You are on page 1of 20

Lomba 9 November

2012
Cepat
Tepat
Biologi
Babak Penyisihan
Petunjuk:
1. Waktu mengerjakan soal: 120 menit
2. Sebelum mengerjakan soal, periksalah kelengkapan naskah yang diberikan.
3. Soal dikerjakan secara berkelompok dalam suatu tim dan tidak boleh bertanya atau
bekerjasama dengan tim lain.
4. Isilah nama, asal sekolah, provinsi, dan nomor peserta pada setiap halaman lembar
jawaban.
5. Tulislah jawaban anda pada lembar jawaban yang telah disediakan.
6. Gunakan ballpoint/pulpen berwarna hitam atau biru untuk menulis setiap jawaban.
7. Mulailah bekerja setelah panitia memberi tanda dimulai dan berhenti bekerja setelah
panitia memberi tanda selesai.
8. Peserta hanya membawa alat tulis yang diperlukan. Barang lain dapat ditinggalkan di tas
yang dititipkan ke panitia.
9. Tiap nomor memiliki bobot nilai yang sama, yaitu jika benar mendapat poin 4, jika salah
mendapat poin -1, dan jika tidak dijawab mendapat poin 0.
10. Peserta tidak diperkenankan membawa dan menggunakan kalkulator.
11. Lembar jawaban harus dikumpulkan kembali ke panitia atau pengawas LCTB.
12. Naskah soal LCTB 2012harus dikumpulkan kembali ke panitia atau pengawas LCTB.
13. Peserta yang melakukan segala bentuk kecurangan akan didiskualifikasi.
14. Soal penyisihan ini terdiri dari tujuh bagian yang masing-masing peraturan dijelaskan pada
setiap bagian.

Himpunan Mahasiswa Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Pertanian Bogor

Page 1 of 20

SOAL PENYISIHAN LCTB 2012

Pilihan tunggal
Petunjuk: silanglah satu jawaban yang benar pada lembar jawaban.

1. Berikut ini adalah protein-protein yang terlibat dalam proses transpor elektron,
kecuali…
a. Sitokrom
b. Quinon
c. Flavin mononukleotida
d. NADH dehidrogenase
e. Flavoprotein

2. Which is not compatible with characters of virus ?
a. obligate intracellular parasites.
b. small 0.02 μm - 0.35 μm
c. lack the ability to self replicate outside of a host cell
d. specifically infect particular cell types.
e. infect only eukaryotic cells (plants and animals)

3. Cendawan ada yang bersifat saprob dan ada yang bersifat parasit.Cendawan
parasit merugikan dan menimbulkan penyakit bagi inangnya. Istilah bagi
cendawan yang bersifat parasit pada cendawan lain adalah...
a. Cendawan pembentuk mikoriza
b. Cendawan penghasil mikotoksin
c. Cendawan endoparasit
d. Cendawan mikoparasit
e. Cendawan ektoparasit

Aukisn b. Etilen c. Menggunakan telinganya yang panjang c. by producing ethylene. Dalam pembuatan bonsai sering dilakukan pemotongan akar sehingga produksi salah satu fitohormon menurun. reducing their fluidity e. Sitokinin 5. Menjulurkan lidahnya untuk merasakan getaran dan bau c. How plants respond to heat stress? a. Asam Absisat d. which kills some cortex cells and creates air tubes for ventilation c. by orienting leaves to increase evaporative cooling b. Saat berburu pada malam hari.hormon yang dimaksud adalah…. Merasakan getaran mangsa melalui indra perasa pada bagian bawah kulit b. Giberlin e. Menggunakan matanya sebagai sensor penangkap panas e. Bagaimana kelinci jenis Jack rabbit melindungi dirinya dari cekaman panas gurun di Australia? a. Menggunakan matanya sebagai sensor penangkap kimia 7. Mencium bau mangsa melalui hidungnya yang sensitif d.. a. Menggerakkan ekor untuk mengatur suhu tubuh . by producing heat-shock proteins. by increasing the proportion of unsaturated fatty acids in cell membranes.4. Merontokkan rambut b. bagaimana cara ular tanah menentukan posisi mangsanya? a. by initiating a systemic acquired resistance response d. which may protect the plant's proteins from denaturig 6.

