You are on page 1of 17

KESANTUNAN BERBAHASA DALAM SISTEM LAYANAN PESAN

SINGKAT: ANALISIS WACANA INTERAKSI ANTARA
MAHASISWA DAN DOSEN UNIVERSITAS CENDERAWASIH

Aleda Mawene & Eti Setiawati
Universitas Cenderawasih

Abstrak

Penggunaan jaringan komunikasi yang serba canggih pada era ini turut
mempengaruhi ragam dan variasi berbahasa. Sistem jaringannya
mengenakan tarif pulsa tertentu pada setiap item layananan. Akibatnya,
konsumen memilih bersikap manipulatif dalam hal penggunaan bahasa
Indonesia. Ketika menulis pesan, para partisipan memilih menyingkat kata-
kata demi menghemat ruang, tempat, dan harga. Misalnya, ‘selamat pagi’
disingkat ‘slmat pg’; ‘terima kasih banyak’ disingkat ‘trmh ksh bnyk’ atau
‘tq’; ‘dan’ disingkat ‘n’; ‘bisa’ disingkat ‘bz’; ‘tempat’ disingkat ‘t4’;
‘kalau’ disingkat ‘klw’. Banyak di antara singkatan-singkatan tadi
dikategori-kan tidak tepat asas bahasa Indonesia. Oleh karena itu, fakta
menunjukkan bahwa ragam dan variasi penggunaan bahasa melalui ponsel
cenderung mengabaikan aspek kesantunan berbahasa.

Kata kunci: Komunikasi, Ragam bahasa.

PENDAHULUAN hubungannya dengan fungsi bahasa, batasan
Fenomena yang terjadi pada masa kesantunan tadi mengacu kepada perihal
kini yang perlu disikapi dengan serius yaitu pemilihan dan penggunaan bahasa yang
ragam dan variasi penggunaan bahasa halus, baik, dan sopan demi membangun
melalui ponsel yang cenderung serta memelihara interaksi interpersonal.
mengabaikan aspek kesantunan berbahasa. Menurut Brown dan Levinson
Kesantunan berbahasa mengacu kepada (dalam Eelen, 2001), kesantunan sangat
perilaku berbahasa yang halus, baik, dan penting bagi struktur kehidupan sosial dan
sopan (KBBI, 2001:997). Lakoof (dalam masyarakat karena merupakan suatu
Eelen, 2001) mendefinisikan kesantunan ekspresi hubungan sosial. Dalam konteks
sebagai sistem hubungan interpersonal yang ini, penggunaan bahasa secara verbal
dirancang untuk mempermudah interaksi merupakan suatu upaya meredam
dengan memperkecil potensi bagi terjadinya ketegangan interpersonal yang muncul dari
konflik dan konfrontasi yang selalu ada berbagai tujuan komunikasi berkaitan
dalam pergaulan antarmanusia. Dalam dengan status sosial para partisipannya.
Jurnal Artikulasi Vol.12 No.2 Agustus 2011|830 

memformulasikan maksim-maksim ke- (1) santunan atau kesopanan sebagai berikut: B : Selamat sore. derajat kesantunan B (tuturan 2) lebih membuat permintaan. Indonesia dalam wacana SMS antara Jurnal Artikulasi Vol. jangan mengganggu apa. 1). (3) buat penerima merasa baik Dalam contoh kutipan di atas. Tidak apa. diri dan perlindungan citra diri melalui sistem ini dianggap dapat memberi peluang tuturan atau percakapan. sy slh krm.” Dalam santun kepada B. Dengan kata lain.(” Anda dan dosen di setiap perguruan tinggi.12 No.2 Agustus 2011|831  . Ibu maklum. peneliti tertarik mengkaji masalah tentang melalui tuturan pula sesoerang dapat bagaimanakah pola kesantunan berbahasa melindungi citra dirinya. Terima kasih. Kenyataannya. Pada sisi aspek penggunaan bahasa. Maaf. perbedaan peringkat sosial jangan mengganggu terungkap kalimat. (”Saya minta maaf sebagaimana dalam kutipan di atas sering mengganggu Anda” ) dan memuji untuk ditemui dalam komunikasi antara mahasiswa membuat pendengar merasa baik. (3) dengan kalimat yang lebih santun. Untuk mengurangi gangguan kita Realita penggunaan bahasa menggunakan kata maaf. yakni A menerangkan banyak ujaran yang tidak (mahasiswa) dan B (dosen B). KESANTUNAN DALAM BERBAHASA Misalnya: Ahli linguistik Robin Lakoff (1975) A : Slmt sore. ia harus memperbaiki tuturan Bisakah saya meminta Anda untuk…”). Ibu. permohonan biasanya tinggi daripada A. ibu. Jika A ingin dalam bentuk kalimat tanya: “Apakah Anda menunjukkan kesantunan yang lebih keberatan… Bisakah Anda mungkin… daripada B. Wina. Oleh sebab itu. kedua partisipan memiliki peringkat sosial dan Maksim-maksim prinsip kesopanan hubungan sosial yang berbeda. dan hubungan sosial mengharuskan A lebih ”Maaf. Sebaliknya. Berdasarkan mem-berikan informasi baru.(2) berikan pilihan A : Terima kasih kembali. Sistem kesantunan itu antara lain membantu terciptanya komunikasi yang mencakup dasar perhitungan tingkat citra efektif. Untuk memberi perintah. Untuk maksim teori kesantunan. kendati A usaha untuk mengurangi gangguan yang merupakan pemrakarsa kesantunan (tuturan dibuatnya. interaksi Menurut Amir (2004) setiap bahasa antara mahasiswa dan dosen melalui sistem mempunyai sistem pembentukan kesantunan layanan pesan singkat dianggap sangat berbahasa. tahu banyak tentang mesin mobil daripada termasuk di Universitas Cenderawasih. tuturan yang digunakannya.Implikasinya yaitu interaksi yang terjadi mahasiswa dan dosen FKIP Universitas antara partisipan yang berbeda status dan Cenderawasih hubungan sosialnya menghasilkan tingkat kesantunan tuturan yang berbeda pula. saya melihat Anda di rumah. bagi ketegangan interpersonal yang dapat citra diri seseorang dapat ditandai melalui merugikan mahasiswa. Pada saya“) sisi kelancaran proses perkuliahan.

berbeda antara bahasa yang satu dengan 2) Penutur menggunakan pagar dalam bahasa yang lain. kan pada: (1) jarak sosial antara penutur dan Misalnya: Bisakah Bapak tidak merokok mitra tuturnya. tersebut memungkinkan penutur dan mitra Dalam tuturan tadi. Tingkat kesantunan tersebut didasar. Leech (1983) ingin mengajak Bapak untuk menegaskan bahwa sebuah tuturan dianggap membangun jalan ini. langsung. tuturannya. klausa ‘saya takut kalau Ibu terganggu’. tapi saya semakin santun apabila: (1) tuturan tersebut takut saya dianggap mencari merugikan diri penuturnya. memahami nasib kami’.. Amir (2004) mengidentifikasi adanya 5) Penutur memberikan penghormatan.12 No. penutur memagari tutur menentukan pilihan yang banyak dan maksud tuturannya dengan klausa leluasa. dalam Teori Kesantunan Contoh: Sebenarnya sudah lama saya yang dikemukakannya. Ketiga norma ini dapat dengan kalimat tanya. Jurnal Artikulasi Vol.2 Agustus 2011|832  . 6) Penutur meminta maaf. dan (5) jarak Contoh: Bisakah Bapak bergeser ke peringkat hubungan sosial antara penutur samping sedikit? dan mitra tutur semakin jauh. Namun. (2) tuturan muka. dan mitra tutur semakin jauh. (3) tuturan itu bersifat tidak ‘sebenarnya sudah lama saya ingin’. penggunaan ketiga parameter Brown dan Contoh: Saya meminta bantuan Bapak Levinson oleh pemakai bahasa Indonesia karena hanya Bapaklah yang dalam memilih jenis kesantunan. dan peran tuturan Contoh: Saya ingin minta tolong Ibu dalam penentuan citra diri. langsung. menentukan tingkat kesantunan dalam 1) Penutur menggunakan tuturan tak ujaran. larangan itu tutur dalam kebudayaan yang disampaikan secara tidak langsung bersangkutan. Ia memahami nasib kami. Selain itu.. untuk . tapi saya takut Ibu terganggu.. dominasi kekuasaan. Brown dan Levinson (1978) Berikut ini dikemukakan kedelapan cara menegaskan bahwa strategi penutur amat tersebut. (2) besarnya perbedaan di mobil ber-AC ini? kekuasaan atau dominasi antara penutur dan Penutur melarang mitra tuturnya mitra tuturnya. Pendapat Lech Penimimalan paksaan itu diungkapkan ini tidak berbeda jauh dengan pendapat dengan kata tanya ‘bisakah?’ dan kata Brown dan Levinson karena juga ‘sedikit’. 4) Penutur menunjukkan pesimisme. Dalam tulisannya tentang Pesimisme penutur diungkapkan dengan “Pembelajaran Kesantunan Berbahasa”. menekankan pada aspek jarak sosial. dan (3) status relatif tindak merokok. (4) jarak peringkat sosial penutur 3) Penutur meminimalkan paksaan. mengemukakan delapan (8) cara yang lazim Penghormatan penutur diungkapkan digunakan oleh penutur bahasa Indonesia dengan klausa ‘hanya Bapaklah yang untuk membentuk tuturan yang santun.

Ibu. dan (9) pemberitahuan nomor membuang sampah telepon. (P04) (4) Mat siang. (8) permintaan Contoh: Pengunjung dilarang menguji. Dengan demikian. permohonan izin kuliah/praktik. Maaf.7 % (15 teks ) di antaranya penelitian yang mengemukakan hasil merupakan permintaan waktu penelitian dan pembahasan hasil penelitian berkonsultasi dengan dosen atau tentang pola kesantunan berbahasa mengumpulkan tugas. Charli. Bu. 1) PERMINTAAN WAKTU POLA KESANTUNAN BERBAHASA KONSULTASI INDONESIA DALAM WACANA SMS ANTARA MAHASISWA DAN DOSEN Permintaan waktu untuk berkonsultasi FKIP UNIVERSITAS dengan dosen menempati urutan pertama CENDERAWASIH alasan mahasiswa berkomunikasi dengan dosen melalui SMS. tadi dikategorikan ke dalam sembilan (9) Contoh: Tampaknya ruangan ini perlu macam. Ini dgn SMS. (P02) kesantunan berbahasa Indonesia dalam (3) Met pgi. yakni: (1) permintaan waktu dibersihkan. ibu. (7) penginformasian umum. menyimpan jaket di tempat ditemukan bahwa 40 teks SMS antara dosen penitipan.2 Agustus 2011|833  . (4) orang. 35. subbab-subbab berikut ini diulaskan secara Ibu.12 No. Saudara harus Berdasarkan kajian terhadap isinya. (5) 8) Penutur mengucapkan tuturan sebagai permintaan penjelasan tugas. (2) pengecekan kehadiran Dalam tuturan ini penutur tidak atau kesiapan dosen/mahasiswa. Indonesia pada wacana SMS antara mahasiswa dan dosen FKIP Universitas (1) Siang ini ibu ada wkt? (P01) Cenderawasih. kpn sy bisa ambil proposal sy? sistematis isi wacana SMS dan pola-pola Terima kasih. ibu. Dari 42 teks yang Bab ini merupakan bagian inti diteliti. dalam (2) Slmt pagi. Isi teks SMS impersonal. posisi dmn. sumber & alat belajar. Ibu bls ke no saya 08525452xxxx. mengganggu. berkonsultasi. Contoh: Maaf. sembarangan. dan mahasiswa tersebut berkaitan erat 7) Penutur menggunakan bentuk dengan kegiatan perkuliahan. (6) ketentuan yang berlaku pengecekan nilai. maaf bs ketemu MAHASISWA DAN DOSEN k? (P06) Jurnal Artikulasi Vol. Apakah sy bisa konsultasi sekarang? (P05) ISI WACANA SMS ANTARA (5) Slmt pagi pagi. (3) menunjuk seseorang atau sekelompok pemberitahuan waktu kuliah..

maaf mahasiswa. alasan maha- mw mnt tanda tgnx ibu krn hr siswa dan dosen saling ber-SMS yaitu sabtu kami ujian kepal sekolah untuk menegaskan waktu perkuliahan (P40) atau menginformasikan perubahan waktu perkuliahan. Pkl 09.. saya mau bicara dengan Terima kasih.5 % (4 teks ) dari 42 teks proposal penelitn sy .00 wit petunjuk utk persiapan seminar. Ibu saya bisa mahasiswa dan dosen saling berinteraksi konsultasi RPP? (P18) melalui layanan SMS.. 2) PENGECEKAN KEHADIRAN ada perlu mau bertemu Ibu.12 No. mau (4) Slmt Pag! Apa kelas Anda sdh tanya. dosen dan atau kesiapan mahasiswa mf kapan sy bisa ketemu Ibu? (dan dalam perkuliahan. Ibu. maaf skali sgt untuk mengecek kehadiran atau kesiapan menggu.GBU (P27) bisa masuk sekarang. Kalau ibu ada waktu. yaitu keinginan (9) Syllm.. (P17) pembimbing thesis kami 4 (3) Syaloom. Ibu. Besok kuliah (11) B. KULIAH (P37) Selain bertujuan mengecek kehadiran (15) Mat ibu sdh ad di jayapura k sy atau kesiapan perkuliahan. Ibu ini dgn Marten Ruma. (P14) ATAU KESIAPAN (7) Slmt pg ibu. (P23) mahasiswa bimbingan ibu. mengganggu Ibu. Apakah ibu (13) Selamat mlm ibu. Apakah (10) Selamat siang. (P07) Ibu. maaf mengganggu bs DOSEN/MAHASISWA ketemu k? (P015) (8) Selamat siang. maaf Alasan berikutnya yang memungkinkan mengganggu. ini dengan Marinus. berkati.2 Agustus 2011|834  . (P29) (2) Selamat pagi. maaf mengajar? Terima kasih. selamat pagi. trimksh SMS. Ibu ini sy sknrg ada di kampus mau ktmu dgn ibu. Ini dgn waktu kuliah bisa diundur sore? Marinus. mat malam bu. sblmnya. (P30) gunakan LCD jadi tolong carikan (12) Mohon maaf. Frekuensi alasan ini dimana) Mau ksh lht untuk dikoreksi mencapai 9. ibu menjadi dosen listriknya. Ibu tdk klrga.skali lg mta mf krn tlh menggu waktu yg shrsnya buat (1) Selamat siang. besok bisa konsultasi RPP siap? (P35) k?. Teman-teman mohon mengganggu Ibu. Martha. (P34) 3) PEMBERITAHUAN WAKTU (14) Selamat siang ibu. ini dengan Yakoba. Tuhan mengganggu. Catrin. ruangan yang ada aliran Sesuai SK. Dari 42 wacana yang Jurnal Artikulasi Vol. Insyur minta waktu utk di ruang yang mana? Ibu mau konsoltasi Proposal Tesis. (6) Mat siang ibu. mata kuliah Perencanaan (P31) Pembelajaran.

trus saya msh agak bingung dgn materi. saya kumpul tugas sore ini karena belum menguasai materi di rumah Ibu? (P24) pembelajaran. TUGAS Mau sampaikan bahwa kami suda sepakat waktu kuliah hari kamis jam Hasil temuan menunjukkan bahwa para 15. dan mngnai tugas akhir apakah bs Mahasiswa juga memakai layanan pesan menyusul. bu. Ibu. Jd.1 % ( 3 teks (4) Selamat mlm. Hri ini kt ada kuliah yang berkaitan dengan tugas-tugas per- bhasa indo profesi.. (P10) 5) PERMINTAAN PENJELASAN (2) Selamat pg.12 No. sy Lilis Suryani. Bu. (2) Selamat pagi ibu. dikaji. Ibu (1) Selamat siang. sdh tahu jam kuliah dipindah? Terima kasih. dr Fransin. (P21) Jurnal Artikulasi Vol. bu.2 Agustus 2011|835  . PRAKTIK MENGAJAR mhswa Ibu d S2 Bhs Ind. Saya belum siap. Dari keseluruhan data. maju.bsk sy tdk bisa ). Ibu. Bahkan juga sekadar (3) Mat pg bu. tadi saya terlambat . setelah memohon maaf tidak mengikuti kuliah kita tempel2 koran kt jelaskan lg k.. maaf mengganggu 6) PENGECEKAN NILAI bu.5 % (4 teks) tidak bs ikut kuliah krn sakit.Ini dgn Stefa mengikuti kuliah karena sakit atau tidak Taran. maaf mengganggu.Maaf mengganggu. bu sy bs tny k. (P20) berkaitan dengan pengumuman nilai (3) ShallOm H Mat sOre. alasan ini meliputi 7. MAAF ujian. bu? (P13) singkat ini untuk menanyakan hal-hal (3) Mat pgi ibu. jadwal ini mulai berlaku mahasiswa memanfaatkan layanan pesan kpanka. Keberadaannya mencapai 9. mohon izin tdk kelas 2B1? (P25b) mengikuti kuliah (P19). (P25a) tujuan ini mencapai 9. (P16) % (4 ) 4) PERMOHONANIZIN KULIAH / (1) Met siang. Yuk. (4) Selamat pagi.5 % (4 teks). ibu. Ini dgn Catrin. Bu? Trima kasih. ini dgn Catrin bu mau menyampaikan kalau hari ini saya Dari 42 teks yang dikaji 9. . Apakah teman2 jangan marah saya.. Mau (1) Met siang. Ibu saya terlambat kumpul dapat melaksanakan praktik mengajar tugas. Bu.... sy Lilis Suryani. Ibu. sy lg sakit untuk kumpulkan tugas mahasiswa dan d rawat d RS.5 dkt aula pgsd. (P38). Terima berisi ujaran mahasiswa kepada dosen kasih.00. (P19) singkat untuk meminta izin tidak (2) Selamat sore. tanya kapan saya bisa ketemu Ibu mhswa Ibu d S2 Bhs Ind. karena terlambat. D ruang kls atas kuliahan. blz.

dan (3) Slmt pg ibu. mahasiswa pun MEMBERKATI (P32). MENGAWASI PRAKTIK Dari Edison W. Ini dgn Gita semester 6 Bhs Indonesia. (1) Slmt pagi ibu. memanfaatkan fasilitas SMS untuk (2) Syalom. terutama ketua angkatan dianggap (P41) sangat potensial dalam memperlacar informasi perkuliahan. jd bs susulan. slmt malam. 4. memberi ujian ulang.1 % (3 teks). nilai hr in kha? Kami sudah d Frekuensinya mencapai 7. oke blas Ibu. Bhs. Terima kasih. (P03) brapa? Sya mau ks kmbali buku Metode Penelitian. (P33) (4) Selamat pagi ibu maaf mengganggu. (1) SELAMAT SNG. ini dgn KRISTIAN maf TELEPON mungkin mengangu.8 % (2 teks) di antaranya Jurnal Artikulasi Vol. (P28) proposal. sbtr ibu k kampus jam Mhon kesediaan Ibu. mat pagi Ibu ini dgn Ester mengetahui informasi tentang sumber Ronsumbre kls 2A1 sy blm ujian mid belajar dan fasilitas belajar. Dari 42 wacana yang dikaji. MAAF BU BS TDK ALAT BELAJAR SKRNG SY KETEMU DMN POSISI SY DI PRODI BI TUHAN Kendati kurang. siswa. menggnggu. kah? Tpi ibu ini saya mau tanya Ibu katanya Ibu mau Pemanfaatan teknologi informasi dan jual Ibu pu leptop kah? Klu dijual telekomunikasi antara dosen dan maha- Ibu saya mau ambil. k? (P25b). Trivony. mf.8 % (2 teks) dari (3) Ibu. (1) Mt pg Bu gimana nilai Bhs Ind sdh 8) PERMINTAAN MENGUJI ATAU disrahkan ke Bu Susi atau blum. Skdr pmbrthuan bsk sy maju RPP jam 8:45 smpai dgn 10:15 di kls X B. kmpus.Trmkasih. Ibu. (P39) 9) PEMBERITAHUAN NOMOR (2) Mat pgi ibu.12 No. Frekuensinya sebesar 4. BU MAAF SY saya mau bertanya apakah nilai ELIMELEK YOTHA MHS PJJ S1 mata kuliah teori belajar bahasa PGSD SY SBNTR JAM 16.00 (JAM 4 sudah keluar atau belum? Maaf bu SORE) MAU DIUJI OLEH IBU PA Ini dengan ketua angkatan semester SUWITA DAN PA DJUMIRAN 5 martha duka. (P34) TETAPI SAAT INI SY MAU BRIKAN PROPOSAL PTK DAN UNDANGAN 7) PENGINFORMASIAN SUMBER & UTK IBU BACA. Apakah Ibu jd bagi mengawasi praktik mengajar. sya Temuan penelitian menunjukkan bahwa mau Tanya kami punya nilai sudah demi efiensi. Tuhan meminta kesediaan dosen penguji berkati.Ibu. (P08) MENGAJAR (2) Selamat pagi. mahasiswa dapat juga keluar atau belum? Mohon menggunakan layanan SMS untuk informasi.2 Agustus 2011|836  . 42 data yang dikaji.

para mahasiswa cenderung meng. Kendati demikian. Misalnya: a) Silakan (anda) datang ke MAHASISWA DAN DOSEN rumah saya!. Pagi Ibu.8 %. MENURUT TEORI KESANTUNAN siswa ketika berinteraksi dengan dosen. (5) pengecekan nilai singkat atau SMS.12 No. ditemukan pula kerugian bagi diri sendiri dan beberapa tuturan mahasiswa yang kurang meminimalkan keuntungan diri sendiri. (9) pemberitahuan nomor telepon masing. (1) Syaloom.5 %.. yang diakhiri oleh (8) kebijaksanaan dan maksim penerimaan penginformasian sumber & alat belajar dan dalam tuturan SMS. (b) Sudilah kiranya (Anda) datang ke rumah saya. kebijaksanaan diungkapkan dengan tuturan impositif dan komisif.5 %. Begitu pula.2. sudilah (anda)datang ke rumah SMS mahasiswa dan dosen ditemukan saya. (4) perminta-an penjelasan berkomunikasi melalui sistem layanan pesan tugas sebesar 9. santun dalam berkomunikasi. (P11) 4. Agar lebih Jurnal Artikulasi Vol. ini nomornya BERBAHASA DALAM WACANA SMS Catarina 08524446xxxx.2 Agustus 2011|837  . (c) Kalau tidak Berdasarkan kajian terhadap 42 teks keberatan. Maksim ini mewajibkan setiap gunakan bentuk berbahasa yang lebih peserta tindak tutur untuk memaksimalkan santun. impositif. (7) permintaan siswa cenderung menggunakan maksim menguji sebesar 7.1 POLA-POLA KESANTUNAN (2) Slmt pagi ibu. berikut ini dikemukakan pola-pola ponsel. baik.5 bahasa yang halus. Jika dikaitkan dengan sebesar 9.1%. Maksim ini 4. Menurut Leech (1986) maksim masing sebesar 4. LEECH Secara berturut-turut interaksi melalui layan- an pesan singkat tersebut dilakukan dengan Pola kesantunan berbahasa yang tujuan: (1) permintaan waktu ber-konsultasi dimaksud dalam penelitian ini adalah sebanyak 35.5 %. ditemukan bahwa para maha- kuliah sebesar 7. (2) pengecekan kehadiran model-model pemilihan dan penggunaan atau kesiapan dosen/maha-siswa sebesar 9. Dewi. kesantunan berbahasa yang dimunculkan dalam tuturan SMS. maksim penerimaan bahwa dalam berkomunikasi dengan diutarakan dengan kalimat komisif dan dosennya.1 %. dan sopan yang %. (3) permohonan izin kuliah/praktik dipilih oleh mahasiswa dan dosen dalam sebesar 9. (P12) ANTARA Temuan penelitian menunjukkan MAHASISWA DAN DOSEN adanya peringkat kepentingan para maha. berkaitan dengan informasi nomor jelas.2 POLA KESANTUNAN menggariskan setiap peserta pertuturan BERBAHASA DALAM WACANA SMS untuk meminimalkan kerugian orang lain ANTARA atau memaksimalkan keuntungan bagi orang lain.7 %. ini nonya saya. (6) pemberi-tahuan waktu teori Leech.

Leech (1986) juga menegaskan bahwa Tuturan (2) semakin panjang tuturan seseorang semakin M : Syllm. mf kapan sy bisa (D menelpon M sebagai Ketua Tingkat ketemu Ibu? (dan dimana) Mau ksh lht 2 jam sebelum kuliah dimulai untuk dikoreksi proposal tetapi tidak tersambung.. “ Tuturan (M) untuk berkonsultasi tergantung pada (M) merupakan suatu permintaan yang ketersediaan waktu (D). Tidak mengganggu. meminimalkan kerugian (D) dan sebaliknya memaksimalkan kerugian diri-nya sendiri. mencoba untuk meminimalkan keuntungan M : iya sdh. keinginan dikoreksi proposal penelitn sy . sblmnya.. Perhatikan Marten tuturan (3) berikut ini. pula keinginan orang itu untuk bersikap maaf skali sgt menggu. “Maaf.GBU”.2 Agustus 2011|838  . saat kemudian. (P27) bisa konsultasi sekarang? D : Selamat siang. Apakah sy bisa konsultasi Ibu? (dan dimana) Mauksh lht untuk sekarang?” Dalam konteks ini. Tdk apa2. Agar untuk menunda keinginannya dengan mengangkat ‘muka’ (M). Ibu ini dgn sopan kepada lawan bicaranya. Bisa tutur yang memiliki kekuasaan atas (M) besok? Terima kasih. Dengan nanti besok sj sy tunggu ibu. ia mengambil keputusan waktu yg shrsnya buat klrga. menggu waktu yg shrsnya buat mengganggu. (D) sebagai mitra Maaf. Tidak mengganggu. Bisa besok?” dimaklumi dirinya dengan tuturan selanjutnya “trimksh (M) sebagai bentuk penolakan secara halus. Bu. besok sj sy tunggu ibu. Marten. Slmt siang. maaf tuturan ini. Thresia.” Dengan tuturan inisiatif membangun pola hubungan yang ini. nanti dirinya dengan tuturan “Selamat malam. maaf Marten. Ruma. Pada tuturan (2) ini. (1) dan (2) berikut ini. Ibu (M) sengaja meminimalkan keuntungan masih mengajar.. sebenarnya (M) berupaya harmonis. Slmt siang. mat malam bu. Bu. (P05) ketemu di kantor besok. M mengirim sms) skali lg mta mf krn tlh M : Selamat siang Ibu. Beberapa penelitn sy . kedua belah pihak menunjukkan mengganggu. Ibu masih mengajar. Penawaran (D) membutuhkan jawaban langsung sehingga dengan maksim yang sama.12 No. “Iya sdh.. (D) mempertegas maksim penerimaan. (M) membuka diungkapkan sebagai respons terhadap percakapan dengan maksim kebijaksanaan permintaan (M) “mf kapan sy bisa ketemu “Mat siang.Kenyataan ini dapat dicermati dalam tuturan D : Selamat malam.GBU apa Jurnal Artikulasi Vol. dengan tuturan “ Ibu tunggu”. skali lg mta mf krn tlh menggu Oleh sebab itu. ibu mau menanyakan klrga. Ibu tunggu. trimksh sblmnya. Tdk apa2.” Tuturan tersebut Pada tuturan (1) tadi. maaf. Anda bisa mengganggu. Anda bisa ketemu di M : Mat siang. Apakah sy kantor besok.

Sesuai SK. (M) mewakili teman- M : Ibu maaf saya tanya teman. Dalam pandangan Leech. bisa D : Selamat siang. Padahal sampai jam 05. mau masuk jam 03. Apakah waktu kuliah bisa D : Selamat malam. atau cari ruangan lain. mengganggu Ibu”. tuturan (4) berikut ini. partisipan yang memiliki kekuasaan lebih Untuk merealisasikan keinginan itu. Maaf. seminar bisa dimulai bulan ini. D : Baik. “Teman-teman mohon M : Bu. Kalau bisa. (M) kuat cenderung memerintah dengan kalimat menggunakan kebijakan program sebagai berita atau kalimat tanya yang dipandang ‘kunci’ untuk meraih peluang tersebut. Maaf. Ibu dimulai bulan ini.12 No. secara akademis membutuhkan prosedur ilmiah yang bertahap dan waktu Para partisipan wacana interaksi ini pun pembimbingan yang panjang sehingga (D) mencoba membangun pola hubungan harus mengatur waktunya secara efektif. dengan tuturan-tuturan yang bersifat tidak langsung. tdk bisa masuk sekarang. Untuk menunjukkan derajat power (D). mengganggu Ibu. Ibu. (M) berharap (D) dapat memberikan Tuturan (4) perhatian terhadap kebutuhan mereka. Demikian pula. bu bisa menyesuaikan? Terima kasih. Mohon maaf. ibu. ya? Pada tuturan (4) ini. pembimbing thesis kami 4 mahasiswa. dan memberitahukan petunjuk utk persiapan apa?Nanti saya sampaikan sama seminar. lebih santun daripada dengan kalimat Tuturan yang digunakannya yaitu “Mohon perintah.bu? (P31) D : Ya. (M) menggunakan tuturan M : Mohon maaf.00? ‘petunjuk’ yang dimaksudkan oleh (M) D : Bisa. ia memilih tuturan. tuturan Sebagaimana lazimnya. mengganggu yang bersifat tidak langsung yang dianggap Ibu. Teman-teman mohon Jurnal Artikulasi Vol. Dalam hal ini. ibu. diharapkan oleh (M) dan teman-temannya. seminar teman-teman. setiap seperti ini dianggap lebih santun mahasiswa memiliki target penyelesaian dibandingkan dengan tuturan yang studi secara cepat. ibu menjadi dosen lebih santun untuk berinteraksi dengan (D). Ibu tunggu kesepakatan kalian. Saya diundur sore? Terima kasih. Apakah M : Ibu maaf ruangannya teman2 dipake sama semester 2 dan 4.2 Agustus 2011|839  . temannya untuk menginformasikan tugas teman dulu nanti saya pembimbingan yang akan dilakukan oleh beritahukan ke Ibu lagi. Implikasinya dapat dicermati pada maaf. Dengan tuturan ini. Terima kasih. (D). Martha. ada waktu luang Sabtu.00 petunjuk utk persiapan seminar”. Hal yang sama diutarakan secara langsung. Martha.

dan (7). Partisipan (D) menyikapi fenomena M : B. “ Sya mau bicara dengan harap bertemu dengan saya Sabtu”. Ibu. kan pada: (1) jarak sosial antara penutur dan D : (Tidak membalas) (P04) mitra tuturnya. Ibu. Ini dgn bersangkutan. Kendati D : (tidak membalas) (P30) memahami posisinya sebagai pengatur. “minta waktu untuk konsultasi”. Ia nuansa maksim kebijaksanaan atau memberikan sinyal perintah melalui tuturan penerima-an. Tingkat kesantunan tersebut didasar- 08525452xxxx. Hal itu Kedua kalimat tersebut dipandang lebih dimanifestasikan lewat tuturan: “Ibu balas santun daripada kalimat perintah “Anda ke nomor saya”. saya mau bicara dengan Ibu. menentukan tingkat kesantunan dalam Ini dgn Charli. menunjukkan gejala perilaku ketidaksantunan. berbeda antara bahasa yang satu dengan D : (tidak membalas) (P29) bahasa yang lain. Fenomena ter-sebut dapat 4. BERBAHASA DALAM WACANA SMS Indikator ketidaksantunan dapat ANTARA diindentifikasi melalui diksi pada tuturan MAHASISWA DAN DOSEN (M) yang bersifat langsung dan respon MENURUT TEORI KESANTUNAN negatif yang ditunjukkan oleh (D) . Ujaran- yang bersifat tidak langsung.2 Agustus 2011|840  . BROWN DAN LEVINSON Tuturan (5) Brown dan Levinson (1978) menegaskan bahwa strategi penutur amat M : Met pgi. Tuturan (7) Jurnal Artikulasi Vol. apalagi kemurahan.12 No. (2) besarnya perbedaan kekuasaan atau dominasi antara penutur dan Tuturan (6) mitra tuturnya. Ketiga norma ini dapat Marinus. dan (3) status relatif tindak tutur dalam kebudayaan yang M : Selamat siang. yakni dengan ujaran (M) dalam tuturan tersebut meng-gunakan kalimat berita Saya ada mengindikasikan bahwa (M) lebih waktu luang Sabtu dan kalimat tanya memaksimalkan keuntungan dirinya dan Apakah teman-teman bisa menyesuaikan? meminimalkan keuntungan (D). posisi dmn.2. Ibu”. Gejala-gejala semacam ini dianggap Temuan penelitian juga berpotensi bagi terjadinya konflik dan menunjukkan bahwa beberapa bentuk konfrontasi yang selalu ada dalam pergaulan tuturan yang dipilih partisipan (M) antarmanusia. (D) tetap bersikap proporsional dalam Ketiga tuturan tadi tidak menunjukkan menjalankan perannya dengan baik.2 POLA-POLA KESANTUNAN dicermati melalui tuturan (5). pembimbingan ini secara aktif. (6). Insyur minta waktu utk yang timbul berkaitan dengan tugas konsoltasi Proposal Tesis. Ibu bls ke no saya ujaran.

itu bercanda. Jika tidak jarak sosial berdasarkan keakraban dengan didasari oleh pola hubungan yang akrab tadi. ambil tp tdk jual jd tdk papa juga Ibu. Jd tksi ptar ke pndng bln D : Ya Kristian. naik tksi. ya Ibu maf karna z dengar Ibu ngomon bahasa Indonesia juga menggunakan tiga di kantor gtu. yakni Klu (M) mengawali situasi tutur dengan tuturan Jurnal Artikulasi Vol. oke blas Ibu atau (2004) menyatakan bahwa ternyata penutur Oh. sosialnya. (P01) Dalam tuturan tadi. tp mngkn sdkt kra trlmbt. ibu tunggu sampai Pkl M : oh. tuturan (8) berikut ini. ya Ibu maf karna z 14. mitra tuturnya. dan Oke mat pgi lagi Ibu. dengar Ibu ngomon di kantor gtu jdi za M : iya. Ibu katanya Ibu mau jual Ibu pu leptop M : Ibu mngjar di S2 jam brp? kah? Klu dijual Ibu saya D : pukul 15. itu ujaran. Pola keakraban itu ditunjukkan oleh percakapan (9) tadi melalui tuturan yang diksi yang digunakan (M) sebagai penutur cukup panjang (4 kali gilir-tutur). jd pas keluar sklh sy lnsng Oke mat pgi lagi Ibu. Partisipan terhadap (D) sebagai mitra tutur. mau ambil.2 Agustus 2011|841  . (P41) dulu. ini dgn KRISTIAN maf mungkin mengangu. Penutur bahasa Indonesia mengukur bercanda” dan “Ya.12 No. Sdh di Tpi ibu ini saya mau tanya rumah krn mau ngajar sore di S2. Sebaliknya. bu. Tuturan (9) M : Mat pgi ibu. maka semakin statusnya sebagai dosen dan menganggap sempitlah jarak sosialnya. D : ada. M : Mf.00—17. Sejalan dengan pendapat tadi.00 WIT. hal itu dimunculkan dalam (9) dan (10) berikut ini. Amir dijual Ibu saya mau ambil. tindakan (M) tidak pantas karena mencuri semakin tidak akrab hubungan antara dengar pembicaraan (D) dan teman- penutur dan mitra tutur. Semakin akrab antara tentunya (D) akan mempertahankan penutur dan mitra tutur. oke blas Ibu. parameter tadi untuk memilih jenis Suasana keharmonisan itu ditunjukkan pula kesantunan dan derajat kesantunan dalam oleh (D) melalui tuturannya “Tidak. ibu skrng di mn? kah? D : Selamat siang. zoalx td sy kira ibu msh di betul untuk dijual jdi mau kmps. M : siang ini ibu ada wkt? D : Tidak. Kristian”. ibu tunggu. semakin lebar jarak temannya di kantor.30 WIT. Keakraban yang sama pun Dalam konteks wacana SMS antara ditunjukkan oleh bentuk tuturan yang mahasiswa dan dosen Universitas dipakai oleh partisipan (M) dalam tuturan Cenderawasih. D : tak apa. tercermin suatu pola hubungan yang akrab antara (M) dan Suasana keakraban tercermin dalam situasi (D).

Namun. posisi dmn. dan jabatan. Ini dgn Charli. yakni mengajukan alasan kemungkinan akan partisipan (M) dan partisipan (D). Bentuk “posisi di mana?” D : Perencanaan dan Desain lazimnya dipakai pada tuturan antara dua Program Pembel. zoalx td sy kira ibu msh oleh salah satu pihak saja sebagaimana di kmps. tp bentuk keakraban yang dibangun hanya mngkn sdkt trlmbt. Ia berniat memutuskan pola keakraban yang dibangun mencari referensi yang digunakan (D) dalam (M) dengan cara tidak melanjutkan perkuliahan. bu. Cari di rak pendidikan.12 No. (M) Di kalangan penutur bahasa telah mendengar judul buku yang Indonesia juga.2 Agustus 2011|842  . bu. Ibu bls ke no saya 08525452xxxx.. orang yang lebih muda. ‘Ibu.“Mf. bisa percakapan. bisa judul bukunya Pada tuturan tadi. pangkat. Ibu skrng di mana?” menunjukkan tampak lagi ketika (M) telah menemukan bahwa kemungkinan sebelumnya (M) telah buku itu dan berujar. Tuturan (10) D : (Tidak membalas) (P04) M : Ibu. Tuturan awal (M). Bentuk keakraban itu Sebalik-nya. “ iya. (D) Ketiga contoh yang telah diulas tadi menjawabnya dengan sabar. melakukan kontak (janji) dengan (D). keberadaan (D). perbedaan kekuasaan antara dibutuhkan tetapi kemudian lupa. orang yang sejajar kedudukannya. Jd tksi ptar ke pndng bln dulu”. Wina Sanjaya. judul bukunya ulangkah?’ menunjukkan bahwa sebelumnya (lewat telepon). permintaan (M) melalui tuturan “Ibu balas M : trm ksh bnyak Ibu. Bukunya ketemu. terlambat karena rute perjalanan yang akan dalam wacana SMS ini juga ditemukan ditempuhnya ke rumah (D). Ibu. (D) mendukungnya M : Met pgi. Padahal dalam konteks ini justru (M) yang perlu bertemu Tuturan yang akrab ini berlangsung ketika dengan (D). Hbs sy cr tp blum keakraban dengan (D) dengan menanyakan ketemu. Suasana merupakan contoh bentuk keakraban yang keakraban itu semakin tampak ketika (M) dibangun oleh kedua belah pihak. ‘ trm ksh bnyk Ibu. Selain itu. lebih Jurnal Artikulasi Vol. tksi. Kendati (M) mengajukan pertanyaan- pertanyaan secara monoton kepadanya. menunjukkan bahwa (D) sangat ber- D : Sama-sama. ibu.(P09) kepentingan dengan (M). Agar (M) tidak khawatir. Ibu tunggu”. bu’. Orang yang (D) menyebutkan judul buku dan lebih tua dan lebih tinggi pangkat dan mengarahkan (M) dengan tuturan Cari di jabatannya dianggap lebih berkuasa. Untuk penutur dan mitra tutur diukur berdasarkan membantu (M) menemukan referensi itu. Oleh sebab itu. umur. ke no saya 08525452xxxx” seakan-akan Bukunya ketemu. jd pas keluar sklh sy lnsng naik ditunjukkan oleh tuturan (11) berikut ini. dengan tuturan “tak apa. (D) (M) sedang berada di toko buku. rak pendidikan. (M) membangun ulangkah.

Ia banyak MAU BRIKAN PROPOSAL PTK menggunakan uangkapan ‘maaf-maaf-maaf’ DAN UNDANGAN UTK IBU BACA. Silakan ujian saja krn msh yakni “ Tuhan memberkati” dan “ Tuhan ada penguji yg lain. (M) mengetahui iman dan keyakinan Saya sdh di rumah. proposal. yang diuji (ketidakhadiran D dapat D : Katakan secara jujur mempengaruhi berhasil atau tidaknya proses keadaan yg sebenarnya. ditunjukkan oleh tuturan (12) berikut ini. fenomena itu berjuang. Kendati belum mengenal (D) secara D : Selamat siang. Tuturan ini secara N ANTI SBNTR SY MAU DIUJI. Saya komunikasi yang lebih efektif dengan tdk bisa menguji kalau blm membaca menggunakan ungkapan-ungkapan religius. KETEMU DMN POSISI SY DI PRODI BI TUHAN MEMBERKATI. Amir KERENDAHAN HATI IBU NNT (2004) menegaskan bahwa umumnya HARI SENIN SY AKAN BRIKAN penutur bahasa Indonesia memilih PROPOSAL SY U IBU KOREKSI. Pak Yotha. sebenarnya. untuk menegaskan eksistensi dirinya MAAF BU BS TDK SKRNG SY tersebut. Dalam wacana SMS antara D : Terima kasih. selamat mahasiswa dan dosen. dekat. Bentuk-bentuk 16.rendah pangkat dan jabatannya dianggap M : MAKASIH UTK lebih rendah pula kekuasaannya. Jurnal Artikulasi Vol.00 (JAM 4 SORE) MAU DIUJI tuturan yang dipilih oleh (M) menunjukkan OLEH IBU PA SUWITA DAN PA bahwa (M) mencoba memposisikan dirinya DJUMIRAN TETAPI SAAT INI SY setingkat di bawah (D).12 No. kesantunan yang tinggi untuk berbicara MAAF MAAF MAAF SY GANGGU dengan orang yang belum akrab dan lebih IBU TRS. Tuturan (12) tadi berlangsung ketika (M) M : SELAMAT SNG. TUHAN AKAN SELALU tinggi kekuasaannya. Wasfle cukup bijaksana memberikan solusi bagi masalah Bpk. Oleh sebab itu. ia mencoba membangun memberikan undangan tadi pagi. Saya pikir pak ujian proposal). akan selalu memberkati ibu dan keluarga M : MAAF MAAF MAAF BU dalam pelayanannya”.2 Agustus 2011|843  . SY tidak langsung mengingatkan (D) terhadap HRS KATAKAN PESAN APA KPD pola ‘pembimbingan’ Kristen yang BAPAK PENGUJI YG LAIN. Pilihan tuturan ini berfungsi MAKSUD SY PESAN IBU PD meredam situasi yang mulai ‘hangat’ dan DOSEN2 YG MENGUJI SY mengarah kepada konflik antara penguji dan SEBENTAR. MEMBERKATI IBU DAN KELUARGA DLM PELAYANNYA. Bpk janji (D). BU berniat menyerahkan proposal penelitian dan MAAF SY ELIMELEK YOTHA undangan kepada (D) sebagai salah satu MHS PJJ S1 PGSD SY SBNTR JAM anggota tim pengujinya.

(5) pemberian penghormatan. (2) penggunaan pagar tuturan.Ibu. menimbulkan kesan yang cukup mendalam M : Terima ksh. pada tuturan (14) jarang digunakan dalam D : Selamat pagi. D : Selamat pagi. Gita. “Pembelajaran Kesantunan Berbahasa”. Ini dgn yang lain. amsal (kalimat bersayap) yang dikemukakan dr Fransin. semangaT. Jurnal Artikulasi Vol. Terima kasih. Pada satu sisi.2 Agustus 2011|844  . kalau perlu dijelaskan lagi. dikatakan bahwa diksi yang digunakan oleh kedua partisipan (M) menimbulkan kesan Tuturan (13) positif dalam diri partisipan (D).12 No. kata-kata lg k. blz. M : Jika fajar adalah Walaupun demikian. Pada sisi M : Selamat pagi. Biasanya pesimisme. Terima kasih. yang biasa saja karena telah menjadi Mat pg bu. masalah nilai mahasiswa dan tidak senang gunakan ungkapan yang sama ketika ditanya soal tugas perkuliahan di luar jam- berinteraksi dengan (D) sebagaimana jam perkuliahan. (P25) sehingga situasi tuturan mengalir tenang. dilakukan melalui: (1) penggunaan tuturan ungkapan religius yang cukup ber-pengaruh tak langsung. ungkapan yang normatif orang Kristen setelah kita tempel2 koran kt jelaskan dalam setiap wacana. Ibu. Dengan demikian. Tuhan berkati. keberadaannya dalam tuturan (14) Selamat bekerja. mk MENTARI adalah ditimbulkan kedua tuturan tadi berbeda. efek yang HARAPAN. Temuan penelitian menunjukkan beberapa dosen tertentu pantang ditanya bahwa beberapa partisipan (M) pun meng. sya mendalam bagi (D) sehingga (D) lebih mau Tanya kami punya terbuka terhadap (M). Tuturan yang santun itu Kedua tuturan tadi menggunakan ungkapan. Hari Dalam tulisannya tentang Senin ambil kartunya di kantor. Ungkapan “Tuhan berkati” oleh partisipan Jk DOA adalah UngkapaN (M) pada tuturan (13) menimbulkan kesan SyukuR. (4) penunjukan dalam diri (D) terhadap isi tuturan. nilai sudah keluar atau belum? Mohon informasi. tanpa gejolak. meresidu efek-efek negatif yang timbul (3) pe-minimalan paksaan. Sebaliknya. Tuhan cara yang lazim digunakan oleh penutur berkati. mk Hidup adalah AnugeraH. Ya. bahasa Indo-nesia untuk membentuk tuturan yang santun. Ibu. Fransin. dapat ditunjuk-kan oleh tuturan (13) dan (14). Amir (2004) mengemukakan delapan (8) M : Terima kasih. kalimat Tuturan (14) bersayap tersebut membuka peluang (M) untuk berinteraksi secara tuntas. Dengan demikian. ungkapan tadi memberikan kesan Gita semester 6 Bhs Indonesia. bu sy bs tny k. Ibu. tuturan seperti ini.

(1) Slmt pagi pagi. Skdr pmbrthuan bsk sy maju RPP ibu. ini dgn KRISTIAN maf (1) penggunaan tuturan tak langsung.12 No. dan (8) penggucapan ketemu k? (P015) tuturan sebagai ketentuan yang berlaku (3) Selamat siang. (P03) 2) PENUTUR MEMINTA MAAF DAN (3) Selamat pg. ditemukan bimbingan ibu. partisipan dan dosen lebih banyak memilih (M) meminta kesediaan (D) dengan berbahasa santun melalui penggunaan menggunakan kalimat tanya. slmt malam. Ibu saya bisa konsultasi RPP? (P18) Berdasarkan kajian terhadap 42 (4) Selamat mlm ibu. maaf bs ketemu Terima kasih. (2) mungkin mengangu. mf. (1) Slmt pagi. jam 8:45 smpai dgn 10:15 di kls X B.(6) per-mintaan maaf. mahasiswa FKIP Universitas Cenderawasih.2 Agustus 2011|845  . MENGGUNAKAN TUTURAN Mau sampaikan bahwa kami suda TIDAK LANGSUNG sepakat waktu kuliah hari kamis jam Secara Bersamaan 15. maaf mengganggu. (P09). Berikut ini kata maaf. Apakah sy bisa Terima kasih.Trmkasih. (P02) konsultasi sekarang? (P05) (2) Ibu. (P20) k? (P06) Jurnal Artikulasi Vol. maaf mengganggu para-meter sekaligus dalam satu tuturan. kpn sy bisa ambil proposal sy? (2) Mat siang. mengganggu. maaf mengganggu bs bentuk impersonal. tersebut. Maaf. (1) Siang ini ibu ada wkt? (P01) Ibu. (7) penggunaan (2) Slmt pg ibu. kah?(P41) peminimalan paksaan. Jadwal ini mulai berlaku Keunikan tuturan partisipan dalam kpanka. bu? (P13) penelitian ini adalah menggunakan dua (4) Selamat pagi ibu. wacana SMS antara mahasiswa dan dosen ini dengan Yakoba. mau tanya. dan (3) permintaan maaf. besok bahwa kedua partisipan cenderung bisa konsultasi RPP k?(P34) menggunakan tuturan yang santun melalui : (5) Mat pgi ibu. (3) Ibu. menggnggu. mengganggu.00. ibu. Berikut ini dikemukakan dikemukakan kutipan-kutipan wacana contoh-contoh penggalan wacana SMS yang mendukung simpulan tersebut. bisa judul bukunya ulangkah. bu. ini dgn Catrin bu mau Hal itu ditunjukkan melalui penggalan. tidak bs ikut kuliah krn sakit. menyampaikan kalau hari ini saya penggalan wacana berikut. bu. bu. ibu. 3) PENUTUR MEMINTA MAAF 1) PENUTUR MENGGUNAKAN TUTURAN YANG TIDAK Kajian terhadap wacana ini LANGSUNG menunjukkan bahwa para mahasiswa Dalam konteks penelitian ini. Ibu. Bu. maaf umum. maaf mengganggu. Mhon kesediaan Ibu.

(5) Shallom H Mat sore. Ini dgn Catrin.GBU (P27) (9) Mohon maaf.00 (jam 4 sore) mau diuji (P32). mf kapan sy bisa ketemu Ibu? (dan dimana) Mau ksh lht untuk dikoreksi proposal penelitn sy . mengganggu Ibu. (11) Selamat pagi ibu maaf mengganggu.. mat malam bu... selamat pagi.12 No. maaf mengganggu Ibu. bu maaf sy elimelek yotha mhs pjj s1 pgsd sy sbntr jam 16. maaf skali sgt menggu. (P23) (7) Selamat pagi. Trimksh sblmnya. Ibu. Apakah ibu mengajar? Terima kasih. saya mau bertanya Jurnal Artikulasi Vol.Maaf mengganggu... Pkl 09.skali lg mta mf krn tlh menggu waktu yg shrsnya buat klrga. Ibu ini dgn Marten Ruma..2 Agustus 2011|846  .00 wit mata kuliah Perencanaan Pembelajaran. ibu menjadi dosen pembimbing thesis kami 4 mahasiswa. MAAF tadi apakah nilai mata kuliah teori belajar bahasa sudah keluar atau saya terlambat . Teman-teman mohon petunjuk utk persiapan seminar. Mau tanya kapan saya bisa ketemu Ibu untuk kumpulkan tugas mahasiswa kelas 2B1? (P26) (8) Syllm. (P21) belum? (P34) (6) Syaloom. Tuhan berkati. (P31) (10) Selamat sng. Sesuai SK. Ibu.