BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Permasalahan Banyak cara yang dilakukan orang untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap prima dan bugar. Salah satunya adalah dengan berolahraga, karena olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, selain itu rekreasi, olahraga juga bisa untuk mengembangkan prestasi. Orang yang rajin melakukan olahraga maka tubuhnya akan sehat sehingga dapat melakukan aktivitas sehari ± hari tanpa kelelahan yang berarti. Olahraga pada masa muda pada umunya diketahui mempunyai dua keuntungan besar, yaitu dapat membina bakat olahraga untuk menjadi juara, serta memanfaatkan waktunya dengan baik daripada menganggur yang dapat menimbulkan hal yang negatif bagi dirinya maupun masyarakat (Olahraga sumber kesehatan, Dr. Jonathan Kuntaraf ). Olahraga dilakukan tidak hanya semata-mata mengisi waktu senggang atau hanya memanfaatkan fasilitas yang tersedia namun lebih dari itu seperti yang dikemukakan oleh M. Sajoto (1988 : 10) bahwa ada empat dasar tujuan manusia melakukan kegiatan olahraga sekarang ini yaitu : (a) mereka melakukan olahraga untuk rekreasi, (b) tujuan pendidikan, (c) mencapai tingkat kesegaran jasmani tertentu, (d) mencapai sasaran atau prestasi tertentu. Futsal merupakan salah satu jenis olah raga yang ada dari sekian banyaknya macam olah raga. Futsal adalah olah raga yang hampir sama dengan sepak bola. Di Malang sendiri, olah raga futsal sedang maraknya. Tidak hanya anak remaja, namun orang tuapun suka. Hal ini terbukti dengan diadakannya pertandingan futsal di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai salahsatu rangkaian acara dalam perayaan Diesnatalis yang ke-6. Pesertanya tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa, tapi juga dari beberapa dosen. Pemikiran inilah yang membuat penulis memilih judul Minat Mahasiswa terhadap Pertandingan Futsal untuk mengamati minat mahasiswa terhadap pertandingan futsal. Bila minat disepakati sebagai salah satu factor yang sangat berperan dalam olahraga futsal maka penulis ingin melakukan pengamatan pada para mahasiswa UIN Maliki Malang dalam hubunganya dalam olahraga futsal, oleh sebab itu

1

peneliti ingin mengetahui seberapa besar minat dari mahasiswa terhadap pertandingan futsal tersebut. B. Tujuan Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa futsal adalah olah raga yang hampir sama dengan sepak bola. Perbedaan futsal dengan sepak bola, futsal dilaksanakan dengan bentuk lapangan yang lebih kecil. Peraturan keduanya hamper sama, hanya saja waktu pertandingan berbeda, jika sepak bola standarnya dua kali 45 menit, futsal dua kali 30 menit. Jumlah pemain sepak bola ada 11, futsal berjumlah standar 5 orang saja. Melihat antusiasme segenap civitas akademika UIN Maliki Malang terhadap pertandingan futsal yang diadakan dalam rangka peringatan Diesnatalis ke-6, membuat penulis berpikir untuk mengamati Minat mahasiswa Uin Maliki terhadap pertandingan futsal tersebut. Adapun tujuan yang mendasari pengamatan tentang minat mahasiswa terhadap pertandingan futsal adalah : 1. peneliti ingin mengetahui bagaimana minat para mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terhadap pertandingan futsal perayaan Diesnatalis VI UIN Maliki Malang. 2. masalah minat berolahraga secara umum masih merupakan masalah yang menarik untuk dikaji.

Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan suatu diluar diri. emosi) yang tertuju pada sesuatu. Poerwadarminta 1976 : 225) Menurut Slameto (1995:180) minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas. Menurut M. Dengan kata lain minat dapat menjadi sebab oleh suatu kegiatan dan hasil dari keikut sertaanya dalam kegiatan itu. Dalam suatu hal. Menurut Dewa Ketut Sukardi (1994:61) minat merupakan suatu kesukaan. suatu yang dapat memberi pengaruh terhadap pengalaman yang telah distimulus oleh kegiatan itu sendiri. semakin besar minat. dan dalam hubungan itu unsur perasaan yang terkuat.T.BAB II KAJIAN TEORI A. kesukaan (kecendrungan hati) kepada sesuatu yang diinginkan. Minat adalah penting dalam pengambilan pilihan terhadap suatu jabatan tertentu. Minat dapat timbul karena daya tarik dari luar dan juga datang dari hati sanubari. Menurut Abu Ahmadi (1998:151) minat adalah sikap jiwa orang seseorang termasuk ketiga fungsi jiwanya (kognisi. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut. konasi. gambaran atau kesenangan akan sesuatu. Crow dan Alice Crow (1984:35) minat adalah kemampuan untuk menurut memberikan stimulus yang mendorong kita untuk memperhatikan seseorang. anda mungkin akan merasa lebih puas dengan suatu pekerjaan jika aktivitas kerja anda adalah menarik hati anda. suatu kegiatan. . Lester D. Minat dalam kamus bahasa Indonesia diartikan sebagai perhatian. Sebaliknya tanpa minat seseorang tidak mungkin melakukan sesuatu. Lobby loekman 1994 : 20). atau aktivitas lainnya. (J. Pengertian Minat Minat adalah kecendrungan untuk merasa tertarik atau terdorong untuk memperhatikan seseorang. tanpa ada yang menyuruh.J. sesuatu barang atau kegiatan dalam bidang-bidang tertentu.S. benda. Minat merupakan sifat yang relatif menetap pada diri seseorang. (W. Didalam suatu inventori minat akan mengidentifikasikan preferensi anda terhadap orang. Dalyono (1998:56). Minat besar sekali pengaruhnya terhadap kegiatan seseorang sebab dengan minat ia akan melakukan sesuatu yang diminatinya.

