You are on page 1of 6

Nama : Dewi Nurlina

NIM : 14/369337/EK/20129
Jurusan : Ilmu Ekonomi
Makul : Ekonomi Internasional II
Tugas BAB 21 Nomor 5-9

5. The Swiss economist Alexander Swoboda has argued that the Eurodollar market’s
early growth was fueled by the desire of banks outside the United States to
appropriate some of the revenue the United States was collecting as issuer of the
principal reservecurrency. (This argument is made in The Euro-Dollar Market: An
Interpretation, Princeton Essays in International Finance 64, International Finance
Section, Department of Economics, Princeton University, February 1968.) Do you
agree with Swoboda’s interpretation?

Pendapat Ekonom Swiss Alexander Swoboda tentang pasar Eurodollar yang
dibangunkarena dorongan dari bank-bank yang berasal dari luar US adalah pendapat
yang masuk akal menurut saya. Dapat kita ketahui bahwa Pasar Eurodollar merupakan
kondisi dimana bank-bank di luar US menyimpan mata uang dalam bentuk dollar.
Keinginan bank-bank di luar US untuk menyimpan dollar merupakan keinginan untuk
memiliki nilai mata uang yang stabil dan banyak dipakai oleh sebagian negara atau mata
uang utama dunia yaitu dollar. Permintaan atau dorongan dari bank-bank di luar US ini
menimbulkan permintaan untuk menyimpan dollar menjadi tinggi sehingga pasar
Eurodollar terbentuk. Pasar Eurodollar pada akhir 1950 berkembang menjadi sistem
mono dunia selama dekade terakhir. Eurodollar tersebut diatur dengan lebih sedikit
aturan daripada doposito sejenis di US sehingga dengan demikian dimungkinkan
adanya perolehan imbal hasil yang lebih tinggi.

6. After the developing-country debt crisis began in 1982 (see the next chapter), U.S.
bank regulators imposed tighter supervisory restrictions on the lending policies of
American banks and their subsidiaries. Over the 1980s, the share of U.S. banks in

Pertama. 7. dari penerapan suku bunga yang tinggi ini berdampak pada penurunan nilai jual saham di mana jika nilai suku bunga tinggi maka gairah pada saham menurun karena akan menurunkan return pada saham. Fungsi utama dari bank adalah menyediakan jasa menyangkut penyimpanan nilai dan perluasan kredit. Aktivitas perbankan selalu berkaitan dalam bidang keuangan. bank menyediakan uang tunai. Tanpa adanya penyediaan alat pembayaran yang efesien ini. Kedua. maka barang hanya dapat diperdagangkan dengan cara barter yang memakan waktu. dan kartu kredit. Can you suggest a connection between these two developments? Kebijakan ketat yang diberlakukan oleh pemerintah biasanya ditujukan untuk menahan krisis agar tidak semakin parah dengan cara mengurangi jumlah uang yang beredar.London banking activity declined. berarti bank meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif. tabungan. Ketika pemerintah menjual surat berharga maka jumlah uang yang beredar juga berkurang. Why might growing securitization make it harder for bank supervisors to keep track of risks to the financial system? Pertumbuhan perusahaan sekuritas akan berdampak pada bank supervisor untuk bekerja lebih keras untuk menghindari resiko yang terjadi. Sekuritas sendiri merupakan perusahaan yang merupakan anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor. Untuk ini. Bila peran ini berjalan dengan baik. . Kebijakan moneter ketat yaitu antara lain dengan cara menaikkan tingkat suku bunga agar menarik masyarakat untuk menyimpan unagnya di bank. Ini adalah peran bank yang paling penting dalam kehidupan ekonomi. Kan tetapi. seperti menerima tabungan dan memberikan pinjaman. Lisensi bank diberikan oleh otoriter supervisi keuangan dan memberikan hak untuk melakukan jasa perbankan dasar. Evolusi bank berlanjut sampai sekarang di mana bank sebagai institusi keuangan yang menyediakan jasa keuangan. Jasa perbankan pada umumnya terbagi atas dua tujuan. Kaibatnya gairah pertumbuhan perekonomian di US akan melemah sehingga akan berdampak juga terhadap saham. Sekarang ini bank adalah institusi yang memegang lisensi bank. sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efesien bagi nasabah. dengan menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana. ekonomi suatu negara akan menngkat.

