KODE ETIK PERUSAHA,\:{ C O D [ , O F 'C ] O N D T ; C T

PT.ARYA SADA PERKASA TUJUAN Kode Etik Perusahan ini menrpakan peraturan yang ditaapkan olch pcrusahaar diterapkanoleh seluruhkaryawandenganlujuan untuk : A. Mengkristalisasikan nilai-nilai perusahan kepadaseluruhaspekdi perusahan. meningkatkanakuntabiiitasdan transparansi. B. Senantiasa C. Senantiasa patuhterhadapsegalaperaturandan ketentuanhukum yang berlaku. D. Menciptakan Iklim Kerja yang hamronis baik di dalam dan di lurr perusahrn ng wajib

KEBIJAKA\

PERUSAHAAN

]

Kode Etik Perusahan ini berlaku untuk slunrh karyawan PT.Aryasada Perkalr tanpa terkecuali. Setiap pelanggarandan penyimpangzn terhadap kode etik ini akan dikenakan sanksi disiplin termasuk dapat menyebabkanpemutusan hubungan kerja oleh perusahaan.Perincian Tindakan perusahaan. disiplinterdapat dalamtrulu peraturan l. Intc;ritas Setiapkaryawanwajib memberikanjasa-jasaprofessionaldenganpenuhintegritas. Integritas menuntut kejujuran yang tidak dapat ditempatkan dibawah keuntunga drn pribadi. kenikmatan Integritas dan reputasi yang baik dalam melakukan kegiatan usaha merupakan modal yang sangat berhargabagi perusahaan, setidaknyaketidak jujuran dapat menyebabkankemerosotan moral dikalangan karyawan, pengambilankeputusanyang sal:rhdapat menyebabkanpenilaian yang negatif bagi perusahaan.Dalam hal ini setiap karyawan wajib melaks;makanseluruh ketentuan-ketentuan dibawah ini :

1 . 1 Tidak meneruskan upaya dari suatu urhs

atlu tindakan yang diperkirakan akan perusahaan pencapaiandan pelaksanaanya menguntungkan tetapi didalam mengorbankan prinsip Kode Etik Perusahaan.

1 . 2 Senantiasamelaporkan s€tiap kemungkinan terjadinya pelanggaranterhadap Peraturan
Perusahaan, Undang-Undang, Kode Etik dalam hubungannya dengan operasiona.l perusahaan termasukdidalamnyatransaksidan perjanjian usahaperusahaan.

1 . 3 Tidak melakukanMark Up terhadapseluruhaspekyang berhubungan dengantransaksidan
perjanjianusahaperusahaan.

I of6
t

aspek-aspekyang berhubungandengan perusahaan(yang tidak termasuk dalam tunjangan dan sarana resmi yang diberikan perusahan) untuk pribadi. Karyawan memiliki kepentingankeuanganpada pembeli. & CA untuk mendapatkan dari III. Karyawan dilarang untuk menyampaikan. pengetahuan. Penggunaanaset perusahaan.kontraktor.dikelola.arvan perusahanwajib menghindari situasi ataupun kondisi dimana kepentingm pribadinya memiliki benturan kepentingan atau kemungkinan benturan kepentingan dengan jabatan dan pekerjaanya perusahaan. atasan.mengendalikan daniatau memiliki usaha lain yang sejenisdan berhubungan langsungdan tidak langsungpadajabatannyadan perusahaan. (blue print) rumus-rumus. rancangan design.spesilikasiproduk. 2. Karyawan yang m€ngoperasikan. Benturan Kepentingen Setiap karl. 2. Karyawan yang melakukan usaha tertentu untuk kepentingan pribadinya dari pada melakukan hal yang sama untuk kepentingan perusahaarL Bagi karyawan yang terlibat dalam situasi-situasidiatas ataupun di lain hal yang sifatnya berbenturan kepentingan dengan perusahaan. dan/ataukeluarga. membocorkan atau membuka informasi rahasiaperusahaan sebagaimana ditetapkandibawah ini: 3. memberitahukan.keluarga kepentingan maupunkolega.3. provider ataupihak-pihak lain maupunyang mempunyaihubunganusaha. hak kekayaan intelektual(perangkat 2of6 . program dan prosedur kerja . ide-ide. di Adapun situasi-situasiatau kondisi tersebut dapat meliputi dan tidak terbatas pada hal-hal berikut: dimiliki 2 . I . struktur organisasi. 2. konseppengembangan.1 Informasi rahasia perusahaanadalah seluruh informasi yang berhubungan dengan kegiatan gambar usaha perusahaan meliputi strategi usaha. rahasia dagang.karyawan wajib untuk melaporkannya kepada HR persctujuan direksi. 2. pemasok.4.Bagi karyawan yang berada pada situasi diatas wajib melaporkannyakepada atasanlangsung atau HR & GA jika terjadi penyimpangan tersebut diatas dapat mengakibatkanterjadinya pemutusan hubungan kerja dan jika tindakan yang terjadi merupakan pelanggaranterhadap hukum yang berlaku dapatkategorikantindakanpidana.2. KerahasiaanInformasi. Karyawan memberikan kontrak atau pekerjaan kepada perusahaan yang dikendalikan oleh dan/atau mengandung benturan kepentingan dri pribadi .5.

