You are on page 1of 7

PANDUAN TRANSFER DI DALAM DAN KELUAR RUMAH SAKIT

RUMAH SAKIT AWAL BROS BATAM
TAHUN 2014

BAB I
TRANSFER PASIEN DI DALAM RUMAH SAKIT

I. DEFINISI
Transfer adalah memindahkan pasien dari satu unit ke unit lain di Rumah Sakit Awal Bros Batam,
yang memiliki pelayanan & fasilitas yang sesuai dengan status dan kebutuhan pasien akan perawatan
lanjutan, berdasarkan pertimbangan faktor penyakit, fasilitas, dan ketenagaan.

II. TUJUAN

Kebijakan transfer pasien ini bertujuan menyeragamkan suatu proses transfer pasien yang aman dan

untuk memastikan bahwa informasi penting mengenai perawatan pasien disampaikan dengan baik
pada saat terjadi perpindahan tanggung jawab dari satu unit ke unit lainnya.

III. RUANG LINGKUP

ndikasi pasien transfer adalah !

"#$ %asien akan dilakukan rawat inap " dari '()%olik linik ke ruang raw at inap$
"*$ %asien mengalami perubahan kondisi perburuk an)perbaikan " dari )ke unit pelayanan intensif,
dari) ke unit rawat inap$ dan juga disesuaikan dengan kriteria keluar)masuk ruang pelayanan
intensif.
"+$ %asien akan dilakukan tindakan) prosedur di unit lain "operasi, endoskopi, pemeriksaan
radiologi, hemodialisa dan lainlain$.

IV. TATA LAKSANA
A. Kondii !" i#n
#. %rosedur trans fer hanya boleh dilak ukan apabila pasien dalam kead aan yang -uku p baik)
stabil)transportable untuk dipindahkan ke unit lain "dapat ditangani dengan aman dengan
fasilitas medik)non medik dan dokter)perawat yang kompeten dalam proses transfernya$.

*. %asien yang akan dit ransfer maka kegawatannya diatasi terlebih dahulu di unit ya ng akan
merujuk.

(okter) perawat yang mentransfer harus berbi-ara dan melakukan serah terima dengan dokter) perawat penerima pasien dan memberikan informasi! . %asien dengan an-aman life saving) yang dirawat)akan dirawat di 2) 22) %2. peristi le3el  dan 42 saat ditransfer harus disiapkan peralatan. 1.+. %asien ditran sfer ke unit lain dengan memp ertimbangkan kesel amatan pasie n. P#("+"$"n D"n O. 0. +. brankard$ harus diperiksa se-ara seksama dan dipastikan bahwa pasien layak dibawa dengan alat tersebut. kelayakan transport dan memenuhi pen-egahan dan pengendalian infeksi. *. P#$%&" P#nd "'!in& T("n)#( #. selama. %etugas pendamping harus mengetahui kondisi pasien. %asien di transfer ke unit lain lain dengan mempertimbangkan kebutuhan transportasi medik "kursi roda. dan ketika sampai di unit yang dituju serta penanganannya meliputi ! "#$ Bantuan untuk sistem kardiorespirasi6 "*$ %emberian -airan dan obato batan sesuai dengan instruk si dokter6 "+$ 9onitor tandatanda 3ital. peristi le3el  dan 42 didampingi oleh perawat yang bersertifikat B5S dan dokter yang bersertifikat A25S6 "*$ %asien yang dirawat di ruang rawat bias a. %asien yang dipindahkan di unit lain harus menyertakan formulir Serah Terima %asien yang berisi kondisi atau status klinis pasien. %roses mentransfer pasien tetap memperhatikan kesinambungan pengobatan & perawatan pasien serta memastikan agar unit lain mampu memenuhi kelanjutan kebutuhan pasien. B. /. berbagai prosedur dan tindakan lain serta kebutuhan pasien selanjutnya.#(-"i #. Sebelum ditr ansfer ke unit lain dipastikan bahwa sudah tersedia tempat perawatan atau fasilitas diagnostik) terapi yang diperlukan tersebut di unit lain. minimal! "#$ 7ksigen "*$ 78imetri "+$ Bagging *. minimal tentang ! "#$ %engelolaan jalan napas penderita6 "*$ 2airan yang telah) akan diberikan6 "+$ %rosedur khusus yang mungkin akan diperlukan6 "$ %rosedur resusitasi dan perubahanperubahan yang mungkin akan terjad i selama dalam perjalanan. Selama proses pemindahan pasien dilakukan obser3asi kondisi pasien sebelum. . didampingi oleh perawat yang bersertifikat B5S. bed. yaitu ! "#$ %asien dengan an-aman life saving) yang dirawat di 2) 22) %2. *. Selama proses pemindahan pasien didampingi oleh perawat dan atau dokter.