Ilmu genetika menyerupai matematika jika kita telah menguasai prinsip-prinsip dasarnya. Cluster sampling b. Ketiga pernyataan diatas menunjukkan metode pengamatan tingkah laku hewan yang dinamakan.. Road sampling 9.. a. Memperbanyak meminum embun di pagi hari agar suhu badan stabil di siang harinya e. . Scan sampling e. Berkumpul satu dengan yang lain agar berbagi suhu tubuh 8. Focal sampling c.. .Dua pasang gen yang terletak dalam kromosom yang berlainan diwariskan secara mandiri e. kecuali.. Dalam suatu komunitas terdapat rumput teki dan rumput gajah. Prinsip-prinsip dasar dibawah ini benar. Pewarisan melibatkan dua tetua b. Gen berubah dengan adanya kebersamaan dalam suatu heterozigot c..Gamet berpadu secara acak. Jika rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput gajah karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik. . d. Pengamatan perilaku yang biasa dilakukan saat awal penelitian. Tiap individu mempunyai dua dari tiap jenis gen d. Ad libitum d. Suatu pengamatan dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: .. Pengamat mencatat sebanyak mungkin perilaku yang dilihatnya. Interaksi rumput teki dan rumput gajah disebut.. a. Pengamat akan mendapatkan informasi macam-macam perilaku hewan dan waktu terjadinya perilaku tersebut.. tidak ada daya tarik ataupun daya tolak antara telur dan sperma yang mengandung gen identik 10.

Alelopati c. Bakteri memiliki beberapa mekanisme untuk menghindar dari fagosit. misalnya M. Menghasilkan toksin yang dapat menghambat kemotaksis 2. a. cuka 3. Interaksi antar organisme Pilihan ganda Petunjuk: Pada lembar jawaban. Sel-sel fagosit dapat menginvaginasi dan menelan sel-sel asing termasuk bakteri patogen. Menghasilkan senyawa yang menghambat mekanisme yang membunuh bakteri. antibiotik 2. 2. Memiliki kapsul atau lapisan yang dapat melekat pada sel fagosit. Mikroorganisme penting dalam perkembangan bioteknologi terutama dalam industri farmasi dan pangan. tuberculosis yang mencegah fusi lisosom denganfagosom 4. roti 4. Interaksi antar komunitas d. yaitu : 1. Alopati b. silanglah A jika 1. 3. Berikut adalah produk-produk farmasi danpangan hasil bioteknologi mikroorganisme: 1. steroid . dan 3 benar B jika 1 dan 3 benar C jika 2 dan 4 benar D jika 4 saja yang benar E jika semua jawaban benar 1. Interaksi antar komponen biotik dan abiotik e. Memiliki flagel atau silia sebagai alat gerak 2.

Pseudobranchus 4. Ambystoma 2. Sebagian besar menghasilkan toksin 4. kecuali. Salah satu contohnya adalah Fusarium 4.. Cluster sampling 6. Metode pengamatan perilaku hewan: 1. Scan sampling 3.. Potensi reproduksi yang tinggi ini tidak tercapai. karena jumlah populasi tiap spesies tetap atau berkisar dalam batasan tertentu 4.3. Berperan dalam pembuatan tempe 3. Ad libitum 2. Lepidosiren 3. Salmo 5. dikembangkan oleh Darwin dan Wallace. Menyerang hasil panen selama masa penyimpanan 2. Focal sampling 4... Dapat dilihat bahwa organisme mempunyai potensi reproduksi yanglebih tinggi 2. Ada beberapa kemungkinan matinya keturunan. didasarkan pada pengamatan-pengamatan yang pada waktu itu telah diketahui dengan baik dan kesimpulan tertentu yang ditarik dari pengamatan tersebut seperti terdapat dibawah ini. 1. Hewan genus ini memiliki insang eksternal untuk respirasi : 1.Teori seleksi alam. Karakteristik cendawan pasca panen antara lain. 1. Lebih sedikit organisme dari tiap jenis yang dilahirkan daripada yang mungkin dapat memperoleh makanan dan hidup terus 3. jumlah hewan yang hidup karena lebih sesuai dengan keadaan tertentu adalah lebih besar daripada yang kurang sesuai .