4.stakeholder dan parakaryawan lainnya. atau saudarakandung ) dan atau tidak langsung( menua dan Ipar ) dari karyawan.lunak)sertadataperusahaan dalamarti seluas-luasnya.grafikmaupun materilainnya. termasuk tidak terbatas tapi dalam bentuklisan. Contoh-contohtingkah laku yang tidak dapatditerima: a. Penyimpangan terhadapkebrjakanini. Pemyataanyang bersifrt mencela baik secaratertulis maupun lisan. Menyampaikan komentar umum yang merugikan mengenai strategi dan petunjukpetunjuk perusahaan.4 Perusahan melarang seluruh karyawan untuk melakukan pekerjaanrangkap diperusahaan lain tanpaseijin pimpinan perusahaan.J Ketentuan larangan ini tetap terus berlaku untuk batas waktu yang tidak ditentukan yangbersangkutan meskipun karyawan sudah tidakbekerja diperusahaan.2 Perusahaan berhakmemintakaryawanuntuk segera mengembalikan matcri informasi rahasiaperusahaan dan memusnahkan segalasalinan yang disimpan oleh karyawan bersangkutan. Menciptakan suasana kerja yang positif dan berusahamengurangidampak negative yang yang tidak bersifatmembangundan pesimistis. harusdilaporkan sepenuhnya untuk mendapatpersetujuan dari pimpinan perusahaan.2 Tingkah laku yang dianggap tidak dapat diterima dan bertentangandengan kebijakan ini termasuk tingkah laku yang mengurangi itikad baik perusahaan didalam komunitasnyadengan customer. anak sah. terutamayang telah terjadi/adasebelumadanyakode etik ini. 3 of6 . 4. J. disebabkan oleh komentar-komentar 4.1 Kebijakan perusahaan adalah untuk selalu memperlakukans€luruh karyawan s€caraadit. Sumber Ileye menusie (SDM) 4. c. IV. tanpa memihak sena menjunjung tinggi harkat dan hi* karyawantanpa membedakan latar belakangkaryawan.3 Perusahan tidak menganjurkan untuk memperkerjakan karyawan yang mernpunyai hubungankeluarga langsung( lstri. 3. b.orangtua.tertulis. Menyampaikan komentar umum yang berlawanan mengenai kcpututrn-kcpntulan yangdiambil oleh pimpinanataumanager-manager.

i :. langsung maupuntidak tunai.jasa maupunkepentingan langsung dari pembeli. Demikianpula hadiahdan pemberian dan karyawan melaluikeluarga maupunsanaksaudaranya / ataumclalurpihakketiga. '. HR & GA akan menentukan penggunaanhadiah tersebut. Catatan: A. keterbukaan informasi atas pemberian maupun tawaran hadiah termasuk yang dikecualikan kepadaI IR & GA dan pimpinan perusahaan.agendadan jamuan makan yang berhubungandenganpekerjaan. dilaporkan ke tlR & GA baik secaralangsung maupun tidak langsung. 19 Presitlen l)rrcktur *l 4 of 6 '. seorang Setiaphadiah dan pemberianlainnya dalam bentuk apapunyang diterima oleh setiapkaryawu. baik dalam bentuk tunai maupun non yang diberikansacara pribadi )ainnya.1 Hadiah berupakalender.wajib diserahkan/atau untuk kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan scluruh karyawan. .janji lainnyadikemudian hadiahdan pemberian untuk memberikan ataumenerima kepada lainnyayang diberikzrn secara tidak langsung hari. meminta maupun menerima Setiapkaryawantidak dibenarkankarenajabatan dan pekerjaannya hadiah dan pemberianlainnya untuk kepentinganpribadi. 5. Setiap karyawan perusahaan wajib setahun sekali mengisi dan menandatangani surat pernyataan yang terlampir padakode elik perusahaan. Pada setiap kejadian. Pengecualian terhadapketentuanini adalahuntuk hal-hal berikut : 5. Yang nilainya tidak material. ketri. Formulir Appendix B hanya diisi ryebila menerima hadiah melebihi ketentun llulrlr 5. Setiapkaryawan wajib mengisi dan menandatangani formulir Appendix A dan mengembalikan ke HR & GA.sub kontraktor. juga termasuk. itJ!. Hadiah dan PemberianLainnya.lakanmengenai penggunaanhadiah ini akan diinfbrmasikankepadaseluruhkaryawan. broker alau pihak-pihak lain manapun yang Dalam hal ini hadiah dan pemberianlainnya mempunyai hubungan usahadengan perusahaan. B. keterbukaan Ditetapkanpada.2 Barang contoh yang diberikan kepada perusahaanatau karyawan individu yang tidak memiliki nilai jual ataunilainya tidak material. pemasok. karyawan wajib pada waktunya untuk membuat laporan tertulis.V..