"#$ dentitas penderita6 "*$ Anamnesis singkat kejadiannya. fasilitas. "*$ :ormulir harus terisi lengk ap dan ditandatangan oleh petu gas yang melaku kan serah terima. maupun sosial ekonomi. V. 2eklist serah terima pasien poliklinik untuk pasie n dari %olik linik ) rawat jalan ke rawat inap. Berdasarkan pertimbangan faktor penyakit. DOKUMENTASI "#$ %roses transfer antar ruangan didokumentasikan dalam rekam medis pasien menggunakan form ! i. nit 'awat (arurat untuk pemindahan pasien dari '( ke rawat inap6 iii. BAB II TRANSFER PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT RUJUKAN/ I. . Setiap proses pemindahan harus tetap menjaga privacy pasien. . %esanan %indah Ruangan untuk pemindahan pasien antar ruangan rawat inap dan intensif6 ii. ketenagaan. DEFINISI 9erujuk adalah memindahkan pasien ke instansi kesehatan yang memiliki pelayanan & fasilitas yang sesuai dengan status dan kebutuhan pasien akan perawatan lanjutan. termasuk data pra rumah sakit yang pentin g6 "+$ %enemuan awal pada pemeriksaan penderita6 "$ Tindakan yang telah dilakukan6 "/$ Respon terhadap terapi.

a. INDIKASI %asien dirujuk ke Rumah Sakit lain apabila ! (1) Sarana. (7><= skor ? + dijemput oleh perawat yang bersertifikat B5S dan dokter yang bersertifikat A25S. IV. II. atau alat habis pakai yang dibutuhkan pasien tidak tersedia atau dalam perbaikan. TUJUAN %anduan rujukan pasien ini bertujuan menyeragamkan suatu proses rujukan pasien yang aman dan untuk memastikan bahwa informasi penting mengenai perawatan pasien disampaikan dengan baik pada saat terjadi perpindahan tanggung jawab rumah sakit satu ke rumah sakit lainnya. Severe Acute Respiratory Syndrome "SARS$ rujukan dilakukan ke rumah sakit rujukan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan perawatan pasien terkait diagnosa tersebut. dengan ketentuan! "#$ %asien dengan an-aman life saving skor <=>S ? /. %=(ewS=2 @ 0. "0$ Atas permintaan pasien atau keluarga. seperti a3ian influen. petugas. +. %asien dengan gangguan psikiatri psikotik yang membahayakan. "$ %asien dengan gangguan psikiatri psiko tik yang membah ayakan. *. TATA LAKSANA A. (7><= sko r @ + dijemput oleh perawat yang bersertifikat B5S. pasien dengan kasuskasus yang membutuhkan isolasi khusus. III. dilakukan oleh perawat dan atau dokter. %rosedur merujuk hanya boleh dilakukan apabila pasien dalam keadaan yang -ukup baik) stabil) transportable untuk dipindahkan rumah sakit lain "dapat ditangani dengan aman dengan fasilitas medik) non medik dan dokter) perawat yang kompeten dalam ambulance sesuai dengan kategori triage) <=>S) %=(ewS=2) (owne skor$. "*$ %asien dengan skor <=> S @ /. Severe Acute Respiratory Syndrome "SARS$. Kondii !" i#n #.a . (3) %asien yang memerlukan tindakan segera tetapi dokter tidak ada di tempat. sepe rti a3ian influen. %emindahan pasien ke rumah sakit lain. %asien yang aka n dirujuk maka keg awatannya diatasi terlebih dahulu di unit yang akan merujuk. "/$ %asien dengan kasuskasus yang membutuhkan isolasi khusus. (2) %asien yang memerlukan rawat inap tetapi kamar rawat inap di Rumah Sakit Awal Bros Batam tidak tersedia "penuh$. . %=(ewS=2 ? 0.

%asien d engan an -aman life saving ) yang dirawat)akan dirawat di 2) 22) %2. kelayakan transport dan memenuhi pen-egahan dan pengendalian infeksi. %etugas yang mendampingi pasien harus mengetahui kondisi pasien. minimal tentang! "#$ %engelolaan jalan napas penderita "*$ 2airan yang telah ) akan diberikan "+$ %rosedur khusus yang mungkin akan diperlukan "$ %rosedur resusitasi dan perubahanperubahan yang mungkin akan terjadi selama dalam perjalanan. *. %roses meruju k pasien tetap memp erhatikan kesinambungan pengo batan & perawatan pasien serta memastikan agar instansi kesehatan lain mampu memenuhi kelanjutan kebutuhan pasien6 *. selama dan ketika sampai di tempat tujuan serta penanganannya meliputi! "#$ Bantuan untuk sistem kardiorespirasi6 "*$ %emberian -airan dan oba tobatan sesuai instr uksi dokter6 "+$ 9onitor tandatanda 3ital."$"n d"n P#(""$"n #. %erawat melakukan serah terima dengan petugas yang menerima pasien mengenai! "#$ dentitas penderita "*$ Anamnesis singkat kejadian. termasuk data pra rumah sakit yang penting "+$ %enemuan awal pada pemeriksaan penderita "$ Tindakan yang telah dilakukan "/$ Respon terhadap terapi. 0. . Setiap proses pemindahan harus tetap menjaga privacy pasien. K#in"'. pengobatan dan peraw atan lanjutan ter-antum dalam form ulir rujukan. +. %asien di rujuk ke rumah sakit lain denga n mempertimbangkan kebutuhan tran sportasi medik harus diperiksa se-ara seksama dan dipastikan bahwa pasien layak dibawa dengan mobil ambulance. berbagai prosedur dan tindakan lain serta kebutuhan pasien selanjutnya. %asien di rujuk ke rumah sakit lain dengan mempe rtimbangkan keselamatan pasie n. . Selama proses pemindahan pasien didampingi oleh perawat dan atau dokter. B. %etugas unit terk ait mema stikan bahwa suda h tersedia tempat perawatan atau fasi litas diagnostik) terapi yang diperlukan tersebut di rumah sakit lain. %asien yang aka n dirujuk harus menyertakan sali nan resume medis kepada dokter yang bertanggung jawab terhadap kelanjutan pelayanan kesehatannya di tempat rujukan. minimal! "#$ 7ksigen "*$ 78imetri "+$ Bagging /. ##. Resume ini berisi kondisi atau status klinis pasien. peristi le3el  dan 42 saat ditransfer harus disiapkan peralatan. 1. yaitu ! . #C.%n&"n P#n&o. Setiap pemindahan harus tetap menjaga pri3asi pasien. P#$%&" P#(%% #. Kebutuhan diag nostik. . . Selama proses pemindahan pasien dilak ukan obser3asi kond isi pasie n sebelum.

(owne skor @ + didampingi oleh perawat yang bersertifikat B5S. %etugas yang mengantar melakukan serah terima pasien kepada petugas rumah sakit terkait dengan menandatangani formulir Surat Rujukan %asien. 2opy Surat Rujukan pasien disimpan dalam rekam medis pasien. %=(ewS=2 ? 0. (owne skor ?+ didampingi oleh perawat yang bersertifikat B5S dan dokter yang bersertifikat A25S. DOKUMENTASI #. Selama proses pemindahan pasien dilakukan obser3asi kondisi pasien sebelum. skor <=>S D /. masker oksigen$ dan oksimetri. +. alat bantu nafas "bagging. %=(ewS=2 @ 0. (okumentasi terdiri dari nama rum ah sakit dan nam a petugas yang siap mener ima pasien. "#$ %asien dengan an-aman life saving. %etugas pendamping harus mengetahui kondisi pasien. V. (owne skor ? +6 %asien dengan skor <=>S @ /. termasuk data praru mah sakit yang pentin g6 "+$ %enemuan awal pada pemeriksaan penderita6 "$ Tindakan yang telah dilakukan6 "/$ Respon terhadap terapi. /. %asien dengan an-aman life saving. selama. . minimal tentang ! "#$ %engelolaan jalan napas penderita6 "*$ 2airan yang telah)akan diberikan6 "+$ %rosedur khusus yang mungkin akan diperlukan6 "$ %rosedur resusitasi dan perubahanperubahan yang mungkin akan terjadi selama dalam perjalanan. . dan ketika sampai di tempat rujukan serta penanganannya meliputi ! "#$ Bantuan untuk sistem kardiorespirasi6 "*$ %emberian -airan dan obatobatan sesuai deng an instruksi dokter6 "+$ 9onitor tandatanda 3ital. alasan rujukan dan persyaratan khusus untuk pelaksanaan rujukan misalnya kebutuhan ruang khusus "intensif$. +. %=(ewS=2 ? 0. *. /. *. "*$ %asien dengan skor <=>S @ /. skor <=>S D/. (owne skor @ + saat ditranspo rt harus disediakan peralatan minimal! oksigen. (okter) per awat yang merujuk harus berbi-ara dan melakukan serah terim a dengan dokter) perawat penerima rujukan. dan memberikan informasi ! "#$ dentitas penderita6 "*$ Anamnesis singkat kejad iannya. %=(ewS= 2 @ 0. %roses pemindahan didokumentasikan dalam rekam medis pasien. 5embar surat rujukan asli diserahkan kepada rumah sakit yang menerima pasien. .