PEMERINTAH KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

DINAS PENDIDIKAN
A.

SMP NEGERI 3 SATU ATAP HARUYAN

DESA MANGUNANG, KEC HARUYAN KAB. HST. 71363 E-mail : smpn3haruyan@yahoo.co.id atau dhatobeben@yahoo.com HP. 081348635747

1

KATA PENGANTAR Berhasilnya suatu program sangat ditentukan oleh para pelaksananya. Oleh karena itu faktor manusianya sangat dominan. Harus kita sadari bahwa profesi yang kita hadapi setiap hari adalah sebuah profesi yang benar-benar sesuai dengan keinginan kita dan menjadi seorang guru bukanlah suatu pekerjaan untuk mencari materi semata, melainkan menjadi seorang guru yang professional, memiliki dedikasi dan semangat yang tinggi disertai rasa tanggungjawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menciptakn generasi bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cerdas, Terampil dan Berbudi Pekerti Luhur. Kerja sama dalam upaya mencapai tujuan mutlak kita lakukan dengan terus melakukan evaluasi dan perbaikan, mengetahui kekuatan dan kelemahan, menganalisa permasalahan dengan sebaik-baiknya yang selanjutnya mencari solusi yang tepat dalam mengatasi masalah yang terjadi. Berkenaan dengan hal tersebut, sebagai Kepala SMP Negeri 3 Satu Atap Haruyan, sewajarnya saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh Guru dan Tata Usaha untuk meningkatkan Kinerja serta kerjasama yang sudah terbina selama ini dengan terus melakukan inovasi dan kreasi pada program kerja masing-masing sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada sehingga mampu mencapai target-target yang telah ditentukan dengan hasil yang memuaskan. Dengan memohon pertolongan Allah SWT, besar harapan saya kita semua mau berusaha dan bekerjasama dengan dilandasi oleh semangat keikhlasan dan kebersamaan dalam suasana rasa kekeluargaan yang tinggi. Semoga Allah memberkahi segala amal dan bakti kita. Amin. Mangunang, Juli 2010 Kepala SMPN 3 Satu Atap Haruyan, SARBAINI,S.Pd,MM NIP. 19640810 198601 1 007

2

3 .

Kondisi ini harus tercermin kenyataan sebagai berikut : a.BAB I PENDAHULUAN A. administrasi yang teratur mengenai kurikulum. memahami dan mampu menerapkan berbagai metode mengajar yang sesuai dan dapat membuat satuan pelajaran yang akan dilaksanakan dimuka kelas. c. dimanfaatkanya alat pengumpul data dalam upaya membantu mengatasi permasalahan siswa. Kesiswaan. pengarahan. memahami sistem pengajaran yang dikembangkan pada saat sekarang. keuangan. RAPBS. Personalia. 4 . baik personal dan non personl. pengorganisasian. Pengelolaan sekolah adalah tanggungjawab Kepala Sekolah dan mempertanggungjawabkan pekerjaannya kepada Allah Swt dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Meningkatnya pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sekolah yang dapat dilihat dengan adanya: ruang bimbingan dan perlengkapannya. menguasai materi secara luas dan dalam. struktur organisasi sekolah. perlengkapan dan hubungan masyarakat. Kepala Sekolah menyelenggarakan Administrasi Kurikulum. Kepala Sekolah menyelenggarakan perencanaan. Keuangan dan Perlengkapan. 2) Supervisor. Secara operasional Kepala Sekolah menyelenggarakan supervisi pendidikan baik yang berhubungan dengan kegiatan mengajar. personalia. kegiatan bimbingan dan konseling maupun yang bersifat kokurikuler. Keadaan ini akan terlihat jika sekolah tersebut memiliki rencana kerja tahunan. RASIONAL. pengkoordinasian dan pengawasan. Meningkatkan pengelolaan administrasi sekolah baik administrasi sebagai substantif maupun administrasi sebagai proses kegiatan. b. Kepala Sekolah harus mendayagunakan segala potensi yang ada di sekolah. Kepala sekolah berkewajiban mengusahakan terealisasinya perencanaan sekolah yang tercantum dalam Program Tahunan Sekolah. Meningkatnya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dapat terlihat dengan adanya guru yang memahami kurikulum dengan baik. daftar pembagian tugas dan daftar pelajaran. Tugas Kepala Sekolah adalah sebagai : 1) Administrator. kesiswaan.

