Difraksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari

Prinsip Huygens.

Difraksi

menjelaskan proses perambatan gelombang cahaya yang terjadi pada difraksi Fresnel jika celah difraksi disoroti dengan sinar dari jarak jauh. Fraksi gelombang hitam terjadi pada perpotongan garis-garis berwarna hitam.[13]. karena adanya halangan. Difraksi cahaya berturut-turut dipelajari antara lain oleh: • • Isaac Newton dan Robert Hooke pada tahun 1660. penyebaran gelombang semakin besar. Fresnel mendefinisikan difraksi dari eksperimen celah ganda Young sebagai interferensi gelombang[12] dengan persamaan: mλ = dsinθ • • • dimana d adalah jarak antara dua sumber muka gelombang.[8] Augustin Jean Fresnel pada tahun 1815[9] dan tahun 1818[10]. • Richard C. yaitu difraksi yang terjadi dengan nilai m relatif kecil.[1] Francesco Maria Grimaldi pada tahun 1665 dan didefinisikan sebagai hamburan fraksi gelombang cahaya ke arah yang berbeda-beda.[2][3][4] James Gregory pada tahun 1673 dengan mengamati pola difraksi pada bulu burung[5] yang kemudian didefinisikan sebagai diffraction grating. Difraksi pada dua celah berjarak d.Difraksi cahaya diterangkangkan oleh prinsip Huygens. Untuk menganalisa atau mensimulasikan pola-pola tersebut. Pada animasi pada gambar sebelah kanan atas terlihat adanya pola gelap dan terang. θ adalah sudut yang dibentuk antara fraksi muka gelombang urutan ke-m dengan sumbu normal muka gelombang fraksi mula-mula yang mempunyai urutan maksimum m = 0. Fraksi gelombang putih terjadi pada perpotongan antara garis-garis putih.[7] Thomas Young menyimpulkan bahwa kedua celah tersebut lebih merupakan dua sumber gelombang yang berbeda daripada partikel (en:corpuscles). sebagai inflexion dari partikel cahaya yang sekarang dikenal sebagai cincin Newton. hal itu disebabkan wavelet-wavelet baru yang terbentuk di dalam celah sempit tersebut saling berinterferensi satu sama lain. contohnya cahaya. dan menghasilkan perhitungan matematis yang membenarkan teori gelombang cahaya yang dikemukakan sebelumnya oleh Christiaan Huygens[11] pada tahun 1690 hingga teori partikel Newton mendapatkan banyak sanggahan. . Hal ini bisa diterangkan oleh prinsip Huygens. Semakin kecil halangan. dapat digunakan Transformasi Fourier atau disebut juga dengan Fourier Optik. Fraksi-fraksi gelombang terpisah sejauh sudut θ dan dirunut dengan urutan n. Difraksi Fresnel kemudian dikenal sebagai near-field diffraction. Istilah yang digunakan saat itu mengambil bahasa Latin diffringere yang berarti to break into pieces. dalam monographnya yang berjudul Light[14]. MacLaurin pada tahun 1909.[6] Thomas Young pada tahun 1803 dan sebagai fenomena interferensi gelombang cahaya. Difraksi adalah penyebaran gelombang. Dari percobaan yang mengamati pola interferensi pada dua celah kecil yang berdekatan.

Francis Weston Sears pada tahun 1948 untuk menentukan pola difraksi dengan menggunakan pendekatan matematis Fresnel[17].[15][16] Difraksi Fraunhofer kemudian dikenal sebagai far-field diffraction. Dari jarak tegak lurus antara celah pada bidang halangan dan bidang pengamatan serta dengan mengetahui besaran panjang gelombang sinar insiden.• Joseph von Fraunhofer dengan mengamati bentuk gelombang difraksi yang perubahan ukuran akibat jauhnya bidang pengamatan. dan .y. Difraksi Fresnel adalah pola gelombang pada titik (x.z) dengan persamaan: dimana: . sejumlah area yang disebut zona Fresnel (en:Fresnel zone) atau half-period elements dapat dihitung. • Daftar isi [sembunyikan] • • • • • • • 1 Difraksi Fresnel 2 Difraksi Fraunhofer 3 Difraksi celah tunggal 4 Difraksi celah ganda 5 Difraksi celah majemuk 6 Referensi 7 Pranala luar [sunting] Difraksi Fresnel Geometri difraksi dengan sistem koordinat antara celah pada bidang halangan dan citra pada bidang pengamatan.