bekerja selama delapan tahun memuliakan biakan ercis di kebun biaranya di Brunn yang sekarang terletak di Republik Ceko. Ia mempelajari hereditas dari sifat tunggal yang berlawanan 2. kecuali..7. banyak seta 3. 1. Karena desain atau keuntungan 10... Pernyataan yang tepat untuk daur nitrogen berikut ini: 1.Ia berhasil mendapatkan pengertian tentang prinsip dasar hereditas karena hal berikut. 1. Pterofita 3... Ciri-ciri tubuh hewan dari kelas Hirudinea yaitu memiliki.Initrifikasi 2. 1. parapodia 4. Pengamatannya bersifat kuantitatif 3.. Ia bekerja dengan tumbuhan yang berbeda-beda (tidak sejenis) 4. Likofita 4. IV denitrifikasi 4.. Sfenofita 2.. segmen yang dapat bertambah jumlahnya ketika memasuki fase dewasa 2. Gregor Johann Mendel (1822-1884) seorang biarawan Austria.VI dilakukan oleh dekomposer 8. penghisap anterior dan posterior 9.II melibatkan bakteri Nitrobacter 3. Tumbuhan vaskuler yang tidak berbiji termasuk ke dalam divisi . Karofita .

. baik secara langsung maupun tidak langsung. padahal unsur nitrogen diperlukan dalam sintesis asam amino.... Siklus nitrogen terjadi di alam dan percobaan Stanley Miller membuktikan bahwa asam amino dapat disintesis secara in vitro..(1) dan fiksasi nitrogen oleh…... seperti sampah. (4) merupakan kemampuan lingkungan untuk mendukung kehidupan populasi pada suatu habitat dalam jangka waktu yang berkelanjutan tanpa menimbulkan kerusakan.(3) adalah bahan/benda yang menyebabkan pencemaran.Rumpang Petunjuk: Isilah dengan jawaban singkat A. .. D.. Tempe yang merupakan produk pangan hasil boteknologi tradisional yang menggunakan teknologi.. ... Output dari siklus nitrogen di alam yang bernilai bagi tumbuhan adalah terbentuk amonium dalam bentuk kation.. Proses transformasi gas nitrogen dari atmosfer sampai ke tanah menjadi amonium...... (5) yang mampu memberikan kontribusi .... C.(2) B... Keberadaan gas nitrogen di atmosfer 78% tidak dapat dimanfaatkan langsung oleh tumbuhan. terjadi melalui proses kejadian alam berupa ….

baik dari produser primer maupun pada jenis konsumernya.. Hutan . E.(7) . yaitu daerah transisi yang sangat tajam antara dua atau lebih komunitas. dengan kelerengan kurang dari 8%. Oleh karena itu. . wilayah ini dipengaruhi oleh proses-proses yang ada di darat maupun yang ada di laut. G.....(6) merupakan wilayah perbatasan antara daratan dan laut. sehingga akan mendukung keragaman yang tinggi. Sedangkan daerah . (8) adalah hutan yang terdapat di daerah pantai yang selalu atau secara teratur tergenang air laut dan terpengaruh oleh pasang surut air laut tetapi tidak terpengaruh oleh iklim. ...(9) adalah daratan yang terletak di bagian hilir Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berbatasan dengan laut dan masih dipengaruhioleh pasang surut. F. maka kita harus memahami prosesnya.. Mengingat bahwa gejala tersebut merupakan ancaman yang serius bagi kualitas air di perairan.. Pada awal abad ke-20 manusia mulai menyadari adanya gejala . dan dampaknya sehingga kita dapat mencari solusi yang tepat untuk mencegah dan mengatasi masalah ini...proses fotosintesis yang masih berjalan baik. penyebab. untuk memecahkan permasalahan pengawetan tempe tanpa mengubah citarasa yang khas dari tempe..(10) pada badan perairan akibat pengkayaan unsur hara yang masuk ke perairan disebabkan masuknya nutrient berlebih terutama pada buangan pertanian dan buangan limbah rumah tangga... Wilayah demikian disebut sebagai . yang mempunyai keunggulan antara lain: kaya nutrisi..

S A R B O A H R U N T A H J A C K R A B B I T U T I H O J E R A T P A R A S I T D E F E R E N V I R L O J A O V U M A C R I N F E K S I B D F G A T U I M T D F O T A N G U L A R I S K R O T G M P O M T O E L L I P O P O L I S A K A R I D O G A O V U E P N I A B E M O N I K A H O S T R L K U M R U N F H D B K I A R M E T U L A M I C O A E L I A L D O I O J W O G K R I T R N S I T M K S I N L S L U C B S T E A S D T M A O T R A O S P O S I S P E L A I S P A S I I S E X T R E H Z I M S R A J E Y A L A Q Z A S S P N I R R O S A S I N M A M O S H T S S D G F A T E A G I O I I M B I B O A I R I S A A C T R A Y E I D Y D I I S T E R O S M L N A I N M H R I S T M T U G F O S D O L I P I D V S S R U P W A E F I S C H N I L I U M S M U S A S R I A L L A N Q U R N H E A N R E T I K U L S O E E O N I I P S U S B O B D K E N D E M O B I E R E A O K S N R L I A O S O L L N A E L O F N S L G E T S I E G O O S R S P N I E D E T K O D O M I N A A R N T E T K E I Y E G K B O L U R I K A E S E E M I G O N O A T C T N K O S S H K I T I N E I U T S R E L D N S E M I O R A O R N Y A M U K A X A U E S N O Y E L N S L E I A M I S M I R R A A A A Y D N O G E E U A G A O B P E N T I D A A L A M P M O N M I P A I E P I G E N E S I S N I P L O B L A M T O K H W P A N A S T A S I A R B O R E T U A X S L H M K K T P A R A K R I N A N C H I L O S Q O A A T A Y U H S J A B A S T Y X A B C D E K O U O L E E L I D P H I R U D I N A E K O T O N A S E X P Q R S .Mencari Kata Petunjuk: Tandai deretan kata yang menjadi jawaban dari pernyataan- pernyataan dibawah ini dan isikan jawaban pada lembar jawaban.

Karbohidrat tak larut yang terdapat pada kerangka luar serangga. Lepus californicus menggunakan telinga panjangnya untuk melindungi diri dari cekaman panas gurun di Australia. Uji yang menggunakan organisme hidup untuk mengetahui efektifitas suatu bahan hidup ataupun bahan organik dan anorganik terhadap suatu organisme hidup. Cendawan penyebab penyakit pada manusia. 7. Kolonisasi bakteri. simetri bilateral. Kelas dari hewan avertebrata yang memiliki 2 keping cangkang. 1. berilah tanda silang pada B jika Pernyataan benar. Alopatrik dan simpatrik. kaki seperti kapak yang berguna untuk menggali substrat. 6. Perkembangan bentuk yang progresif dalam embrio. 4. Morfologi Rhizobium pada tanaman legum. 9. 5. . Komplemen lengkap gen-gen suatu organisme. 15. 2. Metode yang membuat pengamat mengikuti satu individu dan mencatat secara kontinu. 8. Benar atau Salah Petunjuk: Pada lembar jawaban. Transpor ini membutuhkan energi yang berasal dari hidrolisis senyawa berenergi tinggi yaitu guanosin triphospat (GTP). Transpor nukleus memungkinkan suatu kompleks protein membawa masuk dan keluar protein dan asam nukleat dari dan ke nukleus. 3. Sayap kelelawar dengan kaki depan anjing. berengsel pada dorsal. 11. 1. 12. 14. Faktor perantara masuknya bakteri ke dalam sel. 13. Keadaan dimana suatu organ atau jaringan kekurangan suplai oksigen. Tahapan virus memasuki sel inang untuk bereplikasi. 10. dan S jika Pernyataan salah.

10. 6. 3. Pembeda antara kelas Diplopoda dan Chilopoda ialah pada Diplopoda terdapat dua pasang kaki pada setiap segmen badan dan mempunyai alat . Anthozoa memiliki siklus hidup medusa dan polip. Jumlah nukleotida suatu mRNA dari start kodon sampai stop kodon jumlahnya 42 nukleotida. (jamur tiram) menggunakan selulosa pada substratnya sebagai sumber karbon. Cendawan budidaya Pleurotus sp. 8. Komponen senyawa penyusun metabolit sekunder pada tumbuhan adalah senyawa anorganik dan senyawa organik. Berdasarkan teori endosimbion. artinya sebagian besar gen virus tidak diekspresi dan genom virus akan bereplikasi secara sinkron dengan kromosom inang. Setelah proses translasi akan diperoleh 13 asam amino. 9. Jika tumbuhan mengalami kondisi defisiensi oksigen karena hidup dilingkungan yang tergenang maka tumbuhan akan membentuk struktur yang mampu menampung oksigen didalam tubuhnya serta mensekresikan enzim yang mampu mendisosiasi air menjadi oksigen. krista mitokondria berasal dari membran plasma bakteri dan membran luar mitokondria berasal dari membran sel inang. 5. 7. Tumbuhan sukulen mampu beradaptasi dengan cara mengembangkan struktur parenkim yang mampu menyimpan air lebih banyak sehingga mampu bertahan dilingkungan gurun yang kadar airnya rendah sekali.2. Profage merupakan tahapan virus berada dalam keadaan lisogeni. 4.

Oligochaetes tubuhnya memiliki banyak seta. 16. sedangkan Chilopoda memiliki sepasang kaki pada tiap segmen dan tidak mempunyai sengat. 13. terdapat polimorfisme bentuk. Genotipe merupakan susunan genetik dari satu individu tunggal sedangkan susunan genetik dari populasi suatu organisme disebut unggun gen (gene pool). meiosis. semak. Proses suatu spesies berdivergen menjadi dua atau lebih spesies disebut alelopati. atau pohon yang mempunyai sistem akar serabut. sengat. 14. Berupa terna. Hukum hereditas merupakan akibat langsung dari tingkah laku kromosom dalam mitosis. Tiap populasi dengan distribusi alelanya A dan a sesuai dengan rumus p2 AA + 2pq Aa + q2 aa populasi dikatakan berada dalam kesetimbangan genetik 17. 11. dan fertilisasi. Meskipun pemikiran evolusi mula-mula ditentang oleh kaum agamawan. 15. biasanya tidak atau tidak banyak bercabang- . tetapi bukti yang meyakinkan mengenai perubahan organik ditambah pengertian baru mengenai metodologi dan tujuan ilmu dan agama menyebabkan sebagian besar orang menerimanya. 12. Proses spesiasi yang berlangsung di habitat yang sama. batang berkayu atau tidak. serta menghasilkan spesies baru yang mengeksploitasi habitat dan niche disebut spesiasi simpatrik. 18. Organ penerima rangsang berupa cahaya pada Crustacea disebut mata median. 19.

jarang majemuk. alasan benar. dan kalimat berhubungan B jika pernyataan benar. Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri tumbuhan yang termasuk dalam monokot. dan Anthocerotopsida. Daun kebanyakan tunggal . 2. SEBAB ATP diproduksi dengan menggunakan energi yang diperoleh dari reaksi redoks pada suatu rantai transpor elektron. Marchantiopsida. Sintesis ATP dalam sel dapat dilakukan melalui fosforilasi oksidatif akibat adanya daya gerak proton. cabang. yaitu Bryiopsida. Lumut dikelompokkan dalam satu sub kingdom Bryobiotina dan terbagi menjadi tiga divisi. 20. tapi kalimat tidak berhubungan C jika pernyataan benar dan alasan salah D jika pernyataan salah dan alasan benar E jika pernyataan dan alasan salah 1. umumnya bertulang sejajar atau bertulang melengkung. buku-buku dan ruas-ruas kebanyakan tampak jelas. silanglah: A jika pernyataan benar. Cendawan filum Zygomycota memiliki hifa septat. Sebab-Akibat Petunjuk pengerjaan: Pada lembar jawaban. SEBAB Hifanya dibagi oleh sekat-sekat. alasan benar. .

Tokek dari famili Gekkonidae mengeluarkan suara yang khas. Jika tubuh tumbuhan terluka. 4. SEBAB Mikroba mampu mengubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik yang berperan sebagai faktor transkripsi dalam proses ekspersi gen dan sintesis asam amino.3. Stuktur jaringan pembuluh merupakan perangkat untuk menyalurkan nutrisi dari akar sampai tajuk dan menyalurkannya ke bagian tubuh tumbuhan yang lain. SEBAB Sebelum terbentuknya struktur pembuluh tumbuhan tidak membutuhkannya mengingat bahwa nenek moyang tumbuhan dahulu hidup di daerah aquatik karena di daerah aquatik seluruh material yang dibutuhkan bagi pertumbuhan terlarut dalam air sehingga mudah untuk mengatur lalu lintasnya hanya dengan difusi ataupun osmosis. SEBAB Suara berfungsi untuk menandai daerah kekuasaan. SEBAB Pada proses regenerasi selain melibatkan jaringan parenkim juga diperlukan hormon dormin dan traumalin. 6. maka jaringan yang berperan pada proses regenerasi adalah jaringan parenkim. 5. . Interaksi antara tumbuhan dan mikroba yang ada di akar selain membantu dalam penyerapan nutrisi juga berperan dalam pembentukan prekursor untuk ekspresi gen dan sintesis asam amino.

Anti-diuretik hormon (ADH) memiliki efek terhadap nefron. Penentuan selang waktu pengamatan tergantung dengan tingkat aktifitas hewan. 8. SEBAB ADH meningkatkan permeabilitas air di daerah ekstrimitas turun lengkung Henle. bagian keras yang asli. 11. atau tidak jarang jaringan lunak tubuh. proses ini disebut trifaksi. SEBAB Kulit hewan ini dapat mengeluarkan air melalui kapiler sistem peredaran darah ke permukaan kulit. . SEBAB Silika. SEBAB Semakin aktif suatu hewan. Perilaku hewan merupakan manifestasi dari sistem saraf. kalsium karbonat merupakan beberapa mineral yang umumnya membatu. 12. Hewan dari kelas Osteichthyes dapat mengalami istirahat malam. SEBAB Semakin kompleks sistem saraf maka perilaku semakin kompleks. Pada satu jenis fosil. Kadal setan Australia bisa bertahan dari panasnya gurun karena kulitnya mampu mengerluarkan air di pagi hari untuk diminum. 10. diganti dengan mineral. SEBAB Hewan dari kelas ini mempunyai kelopak mata yang berfungsi untuk menutup/membuka mata ikan.7. selang waktu pengamatan semakin sedikit. 9.

13. Simbiosis antara jamur dan algae yang membentuk lumut kerak termasuk simbiosis komensalisme. SEBAB Mempelajari seluruh faktor ekologi terhadap seluruh komponen biotik yang ada. Secara genetik manusia lebih dekat kekerabatannya dengan kera daripada dengan yang lainnya. Syn ekologi merupakan kajian ekologi di alam. . SEBAB Antara manusia dan kera terdapat perbedaan satu asam amino sitokrom c. SEBAB Alga mendapat air dan mineral dari jamur. 14. 15.

