You are on page 1of 4

PEMASANGAN INFUS

No. Dokumen :
No. Revisi : 00
SOP Tanggal Terbit : 02 Mei 2017
Halaman : 1/3

UPT PUSKESMAS dr. Hj. Sonny Sondari, M.Kes
RIUNG BANDUNG NIP. 19630418 198903 2 007

Pemasangan infus adalah pemberian sejumlah cairan ke dalam
tubuh melalui sebuah jarum ke dalam pembuluh vena untuk
1. Pengertian
mengganti cairan atau zat-zat makanan dari tubuh
1. Memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit
2. Tujuan 2. Memberikan obat dan nutrisi parenteral
Surat Keputusan Kepala UPT Puskesmas Riung Bandung Nomor
3. Kebijakan ....../SK/KAPUS/I/2017 tentang ...........

1. Kozier, erb, Berman, Snyder. 2010. Buku Ajar Fundamental
Keperawatan. Jakarta; EGC.
4. Referensi 2. Hidayat, Uliyah. 2005. Buku Praktikum Kebutuhan Dasar
Manusia. Jakarta: EGC
5. Alat dan bahan Alat
1. Wing needle/abocath/jarum kupu-kupu (bersayap) dengan
nomor yang sesuai
2. infus set mikro
3. cairan infus yang dibutuhkan bayi/anak
4. kapas alkohol dalam tempatnya
5. plester dan gunting
6. spalk/bidai(untuk pasien anak)
7. kasa gulung
8. kasa steril dan betadine
9. Tourniquet
10. perlak dan alasnya
11. sarung tangan
12. Nierbeken
13. Standar infuse
14. Baki dan alasnya
6. Langkah- 1. Petugas memanggil pasien sesuai urutan pendaftaran
langkah 2. Petugas melakukan anamnesa verifikasi data sebelumnya bila

Tahan tangan pasien dengan tangan perawat yang tidak dominan . Palpasi vena 1) Minta pasien untuk membuka dan mengepalkan tangan 2) Observasi dan palpasi kesesuaian vena 3) Jika vena tidak dapat dirasakan dan dilihat. Tentukan lokasi penusukan 1) Letakkan alas di bawah lengan pasien 2) Pilih vena dengan mempalpasi 3) Pasang torniket + 10 cm di atas vena untuk mengobstruksi aliran darah 4) Atur torniket 5) Cek kembali denyut radial 6. + 10 cm 9. lepaskan tourniquet. Siapkan cairan infus dan selang 1) Pertahankan tehnik aseptik saat membuka paket steril dan cairan IV 2) Tutup selang. dari tengan ke luar sampai beberapa cm 2) Ulangi dengan gerakan lain dari atas ke bawah. kencangkan pengunci di bawah kompartemen 3) Sambungkan cairan IV dengan infus set. Pasien 1) Jelaskan prosedur 2) Posisikan pasien dengan posisi supinasi atau posisi yang nyaman Lingkungan 1) Pasang Sampiran 2) Atur pencahayaan Siapkan plester 4. Pasang sarung tangan 8. dan cari lagi vena yang sesuai 7. Bersihkan lokasi penusukan dengan antiseptik (sesuai kebijakan puskesmas) 1) Lakukan dengan gerakan memutar. ada 3. isi kompartemen sampai seluruh selang terisi cairan 4) Kencangkan pengunci 5.

Rekaman Tgl mulai historis No Yang dirubah Isi Perubahan diberlakukan perubahan . lepaskan tourniquet 12. Dokumentasi 7. Bagan Alir Memanggil Verifikasi data Persiapkan klien pasien dan lingkungan Tentukan lokasi Siapkan cairan Siapkan plester infus dan selang Palpasi vena Pasang sarung Bersihkan lokasi tangan penusukan Hubungkan Tusuk vena Tahan tangan kateter dengan pasien selang infus Tutup tempat Pasang rapikan alat dan penusukan dan spalk/bidai cuci tangan fiksasi selang infus dokumentasi Atur aliran infus Lepaskan sarung tangan 8. Hubungkan kateter dengan selang infus. Lepaskan sarung tangan. Pasang spalk/bidai dan dibalut dengan kasa gulung 14. Hal-hal yang perlu - diperhatikan poli Klinik Umum 9. Dokumen Rekam medis Terkait Form Resep 11. Stabilkan kateter dengan tangan tidak dominan. 10. rapikan alat dan cuci tangan 16. Tutup tempat penusukan dan fiksasi selang infuse 13. dan atur aliran sesuai instruksi 15. Tusuk vena sampai tampak darah tertarik dan tarik jarum sambil tangan yang tidak dominan menekan di ujung kateter 11. Unit Terkait Poli lansia Poli KIA/ KB/ Imunisai 10.

. Apakah petugas lepaskan sarung tangan..) .. Apakah petugas memanggil pasien sesuai urutan pendaftaran ? 2. Apakah petugas siapkan cairan infus dan selang ? 5. Apakah petugas tentukan lokasi penusukan ? 6... Apakah petugas siapkan plester ? 4. Apakah petugas palpasi vena ? 7. Apakah petugas pasang sarung tangan ? 8....... Apakah petugas tusuk vena sampai tampak darah tertarik dan tarik jarum sambil tangan yang tidak dominan menekan di ujung kateter ? 11.. dan atur aliran sesuai instruksi ? 15. Apakah petugas bersihkan lokasi penusukan dengan antiseptic (sesuai kebijakan rumah sakit) ? 9.... Apakah petugas pasang spalk/bidai dan dibalut dengan kasa gulung ? 16. Apakah petugas melakukan anamnese verifikasi data sebelumnya bila ada ? 3...... Revisi : 00 DAFTAR Tanggal Terbit : 02 Mei 2017 UPT PUSKESMAS TILIK Halaman : 1/1 RIUNG BANDUNG Tidak No Kegiatan Ya Tidak Berlaku 1. Apakah petugas hubungkan kateter dengan selang infus....... Apakah petugas tahan tangan pasien dengan tangan perawat yang tidak dominan ? 10. rapikan alat dan cuci tangan ? 18 Apakah petugas dokumentasi ? TOTAL Ketua Audit Internal (. Apakah petugas tutup tempat penusukan dan fiksasi selang infus ? 13. Apakah petugas stabilkan kateter dengan tangan tidak dominan..... lepaskan tourniquet ? 12. PEMASANGAN INFUS No.... dan atur aliran sesuai instruksi ? 17... Dokumen : No. Apakah petugas pasang spalk/bidai dan dibalut dengan kasa gulung ? 14. Apakah petugas stabilkan kateter dengan tangan tidak dominan.....