5. e. Mengawasi pelaksanaan program. Mendelegasikan tanggungjawab tertentu kepada petugas yang ditunjuk. 4. 1. UKS. 2.d. D. d. Upacara Bendera. Pedoman umum penyelenggaraan administrasi sekolah menengah tahun 2004. Kesiswaan. B. TUJUAN PENYUSUNAN. PEMBAGIAN TUGAS DAN HUBUNGAN KERJA. Meningkatnya pengelolaan Wiyata Mandala. Hasil pengamatan dan pengalaman kerja selama menjadi guru dan pembantu Kepala Sekolah. Mempermudah terwujudnya koordinasi. Memberi arah kerja. Meningkatkan mutu pendidikan. OSIS. pembekalan keterampilan serta latihan berorganisasi dimasyarakat. 3. DASAR PENYUSUNAN. Pramuka. Keuangan. Bertanggungjawab terhadap seluruh kegiatan sekolah yang meliputi bidang : o o o o o o o Pengajaran. 3. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Menunjang kelancaran pelaksanaan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Membuat rencana program sekolah secara menyeluruh. 7 K. Hubungan sekolah dengan masyarakat b. 4. 5. Koperasi Sekolah dan ekstra Kurikuler lainnya. 5 . 1. Personalia. penanaman sikap. c. a. C. Kepala Sekolah. 2. e. 1. PMR. Meletakan landasan kerja. Peralatan pengajaran. Hasil evaluasi kerja sebelumnya. Gedung dan perlengkapan sekolah. Meningkatnya kokurikuler sebagai alat pendalaman pelaksanaan. Mengadakan kerjasama dengan lembaga diluar sekolah. Hasil pengawasan dan suvervisi pengawas. Bapopsi.

f. Membantu mengurus ketatausahaan sekolah baik bersifat umum maupun khusus b. mewakili kepala sekolah kedalam dan keluar apabila kepala sekolah penyelenggaraan Ulangan Semester. Melaksanakan supervisi. 2. Membantu tugas kepala sekolah dalam hal tertentu. pengembangan dan pemeliharaan sarana pendididkan. membantu kegiatan supervisi. h. c. a. 4. keuangan dan material. Membantu mengurus inventaris sekolah. Membantu kepala sekolah dalam : o Membuat rencana/program sekolah o Mengawasi pelaksanaan program o Mendelegasikan tanggungjawab kepada :  pengawas harian  wali kelas  petugas lainnya o   o Mengatur dan merencanakan pelaksanaan upacara bendera upacara keagamaan dan hari-hari besar agama Merencanakan dan membuat serta melaksanakan Wakil Kepala Sekolah. Ujian akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN). Membantu mengurus kegiatan pengadaan. d. Urusan Pengajaran a) b) Membantu mengurus kegiatan kurikuler dan ko-kurikuler. Memeriksa persiapan mengajar guru. 3. g. menyusun program inservice training bagi guru– guru dan staf lainnya. Mengawasi dan mengontrol pelaksanaan program. serta penerimaan siswa baru. Urusan Administrasi a. 6 . b. Membantu mengurus kepegawaian. berhalangan.

Bertugas dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan laboraturium. Mengadakaan inventarisasi ulang. 7. Menertibkan pinjaman dan pengambalian buku paket dan koleksi buku. a. jam kosong untuk kelas yang mengajar berhalangan hadir. Mengevaluasi kegiatan siswa membaca buku perpustakaan Menyusun / meminjamkan buku paket yang di terima. Mengajukan program penambahan bahan. 7 . a) Membantu memberi penjelasan tentang kebijaksanaan sekolah. Mengatur peminjaman. situasi dan b) Menampung saran–saran pendapat masyarakat untuk memajukan sekolah.c) d) 6. Mengatur alat–alat : • • • • c. d) Membantu menyusun alat–alat dan penyelenggaraan penilaian siswa. 8. Membuat jadwal pemakaian alat dan tertib Mengadakan Perbaikan. Mengusahakan penambahan koleksi buku. Bersama pengawas harian dan pembantu umum mengatur pengisian jam– Membantu usaha di dalam mengembangkan penilaian kegiatan sekolah. Urusan Pengabdian Masyarakat. 9. b. c) Membantu guru dan staf sekolah lainnya di dalam membina pribadi siswa agar mencapai perkembangan dan penyesuaian siswa yang optimal. e) Membantu usaha–usaha di bidang kesehatan dan kesejahteraan sosial siswa ( UKS dan Pramuka ). Urusan Bagian Perpustakaan a) b) c) d) e) f) g) Bertugas dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan perpustakaan. Meningkatkan pemakaian laboraturium Urusan Pembinaan siswa a) Membina kegiatan OSIS b) Membantu penyelenggaraan program BP/BK dibidang pelayanan siswa. Urusan Bagian Laboraturium. Mengadakan inventarisasi ulang. perkembangan sekolah kepada masyarakat terutama kepada orang tua siswa.

