You are on page 1of 7

ANALISA DATA

No. Data Etiologi Masalah
Keperawatan
1. DS : Riwayat tidak memiliki Ketidakefektifan
pengalaman menyusui dan pemberian ASI
- Ny T mengatakan frustasi
puting susu lecet +/+
ASI untukbayinya tidak
lancar dan merasa kesulitan ↓
menyusui bayinya
Kesulitan memberikan ASI dan
- Ny T mengatakan merasa
dirinya tidak ditanggapi ASI tidak keluar

suaminya ketika bercertia ↓
bahwa ASI-nya tidak lancar
- Ny T mengatakan bahwa Anak tidak mendapatkan ASI

suaminya hanya berkata yang cukup

sabar ketika Ny T mengeluh ↓
ASI-nya tidak lancar
- Ny Z mengatakan Ny T tidak Ketidakefektifan pemberian ASI

pengalaman menyusui
- Ny T mengatakan B bayinya
turun 0,5 Kg

DO :

- Ny T tampak pucat dan
capek
- TD 110/70 mmHg
- N 94 x/menit
- Puting susu lecet +/+

An S menangis dan selalu ingin digendong ibunya . ANALISA DATA No.Ny T mengatakan Tn B akhir. DS : Jarak antara kehamilan dekat Gangguan (anak kedua lahir saat anak proses . kepada anak akhir ini sibuk dan tidak mau ↓ ikut campur lagi usursan Keluarga merasa kerepotan keluarga dan anak ↓ Gangguan proses keluarga DO : . Data Etiologi Masalah Keperawatan 2.Ny T mengatakan akhir-akhir pertama berusia 20 bulan) keluarga ini merasa suaminya sudah jarang menanggapi bila ia ↓ mengeluh apalagi sejak Peningkatan kebutuhan asuhan pekerjaan kantornya mulai kepada anak sibuk dan ia sering lembur .Ny T mengatakan akhir-akhir ↓ ini dia belum terbiasa untuk Kuranganya dukungan suami bekerja dirumah sepanjang dan suami tidak mau ikut hari karena sebelumnya dia campur dalam memberi asuhan sebagai wanita yang bekerja .An S terlihat menangis ketika digendong neneknya dan berkurang rewelnya jika ayahnya di rumah ANALISA DATA .

DS : Jarak antara kehamilan dekat Penurunan (anak kedua lahir saat anak koping .Ny T mengatakan Tn B akhir.Ny T mengatakan ibunya ↓ selalu membantu mengurus Perubahan peran keluarga anaknya.An S terlihat menangis ketika digendong neneknya dan berkurang rewelnya jika ayahnya di rumah Skoring: Ketidakefektifan Pemberian ASI .No. ↓ sedangkan An S sekaranga Peningkatan kebutuhan asuhan mulai betambah rewel kepada anak .An S menangis dan selalu ingin digendong ibunya . sementara akhir ini sibuk dan tidak mau ↓ ikut campur lagi usursan Timbul perasaan sedih dan keluarga dan anak frustasi ↓ DO : Penurunan koping keluarga .Keluarga mengatakan saat pertama berusia 20 bulan) keluarga ini stressor adalah kerpotan karena anak kedua. . Data Etiologi Masalah Keperawatan 3.Ny T mengatakan akhir-akhir ini merasa suaminya sudah ↓ jarang menanggapi bila ia Kuranganya dukungan suami mengeluh apalagi sejak dan suami tidak mau ikut pekerjaan kantornya mulai campur dalam memberi asuhan sibuk dan ia sering lembur .Ny T mengatakan bahwa kepada anak kadangkala sampai ↓ menangis sendirian karena Keluarga merasa kerepotan stres .

Karena ASI 0 Tidak dapat dipengaruhi oleh banyak factor: . finansial Potensi masalah 1 1/3X1=1/3 Rendah  Karena masalah untuk dicegah sudah actual/terjadi. jangkauan. Kriteria Skor Bobot Nilai Keterangan Sifat masalah 1 3/3X1=1 Aktual  Data yang ada Skala: Aktual menunjukkan bahwa telah 3 Resiko terjadi masalah ketidakefektifan 2 pemberian asi dengan data Sejahtera/sehat sebagai berikut: 1 . Factor pengetahuan . T merasa frustasi Karena ASInya tidak lancar dan tidak bias memberikan ASI kepada bayinya Kemungkinan 2 1/2X2=1 Sebagian  Intervensi yang masalah dapat dilakukan untuk mengatasi 2 diubah masalah ketidakefektifan Skala : Mudah 1 pemberian ASI membutuhkan Sebagian waktu yang lama. Sumberdaya perawat . Ny. Fisik: putting lecet . maka 3 Skala: Tinggi potensial untuk dicegah rendah Cukup 2 Rendah 1 . Psikologis: Stres . Sosial: Kurang dukungan suami . teknologi.

tetapi tidak perlu ditangani Masalah tidak dirasakan TOTAL SKOR 3. T sulit untuk cukup 2 1 2/3x berkomunikasi 1= 0.5kg.1 Skoring: Penurunan Koping Keluarga .33 Skoring: Gangguan Proses Keluarga no kriteria sko bob nilai keterangan r ot 1 Sifat masalah Karena ny.T sibuk sebagian 1 2 1/2x bekerja 2= 1 3 Potensimsalahuntukdicega Karena Tn. B sudah Actual : 3 1 3/3x tidak mau ikut campur dengan urusan keluarga 1= 1 dan anak 2 Kemungkinan masalah Karena selama ini dalam keluarga dibicarakan dapat diubah akan tetapi akhir-akhir ini suami Ny. T merasakan adanya kurang Ada masalah tapi tidak 1 1 1/2x dukungan dari suami perlu ditangani 1= 0.Menonjolnya 1 2/2X1=1 Masalah dirasakan & harus masalah segera ditangani  2 Skala: Masalah Ketidakefektifan pemberian ASI dirasakan & harus 1 berpengaruh pada pertumbuhan segera ditangani dan perkembangan bayi. T mengatakan sepertinya t. BB 0 Ada masalah bayi turun 0.6 4 Menonjolnya masalah Karena ny. P terlihat capek ketika pulang h bekerja.5 Total= 3. sehingga ny.

Ny T mengatakan belum terbiasa berada dirumah sepanjang hari karena sebelumnya dia wanita yg bekerja 3 Potensi masalah 1/3 x 1 1/3 .Ny T Sejahtera/ sehat menyatakan frustasi karena ASI tidak lancar dan merasakan kesulitan menyusui. - 2 Kemungkian 2/2 x 2 2 . T merasa bahwa suaminya tidak ikut bertanggung jawab dan menyerahka n semua masalah rumah kepada Ny T. . Ny T untuk dicegah: mengatakan rendah biasanya Tn . Ny Z lebih masalah yang banyak dapat diubah: berperan Mudah sebagai pengasuh cucunya dan merawat bila salah satu anggota keluarganya ada yg sakit .No Kriteria Perhitungan Nilai Pembenaran 1 Sifat masalah : 1/3 x 1 1/3 .Ny.

Ny T merasa masalah: suaminya Ada masalah tetapi sudah jarang tidak perlu menanggapi ditangani bila ia mengeluh apalagi sejak pekerjaan kantornya mulai sibuk dan ia mulai lembur .5 .62 . Waktu Ny T curhat ke ibunya. tapi sekitar 3 bln terakhir Tn b disibukkan dg pekerjaanny a 4 Menonjolnya 1/2 x 1 0. ibunya hanya mengatakan hal itu wajar karena Ny T tidak pengalaman menyusui dan masih ada susu formula Total: 2. B masih ada waktu untuk ikut merawat an S.