You are on page 1of 7

PROSES BERDIRINYA KERAJAAN HINDU-BUDDHA

KERAJAAN KUTAI

Kelompok 1:

Akbar Kusuma

Amsal

Hauri Sasmito Ekaningtyas

Nida Fauziah Islansari

Akhir kata kami ucapkan terima kasih Penyusun ii .yang terkenal atas peninggalan 7 yupa tentang tata upacara Hindu kuno.semoga dalam makalah selanjutnya kami dapat memperbaiki kesalahan yang ada. Kutai merupakan kerajaan yang terletak di provinsi Kalimantan Timur. karena atas nikmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan tugas makalah sejarah ini dengan waktu yang telah di tetapkan. akhir kata kami harap makalah yang disusun ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Dalam tugas makalah ini.Pengantar Pertama puji syukur kami panjatkan kepadaTuhan YME. Kami mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada banyak kesalahan dalam makalah ini. yakni kerajaan Kutai. kami akan membahas kerajaan Hindu pertama di nusantara.

Perkembangan Agama……………………………………….iii Pendahuluan………………………………………………………………ix Isi i..2 v.Daftar Isi Halaman judul…………………………………………………………….…1 ii. Runtuh dan Berakhirnya Agama…………………………….2 Kesimpulan………………………………………………………….i Pengantar………………………………………………………………….…2 iv.ii Daftar Isi………………………………………………………………….…... Kehidupan Ekonomi…………………………………………..……. Latar Belakang………………………………………………..3 iii .. Sistem Politik Pemerintahan………………………………….….…1 iii.

Kerajaan hindu di Indonesia mempunyai sejarahnya masing- masing. terutama dalam bidang politik. Dalam system ini. seperti Kerajaan Kutai. Banyak kerajaan-kerajaan hindu di Indonesia. kita harus mempelajari sejarah- sejarah Kerajaan Kutai.Pendahuluan Berangkat dari sejarah bangsa Indonesia yang didahului oleh masa keajaan. raja. Agar lebih memahami Kerajaan Kutai. Selanjutnya. atau maharaja. Pada system kerajaan. kepala pemerintahan tidak dipegang oleh kepala suku bergelar datu/datuk atau ratu/raka. raja dianggap keturunan dewa yang harus disembah oleh bawahan dan rakyatnya. di daerah tersebut bermunculan kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha. System pemerintahan kerajaan digunakan di wilayah Kalimantan. Setelah kedatangan agama dan kebudayaan Hindu Buddha. Kerajaan Hindu merupakan pelopor berdirinya Negara hindu di Indonesia. Oleh karena itu raja memilki hak untuk menyelenggarakan pemerintahan secara mutlak dan turun – temurun. Jawa dan Sumatra. Sistem pemerintahan masyarakat Indonesia mengalami perubahan dari system kesukuan menjadi kerajaan. ix . terjadi perkembangan dan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia.tetapi dipegang oleh seorang rajamenggunakan gelar prabu. Sejak masuknya budaya hindu ini Zaman Prasejarah mulai berganti menjadi Zaman Sejarah.

Raja raja yang pernah memerintah kerajaan kutai adalah sebagai berikut: 1. Raja Mulawarman Raja Asmawarman digantikan oleh putranya yang bernama Raja mulawarman. Pemberian nama ini dilakukan karena tidak ada prasasti yang menyebutkan tentang nama asli kerajaan ini. dan didirikan oleh raja Kudungga Kerajaan ini diberi nama Kutai karena ditemukan di daerah Kutai. 3. pelaksanaan upacara Asmawedha. Kerajaan ini terletak di tepi sungai Mahakam di muara Kaman.Di bawah pemerintahannya. Raja Kudungga Raja kudungga adalah raja pertama yang yang berkuasa di kerajaan kutai.di Kalimantan Timur terjadi perubahan dalam tata pemerintahan yaitu dari pemerintahan kepala syukur menjadi pemerintahan kerajaan dengan seorang raja sebagai kepala pemerintahan. Upacara upacara ini pernah dilakukan di India pada masa pemerintahan Raja Samudragupta ketika ingin memperluas wilayahnya.diperkiran kerajaan kutai berdiri pada abad 4 masehi. Raja Asmawarman Prasasti Yupa menyatakan bahwa Raja Aswawarman merupakan seorang raja yang cakap dan kuat.  Sistem Politik Pemerintahan Sejak muncul dan berkembangnya pengaruh hindu (India). Rakyat hidup tenteram dan sejahtera. Kalimantan timur. Kerajaan Kutai mengalami masa yang gemilang. ia mengubah struktur pemerintahan menjadi kerajaan dengan mengangkat dirinya sebagai raja sehingga pergantian raja dilakukan secara turun menurun 2. Yaitu raja yang masih menggunakan nama lokal para ahli berpendapat bahwa pada masa pemerintahan raja kudungga pengaruh hindu baru masuk ke dalamnya.denga masuknya pengaruh hindu. dekat kota Tenggarong. Dengan keadaan seperti itulah akhirnya Raja Mulawarman mengadakan upacara kurban emas yang amat banyak. Ia adalah raja terbesar dari Kerajaan Kutai.  Latar Belakang Kerajaan kutai adalah kerajaan hindu tertua di Indonesia. Pada masa pemerintahannya. 1 . Kalimantan Timur.

Disebutkan juga dalam salah satu prasasti bahwa raja Mulawarman telah mengadakan upacara korban emas. oleh karena itu sejak tanggal 20 April 1980 kaharingan dimasukkan ke dalam kategori agama hindu. Kehidupan peternakan juga menjadi andalan hidup mereka mengingat seringnya raja mengadakan upacara persembahan berupa hewan ternak.  Perkembangan Agama Agama yang berkembang dalam masa Kerajaan Kutai adalah agama hindu. Begitulah didalam sejarah tercatat.  Kehidupan Ekonomi Tidak begitu banyak keterangan mengenai kegiatan ekonomi masyrakatan di kerajaan kutai. Agama hindu yang berkembang di kerajaan ini adalah agama Hindu Syiwa. meskipun demikian agama tersebut hanya berkembang di wilayah istana. Perlu diingat bahwa Kutai ini (Kutai Martadipura) berbeda dengan Kerajaan Kutai Kartanegara yang saat itu ibukota di Kutai Lama (Tanjung Kute). Dewa Syiwa diyakini sebagai symbol Brahman ( Tuhan ) yang memiliki kekuatan melebur alam semesta Agama ini menjadi agama resmi Kerajaan Kutai.  Runtuh dan berakhirnya kerajaan Kerajaan Kutai berakhir pada saat Raja Kutai yang bernama Maharaja Dharma Setia tewas dalam peperangan di tangan Raja Kutai Kartanegara ke-13.namun. Agama ini berkembang pesat pada masa pemerintahan Raja Asmawarman. Masyarakat Kutai masih menerapkan kebudayaan asli yang bertumpu pada kepercayaan kaharingan. karena latar kerajaan kutai terletak di pedalaman Kalimantan yang terletak dengan aliran sungai Mahakam. di tahun 1365. Sejak tahun 1735 kerajaan Kutai Kartanegara yang semula rajanya bergelar Pangeran berubah menjadi bergelar Sultan (Sultan Aji Muhammad Idris) dan hingga sekarang disebut Kesultanan Kutai Kartanegara. yang disebutkan dalam sastra Jawa Negarakertagama. Penganut kaharingan juga mengenal upacara pembakaran mayat seperti Ngaben dalam agama Hindu. 2 . Penganut agama ini menyembah Syiwa sebagai dewa tertinggi. Kutai Kartanegara inilah. diperkirakan rakyat kerajaan kutai hidup dari sektor pertanian dan peternakan. Kutai Kartanegara selanjutnya menjadi kerajaan Islam. kerajaan kutai akhirnya mengalami keruntuhan. Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Kaharingan adalah kepercayaan masyarakat Dayak yakni menyembah Ranying Hatalla Langit yang telah menciptakan alam semesta.

Agama yang berkembang dalam masa Kerajaan Kutai adalah agama hindu. Agama ini berkembang pesat pada masa pemerintahan Raja Asmawarman. 3 . Kerajaan ini terletak di tepi sungai Mahakam di muara Kaman. Agama hindu yang berkembang di kerajaan ini adalah agama Hindu Syiwa. Rakyat kerajaan kutai hidup dari sektor pertanian dan peternakan.  Kesimpulan Kerajaan kutai adalah kerajaan hindu tertua di iIndonesia. karena latar kerajaan kutai terletak di pedalaman Kalimantan yang terletak dengan aliran sungai Mahakam.