.. 1.. Metode tersebut dinamakan ..... Metode ini memungkinkan kita untuk memperoleh informasi lengkap mengenai perilaku suatu individu.. tuliskan jawaban dari pertanyaan di bawah ini. Senyawa metabolit sekunder tumbuhan yang ditemukan pada tumbuhan yang mengalami pertumbuhan skunder serta berperan dalam proteksi dari serangan patogen adalah ... Genotipe merupakan susunan genetik dari satu individu tunggal sedangkan susunan genetik dari populasi suatu organisme disebut . 9. Karet yang dipanen oleh para petani dapat diolah dan digunakan sebagai alat perekat dan pengikat benda.. Toksin tersebut dinamakan... 5.. Prekursor yang dimaksud adalah…. 6.Menjodohkan Petunjuk pengerjaan: Pada lembar jawaban.. Hubungan yang terjadi seperti pada beruang yang memangsa ikan salmon sebagai makanannya disebut hubungan . Lintasan biosintesis fitohormon auksin telah diketahui pada tumbuhan maka jika seorang peneliti ingin mengetahui suatu bakteri yang dapat menghasilkan fitohormon auksin diperlukan prekursor utama yang harus ada pada media tumbuhnya.. 10. merupakan satu-satunya kekuatan yang membawa variabilitas gen dalam keselarasan dengan lingkungan. 4. Sel makrofag pada sistem imun yang berperan dalam mendegradasi benda asing yang masuk ke dalam tubuh. 2... 7. Jamur lendir Tabel pilihan jawaban Predasi Terpenoid Aflatoksin Focal sampling Flavenoid Mitokondria Netral Alkaloid Okratoksin Ad lib Lignin Lisosom komensal myxomycota Oomycota Scan sampling Selulosa Gene pool Evolusi Seleksi alam Mutasi gen deuteromycota Fenolik peroksisom .. 3.... Karet mengandung senyawa metabolit sekunder dari kelas . 8. Pilihan jawaban terdapat di tabel jawaban... Aspergillus flavus menghasilkan toksin yang dapat mengakibatkan kanker hati.

.. 6. Suatu kultur bakteri awalnya terdiri dari 2 sel bakteri per ml pada medium pengaya dengan fase lag 2 jam dan waktu generasi 20 menit... Nikotin dan morfin merupakan senyawa yang digunakan oleh tumbuhan sebagai racun bagi serangga dan dapat digunakan oleh industri farmasi sebagai obat anestesi dan analgesik.. RNA ( e.. 7. 5. Faktor yang paling berperan dalam proses pemanenan ATP yang maksimal sewaktu respirasi seluler pada tumbuhan adalah. .RNA protein DNA b.. 4.... Hal ini biasa disebut simbiosis. Serangkaian panjang kejadian spesiasi yang membawa spesies turunan makin jauh dari bentuk leluhur asli dikenal dengan istilah . Kedua senyawa tersebut merupakan jenis dari kelas metabolit skunder tumbuhan yang disebut. ... ... ) 2..... 3.RNA (d.....) c.. Hewan dari famili Cuculidae biasa menitipkan telurnya di sarang burung lain.... evolusi transpesifik 8. . 1. Obat sintetik yang digunakan untuk mengubah tingkatan ploidi pada tumbuhan yang aplikasinya digunakan untuk membuat semangka tak berbiji adalah.Isian Singkat Petunjuk: Isilah titik-titik pada soal dengan jawaban singkat dan jelas. Beri keterangan pada mekanisme sederhana dari sintesis protein berikut: a..bekerja melawan varian populasi yang ekstrim. Banyaknya sel yang adapada 1 liter kultur ini setelah 4 jam adalah ..... Jika tempat hidup itu homogen dan mantap.

. 10... Gambar di atas merupakan penampang melintang organ . Kedua organisme pada gambar di atas termasuk ke dalam kelas .dari tumbuhan monokot....9. .