Pengamatan terhadap sikap dan perkembangan siswa.c) Membantu mewujudkan kerja sama dengan lembaga yang berhubungan dengan usaha kegiatan pengabdian masyarakat. d) Pemberian informasi dan oriantasi e) Bantuan penyuluhan kepada siswa baru yang memerlukan. g) Membuat laporan. Menyediakan berbagai fasilitas yang di perlukan . Konsultasi dengan seluruh staf sekolah. d) Mengadakan kontak secara kontinu terhadap pengurus komite sekolah agar terjalin kerja sama yang harmonis untuk kemajuan sekolah. Pengumpulan data siswa. Pengisian raport secara lengkap. Mengumpulkan berbagai informasi. Pembuatan peta kelas. Mengawasi hubungan sosial seorang siswa dengan individu lainnya a) Bertanggung jawab terhadap pengelolaan kelas baik teknik administrasi dilihat dari berbagai segi seperti frekwensi pergaulan dan populaitas pergaulan. 8 . • Data psikis siswa baru. • Keadaan keluarga dan lingkungan sosial siswa yang baru maupun lama. c) Pengumpulan : • Identitas pribadi siswa baru. Urusan Wali Kelas maupun segi edukatif. 11. • Mengidentifikasi siswa yang memerlukan bantuan. f) Bantuan dalam kesulitan belajar yang di hadapi siswa.teliti dan rapi. meliputi : • • • • • • Pengisian daftar kumpulan nilai secara lengkap. 10. Urusan Bimbingan Penyuluhan a) Bertugas dan Bertanggung jawab melaksanakan bimbingan dan penyuluhan b) Tahap Persiapan : • • • • Program dan bimbingan dan penyuluhan.

Turut serta aktif dalam usaha melaksanakan kegiatan program BP / BK Memberikan pelayanan instruksional (KBM) Meneliti dan memperlihatkan kesulitan dan kemajuan siswa. c. daftar hadir siswa harus di periksa setiap akhir minggu kemudian di tanda tangani setiap akhir bulan. a. f. 9 .b) Wali kelas harus memperhatikan kelengkapan kelas yang meliputi : Absen siswa. d. b. e. Denah tempat duduk siswa Daftar pengurus siswa Jadwal Pelajaran Jadwal kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler Kelompok kegiatan kurikuler Alat–alat pelajaran umum yang harus ada di kelas dan terjaga Papan Tulis Penghapus papan tulis Penggaris panjang segitiga dan siku – siku Jangka Sapu aduk Tempat Sampah Taplak Meja Vas bunga Gambar Presiden dan Wakilnya Lambang Garuda Pancasila dengan baik :            12. Guru–guru Guru adalah tenaga edukatif yang bertanggung jawab melaksanakan tugas mendidik dan mengajar. daftar hadir tersebut ditarik dan di adakan rekapitulasi di pindahkan ke dalam daftar kelas. g. Membuat Program Pembelajaran Membuat dan menjabarkan program tahunan menjadi program semester 1 dan 2 Menyiapkan kisi – kisi alokasi waktu untuk bidang mata pelajaran Membuat laporan target kurikulum yang di capai serta kemampuan daya serap siswa pada setiap akhir semester.

10 .h. Berperan serta dalam peningkatan wawasan wiyatandala dan penampilan sekolah keseluruhan.

Pengarahan di berikan dalam rapat kerja dan kesempatan–kesempatan lain yang memungkinkan dan dianggap perlu. Pengkoordinasian Mengusahakan hubungan kerja diantara fungsi–fungsi dan bagian-bagian dalam stuktur organisasi sekolah dapat berjalan serasi. Pengorganisasian Mengatur pola kerja sama antara fungsi–fungsi dan bagian dalam struktur organisasi sekolah dengan menentukan tugas. 5. c. Pelaksanaan kurikulum d. c. 2. 4. wewenang dan batas tanggung jawab masing–masing. 3. Jenis Kegiatan Cara Melaksanakan Peralatan yang di perlukan Pelaksanaan kegiatan ( Pesonalia ) Jadwal Kegiatan. Pelaksanaan tata tertib e. Keamanan sarana dan prasarana 11 Mengadakan pemeriksaan terhadap : . 1.BAB II JENIS KEGIATAN A. Kesesuaian hasil kerja dan cara kerja dengan rencana b. Pelaksanaan tugas f. d. selaras dan seimbang sehingga dapat dicapai tujuan secara efektif. Pengawasan a. KEGIATAN UMUM. Pengarahan Memberikan pengarahan kerja kepada para staf. Menyusun Program Pada permulaan tahun ajaran disusun program tahunan dan program semester dengan menentukan : a. dan guru-guru agar setiap fungsi dapat berjalan dengan lancar. b. Ketetapan pelaksanaan menjalankan tugas. Perlu adanya komunikasi dua arah yang dianjurkan melalui rapat kerja dan kesempatan-kesempatan lain. e.

Rapat akhir tahun. Mengadakan evaluasi terhadap hasil kerja selama satu tahun Mengadakan langkah-langkah perbaikan yang perlu dilaksanakan untuk menyusun program tahunan berikutnya. b. b. waktu mengajar. b. serta kelas mana guru dan siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar. jumlah jam. b. Jadwal pelajaran harus sudah siap pada tiap permulaan semester. Hari-hari pertama masuk sekolah Melaksanakan acara hari-hari pertama masuk sekolah berupa oreantasi dan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru dan melaksanakan kebersihan bagi siswa kelas I. 12 . Kegiatan belajar mengajar selama bulan puasa Mengatur kegiatan belajar mengajar selama bulan puasa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menetapkan dan mengusahakan langkah-langkah perbaikan yang Pembagian tugas untuk bulan berikutnya Diadakan setiap awal bulan setelah rapat MKKS.II dan III c. Diadakan setiap akhir tahun ajaran dengan tujuan : a. B. KEGIATAN KHUSUS 1. 7. hasil kerja selama satu bulan.6. Tes formatif Kegiatan tes formatif di serahkan kepada guru bidang studi yang bersangkutan setelah menyelesaikan suatu pokok / sub pokok bahasan. dengan tujuan : perlu pada bulan berikutnya. d. Pengajaran a. Laporan Sekolah Melaporkan segala kegiatan sekolah kepada kantor Dinas Pendidikan sesuai dengan jadwal yang di tetapkan. Pembuatan jadwal pelajaran Pembuatan jadwal pelajaran ini untuk menentukan bidang studi. Mengadakan evaluasi terhadap. Rapat evaluasi setiap bulan a.

e. Ujian Akhir Sekolah ( UAS / UAN ) Kegiatan yang berkaitan dengan UAS /UAN meliputi antara lain : a) Pendaftaran calon peserta UAS / UAN b) Pengumpulan pas foto c) Penentuan batas menyerahan naskah d) penentuan panitia e) Membuat daftar pemeriksaan hasil UAS/UAN f) Membyat jadwal pengawas g) Menentukan nomor dan ruang peserta h) Menyiapkan daftar kumpulan nilai i) Membuat laporan penyelenggaraan. Guru BP /BK mengumpulkan nilai dan menganalisa serta membuat laporan. Tes sumatif Kegiatan sumatif dilaksanakan setiap semester. Kenaikan Kelas Ditentukan dalam rapat kenaikan kelas dalam pedoman kriteria kenaikan kelas di tentukan pada rapat kenaikan kelas yang diadakan pada akhhir tahun. 13 . Laporan Hasil Belajar Laporan hasil belajar siswa kepada orang tua atau wali : • Tiap hasil ulangan di ketahui oleh orang tua • Raport di serahkan kepada orang tua • Nilai raport di masukkan kedalam buku induk h. untuk pelaksanaan dapat berupa: • • Ulangan umum bersama Ulangan terpimpin Nilai tes sumatif harus sudah di serahkan kepada bagian pengajaran / wali kelas pada waktu yang telah di tentukan. f. g.