Difraksi Fraunhofer adalah pola gelombang yang terjadi pada jarak jauh (en:far field) menurut persamaan integral difraksi Fresnel sebagai berikut: [18] Persamaan di atas menunjukkan bahwa pola gelombang pada difraksi Fresnel yang skalar menjadi planar pada difraksi Fraunhofer akibat jauhnya bidang pengamatan dari bidang halangan.is the satuan imajiner. [sunting] Difraksi Fraunhofer Dalam teori difraksi skalar (en:scalar diffraction theory). [sunting] Difraksi celah tunggal Pendekatan numerik dari pola difraksi pada sebuah celah dengan lebar empat kali panjang gelombang planar insidennya. Grafik dan citra dari sebuah difraksi celah tunggal .

Maksima dan minima adalah hasil interferensi gelombang konstruktif dan destruktif pada interferensi maksimal. Jarak antara dua sumber titik tersebut adalah λ / 2. [sunting] Difraksi celah ganda . x′ akan bernilai dari hingga . Difraksi Fresnel/difraksi jarak pendek yang terjadi pada celah dengan lebar empat kali panjang gelombang. pada sebuah gelombang planar kompleks yang monokromatik dengan panjang gelombang &lambda yang melewati celah tunggal dengan lebar d yang terletak pada bidang x′-y′. Cahaya difraksi pada sudut tertentu adalah hasil interferensi dari setiap sumber titik dan jika fasa relatif dari interferensi ini bervariasi lebih dari 2π. difraksi yang terjadi pada arah radial r dapat dihitung dengan persamaan: dengan asumsi sumbu koordinaat tepat berada di tengah celah. Deduksi persamaan dari pengamatan jarak antara tiap sumber titik destruktif adalah: Minima pertama yang terjadi pada sudut &theta minimum adalah: Difraksi jarak jauh untuk pengamatan ini dapat dihitung berdasarkan persamaan integral difraksi Fraunhofer menjadi: dimana fungsi sinc berupa sinc(x) = sin(px)/(px) if x ? 0. and sinc(0) = 1. maka akan terlihat minima dan maksima pada cahaya difraksi tersebut. dan y′ dari 0 hingga . Secara umum. Jarak r dari celah berupa: Sebuah celah dengan lebar melebihi panjang gelombang akan mempunyai banyak sumber titik (en:point source) yang tersebar merata sepanjang lebar celah.Sebuah celah panjang dengan lebar infinitesimal akan mendifraksi sinar cahaya insiden menjadi deretan gelombang circular. dan muka gelombang yang lepas dari celah tersebut akan berupa gelombang silinder dengan intensitas yang uniform. cahaya dari sumber titik pada ujung atas celah akan berinterferensi destruktif dengan sumber titik yang berada di tengah celah.

[20][21] Pita cahaya yang terang pada bidang pengamatan terjadi karena interferensi konstruktif. cahaya ditemukan terserap sebagai partikel diskrit yang disebut foton. walaupun demikian. jarak antara titik A dan B pada diagram di samping kanan n is the order of maximum observed (central maximum is n = 0). saat puncak gelombang (en:crest) berinterferensi dengan puncak gelombang yang lain. x adalah jarak antara pita cahaya dan central maximum (disebut juga fringe distance) pada bidang pengamatan L adalah jarak antara celah dengan titik tengah bidang pengamatan Persamaan ini adalah pendekatan untuk kondisi tertentu. Sebuah sumber cahaya koheren yang menyinari bidang halangan dengan dua celah akan membentuk pola interferensi gelombang berupa pita cahaya yang terang dan gelap pada bidang pengamatan. Pita cahaya yang gelap terjadi saat puncak gelombang berinterferensi dengan landasan gelombang (en:trough) dan menjadi minima. eksperimen celah ganda yang dilakukan oleh Thomas Young menunjukkan sifat yang tidak terpisahkan dari cahaya sebagai gelombang dan partikel. Interferensi konstruktif terjadi saat: dimana λ adalah panjang gelombang cahaya a adalah jarak antar celah.[22] Persamaan matematika yang lebih rinci dari interferensi celah ganda dalam konteks mekanika kuantum dijelaskan pada dualitas Englert-Greenberger.Sketsa interferensi Thomas Young pada difraksi celah ganda yang diamati pada gelombang air. pada bidang pengamatan. [sunting] Difraksi celah majemuk .[19] Pada mekanika kuantum. dan membentuk maksima.

