You are on page 1of 10

6.

Soal UN Biologi 2015/2016

UJIAN NASIONAL
Mata Pelajaran : Biologi
Jenjang : SMA/MA
Program Studi : IPA
Hari/Tanggal : Selasa, 5 April 2016
Jam : 10.30—12.30

PETUNJUK UMUM

1. Isikan nomor ujian, nama peserta, dan tanggal lahir pada Lembar Jawaban Ujian Nasional
(LJUN) sesuai petunjuk di LJUN.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN.
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 40 butir pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak,
atau tidak lengkap.
7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya.

1. Suatu ekosistem darat memiliki ciri-ciri B. Tundra E. Hutan hujan tropis
sebagai berikut: C. Hutan gugur
• Hampir semua wilayahnya tertutup oleh
salju atau es 2. Perhatikan protista mirip hewan berikut!
• Curah hujan sangat rendah
• Usia tumbuh tanaman pendek
• Vegetasi yang dominan adalah lumut
kerak, lumut, dan semak-semak pendek
Ekosistem yang memiliki ciri-ciri tersebut
adalah…
A. Taiga D. Savana

Mata Ujian Biologi 613

Penurunan suhu udara generatif B. Coniferinae. Penutup tubuh C. Zygomycota D. Cycadinae. Terganggunya proses fotosintesis A. Deuteromycota E. Mastigophora B. Penguapan. Dampak masalah tersebut satu terhadap lingkungan adalah … • Perkembangbiakan secara vegetatif dan A. daun berbentuk kipas Bakteri Tumbuhan Hewan D. Penggunaan pupuk yang berlebihan akan terbawa aliran air ke parit-parit di pinggir 4. Laju fotosintesis akan menurun B. Oomycota C. Perhatikan gambar tumbuhan berikut! sawah. Cara berkembang biak D. Ciliata E. Rhizopoda D. Adanya telinga B. Evaporasi. Penyelesaian. Apabila aliran air ini dimasukkan ke dalam kolam. Flagellata C. Sporozoa A. apa yang akan terjadi di dalam kolam tersebut? A. penguraian B. Banyak tumbuhan air yang mati Kedua tumbuhan tersebut tergolong ke E. Terjadinya hujan asam dikelompokkan ke dalam Divisio… D. daun seperti jarum E. dekomposisi 614 Soal. Protista tersebut dapat digolongkan ke dalam dikelompokkan dalam ordo yang sama kelas… berdasarkan… A. Basidiomycota 7. Respirasi akan meningkat C. Ascomycota E. Jenis makanan • Hifa bersekat • Memiliki tubuh buah yang dapat langsung 6. dan Prediksi Ujian Nasional SMA/MA IPA . Coniferinae. Peningkatan jumlah kendaraan di jalan terlihat oleh mata raya dapat meningkatkan kadar gas karbon • Struktur tubuh bersel banyak dan bersel di atmosfer. Penurunan intensitas cahaya matahari B. daun berbentuk kipas Bakteri dan jamur pengurai Y 5. Kenaikan suhu udara Jamur dengan ciri-ciri tersebut dapat C. pembakaran kekerabatan yang dekat sehingga E. yaitu… 8. pembakaran Hewan-hewan pada gambar mempunyai D. Respirasi. Fotosintesis. Laju reaksi pada siang hari akan menurun dalam kelas yang sama karena memiliki ciri yang sama. Perhatikan ciri-ciri jamur berikut ini! E. Perhatikan skema daur karbon berikut! A. Cycadinae. Perhatikan hewan-hewan pada gambar Senyawa C berikut! Bahan bakar fosil Proses X dan Y pada skema tersebut adalah … A. Gnetinae. penguraian C. daun seperti kelapa Atmosfer B. Jumlah anggota gerak 3. Banyak ikan yang mati D. Transpirasi. daun berbentuk kipas x C.

Endodermis. Serambi jantung menguncup dan bilik manusia jantung menguncup D. Serambi jantung dan bilik jantung E. A. C. Serambi jantung dan bilik jantung menguncup 10. anatomi. Taksonomi. dan fisiologi tumbuhan 12. kecepatan kita tergantung keadaan jalan rayanya. Epidermis. Perhatikan gambar jantung dan pembuluh darah di bawah ini! Jaringan X dan fungsinya secara berurutan adalah… A. perjalanan akan semakin cepat. mengatur transport air Perjalanan darah dipengaruhi antara D.9. Serambi jantung menguncup dan bilik tumbuhan jantung mengembang C. tempat cadangan makanan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jenis makanan yang bernilai gizi tinggi D. Membangun organ luar pada hewan penyakit jantung koroner vertebrata Mata Ujian Biologi 615 . menembus tanah lain kondisi pembuluh darah. Perhatikan gambar jaringan berikut ini! sedikit hambatan. Identifikasi jenis-jenis mikroba penyebab mengembang penyakit E. Perisikel. Alat gerak pasif pada vertebrata mengalami hipertensi C. Semakin 11. Penemuan vaksin dan antibiotik pada B. Jaringan ikat pada rangka vertebrata C. Penyusun berbagai organ dalam manusia lambat yang akan mengakibatkan E. demikian sebaliknya. Apa yang terjadi pada tubuh seseorang jika Inti mengalami kondisi pembuluh darah seperti pada gambar di atas? A. Serambi jantung mengembang dan bilik obatan herbal jantung menguncup B. Ibarat kita E. dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk Kondisi otot jantung pada fase sistol adalah mengembangkan … … A. Sirkulasi darah tidak lancar karena adanya bekuan darah yang disebut embolus Fungsi jaringan sesuai gambar adalah B. Sirkulasi darah tidak lancar sehingga A. jantung merupakan cabang ilmu biologi yang mengalami 2 fase. Industri jamur sebagai alternatif obat. melindungi sel Jantung sebagai pemompa akan B. Tudung akar. Perhatikan gambar penampang melintang akar tumbuhan dikotil! 13. orang akan B. Identifikasi jenis-jenis penyakit pada C. yaitu sistol dan diastol. Sirkulasi darah pada arteri koronaria D. Penyusun organ jantung tekanan darah naik. Korteks. pengangkut berkendara di jalan raya. Dalam proses memompa darah.

Elastisitas otot pembuluh darah ilmuwan dan peretas biologi Science for berkurang. Peneliti dari grup 616 Soal. Hati sebagai organ ekskresi dalam tubuh manusia berperan dalam proses … FSH A. Meningkatnya LH menyebabkan folikel membran yang disebut “tapetum lucidum”. Penglihatan malam bukanlah sesuatu memicu perkembangan folikel yang manusia bisa miliki. Hati D. seperti kucing. dan beberapa hewan yang lain. Penyelesaian. Pembentukan sel darah putih D. orang akan menderita myocardial Mereka menggunakan senyawa Ce6 yang infraction berasal dari ikan laut digabung dengan Saline. Lambung mengandung senyawa Ce6 yang digunakan memengaruhi mata dengan cara … 15. 2 – II – Z menstruasi berikut! B. Saat diujicobakan mengalami pencernaan secara kimiawi efeknya cukup sukses karena bisa melihat dengan bantuan enzim amilase yang objek tangan yang berada sejauh 10 meter dihasilkan dari glandula saliva. Proses dan bisa mendeteksi posisi seseorang yang pencernaan tersebut terjadi di bagian… berdiri di area rimbun sejauh 50 meter pada A. Meningkatkan fotosensitivitas sel batang 1 Filtrasi I Urine primer X Glomerulus pada retina 2 Reab. gelap. Membentuk membran seperti pada mata sorbsi sekunder distal kucing 3 Augmen. Menambahkan kemampuan retina menangkap warna E. Usus besar Dari artikel ini. fotoreseptor dan tempat pada proses pembentukan urine adalah … 18.Y C. Pengubahan amilum menjadi glikogen Keterkaitan perubahan hormon pada fase 2 E. Mulut E. Meningkatnya estrogen menyebabkan anjing. Membongkar glikogen menjadi amilum B. hasil. 1 – III – Y E. III Urine se. orang akan menderita Masses California menemukan tetes mata aterosklerosis ajaib yang membuat kita bisa melihat dalam E. Di folikel matang dan FSH turun permukaan mata hewan tersebut terdapat C. matang dan FSH turun Kemampuan melihat kita terbatas pada ketersediaan cahaya. Usus halus suasana gelap. Makanan yang mengandung karbohidrat ditargetkan ke retina. 2 – I – X 1 2 3 4 5 Estrogen LH Progesteron 16. tetes mata ajaib yang C. Meningkatkan intensitas cahaya untuk Hubungan yang tepat antara tahap. Mengaktifkan sel kerucut pada kondisi berikut ini! gelap Tahap Hasil Tempat B. B. Elastistas otot arteri koronaria menurun. Pembongkaran sel darah merah C. II Urine Y Tubulus C. Perhatikan diagram hormon pada siklus A. 1 – I – X D. Insulin. LH meningkat menyebabkan FSH 17. D. dan Prediksi Ujian Nasional SMA/MA IPA . Menyimpan lemak dan 3 yang tepat adalah … A. B. 3 – II. Z Tubulus tasi sungguhnya proximal D. Perhatikan tabel proses pembentukan urine A. dan dimetilsulfooksida (DMSO) lalu 14.

2 Nukleus Sumber energi 6 gram 6 8 4 6 B. 1 Lisosom Penghasil enzim Berdasarkan data hasil percobaan. pH B. pertumbuhan tanaman semakin cepat D. pertumbuhan tanaman semakin cepat E. Dosis pupuk semakin tinggi. Organel Fungsi 4 gram 10 15 20 15 A. Seorang siswa melakukan percobaan tentang pengaruh pupuk urea terhadap tanaman 1 tomat. Meningkatnya FSH mengakibatkan 21. Dosis pupuk semakin rendah. D. Hal ini menunjukkan bahwa kerja enzim dipengaruhi oleh … A. Substrat D. Tanaman dapat tumbuh optimal jika diberi pupuk dengan dosis 4 gram Ion garam 20. Inhibitor E. Estrogen meningkat menyebabkan LH meningkat dan terbentuk korpus luteum 2 3 19. warna biru tersebut akan memudar. Namun. Ion garam dipindahkan secara difusi dari konsentrasi tinggi ke rendah C. organel. B. jika larutan amilum tersebut ditambah HCl larutannya akan tetap berwarna biru. Berikut ini adalah gambar proses transpor pertumbuhan tanaman pada membran. 2 Retikulum Sintesis protein D. Ion garam dipindahkan secara osmosis dari konsentrasi rendah ke tinggi B. Perhatikan gambar sel berikut! estrogen meningkat dan folikel matang E. 3 Badan golgi Respirasi disimpulkan … A. 1 gram 8 7 6 7 dan fungsinya adalah … 2 gram 8 10 12 10 No. 1 Mitokondria Respirasi 10 gram 5 4 6 5 C. Zat pewarna Apa yang dapat diprediksi dari gambar C. dapat E. Molekul air dipindahkan secara difusi dari konsentrasi tinggi ke rendah Mata Ujian Biologi 617 . Setelah 1 minggu didapatkan data seperti pada tabel berikut: Tinggi tanaman (cm) Rata-rata Dosis Pupuk 1 2 3 (cm) Hubungan yang tepat antara nomor. Larutan amilum yang diberi pewarna metilen Molekul air biru akan berwarna biru. Dosis pupuk tidak memengaruhi 22. Jika diberi cairan saliva (ludah). Pertumbuhan tanaman berbanding lurus Membran selektif permeabel dengan dosis pupuk C. Suhu tersebut? A.

Respirasi pada mitokondria menghasilkan ATP. Seorang siswa sedang mempraktikkan dari konsentrasi rendah ke tinggi cara membuat donat. Asam lemak yang dipecah menjadi gliseraldehid D. Nitrogen bekerja maksimal pada pH optimum. Aktivitas A. Enzim dan urea 3. Aktivitas A. Dia menambahkan E. 1 – 2 – 4 D. Etanol D. dan H2O 4. 3 – 5 – 6 C. Gliserol yang dipecah menjadi asetil Ko-A C. NADPH. O2 2. Terjadi pengikatan CO2 oleh RUBP Enzim 4. Aktivitas 3. Panas akan memengaruhi laju efektivitas enzim. Asam lemak yang dipecah menjadi asetil Enzim Ko-A B. CO2. 1 – 2 – 5 E. Proses-proses yang terjadi pada fotosintesis: hal tersebut adalah … 1. Gliserol memasuki proses metabolisme karbohidrat di antara glukosa dan piruvat 2 4 6 8 10 618 Soal. Karbon dioksida perubahan pH di bawah atau di atas pH optimal C. Terjadi di bagian stroma Proses yang terjadi pada reaksi terang 2 4 6 8 10 ditunjukkan oleh nomor … B. Kerja enzim dipengaruhi oleh pH. Penyelesaian. Enzim A. Ternyata adonan tersebut tinggi mengembang. Grafik yang sesuai untuk menggambarkan 25. Perhatikan pernyataan berikut: 1. 3 – 4 – 5 Enzim B. B. Pada proses respirasi sel. Terjadi fotolisis air A. Asam lemak dan gliserol yang dipecah Enzim menjadi gliseraldehid 27. Terjadi di grana 5 Terbentuk amilum 6. Asam lemak dan gliserol yang dipecah 2 4 6 8 10 menjadi asetil Ko-A D. dan Prediksi Ujian Nasional SMA/MA IPA . Deaminasi protein menghasilkan glukosa Aktivitas E. zat lemak sebagai sumber energi masuk ke dalam siklus Krebs 2 4 6 8 10 dalam bentuk … C. Menghasilkan ATP. 2 – 4 – 5 26. D. Oksigen E. Hal ini terjadi karena adanya proses fermentasi yang menghasilkan … 23. Glukosa merupakan bahan pembentuk lemak dan protein 2 4 6 8 10 2. Molekul air dipindahkan secara difusi ragi ke dalam adonan tepung dan dibiarkan terfasilitasi dari konsentrasi rendah ke beberapa saat. Aktivitas E. Molekul air dipindahkan secara osmosis 24.

Menyimpan fragmen-fragmen secara berulang Prinsip dasar bioteknologi modern sesuai D. 1 dan 4 E. 1-c E. 1 dan 3 D. Hal ini disebabkan DNA … Ekspresi protein oleh A. 3 dan 4 Gambar 33. Telofase 2. 2 dan 5 E. Asam-asam amino diangkut oleh tRNA 2. Metafase B. 3 dan 5 Fase 1. Mengolah penguraian plastik melibatkan 4. Merupakan molekul yang mudah diurai C. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 D. 2 dan 3 Gen yang akan Kromosom DNA 28. 2-d. Anafase 4. Fusi sel E. Asam-asam amino terangkai di dalam 4. Profase 3. Hibridoma dalam jumlah yang sama C. Rekombinasi DNA D. 3-a. 4 dan 5 C. Memiliki basa pirimidin dan basa purin B. 1 dan 3 D. 1 – 3 – 2 – 4 – 5 E. 2 – 3 – 1 – 4 – 5 dengan melibatkan bakteri Pseudomonas B. sehingga dihasilkan protein dalam jumlah yang banyak. DNA membentuk RNA duta di dalam inti 1. Pada proses sintesis bersifat stabil gen yang diinginkan B. 2-d. Proses sintesis polipeptida dapat berlangsung disisipkan secara serentak. 2-d. 2-a. Bioteknologi Hubungan yang tepat antara fase mitosis yang dapat dilakukan untuk memenuhi dan gambarnya adalah … kebutuhan tersebut adalah dengan membuat A. Kultur jaringan E. 3-c. 3-c. Perhatikan tabel mitosis berikut ini! A. 1-b Mata Ujian Biologi 619 . Merupakan rantai polinukleotida yang gambar adalah sangat sederhana A. Terbentuk polipeptida bakteri Cladosporium resinae 5. 3-b. Di bawah ini adalah tahap-tahap sintesis 32. 1-a D. RNA duta keluar dari inti sel 3. 2-d. 1-b … B. Menghasilkan antibiotika dengan sel melibatkan bakteri Streptomyces griceus 2. Mengatasi tumpahan minyak di laut A. 4-a. 3 dan 4 C. 4-c. Menghasilkan hormon insulin dengan ribosom melibatkan Escherichia coli Urutan tahapan sintesis protein adalah … 5. Perhatikan gambar proses bioteknologi antara metabolisme lemak dan karbohidrat berikut! ditunjukkan oleh nomor … Bakteri A. Beberapa peran bioteknologi dalam protein: kehidupan: 1. 4-a. Pernyataan yang merupakan hubungan 31. 1-b C. Mengolah barang tambang dengan dari sitoplasma melibatkan bakteri Thiobacillus ferrooxidans 3. Fusi inti sel 29. 4-d. 2 – 4 – 5 – 1 – 3 sp C. 1 – 3 – 2 – 5 – 4 Bioteknologi yang berperan dalam perbaikan kualitas lingkungan adalah… 30. 4-c. 2 dan 4 B. 3-b. Suatu perkebunan membutuhkan tanaman a b c d yang memiliki daya tahan tinggi terhadap serangan hama dan penyakit.

Kemungkinan fenotip (transgenik) juga dikhawatirkan menimbulkan keturunannya adalah … ancaman terhadap lingkungan karena … A. Hibridoma E. Pernyataan berikut merupakan pokok-pokok Gen R mengatur jengger ros. Kesimpulan dari hasil percobaannya adalah 35. Senyawa organik sederhana dapat tidak tahan penyakit berbuah asam. H. Asam amino dan nukleotida merupakan tahan penyakit berbuah manis yang galur penyusun protein murni dominan adalah … D. 9 walnut : 3 ros : 3 pea : single C. Bila gen R dan P tentang seleksi alam yang mendorong bertemu terbentuk fenotipe walnut. Tidak ada dua individu yang identik Disilangkan ayam ros (RRpp) dengan ayam B. Semua anak bergigi normal membunuh hama C. dan Prediksi Ujian Nasional SMA/MA IPA . 20 E. terbentuk dari senyawa anorganik dengan dihasilkan F1 semuanya tanaman jeruk tahan energi tinggi penyakit berbuah manis. Kloning transfer inti C. Tanaman jeruk tahan penyakit berbuah … manis disilangkan dengan tanaman jeruk A. Tanah menjadi tandus akibat pemakaian normal pupuk kimia D. Kultur jaringan E. Lingkungan memengaruhi perubahan gen pada makhluk hidup 620 Soal. Bertambahnya anggota populasi tidak Bila sesama F1 disilangkan. Stanley Miller melakukan percobaan tentang pembusuk teori Evolusi Kimia dengan menggunakan E. Interaksi 2 gen terjadi pada jengger ayam. A. 120 makhluk hidup secara spontan 36. 12 walnut : 3 ros : 1 pea E. Semua anak bergigi coklat A. 15 walnut : 1 single D. O. Bioteknologi tidak selalu aman bagi laki bergigi coklat menikah dengan wanita lingkungan. A. Semua anak perempuan bergigi coklat menyerbuki tanaman sejenis D. Jika F1 disilangkan B. Bila gen terjadinya evolusi. 180 E. 9 walnut : 3 ros : 4 pea B. spontan dari benda mati kemungkinan dihasilkan keturunan jeruk C. gen P pikiran yang mendasari hipotesis Darwin mengatur jengger pea. dan N B. Makhluk hidup dapat muncul secara sesamanya dihasilkan 320 biji tanaman. Membutuhkan banyak pestisida untuk B. Zat-zat kimia dapat tumbuh menjadi C. Tanaman transgenik 37. Penyelesaian. 60 unsur C. Seorang laki- 34. Sebagian anak perempuan bergigi B. Perkembangbiakan memerlukan A. C. Sebagian anak laki-laki bergigi normal C. Setiap ukuran populasi cenderung pea (rrPP) menghasilkan ayam walnut bertambah (RrPp). Tanaman hasil rekayasa genetik bergigi putih normal. Menyebabkan pencemaran gen bila E. Gen untuk gigi coklat dominan terhadap gigi putih dan terpaut pada X. 320 D. Dapat menimbulkan wabah penyakit baru senyawa yang analog dengan senyawa yang sulit diobati atmosfer purba pada alat percobaannya. Tubuh makhluk hidup dibangun oleh A. Kloning embrio D. 39. Meningkatkan jumlah bakteri dan jamur 38. perbandingan berjalan terus-menerus fenotip pada F2 adalah … D. kecuali … r dan p bertemu terbentuk fenotipe single. 3 walnut : 1 pea makanan dan ruang yang cukup B.

Fosil terkubur dalam lapisan bawah bumi 2. Fosil tidak menggambarkan urutan filogeni yang utuh 5.40. Cermati pernyataan-pernyataan berikut! 1. 2 dan 5 C. Umur fosil tidak dapat diketahui 4. 1 dan 5 Mata Ujian Biologi 621 . 1 dan 2 D. Fosil tidak menggambarkan informasi masa lalu Kelemahan fosil sebagai bukti evolusi yang dikemukakan Charles Darwin ditunjukkan oleh nomor … A. Fosil yang ditemukan tidak pernah utuh 3. 2 dan 4 B. 1 dan 3 E.

dan Prediksi Ujian Nasional SMA/MA IPA . Penyelesaian.622 Soal.