Kegiatan yang diminati seseorang diperhatikan terus-menerus yang di sertai rasa senang. menghubungkan harapan tersebut dengan sumber tindakan khusus dan nyata serta memperbesar ketajaman pengertian terhadap permasalahan melalui pengambilalihan terhadap tanggapan tersebut (muhaimin. Didalam menetukan tujuan itu dapat disadari atau tidak. rasa tertarik pada suatu obyek tersebut merupakan suatu ketertarikan dari subyek yang disebabkan unsur-unsur tertentu yang terdapat pada obyek minat. akan tetapi untuk mencapai tujuan itu perlu berbuat. Beberapa bentuk minat yang penting dan menonjol dapat dikelompokan dalam : . teman-teman sepergaulan.Hilgrad memberikan rumusan tentang minat adalah sebagai berikut : ³interest is persisting iendency to pay attention to and enjoy some activity or content´. kenangan. Salah satu unsure penting dalam memelihara minat seseorang adalah penyalahgunaan dampak dan variasi sebagai pendorong. Dari pengertian tetang minat dapat disimpulkan bahwa minat adalah fungsi kejiwaan untuk merasa tertarik pada obyek baik berupa benda atau hal lain. Dengan adanya cita-cita dan dukungan motivasi yang kuat dalam diri seseorang maka akan dapat membesarkan minat orang itu terhadap suatu obyek Minat pribadi timbul karena remaja menyadari bahwa penerimaan sosial sangat dipengaruhi oleh keseluruhan yang dikeluarkan oleh remaja itu kepada sekitarnya. dengan kata lain minat merupakan sambutan yang sadar yang didasari oleh perasaan positif yang nantinya menimbulkan perasaan yang positif juga. pengembangan antisipasi atau harapan atas stimulus. Bentuk-Bentuk Minat Bentuk-bentuk minat yang dipunyai remaja sangat beragam bentuknya. Minat adalah kecendrungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. sekolahan. sedangkan yang menjadi penyebab berbuat adalah motif itu sendiri sebagai daya penggerak atau pendorong. Apa-apa yang dimilikinya itu dapat mengangkat dan memerosotkan pandangan teman-teman sebaya terhadap dirinya ( Andi Mappier 1982 : 63). karena adanya kesadaran remaja bahwa lingkungan sosial menilai dirinya dengan melihat miliknya. benda-benda lain yang dimilikinya. 1994:9). (Slameto 1995 : 97) Minat erat hubunganya dengan tujuan yang akan dicapai. Penyebab lain.

tetapi melalui tindakan atau perbuatan ikut serta aktif dalam aktifitas tertentu. minat terhadap agama. yaitu Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan). minat terhadap rekreasi. 2. Ia memutuskan untuk mengurangi jumlah pemain menjadi 5 orang tiap tim. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan. dan minat pendidikan dan jabatan. asal mula Futsal ini mulai pada tahun 1930 di Montevideo. ( Andi Mappier 1982 : 63) Ada 3 macam untuk menentukan minat seseorang. lapangan futsal dibatasi garis. setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. namun karena lapangan yang sempit. 3. Pertama Ia tetap menggunakan jumlah pemain 11 orang. yang jika digabung artinya menjadi ³Sepak Bola dalam Ruangan´. . Kata Futsal berasal dari bahasa Spanyol. Minat yang diekspresikan (ekspressid interest) Seseorang dapat mengungkapkan minat atau pilihanya dengan kata-kata tertentu. dengan memanipulasi bola dengan kaki. Minat yang diwujudkan (manifested interest) Seseorang dapat mengungkapkan minat bukan melalui kata-kata. yaitu : 1. Selain lima pemain utama. Minat yang diinvestasikan (investated interest) Seseorang menilai minat dapat diukur dengan menjawab sejumlah pertannyaan tertentu atau urutan pilihan kelompok aktivitas tertentu. karena rencana yang Ia susun jadi berantakan karen lapangan a yang tergenang air. 1998:64). termasuk penjaga gawang.minat pribadi dan sosial. B. yang masingmasing beranggotakan lima orang. rangkaian pertanyaan semacam itu disebut investasi minat (dewa Ketut. Uruguay. Lalu Ceriani memindahkan latihan ke dalam ruangan. Hujan yang sering mengguyur Montevideo membuatnya kesal. bukan net atau papan. Pertama Futsal ini diperkenalkan oleh Juan Carlos Ceriani. Menurut FIFA. Pengertian Futsal Futsal Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya. seorang pelatih sepak bola asal Argentina.

Sedangkan di Spanyol.Ternyata latihan didalam ruangan itu sangatlah efektif dan atraktif. Di Inggris pemain-pemain sepak bola sering melakukan latih tanding enam lawan enam di lapangan rumput. artinya aturan tiap daerah berbeda-beda. perkembangan futsal jauh lebih cepat. Mereka menentang keras sejarah Futsal versi FIFA ini. hingga suatu saat diselenggarakan turnamen futsal yang disponsori oleh London Express. Lalu pada tahun-tahun berikutnya hingga . Sehingga mampu menarik minat banyak masyarakat Montevideo. Lalu banyak penggemar bola di kota itu yang mencoba permainan baru ini. lalu pada tahun 1936 dibuatlah kesepakatan dan penetapan aturan main futsal. Futsal berkembang sangat pesat di Brazil. Kanada dan Brazil termasuk negara yang mengklaim bahwa Futsal berasal dari negara mereka. Futsal di Italia diperkenalkan oleh pemain-pemain sepak bola impor dari Amerika latin yang bermain di Seri A (Liga Italia). namun di Brazil tidak menggunakan aturan baku. futsal mulai dikenal pada tahun 1950an. ada beberapa negara yang mengklaim bahwa Futsal berasal dari negara mereka masing-masing. Pada masa itu. futsal semakin berkembang dan digemari di Amerika Latin. salah satu harian terkemuka di London. Sejarah Futsal versi FIFA ini tidak bisa diterima begitu saja. Di saat senggang. dan jadilah Futsal olahraga yang digandrungi masyarakat luas. peraturan futsal juga tidak banyak bedanya dengan peraturan futsal saat ini. Brazil mengklaim bahwa saat yang bersamaan dengan munculnya cerita Ceriani. Futsal juga terkenal di Inggris. pemain bola di Brazil sudah melakukan hal yang sama. Dengan adanya peraturan ini. Dan futsal semakin dekenal dan digemari di Italia. pemain-pemain itu bermain futsal. Hal ini bisa terjadi karena budaya dan gaya bermain b di Spanyol sangat mirip dengan ola budaya Amerika Latin. Pada 1965 kompetisi internasional Futsal digelar untuk pertama kalinya. Beda halnya dengan di Inggris. Di Italia. dengan Paraguay menjadi juara pertama. bahkan ke seluruh dunia.

Pada even edisi perdana ini Brazil keluar sebagai juara. Piala dunia futsal edisi FIFA yang pertama digelar di Belanda pada 1989 dan yang kedua digelar di Hong Kong di tahun 1992. Dimana . Dengan adanya beberapa pertimbangan. Indonesia ada di peringkat ke 3 dalam pencarian topik tentang futsal. Futsal semakin terorganisir. Dan pada 1988 Brazil berhasil dikalahkan oleh Paraguay di Australia. Karena bagaimanapun juga futsal turut memajukan industri sepakbola internasional. Futsal dan Sepak Bola Saat ini Futsal menjelma menjadi salah satu olah raga yang paling digemari masyarakat Indonesia. dan FIFA juga mengambil alih penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal. dengan Brazil sebagai juara di kedua edisi ini. dan lagi-lagi Brazil keluar sebagai juara. dan FIFA pun tertarik. Ini adalah kali pertama even tiga tahunan ini dihelat di benua Eropa. even yang sama digelar di Spanyol. Kejuaraan dunia futsal pertama diselenggarakan oleh FIFUSA pada 1982 di Sao Paulo Brazil. Setelah beberapa tahun eksis. Jika kita coba lihat fakta di Google Trends. Tiga tahun berikutnya. Pertemuan di Sao Paulo itu menggagas dibentuknya FIFUSA (The Federacao Internationale de Futebol de Salao / Federasi Futsal AS)sebagai organisasi resmi yang mewadahi futsal. FIFUSA saat itu menunjuk Joao Havelange sebagai ketua umum.tahun 1979 Brazil merajai kompetisi ini. Setelah eksisnya FIFUSA ini futsal semakin cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Di tahun 1974 diadakan pertemuan perwakilan futsal dari berbagai negara. akhirnya FIFA mengubah jadwal piala dunia Futsal ini menjadi empat tahun sekali. Pada 1989 FIFA secara resmi memasukkan futsal sebagai salah satu bagian dari sepakbola. Brazil juga memenangi piala Pan Amerika untuk kali pertama di tahun 1980 dan 1984.

dan tak abrasif Bola 1. Berat: 390-430 gram 4. Garis batas: garis selebar 8 cm. Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang 5. rata. Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang 6. bahwa animo masyarakat tentang futsal ini sungguh luar biasa. Keberadaan Futsal saat ini tidak bisa dipisahkan begitu saja. Hanya prestasi futsal Indonesia yang masih kalah jauh dari kedua negara tersebut. dan garis melintang tengah lapangan. Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama . Futsal ditemukan secara tidak sengaja. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m 8. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos 4. jadi aman akan guyuran hujan.urutan pertama dan kedua diduduki oleh Portugal dan Brazil. karena memang Futsal sendiri memang pengembangan dari Sepak Bola. Baik dengan kita sadari atau tidak. Lama-kelamaan. Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan 7. tak ada tembok penghalang atau papan 3. Keliling: 62-64 cm 3. yakni garis sentuh di sisi. Lalu pelatih memindahkan latihan di tempat indoor / tertutup. Permukaan daerah pelemparan: halus. Ukuran: 4 cm 2. 3 m lingkaran tengah. garis gawang di ujung-ujung. oleh seorang pelatih sepak bola yang kesal karena latihan menjadi tidak efektif karena guyuran hujan yang terus menerus. dari fakta itu kita bisa simpulkan. sepak bola indoor ini berkembang menjadi Futsal Peraturan futsal antara lain: Lapangan permainan 1. Ukuran: panjang 25-42 m x lebar 15-25 m 2. yang kedua negara ini memang terkenal kuat tradisi sepak bolanya.

Celana pendek 3. Alas kaki bersolkan karet Lama permainan 1. Jumlah wasit: 1 5. salah satunya penjaga gawang 2. Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu. tak berbahay Jumlah pemain (per tim) 1. pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit) Perlengkapan pemain 1. Lama istiharat: 10 menit 3. Jumlah pemain cadangan maksimal: 7 4. Kaos kaki 4.5. Kaos bernomor 2. Time-out: 1 per tim per babak. Lama perpanjangan waktu: 2×10 menit 4. Pelindung lutut 5. tak ada dalam waktu tambahan 6. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas 7. Metode pergantian: ³pergantian melayang´ (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2 3. Jumlah hakim garis: 2 6. Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit . Ada adu penalti jika jumlah gol kedua tim seri saat perpanjangan waktu selesai 5. Lama normal: 2×20 menit 2.

3.Olahraga futsal yang sekarang sedang digemari ternyata memiliki manfaat yang cukup bagus. Intelegensi Sepak bola adalah suatu permainan yang kompleks. Adapun manfaat dari permainan futsal adalah : 1. Artinya. Itu memudahkan pemain untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan kedua kaki saat melakukan gerakan dengan atau tanpa bola (foot work) secara matang. Diantara manfaat tersebut sangat berguna sekali untuk mengembangkan skill sepak bola. tapi seluruh pemain saling membantu dan harus memiliki mental serta karakter bertahan dan menyerang. Futsal merupakan suatu permainan yang mengalir begitu saja tanpa adanya persiapan khusus. tapi harus aktif karena permainan futsal butuh peran aktif dari seluruh pemain. seorang pemain harus melakukan improvisasi untuk menghadapi situasi yang bakal berubah dalam pertandingan. kita tidak akan menemukan situasi yang identik dengan futsal. Jika kita menganalisis setiap pertandingan dari keseluruhan yang terekam dalam sejarahnya. 2. Keahlian Teknik Futsal lebih menekankan pada kemampuan (skill) dibandingkan dengan fisik. Tidak ada pembagian posisi. Futsal merupakan medium ideal untuk mengembangkan inteligensi sepak bola. mereka tidak boleh santai. Ini membantu pemain untuk menyesuaikan dengan segala posisi sesuai tuntunan sepakbola modern dan mengatasi berbagai masalah taktik dan strategi permainan. . Bola yang lebih kecil dan ringan menjadi instrumen yang bagus dalam membantu mengembangkan teknik individu. Penguasaan bola saat menerima dan mengoper serta perubahan gerkan tubuh akan sangat berguna saat bermain bola di luar lapangan. Pemain sadar. Total Soccer Jumlah pemain yang sedikit dalam sebuah tim futsal menjadi sangat krusial bagi seluruh pemain dalam bertahan dan menyerang. Pemain bisa lebih matang dan melakukan penguasaan bola dibandingkan dengan sepak bola konvensional.

ketika pemain terus bergerak ketimbang menunggu datangnya bola. bola akan bergulir dengan cepat diantara kaki pemain. Dalam futsal.4. pemain bisa memutuskan teknik dan taktik permainan secara cepat. tentu akan sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam permainan diluar ruangan. Dengan kondisi lapangan yang kecil. maka sering gol dalam jumlah banyak yang dicetak dan dihasilkan oleh pemain berbeda. Permainan Cepat Sepakbola modern memiliki ciri khas yang spesifik lewat permainan cepat. karena ruang gerak yang sempit. Ini akan membantu pemain untuk mengembangkan permainan cepat secara individu dan tim. Dan. . Dengan cara ini. 5. Hiburan Futsal adalah permainan cepat dan exciting.

yaitu Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan). Baik pria maupun wanita olahraga lebih merupakan kegiatan rekreatif dibanding menganggapnya sebagai kegiatan olahraga ( Andi Mappier 1982 : 64). basket lebih disenangi oleh remaja pria.00. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya.BAB III HASIL OBSERVASI A. Namun bagi beberapa remaja disebabkan karena keterbatasan waktu. dimana peneliti ikut berpartisipasi namun hanya sebatas sebagai pengamat. Batasan Minat adalah suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhannya sendiri (Sardiman A. Observasi dilakukan di lapangan futsal UIN Maliki Malang. observasi dilakukan sore hari yakni pukul 16. Antara dua jenis kelamin terdapat perbedaan yang mencolok dalam memilih kegiatan rekreasi. yang masingmasing beranggotakan lima orang. setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Selain lima pemain utama.00-17. tugas rumah. lapangan futsal dibatasi garis.wikipedia. Setting dan Objek Observasi Dalam observasi ini digunakan teknik partisipan fungsional. . Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan.org/wiki/Futsal) B.1988. Sedangkan alat yang digunakan adalah catatan berkala yaitu dengan pencatatan hanya pada waktu-waktu tertentu. yang jika digabung artinya menjadi ³Sepak Bola dalam Ruangan´( http://id. dengan memanipulasi bola dengan kaki. dan keterbatasan yang lainya menjadikan si remaja itu lebih selektif dalam memilih apa yang disenangi dan merupakan hobi. bukan net atau papan. biasanya kegiatan yang membutuhkan banyak energi seperti sepakbola.76) Minat terhadap Rekreasi Pada masa remaja pada umumnya sangat kuat. M. Kata Futsal berasal dari bahasa Spanyol. Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu. Yaitu mulai tanggal 5-8 Juni.

sehingga pertandingan berlangsung dengan sportif. Teriakan semangat seperti ³ ayo´ dan ³kalahkan mereka´ selalu terdengar selama permainan berlangsung. Hal tersebut tentu saja tidak berlangsung UIN Maliki Malang .45 Lapangan Futsal Para pemain tampak begitu bersemangat saat dalam permainan. Namun beberapa kata-kata kasar sempat terlontar ketika salah satu teman mereka terjatuh karena lawan. 2 6 Juni 2010 16. para suporter tidak hanya dari mahasiswa namun juga UIN Maliki Malang beberapa dosen. apalagi saat salah satu tim berhasil mencetak goal.Observee adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang mengikuti pertandingan futsal. Dan banyak sekali mahasiswa semester tim dua yang ikut Dari menjadi suporter mereka. Hasil Observasi No 1 Waktu 5 Juni 2010 16. Baik sebagai suporter maupun pemain. Hampir dari seluruh suporter meneriaki tim mereka dari pinggir lapangan. C.00 Tempat Lapangan Hasil Observasi Futsal Suporter yang hadir hampir memenuhi pinggiran lapangan. namun saat ada pemain yang terjatuh beberapa dari mereka mengekspresikan kemarahan. pemain sendiri tim yang mengundurkan diri.00-17. Para pemain terlihat sangat antusias mengikuti permainan. Dari pinggir lapangan para suporter juga terlihat antusias mendukung tim masingmasing.00-16.

karena mereka harus kembali berkonsentrasi pada permainan. 4 8 Juni 2010 16. Teriakan-teriakan semangat semakin sering dilontarkan. Suporter yang sudah sejak awal memenuhi pngiir lapangan selalu meneriakkan semangat.30 banyak yang berdatangan suasana yang semula kurang antusias menjadi lebih ramai dengan kedatangan para mahasiswa ini.00-17. para pemain memang sudah sejak awal bersemangat.lama. Para suporterpun semakin memanas saat detik-detik menjelang permainan berakhir. Sempat terjadi perdebatan pemain. Beberapa dari suporter juga berasal dari kalangan dosen.15 Lapangan Futsal semula hanya sedikit mahasiswa yang ikut menonton pertandingan. mereka juga bersorak kegirangan ketika pemain idola mereka mencetak gol. pemain ketika Hal terjadi tersebut pergantian dikarenakan pengganti tidak berkostum seperti yang telah ditentukan. . kemudian dengan setelah pemain berganti sebelumnya pakaian pemain pengganti masuk lapangan. Namun hal ini tidak terlalu berpengaruh pada pemain yang telah memasuki setengah permainan. namun UIN Maliki Malang menjelang pukul 16. siapapun hal ini dikarenakan pemenang pertandingan hari ini akan maju ke babak semifinal.

cenderung untuk memberikan perhatian atau merasa senang yang lebih besar kepada obyek tersebut. Selanjutnya skinner juga berpendapat bahwa minat sebagai motif yang menunjukkan arah perhatian individu terhadap obyek yang menarik atau menyenangkannya. melakukan sesuatu secara tekun. Sebagai suatu aspek kejiwaan. Crow and Crow berpendapat bahwa minat erat hubungannya dengan daya gerak yang mendorong seseorang untuk menghadapi atau berurusan dengan orang. dengan ketelitian dan kedisiplinan yang tinggi. maka ia tidak akan memiliki minat pada obyek tersebut. tetapi lebih dari itu minat mendorong orang untuk melakukan suatu kegiatan dan menyebabkan seseorang menaruh perhatian dan merelakan dirinya untuk terikat pada suatu kegiatan Adapun tanda-tanda bahwa seseorang telah sampai ke taraf ini antara lain adalah: mau melakukan sesuatu atas prakarsa sendiri. dan atas inisiatif sendiri Dari pengertian tetang minat dapat disimpulkan bahwa minat adalah fungsi kejiwaan untuk merasa tertarik pada obyek baik berupa benda atau hal lain. dengan kata lain . Minat besar sekali pengaruhnya terhadap kegiatan seseorang sebab dengan minat ia akan melakukan sesuatu yang diminatinya. Sebaliknya tanpa minat seseorang tidak mungkin melakukan sesuatu. Nasution dan kawan-kawan menjelaskan bahwa minat adalah sesuatu yang sangat penting bagi seseorang dalam melakukan kegiatan dengan baik. Namun apabila obyek tersebut tidak menimbulkan rasa senang.BAB IV PEMBAHASAN Minat merupakan salah satu aspek psikis manusia yang dapat mendorong untuk mencapai tujuan. maka ia cenderung akan berusaha aktif dengan obyek tersebut. Minat merupakan sifat yang relatif menetap pada diri seseorang. Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu obyek. rasa tertarik pada suatu obyek tersebut merupakan suatu ketertarikan dari subyek yang disebabkan unsur-unsur tertentu yang terdapat pada obyek minat. benda atau bisa juga sebagai pengalaman efektif yang dipengaruhi oleh kegiatan itu sendiri. Melakukan sesuatu sesuai dengan keyakinannya itu dimana saja. kapan saja. minat bukan saja dapat mewarnai perilaku seseorang. Dengan kata lain minat dapat menjadi sebab kegiatan dan sebab partisipasi dalam kegiatan itu.

Dalam hal ini jika seseorang berminat untuk menekuni bidang olahraga. bebas bergaul dan sebagainya. . minat berolahraga dapat muncul karena bertambah luasnya lingkungan seseorang dan semakin banyaknya dia berhubungan dengan orang-orang di luar lingkungannya untuk menambah wawasan dari minat tersebut. Minat kultural Minat kultural dapat disebut juga minat sosial yang berasal atau diperoleh dari proses belajar. Buchori. Dalam pengembangan minat. Jadi minat kultural disini lebih tinggi nilainya dari pada minat primitif. Selain karena tujuan tertentu. Dengan mengetahui tujuan. Minat Primitif Minat primitif disebut minat yang bersifat biologis. Jika seorang menaruh minat terhadap sesuatu. minum. Oleh karena itu masalah tujuan sangat penting dalam memahami tingkah laku seseorang dalam minat terhadap suatu olahraga. 2. Bentuk-Bentuk Minat Menurut (M. 1991:136) minat dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu: 1. Salah satu untuk memperkuat minatnya adalah jika olahraga tersebut menjadi alat baginya untuk mencapai tujuan. minatnya tersebut menjadi motif yang kuat baginya untuk berhubungan secara lebih aktif dengan sesuatu yang diminatinya. Dengan demikian terlihat bahwa ³suka´ atau ³tidak suka´ memainkan peranan penting dalam perkembangan minat. seseorang akan dapat mengarahkan minatnya dengan sebaik-baiknya. Misalnya seseorang tidak menyukai pelatihnya cenderung ia tidak semaksimal mungkin terhadap olahraga bahkan tidak suka terhadap orang tersebut. hubungan antara pribadi jauh lebih penting dari pada proses latihan yang khusus. Jadi pada jenis minat ini meliputi kesadaran tentang kebutuhan yang langsung dapat memuaskan dorongan untuk mempertahankan organisme. seperti kebutuhan makan. dia akan selalu mempelajari dan berlatih pada bidang olahraga tersebut.minat merupakan sambutan yang sadar yang didasari oleh perasaan positif yang nantinya menimbulkan perasaan yang positif juga.

Dorongan ini akan melahirkan timbulnya suatu perhatian terhadap suatu obyek. minat berkembang sebagai hasil dari pada sesuatu kegiatan dan akan menjadi sebab akan dipakai lagi dalam kegiatan yang sama L D Crow and Alice Crow (dalam Tri Wahyudi.2002:10-11). 3. Dalam hal ini perhatian ditujukan pada obyek ekstrakurikuler olahraga. namun setiap orang dalam suatu lingkungan tertentu akan mengembangkan minat-minat yang hampir umum dijumpai orang-orang dari lingkungan tersebut. Dengan demikian maka individu yang bersangkutan berusaha untuk mempertahankan obyek tersebut. Perhatian Seseorang dikatakan berminat apabila individu disertai adanya perhatian. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut: 1.Walaupun setiap orang mengembangkan minat olahraga tertentu yang sifatnya individual. Jadi seseorang yang berminat terhadap sesuatu obyek yang pasti perhatiannya akan memusat terhadap sesuatu obyek tersebut. Kemauan Kemauan yang dimaksud adalah dorongan yang terarah pada tujuan yang dikehendaki oleh akal pikiran. The factor Inner Urge: Rangsangan yang datang dari lingkungan atau ruang lingkup yang sesuai dengan keinginan atau datang dari lingkungan atau ruang lingkup yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan seseorang . Kesenangan Perasaan senang terhadap sesuatu obyek baik orang atau benda akan menimbulkan minat pada diri seseorang. Sehingga dengan demikian akan memunculkan minat individu yang bersangkutan. yaitu kreatifitas jiwa yang tinggi yang semata-mata tertuju pada suatu objek. Unsur-Unsur Minat Seseorang dikatakan berminat terhadap sesuatu bila individu itu memiliki beberapa unsur antara lain: 1. 2. Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Minat Minat pada hakekatnya adalah merupakan sebab akibat dari pada pengalaman. orang merasa tertarik kemudian pada gilirannya timbul keinginan yang dikehendaki agar obyek tersebut menjadi miliknya.

Sebaliknya apabila cita-cita dan motivasi tidak ada maka minat sulit ditumbuhkan. Motivasi dan cita-cita Adanya cita-cita dan dukungan oleh motivasi yang kuat dalam diri seseorang maka akan dapat membesarkan minat orang itu terhadap suatu objeknya. Keluarga Keadaan keluarga terutama keadaan sosial ekonomi dan pendidikan keluarga dapat mempengaruhi minat seseoran terhadap objek tersebut. 2. misal seseorang berminat pada prestasi tinggi agar dapat status sosial yang tinggi pula.akan mudah menimbulkan minat misal. 2. Sikap terhadap suatu objek Sikap senang terhadap objek dapat membesarkan minat seseorang terhadap objek tersebut. Fasilitas Tersedianya fasilitas yang mendukung akan menjadikan minat seseorang terhadap suatu objek lebih besar. Teman pergaulan Teman pergaulan yang mendukung misalnya diajak kompromi terhadap suatu hal yang menarik perhatiannnya maka teman tersebut dapat lebih . Emosional faktor : Faktor perasaan dan emosi ini mempunyai pengaruh terhadap obyek misal perjalanan sukses yang dipakai individu dalam sesuatu kegiatan tertentu dapat membangkitkan perasaan senang dan dapat menambah semangat atau kuatnya minat dalam kegiatan tersebut. Sedangkan menurut Totok Santoso (dalam Tri Wahyudi. 3. Sebaliknya kegagalan yang dialami akan menyebabkan minat seseorang berkembang. disamping hal dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri manusia juga dipengaruhi oleh motif sosial. cenderung terhadap belajar. 4. 3. dalam hal ini seseorang mempunyai hasrat ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan. The factor of social motive : Minat seseorang terhadap obyek atau sesuatu hal. 5. 2002:18) faktor yang mempengaruhi tumbuh kembangnya minat adalah sebagai berikut : 1. Sebaliknya jika sikap tidak senang akan memperkecil minat seseorang.

Lapangan futsal yang telah disediakan menjadikan ketertarikan tersendiri untuk bermain futsal. dan untuk menjaga kesehatan. Minat untuk mengisi waktu luang Diketahui juga bahwa dalam mengisi waktu luang mereka juga didasari karena adanya faktor kesenangan. Pelaksanaan kegiatan Pelaksanaan kegiatan disini terkait dengan fasilitas yang ada di kampus. Faktor Intrinsik Minat intrinsik adalah minat yang berasal dari dalam diri seseorang. Berdasarkan uraian di atas maka faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa terhadap pertandingan futsal adalah sebagai berikut : 1. waktu luang. Faktor Ekstrinsik Faktor ekstrinsik yaitu faktor pendorong yang muncul dari luar individu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi atau mendorong siswa mengikuti kegiatan olahraga futsal adalah sebagai berikut : a. .meningkatkan minatnya. tetapi teman yang tidak mendukung mungkin akan menurunkan minat seseorang. b. Bahkan kurang memadainya fasilitas lapangan futsal tidak menyurutkan minat mahasiswa terhadap futsal. Minat untuk berprestasi Keinginan atau minat untuk berprestasi yang dimiliki oleh setiap orang individu pasti ada. mendapatkan teman. Tentunnya rasa senang atau tertarik yang dimiliki oleh setiap individu akan timbul pada seseorang bilamana bidang-bidang yang ditawarkan pada dirinya dirasa akan memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Kecenderungan itu timbul apabila individu tertarik kepada sesuatu karena sesuai dengan kebutuhan atu merasakan bahwa sesuatu akan dipelajari bermakna dari dirinya. tapi keinginan itu cenderung mempuinyai presentasi yang berbeda-beda. 2. Faktor-faktor tersebut antara lain : a. Terbukti saat penyelenggaraan pertandingan hampir semua peserta mengikuti sehingga jarang sekali diketemukan menang WO.

Seperti pertandingan dalam rangka memeriahkan Diesnatlisnya yang ke-6 ini. pertandingan semacam ini akan menarik perhatian sebagian pecinta futsal.b. Mereka akan berlomba untuk mendapatkan penghargaan juga prestasi. . Dalam suatu pertandingan perlu adanya hadiah sebagai suatu penghargaan bagi mereka yang berprestasi. Penghargaan Penghargaan dalam hubungannya dengan minat mahasiswa dalam mengikuti olahraga futsal sangat menunjang.

hal tersebut terbukti saat pelaksanaan pertandingan futsal yang diadakan dalam rangka perayaan DiesNatalis ke-6 hampir semua tim peserta hadir untuk bertanding. Dan dalam setiap pertandingan selalu dimeriahkan oleh suporter yang bukan hanya dari mahasiswa namun juga bebrapa dosen ikut serta menyemangati.BAB V KESIMPULAN Dari hasil pengamatan dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut: y Mahasiswa UIN Maliki Malang masih mempunyai minat terhadap pertandingan futsal. y Dengan diadakan pertandingan futsal tersebut mahasiswa dapat mengembangkan minat pada futsal. tidak sekedar pertandingan persahabatan. . y Dengan adanya fasilitas lapangan futsal tersebut mampu mengembangkan minat mahasiswa dalam bermain futsal. Meskipun dengan kondisi lapangan yang masih belum memenuhi standar lapangan yang telah ditentukan. Namun hal tersebut tidak mengurangi semangat bermain futsal. mereka akan termotivasi untuk meraih prestasi dan berusaha menjadi yang terbaik dari keseluruhan tim yang ada.

1989. Malang : CV. PsikologiUmum. Jakarta : PT Bina Aksara W. 1994. Perkembangan Minat.LPK Gunung Mulia Sudibyo Setyobroto. Anem Kosong Anem Abu Ahmadi.DAFTAR PUSTAKA Abror. Jakarta : Bumi Aksara. 1982.J. Bimbingan dan Konseling. Darma Ilmu. Dewa Ketut Sukardi.org/wiki/futsal . Poerwadarminta. Jakarta : PT.T Lobby Loekman. 1986. Andi Mappier.S. Minat dan Motivasi. Jakarta: PT. Abdul Rachman. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. 1991. Jakarta : Balai Pustaka http://id. Rineka Cipta.wikipedia. Psikologi Olahraga. Jakarta: Rieneka CiptaJ. Dewa Ketut Sukardi. 1976. Belajar Bagaimana Belajar. Psikologi Remaja. Jakarta : PT. 1988.

DOKUME TASI .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful