You are on page 1of 21

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM

PMEDIC (POCKET MEDIC) SEBAGAI SUMBER INFORMASI REKAM
MEDIS PORTABLE

BIDANG KEGIATAN:
PKM KARSA CIPTA

Diusulkan oleh:
Nur Aullyah E1E1 15 083 2015
Agustina Rahman E1E1 15 003 2015
Muh. Iqbal Tahir E1E1 17 043 2017

UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
2017

i

ii

2 Rumusan Masalah …………………………………… 1 1.1 Pengumpulan Data …………………………………… 4 3.6 Domain …………………………………………………… 3 BAB III METODE PELAKSANAAN …………………………… 4 3.5 Luaran yang Diharapkan …………………………… 2 1.4 Manfaat …………………………………………… 2 1.5 XAMPP …………………………………………………… 3 2.1 Latar Belakang …………………………………………… 1 1.3 Hypertext Prepocessor …………………………………… 3 2.3 Tujuan ………………………………………………….. 2 1.2 Perancangan Sistem …………………………………… 4 BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN …………………… 6 4.4 MySQL …………………………………………………… 3 2..2 Template …………………………………………… 3 2. iii BAB I PENDAHULUAN …………………………………………… 1 1.6 Kegunaan …………………………………………… 2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA …………………………………… 3 2..1 Sublime Text …………………………………………… 3 2. DAFTAR ISI HALAMAN SAMPUL …………………………………………… i HALAMAN PENGESAHAN …………………………………… ii DAFTAR ISI ………………………………………………….1 Biaya …………………………………………………… 6 4.2 Jadwal Kegiatan …………………………………………… 6 DAFTAR PUSTAKA …………………………………………… 7 LAMPIRAN …………………………………………………………… 8 iii ...

benar dan sesuai standar berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. dan dokumentasi. Pasien yang sebelumnya telah melakukan pemeriksaan dan perawatan kesehatan akan menjalani pemeriksaan ulang pada saat melakukan check up kesehatan pada klinik yang berbeda.1 Latar Belakang Perkembangan teknologi memiliki peranan strategis bagi berbagai bidang. Sistem pencatatan rekam medis yang digunakan oleh dokter klinik di Kota Kendari hingga saat ini masih memiliki beberapa kelemahan yakni data rekam medis hanya tersimpan secara lokal ditempat awal pasien menjalani pemeriksaan dan perawatan medis serta rekam medis hanya dibuat secara manual. pendidikan. pemeriksaan. Dengan demikian aspek ketersediaan dan aspek kelengkapan pengisiannya harus diperhatikan mengingat rekam medis mempunyai manfaat utama sebagai dasar dan petunjuk untuk merencanakan dan menganalisa penyakit serta merencanakan pengobatan. 2005). Penggunaan rekam medis berbasis elektronik dianggap dapat memberikan efisiensi waktu dalam membuat dokumentasi pasien (Poissant et al. Berdasarkan Permenkes No 269/MENKES/PER/III/2008 bahwa rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien. 1. Pengelolaan rekam medis yang baik. 1 BAB I PENDAHULUAN 1. penelitian/riset. Hal ini menyebabkan pertukaran data antara klnik akan sulit tercapai.1 maka permasalahan dalam proposal program kreativitas mahasiswa karsa cipta ini adalah bagaimana pemrosesan dan pengaplikasian pocket medic (PMEDIC) ? .. perawatan seorang pasien.2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang sebagaimana pada bagian 1. Rekam medis memiliki nilai tinggi untuk kepentingan administratif. Rekam medis merupakan tools yang digunakan oleh dokter untuk membuat catatan medis bagi pasien terkait hasil diagnosis hingga penanganan. pengobatan. telah menjadi perhatian utama bagi pengelola sarana pelayanan kesehatan di Indonesia dalam kurun dasawarsa terakhir ini. hukum. tindakan dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan. sehingga data riwayat kesehatan pasien sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan di klinik lain sulit diketahui dan dokter harus melakukan kajian ulang. utamanya layanan kesehatan. financial. 269 Tahun 2008 tentang rekam medis. Oleh karena itu berdasarkan uraian latar belakang pada beberapa paragraf sebelumnya maka penulis akan mengkaji pengembangan dan membuat prototype rekam medis berbasis elektronik portable melalui proposal PKM-KC ini dengan judul proposal PMEDIC (Pocket Medic) sebagai sumber informasi rekam medis portable.

Oleh karena itu kajian terhadap pengembangan pocket medic sebagai sumber informasi rekam medis diharapkan memberi masukan kepada beberapa pihak terkait yakni: a. 1. Program karsa cipta ini diharapkan mampu membantu dokter dan perawat klinik di Kota Kendari dalam melakukan layanan kesehatan secara efisien dan meminilkan terjadinya kesalahan administrasi. antara lain: a.5 Kegunaan Program karsa cipta ini memiliki beberapa kegunaan. 1. Manfaat Praktis Kajian perangkat lunak rekam medis hingga saat ini penulis pandang masih sangat terbatas.4 Manfaat 1. pemrosesan dan pengaplikasian perangkat lunak pocket medic (PMEDIC) sebagai sumber informasi rekam medis terhadap user (dokter klinik dan pasien). Bagi dokter klinik dapat digunakan sebagai bahan informasi awal dalam melakukan pemeriksaan terhadap gejala awal yang dialami oleh pasien sebelum dokter melakukan pemeriksaan fisik. . sehingga dengan adanya perangkat lunak PMEDIC diharapkan akan mampu mengefisiensikan waktu pemeriksaan dan perawatan medis. b. pemeriksaan penunjang dan diagnosis serta penanganan lanjutan.3 Tujuan Tujuan penulisan proposal ini adalah untuk mengkaji pengembangan pocket medic (PMEDIC) sebagai shorcut sumber informasi rekam medis yang memediasi dokter klinik dan pasien. b.6 Luaran Proposal ini berfokus pada pengembangan Pocket Medic (PMEDIC) sebagai sistem informasi portable bagi dokter klnik Kendari dengan pasien. Bagi pasien dapat dijadikan sebagai input informasi dalam membantu diagnosa dan penanganan penyakit oleh dokter. 2. 2 1. Manfaat Teoritis Memberikan bukti empirik terkait pengembangan. padahal rekam medis merupakan sesuatu yang sangat krusial dan sangat sensitif sehingga diperlukan suatu pendataan riwayat penyakit pasien yang berbasis elektronik dan berguna dalam menyelesaikan permasalahan terkait kesehatan. 1. Karsa cipta ini diharapkan mampu menggabungkan antara informasi kesehatan dan teknologi sehingga menghasilkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu diagnose dokter.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna diinternet pada saat melakukan akses ke server. 2. Selain itu juga terdapat komponen-komponen lainnya yang dibangun menggunakan Java Script. 2. dan komponen lainnya dalam sebuah website hanya dengan memanggil fungsi CSS (class) dalam berkas HTML yang telah didefinisikan.2 Template Template adalah sebuah tampilan halaman website yang dapat mempercepat pekerjaan seorang pengembang website. tombol. selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. tabel. yang terdiri atas program Apache HTTP Server.4 MySQL MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread. multi-user. yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. Template dibangun dengan teknologi HTML dan CSS yang dapat membuat layout halaman website.1 Sublime Text Sublime text adalah sebuah software aplikasi/editor text untuk bahasa pemrograman termasuk pemrograman PHP. . 2. 2. form. 2.6 Domain Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau pun internet. navigasi.5 XAMPP XAMPP adalah server yang berdiri sendiri (localhost).3 Hypertext Prepocessor PHP adalah singkatan dari Hypertext Prepocessor. 3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. sublime text mendukung banyak bahasa pemrogrman dan bahasa markup serta fungsinya dapat ditambah dengan plugin. dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. MySQL database.

3. Elaboration Ditahap ini. Analisis Sistem Pada analisis sistem. 3. dilakukan pembuatan sketsa kasar atau hitam putih dan User Experience berdasarkan kebutuhan pengguna. Merancang dan Mengimplementasi Merancang dan mengimplementasikan program sesuai dengan yang diharapkan. c. Setelah website dibuat akan dilakukan testing atau pengujian guna memperbaiki tampilan website dan melihat respon dari berbagai pihak terkait website ini. Selain itu. Transition Pembuatan website berdasarkan Mockup yang telah dibuat sebelumnya. Studi Kepustakaan Studi kepustakaan dilakukan dengan membaca jurnal. Construction/konstruksi Melakukan evaluasi serta dimulainya pembuatan mockup website PMEDIC. dilakukan analisis kebutuhan sistem dan mengidentifikasi kebutuhan informasi berdasarkan hasil pengamatan dan studi pustaka yang telah dilakukan. 4 BAB III METODE PELAKSANAAN 3. Inception Pada tahap ini yang dilakukan adalah mengidentifikan batasan kegiatan. melakukan analisis kebutuhan pengguna PMEDIC. pada tahap ini akan dilakukan penyempurnaan User Experience yang berguna untuk membuat website lebih nyaman digunakan oleh pengguna atau user. . yang terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut: 1.2 Perancangan Sistem Perancangan sistem pada perangkat lunak PMEDIC menggunakan model RUP (Rational United Process). serta artikel yang terdapat diinternet tentang serta mempelajari pembuatan sistem informasi yang baik dan benar. 4.1 Pengumpulan Data Adapun pengumpulan data yang dilakukan adalah. b. sebagai berikut: a. 2. Alat bantu analisis sistem yang digunakan adalah prototype.

5 Gambar 3.1 Metode Pelaksanaan Program .

2.000 Jumlah 10.170.000.1 Rencana Anggaran No Jenis Pengeluaran Biaya (Rp) 1 Peralatan Penunjang 2.000 4.2 Jadwal Kegiatan Adapun rencana jadwal kegiatan pengembangan pocket medic sebagai sumber informasi rekam medis portable selama 4 bulan sebagaimana tampak pada Tabel 4.000 4 Lain-lain 1. Tabel 4.000 3 Perjalanan 1.1. Tabel 4.2 Jadwal Kegiatan Bulan No Kegiatan Program Bulan I Bulan II Bulan III Bulan IV 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 Identikasi Masalah 2 Menentukan tujuan dan masalah 3 Analisis kebutuhan 4 Perancangan sistem informasi 5 Pembuatan sistem informasi 6 Uji coba 7 Kelayakan 8 Menganalisis sistem informasi 9 Evaluasi 10 Pengamatan hasil sistem informasi 11 Diterima 12 Pengunaan sistem informasi .1 Biaya Adapun rencana anggaran biaya kegiatan PKM-KC pengembangan pocket medic sebagaimana tampak pada Tabel 4.200.000 2 Bahan Habis Pakai 5.500. 6 BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN 4.130.

(2007). Departemen Kesehatan (2008). Jakarta: Ditjend Yanmedik Depkes RI cet. Vol.2. . (2005). The Impact of Electronic Health Records on Time Efficiency of Physicians and Nurses: A Systematic Review. Dewanto. Journal of the American Medical Informatics Association. Kepmenkes No 837 Tahun 2007 Tentang Sistem Informasi Kesehatan Nasional Secara Online. Volume 12 Number 5 Sep/Oct 2005. Gambaran Rekam Medik Gigi sebagai Posisi Sentral bagi Dokter Gigi di Yogyakarta. Standar Nasional Rekam Medik Kedokteran Gigi. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. Jurnal Mutiara Medika. 7 DAFTAR PUSTAKA Departemen Kesehatan (2007).7(2). Poissant et al. Konsil Kedokteran Indonesia (2006). Manual Rekam Medis.

8 LAMPIRAN .

Biodata Ketua dan Anggota serta Dosen Pembimbing . 9 Lampiran 1.

10 .

11 .

12 .

13 .

000 9 Kusioner perangkat lunak Ekslampar Publikasi: 10 X-Banner 2 Unit 150.000 80.000 120.000 5 Firebase Database 1 Unit 500.000 800.000 300.000 Tinta print 3 Botol 40.000 100.000 240.000 80.000 200.000 2 data 3 Domain Nama domain 1 Domain 600.000 50. Justifikasi Anggaran Kegiatan 1.000 300.000 8 (book log) Foto Copy Pengujian 500 200 100.200.000 Buku catatan 2 Buah 25.000 50.000 6 Bolpoin 2 Box 25.000 Poster 2 Lembar 50.000 3 hitam Tinta print 2 Botol 40.000 1 data Gb) 2 Kertas A4 3 Rim 50.000 7 Pensil 1 Box 80. Peralatan Penunjang Harga Justifikasi Jumlah No Material Kuantitas Satuan Pemakaian (Rp) (Rp) Modem Pengumpulan 1 Unit 600. Bahan Habis Pakai Harga Justifikasi Jumlah No Material Kuantitas Satuan Pemakaian (Rp) (Rp) Paket data Pengumpulan 4 Bulan (8 200.000 .000 150.070.000 Jumlah 2.000 4 warna 5 Sketch book 3 Buah 80.000 4 Template 1 Unit 200.000 Jumlah 2.000 2.000 500.000 1 data Flash 16 Gb Penyimpanan 3 Unit 100.000 600.000 600. 14 Lampiran 2.

Lain-lain Harga Justifikasi Jumlah No Material Kuantitas Satuan Pemakaian (Rp) (Rp) 1 Laporan Penyusunan 7 Unit 350.000 350.200.000 2 kegiatan Jumlah 4.000. Perjalanan dan Akomodasi Harga Justifikasi Jumlah No Material Kuantitas Satuan Pemakaian (Rp) (Rp) Konsumsi Penunjang 4 bulan 800.000 terduga Jumlah 1.000 3 Jilid laporan 7 Unit 5.000 Laporan kemajuan dan laporan akhir 2 Scan 6 Lembar 3.000 3.000 5 Biaya tak 697.000 35.400.000 1 kegiatan Transportasi Penunjang 1.000 4 Materai 5 Lembar 6000 30.000 4.000 18.600.000 Total Biaya 1+2+3+4 10.130.000 . 15 3.

16 Lampiran 3. Iqbal S1-Teknik Informatika 12 Programmer 3 Tahir / E1E1 Informatika (Perancangan 17 043 Database) . Nama / NIM Waktu Uraian Tugas Studi Studi (jam/minggu) S1-Teknik Informatika 12 Programmer Nur Aullyah / 1 Informatika (Perancang E1E1 15 083 Website) Agustina S1-Teknik Informatika 12 Designer 2 Rahman / Informatika E1E1 15 003 Muh. Susunan Organisasi Tim Pelaksana dan Pembagian Tugas Alokasi Program Bidang No.

Surat Pernyataan Ketua Pelaksana . 17 Lampiran 4.

Gambaran Teknologi Gambar 1. Dashbor Dokter . 18 Lampiran 5. User interface tampilan awal website Gambar 2.