Penerimaan Siswa Baru Kegiatan yang berkaitan dengan penerimaan siswa baru yang sesuai dengan juklak antara lain meliputi : a) Menyiapkan formulir pendaftaran b) Menyiapkan kumpulan daftar calon c) Menyiapkan nomor dan uang pendaftaran d) Membentuk panitia pendaftaran e) Membuat ranking peserta f) Pengumuman di terima g) Pendaftaran ulang h) Membuat laporan penyelenggaraan penerimaan siswa baru sesuai ketentuan 2. Pembinaan Kesiswaan ( OSIS ) a. Mutasi siswa c. 14 . Bimbingan Konseling a. Pengisian buku induk kelas I Dalam pengisian buku induk perlu adanya kesesuaian nama siswa.i. e. Penetapan siswa dalam kelas yang dilaksanakan pada awal tahun ajaran b. tempat tanggal lahir dan nama orang tua dengan akta kelahiran dan ijazah /STTB. Informasi masuk ke SMA/SMK/MA bagi siswa kelas III agar siswa memperoleh informasi lebih banyak tentang SMU yang menyangkut : a) Situasinya b) Jurusan yang ada c) Syarat – syarat masuk 3. Konsultasi individu dengan siswa Kegiatan ini diselenggarakan secara rutin apabila ada siswa yang membutuhkan konsultasi dengan guru BP / BK atau siswa BP / BK merasa perlu mengadakan konsultasi dengan siswa d. Hari-hari pertama masuk sekolah menyelenggarakan masa perkenalan sesuai dengan petunjuk dari direktorat kesiswaan.

b. Acara dalam liburan besar Agar kegiatan siswa tetap terarah tersalurkan maka dalam liburan besar diadakan kegiatan ekstra kurikuler. Memelihara hubungan baik dengan komite sekolah. Hubungan ini terjalin dengan jalan : 15 . c. Pengabdian Masyarakat. b. b) Laporan Hasil belajar. a. c. Hubungan sekolah dengan instansi/ lembaga dalam lingkungan Hubungan sekolah dengan masyarakat a) Pertandingan olahraga b) Pementasan karya seni c) Geraka sosial membantu korban bencana alam d) Kerja bakti siswa. seperti pesantren kilat. menyantuni anak yatim. a) Pertemuan kepala sekolah dan guru dengan komite sekolah dan orang tua murid.b. c) Konsultasi dengan orang tua murid perihal perkembangan putra – putrinya. 4. d. c. a. 5. Reformasi Pengurus Karena masa jabatan pengurus lama telah berakhir maka perlu diadakan pemilihan pengurus baru. Menyusun Program Pengurus baru menyusun program kerja untuk memberikan arah dan landasan kerja dalam melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler. Personalia. Inventaris personalia (DUK ) Mengadakan pendataan terhadap staf pengajar dan karyawan mengenai : Masa Kerja Jumlah keluarga Dinas Pendidikan terutama yang berada di kecamatan dan di kabupaten. d. Hubungan siswa dengan orang tua siswa Memberikan informasi kepada orang tua siswa tentang perkembangan dan situasi sekolah serta tentang perkembangan putra – putrinya dengan jalan . karya wisata dll.

a) b) j. a) b) c) k. e.  Mengatur pembagian tugas para karyawan Membantu pembagian tugas guru Mengetur keserasian beban tugas guru Mengatur formasi guru / karyawan Kenaikan gaji dan kenaikan pangkat Membuat usul kenaikan gaji guru / karyawan. Pengajaran a) Buku pelajaran Mengatur dan melaksanakan : 1) Inventaris buku pelajaran 2) Pinjaman kepada siswa 3) Pengembalian siswa 16 . g. Perlengkapan / peralatan a. Pangkat / Golongan Bidang studi yang diajarkan Jumlah jam mengajar Penataran] Formasi guru / karyawan a) b) c) d) i. Membuat usulan kenaikan pangkat guru ( DUPAK ) dan Kesejahteraan sosial Mengatur pembagian dana yang di peroleh dari sumber yang Mengusahakan sedikitnya satu stel pakaian dalam satu tahun Mengembangkan koperasi simpan pinjam Pengisian jam kosong Apabila ada jam kosong karena guru sakit / absen maka di adakan pengisian oleh :     Guru piket Guru yang mempunyai jam kosong Kepala sekolah / wakil kepala sekolah Apabila jam kosong di sebabkan karena guru sakit / cuti untuk waktu yang lama maka perlu diadakan penyesuaian jadwal pengajaran sesuai menurut pembagian yang adil karyawan yang memenuhi syarat 6. h.d. f.

