You are on page 1of 34

LBM 1 MODUL KB SGD 19

STEP 1

1. Kontrasepsi
- Menghindari atau mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan sel telur
dengan sel sperma
- Usaha-usaha untuk mencegah terjadinya kehamilan, bisa bersifat sementara atau bisa
juga permanen.
2. Fibroadenoma mammae
- Tumor jinak pada payudara yang sering terjadi pada remaja dibawah usia 30 tahun
3. KB (keluarga berencana)
- Sebuah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan cara
membatasi kelahiran, dan sebuah program yang direncanakan pemerintah.
4. Chlamydiasis
- Penyakit menular seksual yang disebabkan karena tidak menggunakan kondom. IMS.
Biasanya pada wanita muda.
- Bakterinya clamydia tracomatis dan penyakit ini bisa menyebabkan kemandulan.
5. Griseofulvin
- Suatu antibiotik yang dihasilkan oleh spesies penisilium sifatnya fungistatik. Untuk
mengobati infeksi karena jamur.

STEP 7

1. Apa tujuan dari KB?

.

.

.

MAL  penekanan/penundaan ovulasi o Keuntungan MAL: Dari kontrasepsinya:  Efektifitas tinggi (keberhasilan sampai 98% pada 6 bulan pasca persalinan)  Tidak mengganggu senggama  Tidak ada efek samping sistemik  Tidak perlu pengawasan medis  Tidak perlu obat atau alat  Tanpa biaya Untuk bayinya  Medapat kekebalan pasif (mendapatkan antibodi perlindungan lewat ASI)  Sumber asupan gizi yang terbaik dan sempurna untuk tumbuh kembang bayi yang optimal. apa kelebihan dan kekurangan pengunaan kontrasepsi.  Terhindar dari terpaparnya kontaminasi dari air. susu lain atau formula. Macam-macam metode kontrasepsi. .2. efek samping dan indikasi kontraindikasi? KONTRASEPSI HORMONAL NON HORMONAL  MAL  PIL  KBA  PIL PROGESTIN  SENGGAMA TERPUTUS  SUNTIKAN KOMBINASI  METODE BARIER  IMPLANT  AKDR  AKDR PROGESTIN  MOW  VASEKTOMI  . atau alat minum yang dipakai. Untuk ibunya  Mengurangi perdarahan pascapersalinan  Mengurangi risiko anemia  Meningkatkan hubungan psikologik ibu dan bayi o Kerugian MAL:  Perlu persiapan sejak perawatan kehamilan agar segera menyusui dalam 30 menit pascapersalinan  Mungkin sulit dilaksanakan karena kondisi sosial  Efektivitas tinggi hanya sampai kemabalinya haid atau sampai dengan 6 tahun  Tidak melindungi terhadap IMS termasuk hepatitis B/HBV dan HIV/AIDS.

 Senggama Terputus .

Terlambatnya pengeluaran penis dari vagina C. Banyak yang mengatakan cara ini adalah yang paling aman dan tidak mempunyai efek samping. Adanya pengeluaran air mani sebelum ejakulasi yang dapat mengandung sperma. Secara alami perempuan juga bisa mencegah kehamilan dengan cara memperpanjang masa menyusui. B. apalagi pada koitus yang berulang. Pembilasan Pasca Senggama Pembilasan pascasenggama dilakukan oleh perempuan dengan cara membilas vagina dengan air biasa dengan atau tanpa larutan obat (cuka atau obat lainnya) segera setelah berhubungan seks. Kekurangannya adalah memerlukan pengendalian diri yang besar dari laki-laki. Penambahan cuka disini ialah untuk memperoleh efek spermisida seta menjaga asiditas vagina. Pantang berkala/sistem kalender Pantang berkala yang juga diistilahkan dengan sistem kalender mula-mula diperkenalkan oleh Kyusaku Ogino dari Jepang dan Hermann Knaus dari Jerman sekitar tahun 1931. Dasar pemikirannya adalah perempuan hanya dapat hamil selama beberapa hari saja dalam tiap daur haidnya. Kegagalan dengan cara ini dapat disebabkan oleh: A. B. dan mungkin masih merupakan cara yang paling banyak dilakukan sampai sekarang. Maksudnya untuk mengeluarkan sperma secara mekanik dari vagina. Kendalanya adalah sulit bagi perempuan untuk menentukan masa suburnya. Cara ini merupakan cara kontrasepsi yang tertua dikenal manusia. dan banyak laki-laki yang tidak bisa mengontrol emosionalnya. terutama bagi mereka yang masa haidnya tidak teratur. Karena itu cara ini juga sering disebut dengan cara Ogino-Knaus. Keuntungannya adalah cara ini tidak membutuhkan biaya dan persiapan. C. misalnya karena adanya hebungan antara vulva dan kanalis servikalis uteri oleh benang lendir serviks uteri yang pada masa ovulasi mempunyai spinnbarkeit yang tinggi. Pengeluaran semen dekat pada vulva dapat menyebabkan kehamilan. . Masa tersebut disebut masa subur atau fase ovulasi itu dan terjadi sekitar 14 hari (toleransinya sekitar 2 hari) sebelum hari pertama haid yang akan datang.Senggama terputus adalah cara mencegah kehamilan dengan menarik penis dari vagina sebelum terjadi ejakulasi.

Efektivitas kondom ini bergantung pada mutu dan ketelitian dalam penggunaannya. Pada 1553. Keuntungan: . Penggunaan: Kondom sebagai alat kontrasepsi baru dimulai pada abad ke-18 di Inggris. Kondom Penggunaan kondom sudah dimulai sejak zaman Mesir kuno. Goodyear berhasil membuat kondom dari karet. Pada mulanya kondom ini dibuat dari usus biri-biri dan dalam perkembangannya pada 1844. Kondom yang umumnya dipakai sekarang ini terbuat dari karet dan tersedia dengan ukuran dan warna yang beragam. Gabrielle Fallopi melukiskan tentang penggunaan kantong sutera diolesi dengan minyak yang dipasang menyelubungi penis sebelum berhubungan seks dengan tujuan mencegah laki- laki dari penyakit kelamin.D.

Supaya efektif hendaknya dipakai jelly atau krim kontrasepsi untuk pembunuh sperma. b. pria harus menarik penisnya dari vagina. Setelah terjadi ejakulasi. . E. Alat kontrasepsi yang satu ini paling cocok dipakai oleh perempuan dengan dasar panggul yang tidak longgar dan dengan tonus dinding vagina yang baik. Pinggir diafragma mudah dibengkokkan dan disisipkan di bagian atas vagina untuk mencegah sperma masuk ke saluran reproduksi bagian atas. yakni diafragma vaginal dan cervical cap. Diafragma vaginal ini merupakan alat kontrasepsi yang terdiri dari kantong karet yang berbentuk mangkuk dengan “per” elastis pada pinggirnya. Diafragma ini harus tinggal dalam vagina selama 6 jam setelah melakukan hubungan seksual. c. Kondom yang terbuat dari latex dapat menimbulkan alergi bagi beberapa orang. Secara umum pessarium ini terbagi dua golongan. Pessarium (Diafragma Vaginal dan Cervical Cap) Pessarium merupakan kondom pada perempuan. dapat terjadi resiko kehamilan atau penularan penyakit menular seksual. Namun untuk penggunannya perlu diperiksa dahulu ukuran difragma yang sesuai. Kondom mudah didapat dan tersedia dengan harga yang terjangkau Kekurangan: a. Karena sangat tipis maka kondom mudah robek bila tidak digunakan atau disimpan sesuai aturan b. bila tidak. Bila digunakan secara tepat maka kondom dapat digunakan untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit menular seksual (PMS). Kondom tidak mempengaruhi kesuburan jika digunakan dalam jangka panjang c. a. Beberapa pria tidak dapat mempertahankan ereksinya saat menggunakan kondom.

Spermatisida terdiri dari bermacam bentuk seperti suppositorum. tablet terlebih dahulu dicelupkan kedalam air. Orthogynol vaginal jelly. . dapat dilipat. Suppositorium dimasukkan sejauh mungkin kedalam vagina sebelum koitus. kemudian dimasukkan kedalam vagina sejauh mungkin. dan larut dalam air. Jelly lebih encer daripada creme. Dalam vagina obat ini merupakan gel dengan tingkat dispersi yang tinggi dan menyebar pada porsio uteri dan vagina. atau jelly. yang merupakan benda yang tipis. Spermatisida Spermatisida yang dipakai untuk kontrasepsi terdiri atas dua komponen yaitu zat kimiawi yang mampu mematikan spermatozoa. Lama kerjanya kurang lebih 20 menit sampai 1 jam. c) Tablet busa: Sampoon. Sebelum digunakan. 2) Delfen vaginal crème. d) C-Film. Obat mulai efektif setelah 30 menit. b) Jelly atau crème : 1) Perseptin vaginal jelly. Kini di pasaran terdapat banyak obat-obat spermatisida. jelly atau krim. antara lain dalam bentuk: a) Suppositorium: Lorofin suppositoria. Cara kerjanya dengan merusak membran sel sperma dan menurunkan mobilitas sperma serta kemampuan sperma di dalam membuahi ovum. Obat ini baru mulai aktif setelah 5 menit.F. Spermatisid berguna untuk mematikan sperma sebelum melewati serviks. Obat ini disemprotkan kedalam vagina dengan menggunakan suatu alat. volpar. Syn-A-Gen. tablet busa dan tisu KB. dan vechikulum yang dipakai untuk membuat tablet. Lama kerjanya 30 sampai 60 menit. krim. Lama kerjanya kurang lebih 20 menit sampai 1 jam. Rendel pessaries. Penggunanya masih sangat sedikit.

dan pil pascasenggama. mioma uteri. Pil terbuat dari hormon sintetik. perubahan mood dan menurunnya nafsu seksual . letih. (Khusus untuk kondisi ini bersifat relatif dan pemberian pil kombinasi bagi perempuan yang mengalami kelainan-kelainan ini harus di diawasi secara teratur. • Efek samping yang mungkin dirasakan adalah sakit kepala. Yang umum dipakai adalah pil kombinasi antara estrogen dan progesteron. sedikitnya sekali dalam tiga bulan). oligomenorea. • Dapat mengontrol waktu untuk terjadinya menstruasi. Perempuan yang mempunyai tumor yang dipengaruhi oleh estrogen 2.G. Dengan demikian sperma tidak bisa memasuki rongga rahim. • Mengurangi darah menstruasi dan kram saat menstruasi. Perempuan yang menderita penyakit hati yang aktif. hipertensi. Keuntungan : • Mengurangi resiko terkena kanker rahim dan kanker endometrium. depresi. • Harus rutin diminum setiap hari. tidak semua perempuan dapat menggunakan pil kombinasi untuk kontrasepsi. dan kelainan cerebro-vaskuler 4 Perempuan yang mempunyai penyakit diabetes melitus 5. Efeknya berupa perubahan-perubahan pada lendirserviks. tromboemboli. pil juga mempunyai efek lain terhadap traktus genitalis. sehingga menjadi kurang banyak dan kental. • Untuk pil tertentu dapat mengurangi timbulnya jerawat ataupun hirsutism (rambut tumbuh menyerupai pria). pil kombinasi. Pil Ada tiga macam pil kontrasepsi yaitu: mini pil. Perempuan yang mengalami depresi. Perempuan yang pernah menderita trombophlebitis. baik akut maupun menahun 3. • Saat pertama pemakaian dapat timbul pusing dan spotting. Kekurangan : • Tidak melindungi terhadap penyakit menular seksual. Walau macamnya banyak tersedia dipasaran dan tingkat efektivitasnya sangat tinggi. Selain mencegah terjadinya ovulasi. migren. Keadaan yang tidak diperbolehkan menggunakan pil KB adalah: 1.

diikuti oleh 5—6 hari pil gabungan antara estrogen dan progestin pada sisa siklusnya. hanya estrogen yang disediakan selama 14—15 hari pertama dari siklus menstruasi. berkisar antara 98—99%. Kekurangan : . dan hampir 100% efektif bila diminum secara teratur. Keuntungan: • Dapat digunakan oleh ibu yang menyusui. Obat ini bekerja dengan jalan menekan pembentukan hormon dari otak sehingga mencegah terjadinya ovulasi. Pil khusus – Progestin (pil mini) Pil ini mengandung dosis kecil bahan progestin sintetis dan memiliki sifat pencegah kehamilan. Ketepatgunaan dari pil berturutan ini hanya sedikit lebih rendah daripada pil gabungan. depogeston. golongan progestin seperti depoprovera. seperti cycloprovera. Pertama. Pil berturutan Dalam bungkusan pil-pil ini. golongan progestin dengan campuran estrogen propionat. Karena pil berturutan dalam mencegah kehamilan hanya bersandar kepada estrogen maka dosis estrogen harus lebih besar dengan kemungkinan risiko yang lebih besar pula sehubungan dengan efek-efek sampingan yang ditimbulkan oleh estrogen. Suntikan Saat ini terdapat dua macam kontrasepsi suntikan. depoprogestin. c. Pil gabungan atau kombinasi Tiap pil mengandung dua hormon sintetis. • Darah menstruasi menjadi lebih sedikit dan membantu mengatasi kram saat menstruasi. Selain itu. yaitu hormon estrogen dan progestin. Pil gabungan mengambil manfaat dari cara kerja kedua hormon yang mencegah kehamilan. H. terutama dengan mengubah mukosa dari leher rahim (merubah sekresi pada leher rahim) sehingga mempersulit pengangkutan sperma. juga mengubah lingkungan endometrium (lapisan dalam rahim) sehingga menghambat perletakan telur yang telah dibuahi. • Tidak perlu dikonsumsi setiap hari atau dipakai sebelum melakukan hubungan seksual. Obat suntikan ini sangat cocok diberikan pada ibu-ibu yang sedang menyusui karena cara kerjanya tidak mengganggu laktasi. • Kekurangan Untuk pil kb tertentu harganya bisa mahal dan memerlukan resep dokter untuk pembeliannya. Kelalaian minum 1 atau 2 pil berturutan pada awal siklus akan dapat mengakibatkan terjadinya pelepasan telur sehingga terjadi kehamilan. dan noristerat. Jenis-jenis Pil a. b. Kedua.

Pada sebagian kasus dapat pula menghalangi terjadinya ovulasi. Keuntungan : • Dapat mencegah terjadinya kehamilan dalam jangka waktu 3 tahun. Susuk/implan Ada dua macam susuk yang biasa dipergunakan untuk kontrasepsi.unimus. Mekanisme kerja 1. Norplan merupakan metoda kontrasepsi berjarak 5 tahun yang terdiri atas 6 kapsul silastik silikon berisi masing-masing 36 mg levonorgestrel dan disisipkan dibawah kulit. yaitu norplan dan implanon. Mengentalkan lendir serviks uteri sehingga menyulitkan penetrasi sperma. .ac. Efek samping kontrasepsi suntik:  Gangguan haid  Depresi  Keputihan  Jerawat  Perubahan libido  Perubahan BB  Hipertensi  Pusing dan sakit kepala digilib. Menimbulkan perubahan-perubahan pada endometrium sehingga tidak cocok untuk implantasi zygote. • Sama seperti suntik.id/ I. • Tidak melindungi terhadap penyakit menular seksual. 3.• Dapat mempengaruhi siklus mentruasi. • Kekurangan suntik kontrasepsi /kb suntik dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada beberapa wanita. Harus mengunjungi dokter/klinik setiap 3 bulan sekali untuk mendapatkan suntikan berikutnya. 2. dapat digunakan oleh wanita yang menyusui. Implanon hanya berjarak 3 tahun dan berbentuk batang putih lentur dengan panjang 40 mm dan diameter 2mm dalam suatu jarum yang terpasang pada inserter khusus.

IUD mempunyai keunggulan karena hanya memerlukan satu kali pemasangan. • Bagi wanita yang tidak tahan terhadap hormon dapat menggunakan IUD dengan lilitan tembaga. Yang banyak dipergunakan dalam program KB masional adalah IUD jenis Lippes loop. IUD/IUS dapat menancap ke dalam rahim. Implan/Susuk dapat mempengaruhi siklus mentruasi. IUD bisa menimbulkan efek samping seperti pendarahan. Ada yang terbuat dari plastik. • Kekurangan IUD/IUS alatnya dapat keluar tanpa disadari. Alat ini sangat efektif dan tidak perlu diingat setiap hari seperti halnya pil. mengandung tembaga. Walaupun jarang terjadi. Dari bahan bakunya IUD yang beredar terdiri dari tiga tipe. dan mudah dilepas jika menginginkan anak (reversibel). IUD terbagi ke dalam bentuk yang terbuka dan tertutup seperti cincin. Namun demikian. kejang perut. dan ada yang mengandung hormon steroid. • Tidak perlu dikonsumsi setiap hari atau dipakai sebelum melakukan hubungan seksual. dan gangguan atau ketidaknyamanan pada suami. ekonomis dan cocok untuk penggunaan secara masal. IUD (Intra Uterine Device) atau Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Sekarang ini di pasaran terdapat berpuluh-puluh jenis IUD. • Dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada beberapa wanita. tidak menimbulkan efek sistemik. Bagi . Keuntungan : • Merupakan metode kontrasepsi yang sangat efektif. • IUS dapat membuat menstruasi menjadi lebih sedikit. AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) AKDR atau IUD (Intra Uterine Device) bagi banyak kaum wanita merupakan alat kontrasepsi yang terbaik. • Tembaga pada IUD dapat meningkatkan darah menstruasi dan kram menstruasi. Dibandingkan dengan alat dan obat kontrasepsi yang lain. Kekurangan : • Sama seperti kekurangan kontrasepsi suntik. rasa nyeri. Bahkan bisa menimbulkan infeksi pelvik dan endometritis. Dari segi bentuknya. Kekurangan : • Pada 4 bulan pertama pemakaian dapat terjadi resiko infeksi. efektivitasnya cukup tinggi. J. • Tidak melindungi terhadap penyakit menular seksual.

Multi Load AKDR ini terbuat dari dari plastik (polyethelene) dengan dua tangan kiri dan kanan berbentuk sayap yang fleksibel. b. Copper-T AKDR berbentuk T. Tipe A berukuran 25 mm (benang biru). Pemeriksaan selanjutnya dilakukan setiap enam bulan sekali. terbuat dari bahan polyethelen di mana pada bagian vertikalnya diberi lilitan kawat tembaga halus. small (kecil). Lippes Loop mempunyai angka kegagalan yang rendah. tipe B 27. Pemasangan AKDR dapat dilakukan oleh dokter atau bidan yang telah dilatih secara khusus. Untuk meudahkan kontrol.5 mm 9 (benang hitam). Batangnya diberi gulungan kawat tembaga dengan luas permukaan 250 mm 2 atau 375 mm2 untuk menambah efektivitas. kelancaran ataupun kadar air susu ibu (ASI). ada wanita yang ternyata belum dapat menggunakan sarana kontrasepsi ini. dan mini.6 cm. bentuknya seperti spiral atau huruf S bersambung. Misalnya. yakni vasektomi dan tubektomi. Keuntungan lain dari pemakaian spiral jenis ini ialah bila terjadi perforasi jarang menyebabkan luka atau penyumbatan usus.ibu yang menyusui. AKDR tidak akan mempengaruhi isi. dan 30 mm (tebal. Panjangnya dari ujung atas ke bawah 3. Copper-7 AKDR ini berbentuk angka 7 dengan maksud untuk memudahkan pemasangan. Jenis ini mempunyai ukuran diameter batang vertikal 32 mm dan ditambahkan gulungan kawat tembaga (Cu) yang mempunyai luas permukaan 200 mm2. Pemasangan AKDR Prinsip pemasangan adalah menempatkan AKDR setinggi mungkin dalam rongga rahim (cavum uteri). Saat pemasangan yang paling baik ialah pada waktu mulut peranakan masih terbuka dan rahim dalam keadaan lunak. 40 hari setelah bersalin dan pada akhir haid. yaitu standar. sebab terbuat dari bahan plastik. benang putih) untuk tipe D. Sterilisasi (tubektomi dan vasektomi) Dalam prakteknya. c. fungsinya sama seperti halnya lilitan tembaga halus pada jenis Coper-T. lalu setiap bulan selama tiga bulan berikutnya. Lippes Loop AKDR ini terbuat dari bahan polyethelene. Jenis-jenis AKDR di Indonesia a. Karena itu. Lippes Loop terdiri dari 4 jenis yang berbeda menurut ukuran panjang bagian atasnya. Pemeriksaan secara berkala harus dilakukan setelah pemasangan satu minggu. dipasang benang pada ekornya. Ada 3 ukuran multi load. Tubektomi merupakan upaya sterilisasi yang dilakukan terhadap perempuan dengan . d. setiap calon pemakai AKDR perlu memperoleh informasi yang lengkap tentang seluk-beluk alat kontrasepsi ini. Namun. tipe C berukuran 30 mm (benang kuning). sterilisasi dibedakan menjadi dua. Lilitan kawat tembaga halus ini mempunyai efek antifertilisasi (anti pembuahan) yang cukup baik. K.

repository. jalan menutup atau memotong indung telur dengan cara tertentu sehingga yang bersangkutan tidak dapat hamil lagi. Indonesia belum mempunyai referensi mengenai efek samping dan permasalahan yang muncul sebagai akibat pemakaian norplant. yaitu cara kontrasepsi sederhana dan cara kontrasepsi moderen (metode efektif).1 persen). Vasektomi adalah tindakan pengikatan atau pemotongan pada saluran sperma (vas deferens) yang mengakibatkan seorang laki-laki tidak bisa menghamili lawan jenisnya.5%. Indonesia merupakan negara pemula dalam penerimaan norplant yang dimulai pada 1987.6% pada tahun keempat. Maksud dari kontrasepsi adalah menghindari/mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma tersebut. Ada dua pembagian cara kontrasepsi.000 orang. dan kegagalan dari pihak pasien hampir tidak ada. Alat tersebut terdiri dari enam kapsul lentur seukuran korek api yang terbuat dari bahan karet silastik. pemakai norplant di Indonesia tercatat sejumlah 800.2%. implant biasa disebut dengan susuk. The Our Bodies. Oleh karena itu. Kapsul-kapsul ini bisa terasa dan kadangkala terlihat seperti benjolan atau garis-garis. pada tahun kedua 0. Hormon ini lepas secara perlahan-lahan melalui dinding kapsul sampai kapsul diambil dari lengan pemakai.ac.2%. Norplant dipasang di bawah kulit. ( The Boston’s Book Collective. Sebagai negara pelopor. Norplant adalah satu-satunya merek implant yang saat ini beredar di Indonesia. Tingkat kehamilan yang ditimbulkan pada tahun pertama adalah 0.9 persen. Berbagai Cara Kontrasepsi Kontrasepsi berasal dari kata kontra berarti ‘mencegah’ atau ‘melawan’ dan konsepsi yang berarti pertemuan antara sel telur yang matang dan sel sperma yang mengakibatkan kehamilan. 1992) Norplant sama artinya dengan implant. Ourselves. tidak mempengaruhi libido seks.usu.id Norplant Norplant merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang bisa digunakan untuk jangka waktu 5 tahun. tingkat kehamilan yang mungkin ditimbulkan dalam jangka waktu lima tahun pemakaian adalah 3. dan 1. Keunggulan sterlisasi ini diantaranya adalah efektivitasnya hampir 100 persen. sering juga digunakan untuk menyebut implant. Secara keseluruhan. pada tahun ketiga 1. Efektivitas norplant Efektivitas norplant cukup tinggi. Pada 1993. Di beberapa daerah. Wanita dengan berat badan lebih dari 75 kilogram mempunyai risiko kegagalan yang lebih tinggi sejak tahun ketiga pemakaian (5. Masing-masing kapsul mengandung progestin levonogestrel sintetis yang juga terkandung dalam beberapa jenis pil KB. di atas daging pada lengan atas wanita. .

AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim). 2011. . ejakulasi. atau tablet berbusa (vaginal tablet). Kontrasepsi permanen dapat dilakukan dengan pil. mainan seks. Kontarsepsi sederhana tanpa alat dapat dilakukan dengan senggama terputus dan pantang berkala. Prawirohardjo. yaitu dengan operasi tubektomi (sterilisasi pada wanita) vasektomi (sterilisasi pada pria). Ilmu Kandungan. diafragma atau cup. Cara Kontrasepsi Moderen/Metode Efektif Cara kontrasepsi ini dibedakan atas kontrasepsi tidak permanen dan kontrasepsi permanen.Mungkin dairi kerugian KB. orgasme. Sedangkan kontarsepsi dengan alat/obat dapat dilakukan dengan menggunakan kondom.Mengapa pada pasien didapatkan riwayat pernah menderita clamydiasis? . suntikan. bisa ditularkan oleh oral. anal. bisa juga karena dia tidak benar saat melakukan.Mungkin dulu pasien pernah tertular oleh penderita clhamidyasis. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo PIL . Sedangkan cara kontrasepsi permanen dapat dilakukan dengan metode mantap. Cara Kontrasepsi Sederhana Kontrasepsi sederhana terbagi lagi atas kontrasepsi tanpa alat dan kontrasepsi dengan alat/obat. jelly. 2. Efek kelebihan estrogen:  Rasa mual  Retensi cairan  Sakit kepala  Nyeri pada mammae  Fluor albus Efek kelebihan progesteron:  Peradarahan tidak teratur  Bertambahnya nafsu makanBB naik  Akne  Alopesia  Kadang2 mammae mengecil  Fluor albus  Hipomenorea . Pada penyakit ini bisa ditularkan oleh tanpa harus. penetrasi. dan norplant. cream. Sarwono. 1.

Memungkinkan untuk mencegah implantasi telur dalam uterus (Saifuddin. IUD Mekanisme Kerja IUD: Mekanisme Kerja IUD adalah sebagai berikut: 1. 2006). Indikasi IUD: 1.Kontra indikasi Pemakaian Pil Kontrasepsi pil tidak boleh diberikan pada wanita yang menderita hepatitis. eksim. Usia reproduktif 2. penyakit jamur pada liang vagina (candidiasis). dan migraine (sakit kepala yang berat pada sebelah kepala). hipertensi. penderita sesak napas. Mempengaruhi fertilitasasi sebelum ovum mencapai kavum uteri 3. kanker payudara atau kanker kandungan. Efek Samping Pemakaian Pil Pemakaian pil dapat menimbulkan efek samping berupa perdarahan di luar haid. gangguan jantung. nyeri kepala. varises. Menghambat kemampuan sperma untuk masuk ke tuba falopii 2. dan penambahan berat badan. rasa mual. Menginginkan kontrasepsi jangka panjang 4. kencing manis. perdarahan abnormal melalui vagina. radang pembuluh darah. A. Menyusui yang menginginkan menggunakan kontrasepsi 5. pembesaran kelenjar gondok (struma). AKDR bekerja terutama mencegah sperma dan ovum bertemu. Keadaan nulipara 3. jerawat. Setelah melahirkan dan tidak menyusui bayinya . walaupun AKDR membuat sperma sulit masuk ke dalam alat reproduksi perempuan dan mengurangi kemampuan sperma untuk fertilisasi 4. bercak hitam di pipi (hiperpigmentasi).

HIV/AIDS karena penurunan sistem imun dan peningkatan risiko infeksi 6. 3. Penderita penyakit jantung 6. Perdarahan saluran genital yang tidak terdiagnosis. Penderita diabetes dan penyakit hati atau empedu 8. Risiko rendah dari IMS 7. Varises di tungkai atau di vulva 5. Perokok 2. Penyakit tiroid 11. 2006) Kontraindikasi IUD: Yang tidak boleh menggunakan AKDR secara mutlak. tembaga. Infeksi panggul atau vagina. 5. Pusing-pusing. Tekanan darah tinggi 3. AKDR dapat dipasang. bila penyebab didiagnosis dan diobati. AKDR dapat digunakan pada ibu dalam segala kemungkinan keadaan misalnya: 1. sakit kepala 4. .6. Sedang memakai antibiotika atau anti kejang Begitu juga Ibu dalam keadaan seperti dibawah ini dapat menggunakan AKDR: 1. Tidak menghendaki metode hormonal 8. Gemuk ataupun yang kurus 4. Tidak menyukai untuk mengingat-ingat minum pil setiap hari Pada umumnya ibu dapat menggunakan AKDR Cu dengan aman dan efektif. Pernah menderita stroke 7. Setelah kehamilan ektopik (saifuddin. Alergi terhadap komponen AKDR mis. apabila: 1. Pasca keguguran atau kegagalan kehamilan apabila tidak terlihat adanya infeksi 5. Sedang menyusui 3. Epilepsi 9. Setelah pembedahan pelvic 10. Penderita tumor jinak payudara. Setelah mengalami abortus dan tidak terlihat adanya infeksi 9. Kehamilan 2. bila telah diobati. kanker payudara 2. Kelainan pada uterus missal uterus bikornu 4. AKDR dapat dipasang.

jika perdarahan berlangsung terus-menerus dalam jumlah banyak. ekspulsi juga sering dialami pemakai AKDR. yaitu AKDR keluar dari rahim. Riwayat infeksi panggul 2. AKDR ini dapat terus dipakai selama pemakai merasa cocok dan tidak ada keluhan. kemudian secara mendadak jumlahnya menjadi banyak selama 1–2 hari. Sedangkan jika permukaan AKDR yang bersentuhan dengan rahim (cavum uteri) cukup besar. bisa juga disertai dengan mules yang biasanya hanya berlangsung tiga hari. Selain hal di atas. Lama Pemakaian AKDR Sampai berapa lama AKDR dapat dipakai? Hal ini sering menjadi pertanyaan. Fibroid dan endometriosis 4. Misalnya. Terapi penisilamin dapat mengurangi keefektivan tembaga (Everett. Dengan pemberian obat analgetik keluhan ini akan segera teratasi. dan kanker rahim. Yang tidak boleh menggunakan AKDR secara relatif. tergantung daya dan luas permukaan tembaganya. Selanjutnya kembali sedikit selama beberapa hari. 2008) Kontra indikasi pemasangan AKDR: Belum pernah melahirkan Adanya perkiraan hamil Kelainan alat kandungan bagian dalam seperti: perdarahan yang tidak normal dari alat kemaluan. Ekspulsi ini juga dipengaruhi oleh jenis bahan yang dipakai. Dismenorea dan/atau menoragi 3. Sebenarnya. perdarahan di leher rahim. apabila: 1. serta rasa tidak enak pada perut bagian bawah. Keluhan-keluhan pemakai AKDR Keluhan yang dijumpai pada penggunaan AKDR adalah terjadinya sedikit perdarahan. disebabkan ukuran AKDR yang terlalu kecil. Pengaruh lainnya terjadi pada perangai haid. Hal ini biasanya terjadi pada waktu haid. kemungkinan terjadinya ekspulsi kecil. Setelah itu harus diganti dengan yang baru. Kemungkinan lain yang terjadi adalah kejang rahim (uterine cramp). . Tetapi. Makin elastis sifatnya makin besar kemungkinan terjadinya ekspulsi. keputihan dan infeksi juga dapat timbul selama pemakaian AKDR. pemakaian AKDR harus dihentikan. hanya mampu berfungsi selama 2–5 tahun. Untuk AKDR yang mengandung tembaga. Ekspulsi Selain keluhan-keluhan di atas. Hal ini karena terjadi kontraksi rahim sebagai reaksi terhadap AKDR yang merupakan benda asing dalam rahim. pada permulaan haid darah yang keluar jumlahnya lebih sedikit daripada biasa.

digilib. Luka bekas pemasangan harus dijaga agar tetap bersih. setahun sekali selama pemakaian dan setelah 5 tahun norplant harus diambil/dilepas.unimus. depresi mental. Pemeriksaan ulang dilakukan oleh dokter seminggu setelah pemasangan. Selain itu. benjolan pada payudara. (The Boston Women’s Book Collective.ac. Sedangkan kekurangannya adalah bahwa pemasangan hanya bisa dilakukan oleh dokter atau bidan yang terlatih dan kadang-kadang menimbulkan efek samping.  Yang tidak diperbolehkan menggunakan norplant Wanita yang tidak diperbolehkan menggunakan norplant adalah mereka yang menderita penyakit diabetes. Norplant dapat dipasang pada waktu menstruasi atau setelah melahirkan oleh dokter atau bidan yang terlatih. varises berat. 1992)  Pemasangan norplant Pemasangan norplant biasanya dilakukan di bagian atas (bawah kulit) pada lengan kiri wanita (lengan kanan bagi yang kidal).  Kelebihan dan kekurangan norplant Kelebihan norplant adalah masa pakainya cukup lama.id/ 3. dan tidak mengganggu kelancaran air susu ibu. epilepsi. dan tidak boleh kena air selama 5 hari. migrain. Apa syarat dari pemilihan kontrasepsi yang baik? . Sebelum pemasangan dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu dan juga disuntik untuk mencegah rasa sakit. atau ginjal.  Kelainan kardioaskuler seperti hipertensi berat.B. kolesterol tinggi. agar tidak mengganggu kegiatan. kencing batu.  Tumor genokologi  Gangguan perdarahan pada vagina yang tidak teratur atau spotting. Kontrasepsi Suntik Kontraindikasi kontrasepsi suntik:  Hamil atau kemungkinan hamil. kering. tekanan darah tinggi.  Riwayat penyakit hati. dan infark jantung. Setelah itu. tidak terpengaruh faktor lupa sebagaimana kontrasepsi pil/suntik. misalnya spotting atau menstruasi yang tidak teratur. kadang-kadang juga menimbulkan berat badan bertambah. penyakit jantung.

DM: o Dilihat dari progesteron dapat menghambat aktifitas insulin dalam glukosa darah  hiperglikemi. Menggunakan metode KB yang dipilih secara aman dan efektif . Apa hubungannya pasien A dengan riwayat hepatitis Kronis dan DM dengan pemilihan alat kontrasepsi? .Fibroadenoma mammae: terjadi karena negativ dari homon estrogen. Menyampaikan informasi dan pilihan pola reproduksi b. Bagaimana cara pemberian konseling yang baik tentang metode kontrasepsi? Tujuan Konseling: Konseling KB bertujuan membantu klien dalam hal: a.4. o Menghindari kontrasepsi yang hormonal. Apa hubungannya riwayat oprasi dengan scenario? .Untuk menentukan kontrasepsi yang tepat untuk pasien. o Clamidiasisi hindari implan o Maka bisa memakai yang mantab untuk pasien A 6. 5. bisa terjadi kanker payudara) .Riwayat hepatitis kronis: . Memilih metode KB yang diyakini c. jika pakai hormonal (efeknya: proliferasi pada kelenjar payudaranya.

Membahas dengan calon peserta berbagai pilihan kontrasepsi yang tersedia b. baik ditinjau dari segi medis teknis maupun hal-hal lain yang non-medis agar tidak menyesal kemudian c. Arti keluarga berencana b. cultural. Rujukan pelayanan kontrasepsi . Membantu calon peserta KB memutuskan pilihannya atas metode kontrasepsi yang paling sesuai dengan keadaan khusus pribadi dan keluarganya d. c. Mempelajari tujuan. 2004) meliputi: a. dan lingkungan yang berkaitan dengan kesehatan. 2004) untuk: a. Membantu peserta KB dalam menyesuaikan diri terhadap kondisi barunya. psikologis. Pola perencanaan keluarga dan penggunaan kontrasepsi yang rasional f. b. Desas-desus tentang kontrasepsi dan penjelasannya e. repository. ketidakjelasan informasi tentang metode KB yang tersedia.usu. Memulai dan melanjutkan KB e. Fungsi Konseling: a. Cara ber-KB atau metode kontrasepsi d. social. d.ac. Konseling dengan fungsi perbaikan dilaksanakan ketika terjadi penyimpangan perilaku klien atau pelayanan kesehatan dan lingkungan yang menyebabkan terjadi masalah kesehatan sehingga diperlukan upaya perbaikan dengan konseling. terutama bila dia mengalami berbagai permasalahan (nyata/semu) Informasi yang diberikan (Hartanto. d.id Dalam konseling diadakan percakapan dua arah (Hartanto. Konseling dengan fungsi pengembangan ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan upaya peningkatan peran serta masyarakat. Konseling dengan fungsi penyesuaian dalam hal ini merupakan upaya untuk membantu klien mengalami perubahan biologis. Konseling dengan fungsi pencegahan merupakan upaya mencegah timbulnya masalah kesehatan. Memberikan informasi selengkap mungkin mengenai konsekuensi pilihannya. Manfaat keluarga berencana c.

pembawaan diri seseorang terhadap orang lain (seperti kehangatan. Kondisi sosial Status social dan keadaan di sekitar pasien akan memberikan pengaruh dalam memahami materi. dukungan) serta sejarah hubungan antara konselor dan pasien akan mempengaruhi kesuksesan proses konseling. Kompetensi dalam melakukan percakapan Agar efektif. Faktor fisik Kepekaan panca indera yang diberi konseling akan sangat memepengaruhi kemampuan dalam menangkap informasi yang disampaikan konselor. Bahasa Kesamaan bahasa yang dikonselingkan dalam proses konseling akan mempengaruhi pemahaman pasien. suatu interaksi harus menunjukkan perilaku kompeten dari kedua belah pihak. Orientasi ini merupakan gabungan dari: 1. d. Faktor-faktor yang berkaitan dengan interaksi Tujuan dan harapan terhadap komunikasi. Keadaan yang dapat menyebabkan putusnya komunikasi: 1. 2004) a. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Konseling (Suyono. c. 2. Faktor individual Orientasi kultural (keterikatan budaya) merupan factor individual yang dibawa seseorang dalam melakukan interaksi. situasi percakapan kesehatan antara bidan dan klien akan berbeda dengan situasi percakapan antara polisi dan pelanggar lalu lintas. 3. Sudut pandang Nilai-nilai yang diyakini oleh pasien sebagai hasil olah pikirannya terhadap budaya dan pendidikan akan mempengaruhi pemahamannya tentang materi yang dikonselingkan. sikap terhadap interaksi. Faktor emosional Percakapan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. 4. Kegagalan menyampaikan informasi penting . perhatian. b.

bertanya dan mengajukan pendapat 5. Petugas meyakinkan kilen bahwa ia tidak akan mendiskusikan rahasia klien dengan orang lain 2. Oleh karena itu. Interaksi antara petugas dengan klien Petugas harus mendengarkan. Di dalam melakukan konseling. Namun tidak semua klien menangkap semua informasi tentang berbagai jenis kontrasepsi. Memperlakukan klien dengan baik Petugas bersikap sabar. Pada waktu memberikan informasi petugas harus memberikan waktu bagi klien untuk berdiskusi. Dalam memberikan informasi petugas harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti klien dan hendaknya menggunakan alat bantu visual (ABPK) 4. 2006) 1. Menghindari pemberian informasi yang berlebihan Klien membutuhkan penjelasan yang cukup dan tepat untuk menentukan pilihan (informed choice). Memberikan informasi yang baik dan benar kepada klien Dengan mendengarkan apa yang disampaikan klien berarti petugas belajar mendengarkan informasi apa saja yang dibutuhkan oleh stip klien. mempelajari dan menanggapi keadaan klien karena setiap klien mempunyai kebutuhan dan tujuan reproduksi yang berbeda. Hal ini disebut kelebihan informasi. Perpindahan topik bicara yang tidak lancar Langkah-langkah dalam konseling a. 2. Membahas metode yang diingini klien Petugas membantu kilen membuat keputusan mengenai pilihannya dan harus tanggap terhadap pilihan klien meskipun klien menolak memutuskan atau menangguhkan penggunaan kontrasepsi. petugas harus mendorong agar klien berani berbicara dan bertanya 3. Sikap Petugas Dalam Melakukan Konseling Yang Baik Terutama Bagi Calon Klien Baru (Saifuddin. Bantuan terbaik seorang petugas adalah dengan cara memahami bahwa klien adalah manusia yang membutuhkan perhatian dan bantuan. petugas mengkaji apakah klien . memperlihatkan sikap dan menghargai setiap klien dan menciptakan suatu rasa percaya diri sehingga klien dapat berbicara secara terbuka dalam segala hal termasuk masalah-masalah pribadi sekalipun. Terlalu banyak informasi yang diberikan akan menyebabkan kesulitan bagi klien dalam mengingat informasi yang penting.

rujukan serta biaya) b. Pengertian manfaat perencanaan keluarga 2. baik dalam kelompok kecil maupun secara perorangan. kemungkinan efek samping. kontra indikas. Membuat klien untuk mengerti dan mengingat Petugas memberi contoh alat kontrasepsi dan menjelaskan pada klien agar memahaminya dengan memperlihatkan bagaimana cara-cara penggunaanya. termasuk keuntungan dan kerugiannya sert bagaimana cara penggunaanya. manfaat. PLKB. Tugas utama dipusatkan pada pemberian informasi KB. sudah mengerti mengenai jenis kontrasepsi. komplikasi. Petugas mendorong klien untuk berpikir melihat persamaan yang ada dan membandingkannya antar jenis pilihan tersebut. Dengan cara ini petugas membantu klien untuk membuat suatu pilihan. Konseling KB di klinik . pamphlet atau halaman. Konseling mengenai kontrasepsi yang dipilih mulai dengan mengenalkan berbagai jenis kontrasepsi dalam program KB. 2006) yaitu: a. Bila memperoleh pelayanan kontrasepsi sesuai dengan pilihannya. Ini akan membantu klien mengingat apa yang harus dilakukan juga dapat memberi tahu kepada orang lain. Sub PPKBD dan kader yang mendapatkan pelatihan konseling yang standar. Informasi berbagai kontrasepsi yang benar dan lengkap (cara kerja. Petugas juga perlu melakukan penilain bahwa klien telah mengerti. Petugas juga memperlihatkan dan menjelaskan dengan flip chart. kegagalan. 6. tempat kontrasepsi bisa diperoleh. Konseling KB di lapangan (non-klinik) Dilaksanakan oleh para petugas di lapangan yaitu PPLKB. Jika idak ada halangan dalam bidang kesehatan ebaiknya klien mempunyai pilihan kontrasepsi sesuai dengan pilihannya. PPKBD. Jika memungkinkan. klien dapat membawa bahan-bahan tersebut ke rumah. Adapun informasi yang diberikan mencakup: 1. klien akan menggunakan pelayanan konntrasepsi tersebut lebih lama dan efektif. poster. Tempat Dan Pihak Yang Harus Memberikan Informasi Dan Konseling Tempat pelayanan konseling untuk melayani masyarakat yang membutuhkannya dapat dilakukan pada 2 (dua) jenis tempat pelayanan konseling (Saifuddin. Proses terjadinya kehamilan/reproduksi sehat 3.

Membantu klien memilih kontrasepsi lain seandainya yang dipilih ternyata tidak sesuai dengan kondisi kesehatannya 4. Bantu klien untuk berbicara mengenai pengalaman Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Berikan perhatian sepenuhnya kepada mereka dan berbicara di tempat yang nyaman serta terjamin privasinya. hendaknya dapat diterapkan enam langkah yang sudah dikenal dengan kata kunci SATU TUJU (Saifuddin. Tanyakan kontrasepsi yang diinginkan oleh klien. gerak. Pelayanan konseling di klinik dilakukan untuk melengkapi dan sebagai pemantapan hasil konseling di lapangan. isyarat dan caranya. kepentingan. Merujuk klien seandainya kontrasepsi yang dipilih tidak tersedia di klinik atau jika klien membutuhkan bantuan medis dari ahli seandainya dalam pemerikasaan ditemui masalah kesehatan lain 5. kebutuhan dan keinginan klien. Coba tempatkan diri kita dalam hati klien. Dalam memberikan konseling. mencakup hal-hal berikut: 1. harapan serta keadaan kesehatan dan kehidupan keluarganya. Dilaksanakan oleh petugas medis dan paramedis terlatih di klinik yaitu dokter. Dengan memahami pengetahuan. Tanyakan kepada klien apa yang perlu dibantu serta jelaskan pelayanan apa yang dapat diperolehnya T : Tanyakan kepada klien informasi tentang dirinya. Memberikan konseling pada kunjungan ulang untuk memastikan bahwa klien tidak mengalami keluhan dalam penggunaan kontrasepsi pilihannya. tujuan. Perlihatkan bahwa kita memahami. 2006) Kata kunci SATU TUJU adalah sebagai berikut: SA : Sapa dan salam kepada klien secara terbuka dan sopan. bidan. perawat serta bidan desa. Pelayanan konseling yang dilakukan di klinik diupayakan agar diberikan secara perseorangan di ruangan khusus. Berikan perhatian kepada klien apa yang disampaikan klien sesuai dengan kata-kata. Memberikan informasi KB yang lebih rinci sesuai dengan kebutuhan klien 2. Yakinkan kilien untuk membangun rasa percaya diri. kita dapat membantunya . khususnya bagi calon klien KB yang baru. Memastikan bahwa kontrasepsi pilihan klien telah sesuai dengan kondisi kesehatannya 3.

Bantulah klien kepada jenis kontrasepsi yang paling dia ingini.U : Uraikan kepada klien mengenai pilihannya dan beritahu apa pilihan reproduksi yang paling mingkin. Pentingnya Informed Choice Klien yang Informed Choice akan lebih baik dalam menggunakan KB (Saifuddin. Doronglah klien untuk menunjukkan keinginannya dan mengajukan pertanyaan. Cek pengetahuan klien tentang penggunaan kontrasepsi pilihannya dan puji apabila klien dapat menjawab dengan benar U : Perlunya dilakukan kunjungan Ulang. Tanggapilah secara terbuka. Perlu juga selalu mengingatkan untuk kembali apabila terjadi suatu masalah. Bantulah klien berpikir mengenai apa yang paling sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya. Bagi calon peserta KB baru. Beri penjelasan juga tentang manfaat ganda kontrasepsi. jika diperlukan. Informed choice Adalah suatu kondisi peserta/calon peserta KB yang memilih kontrasepsi didasari oleh pengetahuan yang cukup setelah mendapat informasi yang lengkap b. Tanyakan juga apakah pasangannya akan memberikan dukungan dengan pilihan tersebut. J : Jelaskan secara lengkap bagaimana menggunakan kontrasepsi pilihannya. Bagi peserta KB apabila mengalami gangguan efek samping. informed choice merupakan proses memahami kontrasepsi yang akan dipakainya d. misalnya kondom. Petugas membantu klien mempertimbangkan kriteria dan keinginan klien terhadap setiap jenis kontrasepsi. 2006) karena: a. Pada akhirnya yakinkan bahwa klien telah membuat suatu keputusan yang tepat. Jika memungkinkan diskusikan mengenai pilihan tersebut kepada pasangannya. Sekali lagi doronglah klien untuk bertanya dan petugas menjawab secara jelas dan terbuka. Bicarakan dan buatlah perjanjian kapan klien akan kembali untuk melakukan pemeriksaan lanjutan atau permintaan kontrasepsi jika dibutuhkan. komplikasi dan kegagalan tidak terkejut karena sudah mengerti tentang kontrasepsi yang akan dipilihnya . termasuk pilihan beberapa jenis kontrasepsi. Memberdayakan para klien untuk melakukan informed choice adalah kunci yang baik menuju pelayanan KB yang berkualitas c. perlihatkan obat/alat kontrasepsinya Jelaskan bagaimana alat/obat kontrasepsi tersebut digunakan dan bagaimana cara penggunaannya. Setelah klien memilih kontrasepsinya. serta jelaskan pula jenis-jenis kontrasepsi lain yang ada TU : BanTUlah klien menentukan pilihannya.

Ada anggapan banyak klien sering melupakan informasi lisan yang telah diberikan oleh dokter/bidan.e. 2. ABPK sekaligus mengajak klien bersikap lebih partisipatif dan membantu klien untuk mengambil keputusan. jujur dan benar tentang metode kontrasepsi yang akan digunakn oleh calon/klien KB tersebut. Bagi peserta KB yang informed choice berarti akan terjaga kelangsungan pemakaian kontrasepsinya Alat Bantu Pengambilan Keputusan (ABPK) (Saifuddin. yaitu klien yang bersangkutan dalam keadaan sadar dan sehat mental. Oleh karena itu untuk mencegah hal tersebut perlu diberikan pula informasi tertulis dan jika perlu dibacakan kembali. Informasi yang diberikan kepada calon/klien KB tersebut harus disampaikan selengkap-lengkapnya. Pemberian informasi yang lengkap Setiap pemakaian kontrasepsi harus memperhatikan hak-hak reproduktif individu dan pasangannya. 2006) Saat ini sudah tersedia lembar balik yang dikembangkan WHO dan telah diadaptasikan untuk Indonesia yang digunakan dalam konseling. Setiap tindakan medis yang mengandung resiko harus dengan persetujuan tertulis yang ditandatangani oleh yang berhak memberikan persetujuan. Persetujuan Tindakan Medis (Informed Consent) (Saifuddin. sehingga harus diawali dengan pemberian informasi yang lengkap. Yang dimaksud dengan informed consent adalah persetujuan yang diberikan oleh klien atau keluarganya atas dasar informasi dan penjelasan mengenai tindakan medis yang akan dilakukan terhadap klien tersebut. ABPK membantu petugas melakukan konseling sesuai dengan adanya tanda pengingat mengenai ketrampilan konseling yang perlu dilakukan dan informasi apa yang perlu diberikan yang disesuaikan dengan kebutuhan klien. b. Dalam memberikan informasi ini penting sekali adanya komunikasi verbal antara dokter dan klien. 2006) a. Bagi peserta KB apabila mengalami gangguan efek samping. surat Persetujuan Tindakan Medis (Informed Consent) diperlukan. . Jika kontrasepsi yang dipilih klien memerlukan tindakan medis. komplikasi akan cepat berobat ke tempat pelayanan 7. Bagi peserta KB tidak akan terpengaruh oleh rumor yang timbul di kalangan masyarakat f. Pengertian Persetujuan Tindakan Medis 1.

Persetujuan Tindakan Medis Oleh Pasangan Suami Isteri Dengan dilakukannya tindakan medis termasuk kontrsepsi mantap. Metode kontrasepsi yang sesuai dengan pasien A dan B? BINGUNG MEMILIH METODE KONTRASEPSI Dua orang wanita datang ke tempat praktik dokter di pelayanan KB. Hanafi.2006. waktu serta pernyataan dari petugas bahwa pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan standar. Jakarta:Perkumpulan Perinatologi Indonesia 7. 2004. keberhasilan tindakan.pelayanan kontrasepsi baru dilakukan. REFERENSI Hartanto. Rulina. Catatan tindakan dan pernyataan tersebut memuat catatan tindakan yang dilakukan yaitu metode. Dari peemeriksaan fisik didapatkan . 2004.Jakarta:YBP_SP Suradi. e. Saat ini pasien masih mendapatkan terapi griseofulvin dari dokter keluarga. Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Manajemen Laktasi. Dari hasil anamnesis didapatkan riwayat pernah menderita hepatitis kronis. Hal ini berbeda dengan tindakan medis lainnya yang tidak menyangkut organ reprodiksi yang izinnya terutama diberikan oleh pihak yang akan mengalami tindakan tersebut. Pasien A (P2 A0 35 tahun) post partum 6 bulan. Pada halaman belakang Lembar Persetujuan Tindakan Medis terdapat catatan tindakan dan pernyataan oleh dokter/bidan/perawat yang melakukan tindakan. d.Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Catatan Tindakan Dan Pernyataan Sesudah calon peserta dan pasangannya menandatangani informed consent. chlamydiasis dan DM sejak 2 tahun yang lalu. Daftar Tilik Untuk Petugas Pada halaman belakang lembar persetujuan tindakan medis terdapat daftar tilik untuk petugas yang digunakan untuk mengingatkan petugas adanya beberapa aspek yang harus dijelaskan kepada klien melalui beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan metode kontrasepsi. maka pengaruhnya terhadap lembaga perkawinan itu sendiri cukup besar sehingga izin harus dari kedua belah pihak.Abdul Bari. c.Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Saifuddin.

Pasien B (P2 A0. Faktor yang mempengaruhi pemilihan kontrasepsi? .Biaya 9. 8. Berapa usia efektif penggunaan kontrasepsi (mulai penggunaan dan mengakhiri kontrasepsi)? .Frekunsi senggama  jika sering berkali-kal .Sikap kepriaan atau sikap kewanitaan .tekanan darah 160/90 mmHg untuk vital sign lain DBN. memiliki riwayat operasi fibroadenoma mammae pada payudara kanan ketika berusia 25 tahun. saat ini mengalami kebingungan dalam memilih kontrasepsi .Riwayat haid . namun pasien B mengeluh tidak pernah menstruasi dan mengeluhkan berat badannya semakin meningkat.Jumlah keluarga yang diinginkan .Gaya hidup  memilih yang praktis biasanya . riwayat pemakaian kontrasepsi setelah kelahiran anak yang pertama menggunakan suntik tiap tiga bulan.25 tahun) anak terakhir berusia 4 bulan dan masih menyusui. Dokter memberikan konseling metode kontrasepsi agar pasien dapat menentukan metode kontrasepsi yang baik.

kontrasepsi apa yang tepat? 11. Managemen apa yang tepat untuk mengurangi efek samping yang akan terjadi? 13. 10. kontrasepsi apa yang tepat? Kontrasepsi 12. Efek dari obat DM. Mengapa suntik 3 bulan tp dia tidak menstruasi? STEP 4 . Efek dari obat chlamidyasia.