You are on page 1of 6

BAB III

METODOLOGI PERCOBAAN

III.1 Variabel Percobaan
Variabel Percobaan yang digunakan dalam praktikum minyak nabati adalah:
1. Berat Biji Jagung : 250 gram
2. Pelarut yang Digunakan : Methanol dan N-Hexane
3. Volume Pelarut : 500 ml

III.2 Bahan yang Digunakan
Bahan yang digunakan dalam praktikum minyak nabati adalah:
1. Biji jagung
2. NaOH 0,1 N
3. N-Hexane
4. Methanol
5. Indikator PP

III.3 Alat yang Digunakan
Alat yang digunakan dalam praktikum minyak nabati adalah:
1. Labu leher tiga
2. Buret, statif dan klem holder
3. Sokhlet
4. Timbangan elektrik
5. Pemanas Elektrik
6. Refraktojagungr
7. Beaker Glass
8. Gelas Ukur
9. Termojagungr
10. Erlenmeyer
11. Pipet tetes
12. Viscometer Ostwald
13. Kondensor
14. Labu distilat
15. Corong

III.4 Prosedur Percobaan
III.4.1 Tahap Pre-Treatment
1. Menumbuk biji jagung hingga halus.
2. Menimbang hasil tumbukan biji jagung masing-masing sesuai variabel.

III.4.2.1 Tahap Percobaan
1. Menimbang biji jagung halus seberat 250 gram.
2. Memasukkan biji jagung halus tersebut ke dalam alat sokhlet yang dilapisi dengan
kertas saring.

III-1

4.3. 8.3 Tahap Analisa Hasil III. Merangkai seperangkat alat sokhlet diatas dengan labu leher tiga. Mencatat waktu penurunan aquadest dari batas tara atas dengan batas tara bawah. 3. III. 7. 2.4. 2.4.1 Mengukur densitas minyak biji jagung 1. 3. Meneteskan minyak biji jagung pada alat refraktometer sebanyak 2 tetes. Memanaskan campuran minyak biji jagung dan alkohol sampai mendidih. Menghitung densitas dengan rumus. Menimbang cawan kosong 2. 4. Menambahkan alkohol 95 % sedikit demi sedikit sampai pH 7. Memasukkan 10 ml minyak ke dalam Viscometer Ostwald. 5. 3. 4. Menghitung jumlah volume minyak biji jagung yang harus diambil dengan menggunakan perhitungan massa (gram) minyak biji jagung dibagi dengan densitas. Mengulangi langkah 1-7 untuk variabel yang lain. 6.2 Menghitung viskositas 1. Memasukkan 10 ml aquadest ke dalam Viscometer ostwald.3. Menimbang minyak yang telah dimasukkan ke dalam cawan dan mencatat hasilnya.3. III-2 .4.   xt 5. 4.4 Menghitung Bilangan Asam 1. kemudian mengocoknya kuat-kuat dan didinginkan. 2.berat cawan kosong  volume minyak yang dihasilkan III. Mencatat waktu penurunan minyak dari batas tara atas dengan batas tara bawah. Menambahkan ± 3 tetes indicator PP pada erlenmeyer yang berisi campuran minyak biji jagung dan alkohol. Melihat pada alat refraktometer. III. Memasukkan minyak ke dalam cawan 3. kemudian dimasukkan dalam erlenmeyer. kemudian mulai menyalakan kompor listrik.3 Pembacaan Indeks Bias 1. Mengatur alat refraktometer sampai terlihat garis berwarna hitam.4. berat cawan isi . Mencatat angka yang tertera pada refraktometer tepat di garis hitam tersebut. Menunggu proses ekstraksi sesuai variable waktu yaitu 80 dan 100 menit. 3. Menghitung viskositas dengan rumus : 1  1 1 2  2 x t2 III.3. 4. Mengukur volume minyak yang didapat setelah proses destilasi.4. Methanol akan bercampur dengan minyak biji jagung. untuk mendapatkan minyak biji jagung dilakukan proses destilasi. Memasukkan 500 ml pelarut methanol ke dalam labu leher tiga.