gedung dan halaman Perabot sekolah Inventarisasi Melakukan perbaiakan Mengusahakan penambahan Melakukan pengganti Gedung Mengadakan perbaikan Pengecatan ulang Mengadakan penyempurnaan / 17 . a) 1) 2) 3) 4) b) 1) 2) 3) penambahan fasilitas Sekolah.b) Buku Perpustakaan 1) Inventarisasi 2) Mengusahakan tambahan buku koleksi buku 3) Memperbanyak dan memperbaiki kartu peminjaman 4) Perawatan / pemeliharaan dengan baik c) Laboraturium 1) Inventarisasi dan servis peralatan laboratorium 2) Penambahan peralatan laboratorium 3) pembelian bahan-bahan keperluan praktek siswa 4) Pengaturan alat dan perlengkapan 5) Mengatur tata tertib pemakaian alat 6) Meningkatkan pemakaian laboratorium d) Olah Raga 1) Inventarisasi peralatan olah raga 2) perbaikan dan penambahan fasilitas olah raga 3) Meningkatkan kegiatan-kegiatan olah raga e) Keterampilan 1) Inventarisasi peralatan dan perlengkapan 2) Mengadakan perbaikan dan penyempurnaan alat keterampilan 3) Mengusahakan penambahan peralatan 4) Mengatur tata tertib pemakaian b.

4) dan berkala 5) 6) c) 1) tiap hari oleh petugas 2) Halaman Meningkatkan kebersihan secara rutin Meningkatkan keindahan Mengusahakan rehabilitasi Membarsihkan halaman Memelihara tanaman bunga dan penghijauan Membersihkan air. Penerimaan Membukukan penerimaan uang dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengelolaan a) Menerima uang yang di terima sebagai mana mestinya menurut yang berlaku. shalat dan ibadah lainnya. 7. b) c) Pertanggung Jawaban keuangan sesuai ketentuan Penggunaan dana berasal dari BOS 18 . b. Keuangan a. got di sekeliling kelas Mengeraskan dengan pasir dan batu kerikil Memlihara tempat sepeda Menyediakan sampah setiap kelas Mushalla 1) 2) 3) Merawat mushalla agar tetap bersih Melengkapi sarana mushalla Meningkatkan penggunaan mushalla untuk keperluan pagar. saluran halaman WC dan tempat 3) 4) 5) 6) d) keagamaan seperti pengajian Al-Qur’an.

Berhasil tidaknya program kerja ini sagat bergantung kepada pelakunya. Namun demikian kita semua harus optimis bahwa kita semua akan melaksanakan tugas kita masing-masing dengan penuh tanggungjawab dengan penuh semangat dan dedikasi dan disiplin yang tinggi guna mengabdi kepada Nusa. Amin.Dipergunakan sesuai dengan program yang telah di usulkan kepada manajer BOS dengan persetujuan Komite Sekolah dan telah di setujui oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bangsa dan Negara. Membuat laporan pertanggung jawaban keuangan yang sudah diketahui dan disetujui Komite Sekolah kepada Pemerintah melalui Manajer BOS Kabupaten Hulu Sungai Tengah setiap Triwulan dan Semester. 19640810 198601 1 007 19 .Pd. Semoga Allah Swt selalu melimpahkan Taupik dan Hidayah-Nya serta memberikan kekuatan dan kemudahan kepada kita semua. III PENUTUP Demikian program kerja ini disusun untuk memberikan arah serta pedoman kegiatan di SMP Negeri 3 Satu Atap Haruyan khususnya bagi guru dan staf Tata Usaha dan petugas sekolah lainnya. Mangunang.S. Kepala Sekolah.MM NIP. BAB. Sarbaini. Juli 2010. Dan yang lebih penting lagi bahwa kita semua akan mempertanggungjawabkan semua pekerjaan kita kepada Allah Swt. kesungguhan dan ketulusan serta keikhlasan personil sekolah dalam melaksanakan tugas yang diembankan menentukan ketercapaian dari program kerja ini.

20 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful