You are on page 1of 5

Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Negeri 1

Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Ekonomi
Alokasi Waktu : 11 x 45 menit

KOMPETENSI INTI:
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR

4.8 Menerapkan konsep koperasi dan pengelolaan koperasi sekolah

Penilaian praktikum dapat menggunakan tes tertulis. Hasil yang diperoleh merupakan suatu hasil dari unjuk kerja tersebut. . 1996) dalam Sapriati (2006). daftar centang atau skala penilaian. Pemantauan didasarkan pada kinerja (performance) yang ditunjukkan dalam menyelesaikan suatu tugas atau permasalahan yang diberikan. (2) mendorong peserta didik belajar. 1992. asesmen kinerja adalah proses mengumpulkan data dengan cara pengamatan yang sistematik untuk membuat keputusan tentang individu. Artinya. TEKNIK DAN BENTUK PENILAIAN KINERJA Kinerja praktikum merupakan pencapaian yang diperoleh siswa setelah memahami berbagai keterampilan yang dipelajari dan dilatihkan. Nitko. laporan. Asesmen merupakan suatu proses terintegrasi untuk menentukan ciri dan tingkat belajar dan perkembangan belajar siswa. (4) meningkatkan kinerja lembaga. dan lain-lain). tes identifikasi. Oleh karena itu sistem penilaian yang digunakan di setiap lembaga pendidikan harus mampu (1) memberi informasi yang akurat. merencanakn serta melakukan penelitian. (3) memotivasi tenaga pendidik mengajar. berhipotesis. 1986. Asesmen kinerja adalah penelusuran produk dalam proses. Asesmen kinerja terutama sangat sesuai dalam menilai keterampilan proses sains.Gronlund. dan mendorong peningkatan kualitas pembelajaran. Asesmen kinerja adalah suatu prosedur yang menggunakan berbagai bentuk tugas- tugas untuk memperoleh informasi tentang apa dan sejauhmana yang telah dilakukan dalam suatu program. 1980. 1993. dan (5) meningkatkan kualitas pendidikan Asesmen Kinerja yaitu penilaian terhadap proses perolehan penerapan pengetahuan dan keterampilan melalui proses pembelajaran yang menunjukan kemampuan siswa dalam proses dan produk. Russell & Harlen. Berg & Giddings. Penilaian tersebut dapat memperhatikan aspek proses atau prosedur yang dilakukan dan atau aspek produk yang dihasilkan serta sikap yang muncul bersamaan dengan keterampilan untuk melakukan atau menghasilkan sesuatu. 1990. Ebel & Frisbie. Keterampilan proses siswa yang dapat dinilai meliputi keterampilan proses intelektual (seperti keterampilan observasi. tes praktikum. tes lisan. 2007). Asesmen kinerja sangat tepat bila digunakan dalam kegiatan praktikum biologi. Menurut Berk (1986) dalam Rasyid (2007). asesmen kinerja personal. asesmen kinerja kelompok. atau portofolio (Doran. Menurut Mardapi dalam Rasyid (2007) bahwa prinsip- prinsip yang harus diperhatikan dalam asesmen adalah akurat. Bentuk asesmen kinerja yaitu kinerja klasikal. menerapkan konsep. hasil-hasil kerja yang ditunjukkan dalam proses pelaksanaan program itu digunakan sebagai basis untuk dilakukan suatu pemantauan mengenai perkembangan dari satu pencapaian program tersebut (Marhaeni. ekonomis.

. sampai dengan hasil yang dicapainya. Untuk tes perbuatan yang dilaksanakan secara kelompok digunakan format tertentu yang sudah disesuaikan untuk keperluan pengamatan kelompok. Untuk tes perbuatan yang sifatnya individual. yang bentuknya dibuat sedemikian rupa agar pendidik dapat menuliskan angka-angka yang diperolehnya pada tempat yang sudah disediakan. sebaiknya menggunakan format pengamatan individual. Bentuk formatnya dapat disesuaikan menurut keperluan. Untuk menilai tes perbuatan pada umumnya diperlukan sebuah format pengamatan. Tes perbuatan yakni tes yang penugasannya disampaikan dalam bentuk lisan atau tertulis dan pelaksanaan tugasnya dinyatakan dengan perbuatan atau unjuk kerja. melaksanakan tugas. Penilaian tes perbuatan dilakukan sejak peserta didik melakukan persiapan.

Nama Siswa : Kelas : No. Persiapan Praktikum a) Memakai atribut praktikum lengkap b) Tidak memakai atribut dengan lengkap c) Tidak memakai atribut praktik II Selama Kegiatan Praktikum Mengoperasikan alat a) Mengoperasikan alat dengan benar b) Mengoperasikan alat dengan kurang tepat c) Tidak dapat mengoperasikan alat Pelayanan a) Melayani pembeli dengan baik dan ramah b) Melayani pembeli dengan kurang baik dan ramah c) Tidak mampu melayani pembeli dengan baik dan ramah Keterlibatan dalam kegiatan Praktikum a) Terlibat secara aktif dalam kegiatan praktik b) Terlibat tetapi tidak aktif dalam kegiatan praktik c) Tidak aktif dalam kegiatan praktik III Kegiatan Akhir Praktikum Kerapian dan Kebersihan a) Merapikan dan membersihkan kembali . RUBRIK PENILAIAN KINERJA Petunjuk : Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai kinerja peserta didik. dengan kriteria sebagai berikut. Aspek/Kinerja yang Penilaian Keterangan diharapkan 3 2 1 I. Berilah tanda ceklis pada kolom penilaian sesuai kinerja peserta didik.

b) Merapikan/membersihkan kembali c) Tidak merapikan dan membersihkan kembali Laporan Kegiatan a) Menyusun laporan kegiatan dengan struktur yang tepat b) Menyusun laporan tidak sesuai dengan struktur c) Tidak menyusun laporan Jumlah Petunjuk Perskoran : Peserta didik memperoleh nilai : Baik sekali : apabila memperoleh skor 13-18 Baik : apabila memperoleh skor 7-12 Cukup : apabila siswa memperoleh skor 1-6 .