You are on page 1of 4

LEMBAR KERJA 1

ANALISIS BUKU SISWA DAN BUKU GURU
(20 menit)

A. Tujuan
Peserta dapat:
1. menjelaskan isi masing-masing bagian buku siswa dan buku guru;
2. menunjukkan kelebihan dan kekurangan isi buku siswa dan buku guru;
3. merumuskan alternatif tindak lanjut perbaikan bila isi buku siswa dan buku
guru masih belum memadai;
4. merumuskan alternatif tindak lanjut perbaikan apabila langkah-langkah
pembelajaran dan penilaian yang disarankan dalam buku guru masih belum
memadai.

B. Petunjuk
1. Bentuk kelompok yang beranggotakan 3 - 5 orang
2. Diskusikan dan berikan tanggapan pernyataan 1 - 3 berikut ini.

Keterangan
No. Pernyataan Penjelasan
Ada Tidak
1. Pendahuluan Buku Siswa sudah memberikan gambaran secara umum:
a. tujuan penulisan buku v
b. sistematika buku v
c. pendekatan dan metode v
pembelajaran
d. keterampilan proses v Ada LK
e. pembiasaan sikap v
f. penilaian dalam pembelajaran v
g. alokasi waktu pembelajaran v
2. Pendahuluan Buku Guru sudah memberikan gambaran secara umum:
a. tujuan penulisan buku v
b. sistematika buku v
c. pendekatan dan metode v
pembelajaran
d. keterampilan proses v
e. pembiasaan sikap v
f. penilaian dalam pembelajaran v
g. alokasi waktu pembelajaran v Ada di silabus
3. Perbedaan Pendahuluan Buku Tidak dapat
Siswa dengan Buku Guru membandingkan
karena buku
siswa tidak ada

1

Permasalahan (1) (2) (3) (4) 3. keluasan materi. Tabel 1: Analisis Buku Siswa Sub Tema : teknik budidaya Kompetensi Keberadaan dalam buku Alternatif Perbaikan Dasar Hlm. Tulis hasil analisis Anda pada Tabel 1. Pernyataan Penjelasan Ada Tidak pendahuluan 3. hal 174 ) Keterangan: (1) Tuliskan nomor KD (2) Tuliskan nomor halaman (3) Tuliskan permasalahan yang ditemukan (kesesuaian dengan KD. Pilih satu Sub Tema dari Buku Siswa dan lakukan analisis terhadap isi buku tersebut. kedalaman materi.2 174 Belum ada teori tentang Menambahkan contoh penyajian ternak yang leteratur yang sesuai baik dan benar .2 159 Tidak ada contoh-contoh Menambahkan jenis penyakit dan hama leteratur yang sesuai pada ternak hias dengan permasalahan yang ada 3. kesesuaian langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Analisis Sub Tema tersebut dan tulis hasil analisis Anda pada Tabel 2. Keterangan No.tetapi sudah dengan permasalahan diberi tugas praktik yang ada penyajian ternak hias ( tugas 6. 2 . Pilihlah 1 Sub Tema pada Buku Guru yang bersesuaian dengan Sub Tema pada Buku Siswa yang Anda analisis. dan ketepatan instrumen penilaian yang digunakan) (4) Uraikan alternatif perbaikannya secara jelas 4. kebenaran materi. Setiap kelompok memilih Sub Tema yang berbeda.

Presentasikan hasil analisis Buku Siswa dan Buku Guru yang telah Anda lakukan dan perhatikan umpan balik dari para peserta dan fasilitator. Pernyataan Sesuai Tidak Perbaikan 1. Sikap v Santun ganti kerjasama b. Tabel 2: Analisis Buku Guru Sub Tema : hama dan penyakit pada ternak hias Nomor KD yang Dicakup : 3. Berdasarkan analisis Buku Siswa dan Buku Guru dari Sub Tema yang telah Anda pilih. Kesesuaian langkah-langkah v pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada Buku Siswa dan Buku Guru 4. Keterampilan v 5. Kesesuaian langkah-langkah v pembelajaran dengan pendekatan saintifik 4. 3 . Kesesuaian indikator pencapaian v kompetensi dengan KD 2. Ketepatan instrumen penilaian pada Buku Siswa dan Buku Guru dengan aspek: a. Sikap v b. kemudian lakukan analisis kesesuaian kedua buku tersebut. Keterampilan v 6. Kesesuaian indikator pencapaian v kompetensi dengan KD pada Buku Siswa dan Buku Guru 2. Pengetahuan v c. Kesesuaian tujuan pembelajaran v dengan KD pada Buku Siswa dan Buku Guru 3. Pengetahuan v c. Keterangan Alternatif No. Pernyataan Sesuai Tidak Perbaikan 1.2 Memahami produk dan proses budidaya ternak hias (Tulis KD yang dicakup pada Sub Tema tersebut) Keterangan Alternatif No. Kesesuaian tujuan pembelajaran v dengan KD 3. Ketepatan instrumen penilaian dengan aspek: a.

SMP N 2 Tonjong-Brebes 4 Dwi Suswiati S.Pd SMP N 1 Talang-Tegal 6 Muslichah S.M.Pd. SELAMAT BEKERJA Kelompok Prakarya-Budidaya TPK Solo 2015 1 Wawan Tuswandi ST.Pd.Pd SMP N 1 Pekalongan 4 .Pd. Sempurnakan rumusan alternatif perbaikan kelompok Anda berdasarkan masukan para peserta dan fasilitator dalam diskusi kelas dan serahkan kepada pendamping. 7. SMP N 1 Wanasari-Brebes 3 Tarjoni S. SMP N 2 Wanasari-Brebes 7 Seno S. SMP N 4 Wanasari-Brebes 5 Harwin Fitrianingsih S.Pd.Si SMP N 1 Tanjung-Brebes 2 Tohidah S..