5. kompor pelarut methanol ke dalam labu leher tiga. 6.1 N G : Bobot contoh (gram) 40 : Bobot molekul NaOH III. Methanol akan bercampur dengan minyak biji jagung. 8. 7. Methanol akan bercampur dengan minyak biji jagung. Merangkai seperangkat alat sokhlet diatas dengan labu leher tiga. Mengukur volume minyak yang didapat setelah proses destilasi.1 N sampai terjadi perubahan warna merah jambu.5. untuk mendapatkan Merangkai seperangkat alat sokhlet diatas dengan labu leher tiga. 1. 6. 5. 9. Selesai III-3 . kemudian Memasukkan mulai menyalakan 500 mllistrik. Mencatat volume NaOH yang dibutuhkan untuk titrasi. 3. Menitrasi campuran tersebut dengan menggunakan NaOH 0. Menunggu proses ekstraksi sesuai variable waktu yaitu 80 dan 100 menit. Methanol akan bercampur dengan minyak biji jagung. kemudian minyak biji jagung dilakukan proses destilasi. Mengulangi langkah 1-7 untuk variabel yang lain. untuk mendapatkan Menunggu proses minyak biji ekstraksi jagung sesuai dilakukan variable proses waktu yaitu 80 dan 100 menit. 10. 4.5 Diagram Alir Percobaan III. 2. Mengukur volume minyak yang didapat setelah proses destilasi. destilasi.1 Tahap Percobaan Mulai Menimbang biji jagung sebanyak 250 gram Memasukkan biji jagung halus tersebut ke dalam alat sokhlet yang dilapisi dengan kertas saring. Mengulangi langkah 1-7 untuk variabel yang lain. Memasukkan 500 ml pelarut methanol ke dalam labu leher tiga. Mengukur volume minyak yang didapat setelah proses destilasi. Menghitung kadar Bilangan Asam dengan rumus : A  N  40 Bilangan Asam  G Keterangan : A : Jumlah volume NaOH untuk titrasi (ml) N : Normalitas larutan NaOH 0. Menunggu proses ekstraksi sesuai variable waktu yaitu 80 dan 100 menit. untuk mendapatkan minyak biji jagung dilakukan proses destilasi. mulai menyalakan kompor listrik. 7.

Menghitung densitas sesuai rumus Selesai III. Mencatat waktu penurunan aquadest dari batas tara atas dengan batas tara bawah.5.5.2 Menghitung Viskositas Mulai Memasukkan 10 ml aquadest ke dalam Viscometer ostwald.5.1 Mengukur Densitas Minyak Mulai Menimbang cawan kosong Memasukkan minyak ke dalam cawan Menimbang minyak yang telah dimasukkan ke dalam cawan dan mencatat hasilnya.2. Memasukkan 10 ml minyak ke dalam Viscometer Ostwald.III. Mencatat waktu penurunan minyak dari batas tara atas dengan batas tara bawah Menghitung viskositas sesuai dengan rumus Selesai III-4 .2.2 Tahap Analisa III.

5.1 N sampai terjadi perubahan warna merah jambu. kemudian mengocoknya kuat-kuat dan didinginkan. Selesai III. Memanaskan campuran minyak biji jagung dan alkohol sampai mendidih.2 Pembacaan Indeks Bias Mulai Meneteskan minyak biji jagung pada alat refraktometer sebanyak 2 tetes. Mengatur alat refraktometer sampai terlihat garis berwarna hitam. Menambahkan alkohol 95 % sedikit demi sedikit sampai pH 7. Menambahkan ± 3 tetes indicator PP pada erlenmeyer yang berisi campuran minyak biji jagung dan alkohol.2. Mencatat volume NaOH yang dibutuhkan untuk titrasi. Melihat pada alat refraktometer.III. Mencatat angka yang tertera pada refraktometer tepat di garis hitam tersebut. Menghitung kadar Bilangan Asam sesuai dengan rumus Selesai III-5 . kemudian dimasukkan dalam erlenmeyer. Menitrasi campuran tersebut dengan menggunakan NaOH 0.2.5.3 Menghitung Bilangan Asam Mulai Menghitung jumlah volume minyak biji jagung yang harus diambil dengan menggunakan perhitungan massa (gram) minyak biji jagung dibagi dengan densitas.

Klem 3 4.III. Kondensor 2 2. Statif 3. Sokhlet 5. Labu Leher Dua 6. Pemanas Elektrik 4 5 6 Rangkaian Alat Ekstraksi III-6 .6 Gambar Rangkaian Alat 1 Keterangan: 1.