pada kondisi yang paling sederhana. yaitu yang .Difraksi celah ganda (atas) dan difraksi celah 5 dari sinar laser Difraksi sinar laser pada celah majemuk Pola difraksi dari sinar laser dengan panjang gelombang 633 nm laser melalui 150 celah Diagram dari difraksi dengan jarak antar celah setara setengah panjang gelombang yang menyebabkan interferensi destruktif Difraksi celah majemuk (en:Diffraction grating) secara matematis dapat dilihat sebagai interferensi banyak titik sumber cahaya.

Some physiological descriptions of minute bodies made by magnifying glasses. Allestry.. 149. 6. ^ Sir David Brewster (1831).com/books? vid=OCLC03255091&id=opYAAAAAMAAJ&pg=RA1-PA95&lpg=RA1PA95&dq=grimaldi+diffraction+date:0-1840&as_brr=1.terjadi pada dua celah dengan pendekatan Fraunhofer. Chez E. 1841). 2. perhitungan maksima menjadi: Cahaya yang terdifraksi dari celah majemuk dapat dihitung dengan penjumlahan difraksi yang terjadi pada setiap celah berupa konvolusi dari pola difraksi dan interferensi. see especially page 254. de S. 5. ^ R. vol. "Early Scottish Relations with the Royal Society: I. London: J. Martyn and J.google. http://books. Available on-line at: http://books. ^ Francesco Maria Grimaldi.fi. Micrographia: or.it/rd/bdv?/bdviewer/bid=300682#. (1638-1675)".com/books? id=0h45L_66bcYC&pg=PA254&dq=Correspondence+of+Scientific+Men+feather+o vals&ei=5jlaSsLQKJnkygTi1Lz8CA&ie=ISO-8859-1&output=html .R.google. dated 13 May 1673.. 2. Hooke (1665). [sunting] Referensi 1. James Gregory. hlm. ^ Jean Louis Aubert (1760). Ganeau. Memoires pour l'histoire des sciences et des beaux arts. perbedaan jarak antara dua celah dapat dilihat pada bidang pengamatan sebagai berikut: Dengan perhitungan maksima: dimana adalah urutan maksima adalah panjang gelombang adalah jarak antar celah and adalah sudut terjadinya interferensi konstruktif Dan persamaan minima: . 3. Turnbull (1940–1941). A Treatise on Optics. 95.google.. Brown & Green and John Taylor. Pada sinar insiden yang membentuk sudut θi terhadap bidang halangan. ^ H. W. Rees. F. Paris: Impr. Notes and Records of the Royal Society of London 3. Orme. England: Oxford University Press. http://books. A. aliisque annexis libri duo (Bologna ("Bonomia"). Available on-line (in Latin) at: http://fermi.S. Stephen Jordan Rigaud (Oxford. Reprinted in: Correspondence of Scientific Men of the Seventeenth Century. pages 1-11. ^ Letter from James Gregory to John Collins. pages 251-255. 4.com/books? id=OCLC58901501&id=3OgDAAAAMAAJ&pg=PP151&lpg=PP151&dq=grimaldi +diffraction+date:0-1800&as_brr=1. Italy: Vittorio Bonati.. coloribus. S.. 1665). hlm. ed. Physico mathesis de lumine. et iride.imss. London: Longman.

