9 . Apa fungsi sistem rangka bagi manusia? 4 Sebutkan jenis-jenis sendi? 5 Sebutkan jenis-jenis otot? 6 Sebutkan fungsi otot bagi manusia LAMPIRAN 8: LEMBAR TUGAS Petunjuk: Carilah ganguan dan penyakit pada sistem gerak dan upaya mencegah serta mengatasinya LAMPIRAN 10: INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN Petunjuk: 1. Sebutkan jenis tulang penyusun sistem gerak manusia? 2. Daftar Pertanyaan Ket 1. Hasil Rumusan Pertanyaan/Masalah 3 = sangat relevan 2 = relevan 1 = kurang relevan 2.LAMPIRAN 7: SOAL -SOAL TES LISAN Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar. Lengkapilah tabel tersebut dengan deskripsi 3. Bagaimana proses perkembangan tulang? 3. Aspek Yang Dinilai Skor 1.

… 2. … 2. 2. Dst. Remedial : … Waktu Ulangan Remedial : … Ketuntasan Belajar : … Bentuk Nilai KD Yang Tidak Nilai Hasil No. 2. … Waktu Pengayaan : … Waktu Ulangan : … Ketuntasan Belajar : … Nilai Bentuk Nilai Tes No. Dst. Nama Siswa UH Pengayaan Pengayaan 1. … Waktu Pemb.LAMPIRAN 11: FORMAT PELAKSANAAN DAN HASIL PEMBELAJARAN REMEDIAL Sekolah : SMPN 2 Selomerto Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : VIII /Satu Materi Remedial : 1. LAMPIRAN 12: FORMAT PELAKSANAAN DAN HASIL PEMBELAJARAN PENGAYAAN Sekolah : SMPN 2 Selomerto Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : VIII /Satu Materi Pengayaan : 1. Nama Siswa Pembelajaran UH Tuntas Remedial Remedial 1. .