You are on page 1of 8

SATUAN ACARA PENYULUHAN

AKUPRESSURE ASAM URAT

Disusun Oleh :
YULIA NUR CAHYANI
I4B017040

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
PROGRAM PROFESI NERS
JURUSAN KEPERAWATAN
PURWOKERTO
2018

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Bidang Studi : Keperawatan keluarga

R Hari/ Tanggal : Jumat. Demonstrasi III. MEDIA 1. 8 Juni 2018 Waktu : pukul 09.00 sampai selesai I. Mengetahui tanda dan gejala Asam Urat d. Tujuan Instruksional Umum (TIU) Pada akhir proses penyuluhan peserta dapat mengetahui tentang Asam Urat dan manfaat akupresur Asam Urat 2. Evaluasi struktur a. KRITERIA EVALUASI 1. Penyelenggaraan penyuluhan dilaksanakan oleh mahasiswa c. TUJUAN 1. METODE 1. Semua peserta hadir dalam kegiatan b. Mengetahui penyebab Asam Urat c. diharapkan lansia dapat : a. Mengetahui manfaat dari akupresur Asam Urat e. Pokok Bahasan : Asam Urat Sub Pokok Bahasan : Akupresur pada Asam Urat Sasaran : Lansia Tempat : Rumah Ny. Pengorganisasian penyelenggaraan penyuluhan dilakukan sebelumnya . Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Setelah diberikan pendidikan kesehatan. Tanya jawab 3. Mengetahui pengertian Asam Urat b. Ceramah 2. Leaflet IV. Mengetahui cara melakukan akupresur Asam Urat II.

Peserta mengetahui tentang pengertian Asam Urat b. 2. Peserta tidak meninggalkan tempat penyuluhan c. Peserta mengetahui tanda dan gejala Asam Urat d. Peserta mengetahui penyebab Asam Urat c. Peserta antusias terhadap materi yang diberikan b. Evaluasi hasil a. Evaluasi proses a. Peserta mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara benar 3. Peserta mengetahui manfaat dari akupresur Asam Urat e. PROSES PELAKSANAAN KEGIATAN NO KEGIATAN PENYULUH WAKTU MEDIA METODE PESERTA 1 Pembukaan :  Membuka kegiatan  Menjawab 5 menit ceramah dengan mengucapakan salam salam  Mendengarkan  Memperkenlakan diri  Memperhatikan  Menjelaskan tujuan dari penyuluhan  Memperhatikan  Menyebutkan materi yang akan diberikan 2 Pelaksanaan :  apersepsi mengenai  menjawab 15 menit Tanya jawab pengertian Asam Urat pertanyaan dan ceramah  memberikan reward  Memperhatikan  mengklarifikasi dengan  Mendengarkan menjelaskan tentang pengertian Asam Urat  menanyakan tentang  Menjawab penyebab pertanyaan  memberikan reward  Memperhatikan  mengklarifikasi dengan  mendengarkan menjelaskan tentang penyebab Asam Urat  menanyakan tentang cara pencegahan Asam  Menjawab . Peserta mengetahui cara melakukan akupresur Asam Urat V.

4 Terminasi :  Mengucapkan terima  Mendengarkan 5 menit kasih atas peran peserta  Menjawab salam  Mengucapkan salam penutup . pertanyaan Urat  memberikan reward  Memperhatikan  mengklarifikasi dengan  Mendengarkan menjelaskan tanda dan gejala Asam Urat  Menjawab  menanyakan manfaat pertanyaan senam Asam Urat  Memperhatikan  memberikan reward  Memperhatikan  mengklarifikasi dengan menjelaskan tentang manfaat akupresur Asam Urat  Memperhatikan  mengajarkan bagaimana akupresur Asam Urat untuk mengatasi  Bertanya Demonstrasi gangguan persendian dan ceramah  memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya 3 Evaluasi :  menanyakan kepada Menjawab 5 menit peserta tentang materi pertanyaan penyuluhan yang telah diberikan. mengevaluasi tentang materi yang telah disampaikan dan reiforcement kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan.

VI. dan perubahan hormone. Penyebab Dapat berasal dari faktor genetik atau faktor resiko lingkungan tertentu yang dapat menyebabkan kekacauan daya tahan tubuh atau gangguan autoimun. Apakah penyebab Asam Urat? 3. Pengertian Asam Urat adalah penyakit yang sifatnya menahun dan menghambat aktivitas penderitanya. PERTANYAAN EVALUASI 1. pembengkakan pada sendi. Bagaimana cara melakukan akupresur Asam Urat? Lampiran : ASAM URAT A. kelelahan. C. makanan. Apa saja tanda dan gejala Asam Urat? 4. kegemukan. Apakah yang dimaksud dengan Asam Urat? 2. Nyeri ketika melakukan aktivitas sehari-hari. jenis kelamin. bahkan kelainan bentuk tubuh sering dialami orang yang menderita Asam Urat B. Apa manfaat dari akupresur Asam Urat? 5. kaku. umur. Tanda dan Gejala .

pasien ditanya apakah terlalu keras. diperhatiakan reaksi anak terhadap tehnik pemijatan untuk mengetahui apakah tehnik pemijitan tersebut menyakitkan atau tidak 7) Akhir pemijatan diberitahukan kepada pasien . Tindakan persiapan meliputi : 1) Persiapan alat dan bahan ( seperti alat bantu pijat. kream.  Nyeri pada persendian setelah beraktivitas  Nyeri terasa saat terjadi perubahan cuaca dari panas ke dingin  Terjadi peradangan dan hilangnya fleksibilitas sendi  Sendi terlihat kemerahan dan berasa panas  Sendi terasa kaku di pagi hari lebih dari 1 jam  Sendi bengkak tanpa sebab yang jelas  Gerak terbatas. Manfaat Akupresur Asam Urat  Memperlancar aliran darah  Mengurangi nyeri persendian  Merelaksasikan otot  Memperlancar pengeluaran zat purin dari dalam tubuh E. Misalnya sulit bangun dan memakai pakaian D. tekanan dikurangi karena bisa menyebabkan memar 6) Khusus pada pasien anak. minyak urut) 2) Persiapan diri (mencuci tangan dengan sabun) 3) Persiapan pasien ( pasien dibeli penjelasan dan diposisikan sesuai kebutuhan. Cara melakukan akupresur Asam Urat a. berbaring atau dalam posisi duduk yang nyaman b. Melakukan pemijatan akupresur 1) Oleskan minyak atau krim secukupnya pada lokasi yang akan dipjiat jika diperlukan 2) Lakukan pemijatan pemanasan dengan memijat ringan pada jalur meridian terpilih atau daerah sekitar tempat keluhan 3) Lakukan pemijatan utama pada lokasi yang diinginkan dan pada titik-tiik akupresur terpilih 4) Pemijatan diakhiri dengan tehnik relaksasi. Jika terlalu keras atau sakit . lotion. yaitu dengan pemijatan ringan pada daerah sekitar tempat pemijatan utama 5) Selama pemijatan.

2. dan 6 merupakan titik refleksi kelenjar adrenal.5. . jantung dan kelenjar limpa untuk memperlancar sirkulasi darah dan kekebalan tubuh Nomor 7 dan 8 adalah titik akupresur yang terletak 3 jari diatas sendi dan jempol kaki kanan dan kiri Nomor 9 dan 10 adalah titik akupresur yang terletak di sendi atas jempol kanan dan kiri Nomor 11 adalah titik refleksi sendi lutut kanan dan kiri Nomor 12 adalahtitik akupresur yang terletak 4 jari di bawah tempurung lutut samping tulang kering atas kanan dan kiri Akupresur ini sebaiknya dilakukan setiap sebelum tidur. Berikut titik yang digunakan untuk akupresur : Nomor 1. dan 3 merupakan titik refleksi ginjal saluran kencing dan kandung kemih untuk memperlancar pembuangan zat purin dari dalam tubuh Nomor 4. selama 3 menit di tiap titiknya.

Kim. DAFTAR PUSTAKA Davies. 2007. dkk. Nyeri Tulang dan Otot. Jakarta : Erlangga Stanley. Jakarta : EGC . M. 2006. Edisi 2. Buku Ajar Keperawatan Gerontik.