Dalam arti sempit pasar merupakan tempat para penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi. orang tidak dapat memperoleh pinjaman dan bisnis tidak dapat dibangun karena mereka tidak memiliki dana pinjaman. Penjual dalam pasar modal merupakan perusahaan yang membutuhkan modal (emiten). uang hanya berdiam di saku seseorang. maka kinerja bank supervisor harus ditingkatkan. Sedangkan pembeli (investor) adalah pihak yang ingin membeli modal di perusahaan yang menurut mereka menguntungkan. How do you think this would affect the ratio of international asset trade to GNP for Home and Foreign? Penjualan barang nontradable pada suatu negara akan mempengaruhi rasio pada set perdagangan internasional pada luar negeri dan dalam negeri. Maksudnya sektor non-tradable ini adalah sektor yang pasar usahanya hanya domestik saja. 8. Perbankan mendukung setiap kegiatan yang ada demi kelancaran transaksi pasar modal di bursa efek. akan tetapi dapat dilakukan melalui sarana informasi yang ada seperti sarana elektronika. Sektor non tradable adalah sektor yang tidak dapat menghasilkan devisa. Di dalam pasar modal pihak perbankan mempunyai peranan yang sangat besar dalam rangka memajukan perkembangan pasar modal. Lokasi atau tempat pertemuan tersebut disebut pasar. Return to the example in the text of the two countries that produce random amounts of kiwi fruit and can trade claims on that fruit.Tanpa adanya arus dana ini. sehingga mereka berusaha untuk menjual efek – efek di pasar modal. maka jumlah atau transaksi surat berharga milik investor dan perusahaan dengan bank juga akan meningkat. Sektor non-tradable adalah . Jika jumlah sekuritas bertambah. diman pembeli dan penjual tidak harus bertemu langsung. sekuritas secara umum merupakan suatu tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dalam rangka memperoleh modal. Artinya penjual dan pembeli langsung bertemu untuk melakukan transaksi dalam suatu lokasi tertentu. Suppose the two countries also produce raspberries that spoil if shipped between countries and therefore are nontradable. Namun dalam arti luas pengertian pasar merupakan tempat melakukan transaksi antara pembeli dan penjual. Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan misalnya bangkrut pada perusahaan.

Hal yang paling parah adalah terjadi pengangguran massal oleh proyek properti tersebut. Akibatnya banyak properti yang tidak laku. Ketika para investor berspekulasi agar harga masa depan meningkat. Spekulasi yang dijalankan oleh para spekulan tersebut ternyata belum terbukti hingga sekarang. Akibat-akibat lain yang mungkin ditimbulkan dari kondisi bubble economi adalah GDP menurun karena produktivitas rendah. karena banyak properti di Indonesia yang tidak menarik di mata asing. properti akan menyedot dana yang sangat besar untuk pembangunan. Contoh yang paling sederhana dari sektor non-tradable ini adalah properti . Investasi yang dilakukan oleh investor lokal bukan merupakan investasi. harga memang tinggi. akan tetapi malah STUCK dan berpotensi menimbulkan kredit macet. Jika terjadi inflasi. sektor non-tradable ini memiliki pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan sektor tradable. Efek lebih parah terjadi ketika para pekerja tersebut menganggur.sektor yang paling banyak menyerap dana selama ini. Akibat dari penyerapan dana yang besar ini.Investor yang menanamkan modalnya di properti Indonesia mayoritas lokal sehingga Pada awalnya properti akan banyak menyerap tenaga kerja. etc. hal tersebut akan membuat standard living masyarakat menurun dan akan meyebabkan bubble economi. Sektor properti akan menimbulkan pengangguran massal ketika proyek telah selesai. Kesalahan lain dari sektor ini adalah terlalu banyak menyedot dana dimana dana tersebut tidak dialirkan untuk membangun sektor lain. Kondisi Lanjutan. blok ataupun ruko Mal tersebut mayoritas diisi oleh produk-produk impor seperti Zara. Kondisi Awal. Secara langsung. para pekerja akan kembali menganggur.g kemiskinan bertambah) karena tingkat pengangguran meningkat yang disebabkan lapangan kerja minim terbuka. Kelemahan properti ini juga terlihat dari sisi pekerjanya. melainkan merupakan savings yang berdasar atas spekulasi demi keuntungan pribadi. Ketika properti sudah siap pakai. Kondisi Akhir. akan tetapi harga-harga barang lain juga ikut tinggi. Daya beli mereka menurun sehingga membuat tingkat konsumsi mereka juga ikut menurun. Bahan baku utama mayoritas impor . Kesejahteraan menurun (e. akan tetapi harga naik tersebut diimbangi dengan laju inflasi yang meningkat. ternyata memang tercapai. Pembangunan properti merupakan tindakan ketidak-bijasanaan. Next. Harga-harga barang naik karena inflasi yang . Dana pinjaman pendirian properti akan lama pengembaliannya dan umumnya menjadi kredit macet. andai terdapat properti yang sudah laku. Mango.

Ketika tingkat inflasi naik. Dapat dikatakan bahwa perbedaan tingkat bunga yang terjadi antara beberapa negara disebabkan oleh perbedaan tingkat in􀃓asi.tinggi menyebabkan kenaikan tingkat pengangguran. Teori ini menggabungkan teori PPP dengan teori Effect Fisher yang ditemukan oleh ekonom yang bernama Irving Fisher. Tingkat bunga mempunyai hubungan sangat erat dengan tingkat inflasi. Dalam hal ini saya setuju karena Salah Satu Faktor yang mempengaruhi nilai mata uang suatu negara adalah perbedaan tingkat bunga antar negara. Kenaikan tingkat suku bunga di suatu negara dapat mendorong terjadinya pengalihan dana atau instrumen keuangan dari mata uang dengan tingkat bunga rendah ke mata uang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi. Teori yang dapat menjelaskan pengaruh tingkat bunga terhadap perubahan kurs mata uang asing adalah teori international Fisher Efect (IFE Theory). . Sometimes it is claimed that the international equality of real interest rates is the most accurate barometer of international financial integration. Tingkat bunga adalah biaya yang harus dibayar oleh pemimjam atas pinjaman yang diterima dan merupakan imbalan bagi pemberi pinjaman atas dananya. Kebijakan menaikkan tingkat bunga ini bertujuan untuk menekan pertumbuhan tingkat in􀃓asi dan untuk memperkuat kurs mata uang domestik. Para pelaku pasar valuta asing berusaha memanfaatkan tingkat bunga untuk mendapatkan keuntungan. Do you agree? Why or why not? Suku bunga riil internasional merupakan barometer dari kondisi finansial internasional yang terintegrasi. Tingkat bunga cenderung mempengaruhi keputusan individu terhadap pilihan untuk membelanjakan uang lebih banyak atau menyimpan uang dalam bentuk tabungan di bank. 9. Nilai mata uang akan turun jika dibandingkan dengan mata uang negara lain. Pemerintah akan berusaha mengantisipasi pertumbuhan inflasi dengan mengeluarkan kebijakan untuk menaikkan tingkat bunga bank. maka tingkat bunga cenderung semakin tinggi agar tingkat bunga rill yang diperoleh nasabah tetap. Tingkat kriminalitas meningkat karena kesejahteraan menurun..

. kemudian perubahan harga komoditi digunakan sebagai acuan untuk memprediksi pergerakan kurs. Menurut teori IFE terjadinya perbedaan tingkat bunga antara dua negara disebabkan adanya perbedaan ekspektasi terhadap tingkat inflasi. Tingkat bunga diartikan sebagai penurunan harga komoditi. ingkat bunga diartikan sebagai kenaikan nilai mata uang. kemudian perubahan nilai mata uang digunakan sebagai acuan untuk memprediksi pergerakan kurs.