You are on page 1of 5

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP

)
ART THERAPY

OLEH:
PUTRIMAH SAFITRI I4B017016
Riska Tri I. I4B017019
Ayu Febriani I4B017018

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
JURUSAN KEPERAWATAN
PROGRAM PROFESI NERS
PURWOKERTO
2018

b. Metode 1. Menjawab . Ceramah 1. diharapkan mampu mampu: a. Pelaksanaan kegiatan No Kegiatan Kegiatan Peserta Waktu 1 Pembukaan 5 menit a. Materi (Terlampir) E. Menjelaskan d. Membalas salam salam b. Memberi a. Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti kegiatan Art Therapy pada lansia. Perkenalan c. Melakukan kegiatan Art Therapy. Demonstrasi C. 28 Juni 2018 Tempat : Wisma III panti sosial A. Menyebutkan manfaat Art Therapy. B. Tujuan 1. Media dan Alat Kertas bergambar dan pensil warna D. c. SATUAN ACARA PENYULUHAN Pokok Bahasan : Keperawatan Keluarga Sub Pokok Bahasan : Art Therapy Sasaran : Lansia Wisma III Panti sosial Waktu : 30 menit Hari/Tanggal : Jum’at. Mengetahui tujuan Art Therapy. Tujuan Instruksional Umum Setelah mengikuti kegiatan Art Therapy pada lansia diharapkan dapat mencegah kepikunan 2. Mendengarkan c. Mendengarkan b.

Sebutkan manfaat Art Therapy! b. Apabila waktu dimulainya mundur maka penyaji akan meminta maaf dan menjelaskan penyebab kemunduran waktu. Mendengarkan dan Therapy memperhatikan b. A. Demonstrasi tentang Art b. Apabila waktu sudah habis tetapi masih terdapat pertanyaan yang belum dijawab maka pertanyaan akan dijawab setelah penkes selesai. tujuan d. maka penyaji akan bertanya untuk mengevaluasi hasil. Demensia . Menyimpulkan materi a. Menjawab salam F. Apakah tujuan Art Therapy? Lampiran Materi a. Apersepsi 2 Kegiatan Inti 20 menit a. Memberikan salam lisan penutup c. Materi tentang Art a. Memberikan evaluasi pertanyaan yang secara lisan diajukan secara c. Lisan a. Berpasrtisipasi aktif dalam kegiatan Art Therapy 3 Penutup 5 menit a. 3. Memperhatikan bersama peserta b. Evaluasi Pertanyaan 1. Menjawab b. Antisipasi masalah 1. 2. Bertanya Therapy c. Apabila peserta tidak bertanya.

Art therpy Art therapy merupakan suatu kegiatan terapeutik yang menggunakan proses kreatif dalam lukisan untuk menambah baik dan menyempurnakan fisikal. Stroke kecil ini secara bertahap menyebabkan kerusakan jaringan otak. kapur. namun diduga penyakit Alzheimer disebabkan karena adanya kelainan faktor genetik atau adanya kelainan gen tertentu. 2009). pensil diintergerasikan dengan terapi psikoterapiutik dan teknik proses kreatif. Demensia adalah gangguan fungsi intelektual tanpa gangguan fungsi vegetatif atau keadaan yang terjadi. Memori. sehingga terjadi kerusakan sel dan berkurangnya respon terhadap bahan kimia yang menyalurkan sinyal di dalam otak. Penyebab kedua dari Demensia yaitu. Secara sederhana terapi seni termasuk dalam kategori terapi ekspresif yang menggunakan media warna. serangan stroke yang berturut-turut. mental dan emosi individu dibawah semua peringkat umur. dan interpretasi atas komunikasi tertulis dan lisan dapat terganggu. yang penyebabnya sendiri belum diketahui secara pasti. b. Tanda dan gejala dari demensia antara lain kesulitan mengatur penggunaan keuangan. m udah terjatuh dan keseimbangan buruk. tidak bisa pulang kerumah bila bepergian. Melalui terapi seni ini seseorang dapat memunculkan pengalaman bawah sadar dan dari situlah perasaan akan dapat terlihat. pikiran abstrak. Corwin. pengetahuan umum. Material seni memiliki peran penting untuk . Pengalaman bawah sadar dan perasaan tersebut diekspresikan dalam bentuk kasar yang tidak beraturan. dan lain sebagainya. Penyebab utama dari penyakit demensia adalah penyakit alzheimer. Demensia yang disebabkan oleh stroke kecil disebut demensia multi- infark. Di dalam otak ditemukan jaringan abnormal (disebut plak senilis dan serabut saraf yang semrawut) dan protein abnormal. Sebagian penderitanya memiliki tekanan darah tinggi atau kencing manis. penilaian. daerah otak yang mengalami kerusakan akibat tersumbatnya aliran darah yang disebut dengan infark. lupa meletakkan barang penting. beberapa bagian otak mengalami kemunduran. Stroke tunggal yang ukurannya kecil dan menyebabkan kelemahan yang ringan atau kelemahan yang timbul secara perlahan. yang keduanya menyebabkan kerusakan pembuluh darah di otak. (Elizabeth J. yang bisa terlihat pada otopsi. Pada penyakit alzheimer.

Pengaruh Art therapy terhadap stress pada lansia. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan. memunculkan sadar dan ketidaksadaran seseorang. seperti mengungkapkan apa yang dirasakan dan meningkatkan kepercayaan diri individu 2. Corwin. 1(1). 7. Memungkinkan individu mengembangkan koping 4. Penerapan Art Therapy untuk Menurunkan Depresi pada Lansia di Panti Werdha X . dan meningkatkan harga diri. proses membuatnya dan apa produknya. Bagian terpenting dalam terapi ini pada dasarnya adalah membuat sesuatu. Membantu individu menggapai tujuan. dan Rizki. memfungsikan terus-menerus organ tubuh. 2017. . Vol. Setiana. Christin. Jakarta: Aditya Media. Tujuan dari Art Therapy adalah meningkatkan perkembangan kognitif pada lansia. 2017. Melatih kemampuan motorik halus yang sudah menurun pada lansia 6. Samsunuweiski dan Meiske. dan Seni. Mencegah kepikunan 5. Membantu individu dalam meningkatkan kesadaran diri dan memunculkan kepekaan DAFTAR PUSTAKA Elizabeth J. Membantu meningkatkan kemampuan interpersonal. Humaniora. (2009). Manfaat dari Art Therapy adalah: 1. 13(2). Jurnal Muara Ilmu Sosial. Menurunkan tingkat stres 3. Vol. Gandahusada Permatasari. Buku Saku Patofisiologi. indera. dan otak sehingga kepikunan dapat diperlambat saat memasuki usia lanjut.