^ H. The Feynman Lectures on Physics. Joseph (2 September 2010). MacLaurin. chapter 38. 1690). Everything's Relative and Other Fables in Science and Technology. Netherlands: Pieter van der Aa.org/content/94/1. E.education. ^ E. Columbia University Press 15. New Jersey: Wiley. vol.fr/physique/optique/premier-memoire-sur-ladiffraction-de-la-lumiere.pdf+html. (1987). http://rstl.) 11. 9. New Jersey: Wiley. 13.wikipedia.) 12. 21. ^ Darling. The Worlds of David Darling. however.1. in the preface to his book. ISBN 020111609X. Hecht (1987).diagram and explanation of Fraunhofer diffraction with reference to an opaque shield w/ aperture. Richard P. 17.135. vol. 1909. ^ Rothman. 19. Chapter 1. pages 239-281. Young (1992). 1. (Note: Huygens published his Traité in 1690.bibnum. ^ Augustin-Jean Fresnel (1826) "Mémoire sur la diffraction de la lumière. see Arnold L Reimann. ^ Christiaan Huygens.Definition of Fraunhofer diffraction and explanation of forms. 20. ISBN 0471202576." Annales de la Chemie et de Physique. Addison-Wesley.de/Diffraction. ^ Young. ^ Hecht. 5. ^ Augustin-Jean Fresnel (1816) "Mémoire sur la diffraction de la lumière … . Englewood.Particle Duality. p396 -. 10. ^ Hecht. David Wave . Everything's Relative and Other Fables in Science and Technology. ISBN 0201021188P. Philosophical Transactions of the Royal Society of London 94: 1-16.org/wiki/Difraksi" Kategori: Difraksi | Optika . USA: Addison-Wesley.temf.) 8. ^ Goodman. [sunting] Pranala luar • (id) Difraksi Diperoleh dari "http://id. with diagrams and photographs. ISBN 0201529815. p. University Physics 8e. ^ http://www. Rothman (2003). (1987). hlm. ^ T. E. (2 September 1965). ^ For a more complete discussion. Co: Roberts & Company. Traité de la lumiere (Leiden. The Internet Encyclopedia of Science.royalsocietypublishing. Physics. ^ Light.html?&L=1#c641 18. ISBN 0-97470777-2-4. Introduction to Fourier Optics. Diakses pada 18 Oktober 2008 22. (Presented before l'Académie des sciences on 15 October 1815." Mémoires de l'Académie des Sciences (Paris). p397 -. Huygens states that in 1678 he first communicated his book to the French Royal Academy of Sciences. pages 33-475.0. 16. Optics (edisi ke-2nd). ^ Feynman. diakses pada 200908-27 (Note: This lecture was presented before the Royal Society on 24 November 1803. Thomas (1804-01-01). ISBN 0471202576.full. 3.) Available on-line (in French) at: http://www. Chapters 5 & 6. Addison Wesley. Chapter 38 14. 2nd series. Tony (2 September 2010). (Summitted to l'Académie des sciences of Paris on 20 April 1818. D. Vol. "The Bakerian Lecture: Experiments and calculations relative to physical optics"." by Richard C.7.1–8.

Peralatan pribadi • • • • Varian Fitur baru Masuk log / buat akun Halaman Pembicaraan Ruang nama Tampilan • • • • Cari Baca Sunting Versi terdahulu ↑ Top of Form Tindakan Istimew a:Pencari Bottom of Form Navigasi • • • • • • • • • • • • • • • • Halaman Utama Perubahan terbaru Peristiwa terkini Halaman sembarang Warung Kopi Portal komunitas Bantuan Tentang Wikipedia Pancapilar Kebijakan Menyumbang Buat buku Unduh sebagai PDF Versi cetak Pranala balik Perubahan terkait Komunitas Wikipedia Cetak/ekspor Kotak peralatan .

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Halaman istimewa Pranala permanen Kutip halaman ini ‫العربية‬ Български Català Česky Cymraeg Dansk Deutsch Ελληνικά English Esperanto Español ‫فارسی‬ Suomi Français Galego ‫עברית‬ िहनदी Kreyòl ayisyen Magyar Italiano 日本語 한국어 Lietuvių Latviešu Монгол Nederlands Norsk (bokmål) Polski Português Română Русский Sicilianu Slovenčina Slovenščina Bahasa lain .

6 Agustus 2010. ketentuan tamb • • . Teks tersedia di bawah Lisensi Atribusi/Berbagi Serupa Creative Commons.• • • • • • • • • Српски / Srpski Basa Sunda Svenska ไทย Türkçe Українська ‫اردو‬ Tiếng Việt 中文 Halaman ini terakhir diubah pada 08:00.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful