You are on page 1of 6

Schneiders (1964) mengungkapkan enam aspek penyesuaian diri. yaitu : No Aspek Pertanyaan Utama Probing 1. “Apa reaksi ibu jika “apa yang ibu lakukan apabila guna mengetahui mengetahui anak ibu mampu anak ibu masih berbuat suatu tentang hal-hal apa melakukan sesuatu?” kesalahan?” saja yang dia lakukan “Dan apa yang ibu lakukan jika untuk mendukung anak ibu mampu melakukan tumbuh kembang sesuatu?” . apa kegiatan emosi yang oleh anak ibu sehari-hari? sehari-hari anak ibu?” berlebihan “Apakah anak ibu sangat menyukai kegiatan yang dilakukannya? “apa ibu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh anak ibu?” “Apa yang ibu lakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak ibu?” 3. Identitas Subjek Bolehkah saya mengetahaui “Assalamua’laikum” (Merupakan obrolan identitas anda? “perkenalkan nama saya putri pembuka untuk dari fakultas psikologi disini membangun rapport mau mewawancarai untuk dengan subjek.) memenuhi tugas kuliah. Dukungan penghargaan 1. apakah anda bersedia?” “Kalau boleh tau siapa nama anda ?” “Apa kegiatan sehari-hari anda ?” “Kuliah dimana ?” “Lalu sekarang sudah semester berapa ?” 2. Kontrol terhadap Apa saja kegiatan yang dilakukan “Kalau boleh tau. “Kemampuan apa saja yang “hal-hal apa saja yang dapat (Berisi pernyataan dimiliki anak ibu?” dilakukan anak ibu dengan baik?” yang diberikan subjek 2.

Dukungan Instrumental “Apakah anak ibu mendapat “Apa saja yang ibu lakukan guna (Mengacu pada pengawasan dari dokter atau para kemajuan kesehatan anak ibu? “ dukungan yang berupa ahli?” “Apakah anak ibu melakukan bantuan secara langsung terapi untuk kemajuan tumbuh seperti bantuan uang kembang anak ibu?” atau materi lainnya. Hal ini dapat “Bagaimana rekasi anak ibu jika dilakukan dengan cara berhasil meakukan sesuatu dan memberikan ibu telah memberikan respon yang penghargaan pada positif atas hal yang dilakukannya setiap kegiatan yang tersebut? “ dilakukan oleh anaknya) 4. atau tentang hal-hal yang menyangkut umpan balik keterbelakangan mental?” mengenai sesuatu yang berhubungan dengan proses kemajuan kesehatan mental anak subjek) . Dukungan Informasi “Selain ibu mengajari anak ibu “Darimana ibu mengetahui rumah (Dukungan yang mengenai sesuatu. anaknya. anak ibu?” yang mengetahui lebih dalam arahan. saran.) “kalau boleh tau. siapa lagi yang sakit yang menyediakan terapi terdiri dari membantu anak ibu untuk mengatasi untuk anak ibu?” keterbelakangan yang dialami oleh “apakah ibu memiliki kenalan pemberian nasihat . dimana rumah sakitnya bu?” “sejak kapan proses terapi itu dilakukan?” “Proses terapinya dilakukan setiap hari apa bu?” “Apakah ada kemajuan selama anak ibu melakukan terapi tersebut?” 5.

6.wb” saya dapat melakukan wawancara wawancara dengan dengan ibu” memberikan pujian “saya memohon maaf sebesar- besarnya bila ada tutur kata saya atas apa yang telah yang kurang berkenan dihati ibu” diungkapkan) “terima kasih bu. Subyek bertubuh gemuk.wb I. Subyek memiliki seorang suami dan tiga anak. “ Terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh ibu sehingga (Mengakhiri wassalamu’alaikum wr. Subyek lahir di Pati. Deskripsi Subjek Subyek tinggal di Perumahan Graha Jaya Kusuma. yaitu satu anak perempuan dan dua anak laki-laki. tinggi kira-kira 160 cm. Wassalamu’alaikum wr. . Suami subyek bekerja sebagai polisi di kudus. Dukungan dari jaringan “Apakah ibu memiliki teman atau “Apakah ibu memiliki semacam sosial saudara yang memiliki anak wadah atau organisasi yang (Berisi tentang kerterbelakangan mental seperti anak anggotanya merupakan para dukungan yang ibu? orangtua yang memiliki anak diperoleh dari sesama keterbelakangan mental seperti orang tua yang memiliki ibu?” anak keterbelakangan “Kalau boleh tau suadah berapa mental pula) lama ibu mengikiti organisasi itu?” “Hal-hal apa saja yang dilakukan oleh organisasi yang ibu ikuti itu?” Apakah ibu mendpata dukungan moril setelah anda mengikuti organisasi tersebut?” 7. Pati. Penutup ”Terima kasih atas perhatian ibu. Subyek bekerja sebagai staf tata usaha di SMP. Jawa tengah. pada tanggal 24 April 1978 sekarang berumur 38 tahun.

yaitu dukungan yang melibatkan ekspresi dari empati. selasa. Dalam hal ini individu dapat membagi minat serta aktivitas sosialnya. Dukungan instrumental. belum bisa bicara. saran. Lalu subjek memeriksakan anak subjek ke rumah sakit dan benar bahwa anak subjek mengalami kelainan yng sering disebur dengan retardasi mental. Anak subjek belum bisa duduk. c. atau umpan balik mengenai apa yang dilakukan oleh orang lain. Hal-hal yang diperoleh dari Wawancara/temuan hasil wawancara. yaitu dukungan yang berupa pemberian bantuan secara langsung seperti bantuan uang atau materi lainnya. tahap terapi tulang yang bertujuan agar anak subjek bisa duduk dengan tegak dan bias berjalan jalan. d. Pada saatusia tujuh bulan anak subjek tidak tumbuh normal seperti anak lainnya. dan dicintai dalam situasi-situasi stres yang dirasakan. dan jumat. Dukungan dari jaringan sosial. yaitu dukungan yang menimbulkan perasaan memiliki pada individu karena ia menjadi anggota di dalam kelompok. dan menggunakan kacamata. Satu sesi pertemuan terapi berlangsung selama satu jam. Dukungan emosional. kamis. sehingga individu merasa dirinya dapat diterima oleh kelompok tersebut. perasaan dimiliki. Nah sejak saat itu anak subjek menjalani terapi di Rumah Sakit Keluarga Sehat (KSH). Kesimpulan Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan aspek dukungan sosial muncul yaitu: a. Anak subjek menjalani terapi sejak usia tujuh bulan sampai empat tahun. Dukungan ini dapat memberikan perasaan yang aman dan nyaman. dan perhatian kepada orang lain. Yang pertama. Dukungan informasi. yaitu dukungan yang terdiri dari pemberian nasihat . arahan. b. Pada saat II. Dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa subjek memberikan dukungan emosional yang berupa kasih sayang dan perhatian kepada anak subjek. sesuai pedoman wawancara Anak subjek mengalami kelainan sejak lahir. III. Terapi dilakukan pada hari senin. warna kulit sawo matang berambut pendek. kepedulian. Dimana setiap hari subjek .

bermain puzzle.mengajak anaknya kegiatan seperti jalan-jalan. bermain di taman kota atau di stadion. memasukkan balok sesuai warna. meronce. Subjek juga melatih anaknyaagar lancer berbicara. .