You are on page 1of 10

LAPORAN PRAKTIKUM

PENGELOLAAN LABORATORIUM

MIKROSKOP
Disusun untuk memenuhi tugas praktikum matakuliah ‘’Pengelolaan Laboratorium’’ yang di
bimbing oleh : Raudatus Sholihah, S.Si., S.Pd., M.Sc.

Disusun oleh :

Kelompok II

1. Maria Tara Kanita (52.14.2005)
2. Lailatul Qomariah (52.14.2023)
3. Eka Ayu Sunardi (52.14.2034)
4. Mohamad Dedi (52.09.1828)

Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
Tahun 2016/2017

mitokondria. Dengan mikroskop elektron memungkinkan dapat diamatinya bagian-bagian sel. 2003). dan sebagainya (Dzen. Bentuk dan jenis mikroskop berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. misalnya inti sel. Berdasarkan perkembangan fisika dan elektronika. Mikroskop merupakan alat bantu yang memungkinkan kita dapat mengamati obyek yang berukuran sangat kecil (mikroskopis). C. dimana sebelumnya sudah ada Robert Hook dan Marcello Malphigi yang mengadakan penelitian melalui Lensa yang sederhana. Mikroskop yang paling sederhana adalah mikroskop cahaya.A. mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Mikroskop ditemukan oleh Antony Van Leuwenhoek. Hal ini membantu memecahkan persoalan manusia tentang organisme yang berukuran kecil. Sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Dasar Teori Mikroskop berasal dari dua buah kata yaitu mikro yang artinya adalah kecil dan dari kata scopium yang artinya adalahh pengelihatan . khususnya biologi. . bakteri dan berbagai makhluk kecil lainnya. tidak mudah dilihat dengan mata. para ahli berhasil menciptakan mikroskop elektron. Mikroskop merupakan salah satu alat yang penting pada kegiatan laboratorium sains. Mikroskop adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Tujuan : Memahami cara penggunaan mikroskop yang baik dan benar serta cara penanganan dan perawatannya. Setelah itu pada sekitar tahun 1600 Hanz dan Z Jansen telah menemukan mikroskop yang dikenal dengan mikroskop ganda yang lebih baik daripada mikroskop yang dibuat oleh Antony Vaan Leuwenhoek. penggunaan dan pemeliharaannya. yang mampu memperbesar objek pengamatan menjadi ratusan ribu kali. (Cindy:2009). Untuk mengetahui mikroskop maka perlu diketahui komponen mikroskop. mikroskop juga mengalami perkembangan yang amat pesat dan saat ini selain mikroskop yang yang mampu memperbesar objek pengamatan sampai ribuan kali. Topik 5 : Mikroskop B. badan golgi. macam mikroskop. mikroskop dibagi dalam dua kelompok besar. Kata mikroskopik berarti sangat kecil. Lalu Antony Van Leuwenhoek mengembangkan lensa sederhana itu menjadi lebih kompleks agar dapat mengamati protozoa . Mikroskop adalah suatu alat yang berada didalam laboratorium yang memberikan bayangan dari benda yang diperbesar hingga ukuran tertentu hingga dapat dilihat dengan mata.

Logbook . periksa setiap bagian-bagian pada mikroskop tersebut. perbesaran yang dihasilkan semakin besar dan rinci. Listrik. Penggaris . Mikroskop Stereo Untuk Cara penggunaan : mengamati . Preparat awetan . Pensil atau Bolpoin . mikroskop stereo sampai yang modern seperti mikroskop elektron. catat nama komponen dan fungsinya. yaitu mikroskop dua dimensi (mikroskop cahaya) dan mikroskop tiga dimensi (mikroskop stereo). Alat & Bahan . Berdasarkan sumber cahayanya. Awetan insecta E. Kamera . mikroskop dibagi dua jenis. Cahaya . Gunakan meja sediaan . Kemudian amati apa saja yang harus diperhatikan dalam penggunaan mikroskop tersebut. Periksalah mikroskop preparat yang yang akan digunakan. Mikroskop : Stereo. Berdasarkan pada kenampakan objek yang diamati. Prosedur Kerja Pada praktikum kali ini prosedur pertama adalah menyiapkan berbagai jenis mikroskop yang akan di gunakan atau di amati. dan cobalah perikasa preparat awetan yang disediakan di bawah mikroskop stereo. bagaimana menentukan angka perbesaran pada setiap mikroskop yang digunakan ? F. Hasil Pengamatan Dan Pembahasan a) Hasil Pengamatan NO Gambar dan Fungsi Cara Penggunaan & Perawatan Keterangan 1. utuh/preparat . D. mikroskop dibedakan menjadi mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Semakin modern.

yang tidak warna putih untuk melihat terlalu kecil. Letakkan obyek yang akan diamati di atas kaca obyek dalam ataupun langsung di atas meja kaca. . Cara perawatan : . obyek yang tidak transparan dan penyinaran dari atas. . Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk. bebas debu dan bebas dari uap asam dan basa. Amati/lihat obyek dengan lensa okuler. kering. Sedangkan untuk mengamati obyek yang transparan. fokuskan obyek dengan memutar sekrup pengarah. Aturlah jarak kedua lensa okuler sehingga sesuai dengan jarak kedua mata. sebaiknya menggunakan sediaan meja kaca yang bening dan penyinaran dari bawah. Dan setiap selesai pengamatan/pemakaian di bersihkan kembali. .Tempat penyesuaian yang sesuai ialah kotak mikroskop yang .

dilengkapi dengan silica gel. Atur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya yang masuk. terbuat dari logam atau plastik. . Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah berada pada satu poros dengan lensa okuler yang di tandai bunyi "klik". hadapan pemakai. 2. . Letakkan mikroskop di preparat/objek atas meja dengan cara yang instan memegang lengan dengan mikroskop sedemikian mengukanakan rupa sehingga mikroskop cahay lengan berada persis di matahari/lampu. Bagian mikroskop non optik. dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel dan Sisa minyak imersi pada lens objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene). hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat. . Tempatkan preparat dan jepit dengan penjepit. . . Mikroskop Cahaya Untuk Cara Penggunaan : mengamati .

. Cara perawatan : .Tempat penyesuaian yang sesuai ialah kotak mikroskop yang dilengkapi dengan silica gel. Letakkan preparat pada membujur meja obyek tepat pada maupun secara lubang preparat dan jepit . Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk. Bagian mikroskop non optik. Atur cermin dan preparat yang diafragma untuk cukup kecil tau mengetahui kekuatan preparat yang di cahaya yang masuk. 3. dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel dan Sisa minyak imersi pada lens objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene). bebas debu dan bebas dari uap asam dan basa. terbuat dari logam atau plastik. . Mikroskop Listrik Untuk Cara penggunaan : mengamati . Atur focus untuk memperjelas gambar obyek dengan cara memutar pemutar kasar untuk memperlancar pemutar halus. baik secara . iris. kering.

Tempat penyesuaian yang sesuai ialah kotak mikroskop yang dilengkapi dengan silica gel. mikroskop cahaya. dengan penjepit obyek. Atur focus dengan cara memutar makrometer untuk mempertajan obyek dari lensa okuler. bebas debu dan bebas dari uap asam dan basa. Cara perawatan : . Bentuk dan fungsi dari ketiga jenis mikroskop ini pun berbeda sehingga berpengaruh dengan cara penggunaan/pemakaian dari ketiga jenis mikroskop ini. . Bagian mikroskop non optik. Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk. untuk cara penggunaan/pemakaian mikroskop dari 3 jenis mikroskop yang kami amati yaitu. . b) Pembahasan Dari hasil praktikum yang kami lakukan di laboratorium biologi UNTAG BANYUWANGI pada tanggal 20 mei 2016 adalah. mikroskop stereo dan mikroskop listrik adalah berbeda. Untuk mikroskop cahaya cara penggunaan/pemakaiannya adalah dengan cara : . melintang. terbuat dari logam atau plastik. kering. dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel dan Sisa minyak imersi pada lens objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene).

Dan untuk penggunaan mikroskop listrik yaitu dengan cara :  Atur cermin dan diafragma untuk mengetahui kekuatan cahaya yang masuk.  Atur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya yang masuk.  Gunakan meja sediaan warna putih untuk melihat obyek yang tidak transparan dan penyinaran dari atas.  Atur focus dengan cara memutar makrometer untuk mempertajan obyek dari lensa okuler.  Letakkan obyek yang akan diamati di atas kaca obyek dalam ataupun langsung di atas meja kaca. fokuskan obyek dengan memutar sekrup pengarah.  Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah berada pada satu poros dengan lensa okuler yang di tandai bunyi "klik".  Letakkan preparat pada meja obyek tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit obyek. .  Tempatkan preparat dan jepit dengan penjepit. Sedangkan untuk penggunaan mikroskop stereo adalah dengan cara :  Periksalah mikroskop yang akan digunakan. Sedangkan untuk mengamati obyek yang transparan.  Amati/lihat obyek dengan lensa okuler.  Letakkan mikroskop di atas meja dengan cara memegang lengan mikroskop sedemikian rupa sehingga mikroskop lengan berada persis di hadapan pemakai.  Aturlah jarak kedua lensa okuler sehingga sesuai dengan jarak kedua mata. Dan setiap selesai pengamatan/pemakaian di bersihkan kembali. sebaiknya menggunakan sediaan meja kaca yang bening dan penyinaran dari bawah. hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat.  Atur focus untuk memperjelas gambar obyek dengan cara memutar pemutar kasar untuk memperlancar pemutar halus.