C. ARYA SADA PI]RKASA tertanggal dan mematuhi Kode Etik Perusahaan Denganini saya menyatakansayat€lah membaca.mengeni sepenuhnya | 9 Agustus2009. Here . please fill it to the table 'App€ndix ') B Form Jika pimpinan perusahaan menganggap bahwa p€myataan saya diatas menyebabkan adanya kemungkinan benturankepentinganapapun!saya bersediaunok bekerja samadenganperusahaan untuk mencari penyelesaran yang dapat diterima kedua belah pihak untuk memindahkan saya ke depanemenlain atau apabila pemindahan sayatidak memungkinkan.denganini saya menyatakan bahwa saya tidak menerima hadiah dan pemberian lainnya dalam melaksanakan tugas saya kepadaperusahaan. I hereby declare that no relative of mine. I will voluntary resign from the Company. Departernen J abatan : Tarda tangan Tanggr! 5 of 6 .I herebydeclarethat I have no a conflict of inleresl with the company and in implementing my duties to the company. Menunjuk kepada klausula 5 dari kode etit perusahan tentang hadiah dan pemberian lainnya. B. 2009. ( Jika ada.perusahaan dapat mengambil tindakan disiplin terhadapsayatermasukp€mutusan perusahaan. Referring to clause4 ofthe Code of Conduct on HR. or if a transfer is considerednol possible. I ugree that I will work with lhe Company^to Jind a uutually acceptable solution to translir me to the another deparlmenl. Referring to clause of the Code of Conduct on Gifts and another favors.AppendixA PERNYATAANKETERBUKAAN INFORMASI (l)ts('LOt. A. Should the Company Board of Director and'or Board oJ (lommts-ttoners decide thu there could be potentisl conflicl out of the above dtsclosure. Menunjuk pada klausula 2 dari kode etik perusahan tentang Benturan Kepentingan. including my dismissalfrom the Company. baik langsung maupun tidal langsungyang bekerjapadaperusahaan.is working with the Company. Referring to clause2 of the Codc of Conduct on Conflict of Interest. dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak memiliki kerabat. hubungankerja sayadari I urulerstand that non-disclosure of a conllicl and non-compliance with the Compatry Code of Conduct mrry led to disciplindry qction qgqinst me. fully understood and complied with the Company Co& { Conduct duted AugustI9'h. I hqre reod. direct or indirect. dengan ini saya menyatakan bahwa saya dengan tidak memiliki benturan kepentingan perusahaandan dalam melaksanakantugas saya kepadaperusahaan. Menunjuk pada klausula 4 dari kode etik perusahan tentang SDM. Saya mengerti bahwa jika saya tidak mengemukakan benturan kepentingan yang ada dan jika saya tidak mematuhi kode etik perusahan.stltt S'I'ATEMI-\ ) I PT. ( lf any. B. dimohon untukmengisi formulir AppendixB ).sayaakan mengundurkandiri dari perusahaan. ith I declqred thqt qs of the date below. I hereby declare that I have no receive gifts or another favon in performing my dutiesto the Company.

Denganini sayatelah menerimahadiahataupemberianlainnya Sbb : dan Re. Perkiraan Nilai (Ilstinrattd\ aluc) Diterima Dari (Rece ed lrom) ir Hubungan (Relatiunship) 2. OI. Saya telah menyerahkan hadiah dan pemberian lainnya kepada HR & GA untuk digunakm pcrusahaan.-GI FTS) P'I" AR\ ASADA P}-RKASA Menunjuk Klausula 5 dari kode etik perusahaan tertanggal 19 Agustus 2009 mengenaihadiah pemberianlainnya. A I \ \ Y A (DI SCL OTISLiRE S TATE M E N RE CEI L'L./erring cluuse 5 ol the ('ode ol Condutt duted I9'' uugust. I herebydeclare that i have receivedgrJisor anotherfavors asJbllows: Barang vang diterima ( Itenr lteceived ) l. 5. sebagai keuntungan seluruh karyawan I have handed over the ubove gifis or anotherfAvors to the HR & GA to be utilizedfor the beneJitsoJ all employeesoJ the Company. 2009 ol Gilts urul another to Favors. Nama Title Departemen : TandaTansan Tanggal Tanda terimaHR & GA Nama Title Tanda Tangan Tanggal 6 of6 .AppendixB PERNYATAAN KETERBT'KAAN PENERIMAAN H A D I A H A T A U P T ] M T I I ] R I A \I . J. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful