You are on page 1of 4

MAKALAH

ASUHAN KEPERAWATAN PSIKOSOSIAL PADA MASA TODLER

Di Susun oleh :
Aprin
Fitri Banjarnahor
Nopi Eliana
Sesy palupi
Delvita

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
PEKANBARU MEDICAL CENTER
S1 KEPERAWATAN
2018

Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Terlepas dari semua itu. Maret 2018 Penyusun . yang telah melimpahkan rahmat. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini. Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. hidayah. dan inayah-Nya kepada kami. Pekanbaru. KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang. Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca. Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah “Asuhan Keperawatan Psikososial Pada Masa Tolder”.

Anak bukan dewasa kecil. Untuk mengetahui apa itu kesehatan jiwa 2. Untuk mengetahui apa itu masa toddler 3. Rumusan Masalah 1. Apa yang dimaksud kesehatan jiwa? 2. Mengetahui macam. kesadaran sosial. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi sosial diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangan. Apa saja macam-macam pertumbuhan dan perkembangan pada masa toddler? 3. 2. Pada anak usia toddler. sehingga membutuhkan perhatian orang tua yang besar. Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Hal ini yang membedakan anak dengan dewasa. Latar Belakang Anak memiliki suatu ciri yang khas yaitu selalu tumbuh dan berkembang sejak konsepsi sampai berakhirnya masa remaja. Pada masa ini perkembangan kemampuan berbahasa. Psikososialnya berkembang pesat. bahkan gusar. macam pertumbuhan pada masa toddler . Anak menunjukkan ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan usianya. Pada usia Toddler anak mengalami lompatan kemajuan yang menakjubkan. Anak usia pra sekolah merupakan periode ajaib mendapatkan pengalaman dari aktivitas dan rasa ingin tahu. Apakah yang dimaksud dengan masa Toddler? 3. sedangkan pertumbuhan fisiknya melambat. Karena pada masa ini pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. kreativitas. seorang anak dapat sangat senang. Perkembangan psiko-sosial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuanya. kesadaran emosional dan inteligensia berjalan sangat cepat. sibuk. Tidak hanya kemajuan fisik tetapi juga secara sosial dan emosional. BAB I PENDAHULUAN 1. Tujuan 1.

. Saran ……………………………………………………………………… Daftar Pustaka ……………………………………………………………………… . Tujuan ……………………………………………………………………. Pengertian kesehatan jiwa………………………………………………. Rumusan masalah…………………………………………………………. C. B. Karakeristik toddler ……………………………………………………… D. B... Kesimpulan ………………………………………………………………. BAB II PEMBAHASAN A. Daftar isi …………………………………………………………………………. DAFTAR ISI Kata pengantar …………………………………………………………………. BAB III PENUTUP A. Latar belakang …………………………………………………………….. BAB 1 PENDAHULUAN A. Perkembangan psikososial ……………………………………………….. Askep psikososial pada masa toddler ……………………………………. B. C.