Setelah itu. . Setelah itu. Lensa okuler dengan perbesaran 5 kali dan lensa objektif dengan perbesaran 10 kali dapat diartikan bahwa preparat diamati dengan perbesaran 50 kali. dengan makrometer. bebas debu dan bebas dari uap asam dan basa. atau seperti gambar ini . Hal yang tidak kalah penting dari hasil praktikum yang telah kami lakukan ini adalah memahami cara untuk mencari focus perbesaran lemah dan perbesaran kuat pada mikroskop. lalu naikkan kondensor sampai mau menyentuh kaca preparat (objek). 3. lensa objektif juga diturunkan sampai berjarak kira-kira 8 mm dari kaca preparat.  Perbesaran lemah.Tempat penyesuaian yang sesuai ialah kotak mikroskop yang dilengkapi dengan silica gel. objektif. Dengan cara menurunkan lensa okuler serendah mungkin. Mulailah dengan menutup preparat dengan kaca penutup. arahkan salah satu mata kalian ke lubang lensa okuler sambil memutar-mutar makrometer sampai diperoleh gambaran preparat yang jelas. Selain itu dapat pula diletakkan dalam lemari yang diberi lampu untuk mencegah tumbuhnya jamur.  Perbesaran kuat. Lensa okuler dengan perbesaran 12. dan kondensor) dibersihkan dengan menggunakan tisue lensa yang diberi alkohol 70%. Walaupun cara penggunaan/pemakaian dari ketiga jenis mikroskop ini berbeda namun untuk cara perawatan ketiga jenis mikroskop ini tidak jauh berbeda yaitu dengan cara: 1. kemudian bukalah diafragma selebar-lebarnya dan turunkan lensa objektif sampai hampir menyentuh kaca penutup preparat. Untuk membersihkan debu yang terselip di bagian mikroskop tersebut dapat digunakan kuas kecil atau kuas lensa kamera. Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk. terbuat dari logam atau plastik.5 dan lensa objektif dengan perbesaran 60 kali sehingga preparat dapat diamati dengan perbesaran 750 kali. naikkan lensa objektif sampai diperoleh gambaran preparat yang jelas. yang bersifat higroskopis. Bagian mikroskop non optik. dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel. Jangan sekali-kali membersihkan lensa menggunakan sapu tangan atau lap kain. sehingga lingkungan sekitar mikroskop tidak lembab. Lensa-lensa mikroskop (okuler. kering. 2.

terutama hapus semua minyak imersi di permukaan lensa. H. jangan sampai cairan xilol menempel pada bagian mikroskop non optik. Minyak dan partikel halus pada lensa dapat mengaburkannya dan menyebabkan goresan. 4. kondensor diturunkan kembali. Pengelolaan Laboratorium IPA-II (Lanjutan). Pada penggunaan xilol haruslah hati-hati. Daftar Pustaka . Kesimpulan . dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel dan Sisa minyak imersi pada lens objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene). Sisa minyak imersi pada lens objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene). 6. bersihkan selalu mikroskop tersebut. Untuk cara perawatan ketiga jenis mikroskop yang kami amati tidak jauh berbeda salah satunya dengan cara :  Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk. bebas debu dan bebas dari uap asam dan basa. Preparat yang tertinggal di atas meja mikroskop merupakan pertanda jelas suatukelalaian/kecerobohan. Jakarta : P3G . kering. Berdasarkan hasil praktikum kami tentang mikroskop. 5. dan juga jangan menggunakan larutan ini kebagian lensa yang lain kecuali produsennya menyatakan bahwa tindakan tersebut aman. Tiga jenis mikroskop yang kami amati pada saat praktikum adalah mikroskop cahaya. Sebelum menyimpan mikroskop. Hal ini menurunkan kemampuan lensa.Djupripadmawinata. (1981). meja mikroskop diatur lagi dan lensa objektif dijauhkan dari meja preparat dengan memutar alat penggeraknya ke posisi semula.  Bagian mikroskop non optik. . Sebelum menyimpan mikroskop. sehingga partikel yang halus tidak menempel dan menggumpal serta mengering. G. bahwa cara penggunaan/pemakaian dari ketiga jenis mikroskop yang kami amati adalah berbeda. karena akan merusak cat atau merusak bahan plastik. dan mikroskop stereo. mikroskop listrik. lampu dikecilkan intensitasnya lalu dimatikan (kalau mikroskop listrik). terbuat dari logam atau plastik. et al. .Tempat penyesuaian yang sesuai ialah kotak mikroskop yang dilengkapi dengan silica gel.