You are on page 1of 8

ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SatuanPendidikan : SDN SIRNARASA 01
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Muatan Pelajaran : IPS, Bahasa Indonesia, dan IPA
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
Pelaksanaaan : 19 Juli 2019

A. KOMPETENSI INTI
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilakuan akhlak
beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya,etnisdan agama di provinsi setempat sebagai dentitas
bangsa Indonesia.
3.2.1. Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis,dan agama dari temantemandi kelas sebagaiidentitas
bangsa Indonesia.

4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnisdan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia.
4.2.1. Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis,dan agama dari teman-temandi
kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia
1. Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atauvisual.
3.1.1. Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragrafdari teks tulis.
4.1 Menata informasi yang didapat dariteks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utamadan gagasan pendukungsetiap paragraf dari tekstulis dalam bentuk
petapikiran.

IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
3.6.1 Menjelaskan caramenghasilkan bunyi.

2. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
3.2.1. Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.

3. siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.C. siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat. 4. Tanya Jawab. . rumah adat. . siswa mampu menyebutkan keragaman budaya. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN Pendekatan : Scientific. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya. . Wawancara. siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap. Peta budaya (ada di buku siswa) :perbedaan pakaian adat. Setelah wawancara sederhana. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. 2. Kegiatan Inti 100 menit . D. . MATERI PEMBELAJARAN 1. Diskusi.etnis. siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya. 6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. 5. Setelah eksplorasi.Setelah diskusi. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN Alokasi Kegiatan DeskripsiKegiatan Waktu KegiatanPen. dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis. danagama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap. dan discovery learning Metode : Penugasan. siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda disekitar dengan sistematis. tarian adat. 2. Bunyi E. Teks “Pawai Budaya”. (Ada pada buku siswa halaman 1) 3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Setelah membaca teks tentang keragaman budaya. etnis. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. dan alat musik tradisional. Setelah eksplorasi dan diskusi. danCeramah F. Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut 10 menit dahuluan agama dan keyakinan masing-masing.

Siswa mencari informasi lain tentang keberagaman budaya Indonesia. Guru bertanya jawab tentang alat musik termasuk cara menyembunyikannya. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajarbanyak tentang budaya Indonesia. Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesiasesuai dengan bacaan pada teks. Siswa secara berkelompok membunyikan berbagai jenis barang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. guru menempelkan gambar seorang anak Baliyang memakai baju tradisional.sertahal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. . 10 menit . . . menonton televisi. Siswa dibentuk 6 kelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). . . . Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya bangsa. . Guru mengajukan pertanyaan pembuka. . Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat. . siapa di antara kalian yang berasal darisuku Sunda. . Alokasi Kegiatan DeskripsiKegiatan Waktu . Ketua kelas memimpin do’a akhir pembelajaran. rumah tradisional dan makanannya. . . . Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari. . Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Siswa secara berpasangan diminta untuksaling menginformasikan tentang asal sukumereka kepada teman di sebelahnya. . Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Sebelum memulai pembelajaran. Suku Minang. G. Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya dan dilanjutkan menyelesaikan tugas pada buku siswa halaman 8. kesulitan yang mereka alami. atau membaca buku. Siswa dapat bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar. PENILAIAN . . Guru memberi penguatan terhadapn hasil diskusi dan kerja kelompok. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas. . . Siswa dalam kelompoknya diberi tugas membaca teks “Pawai Budaya”.. Di belakanganak ada rumah tradisional Bali. Suku Jawa. Penutup . selanjutnya siswa berdiskusi untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf 3 dan 4. Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya dan dilanjutkan menyelesaikan tugas pada buku siswa halaman 11 .

Penilaian Hasil Belajar Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan. Syaefulloh. 3 s.198505202012111001 . Mengetahui Bogor. SD NIP. c. Guru/Wali Kelas 4. Pembelajaran remedial : disajikan setelah selesei tahap penilaian dengan hsil analisis soal tertulis dan lisan yang disajikan di akhir pembelajaran. Penilaian Hasil Belajar  Esai atau uraian. MEDIA. b. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 196204161983051001 NIP. dan Lingkungan sekolah. 1. H. A.15).  Dirianak. Jenis Penilaian a. b. Penilain Pengetahuan : TesTertulis dan lisan.  Sumber Motivasi / Inspirasi Hidup:  Slide /gambar tentang Keberagaman BudayaBangsaIndonesia.d hal. 19 Juli 2017 Kepala Sekolah. 2016). Penilaian Ketrampilan : Perbuatan Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir. Penilaian Proses 1) Penilaian Kinerja.  Buku Pedoman Guru Tema1Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. 2.  Buku Pengembangan Diri Anak. (Ada pada buku siswa hal. S. O. M. d. Instrumen Penilaian a. 2) Penilaian Produk. Pd. Lingkungan keluarga. ALAT DAN SUMBER BELAJAR. Pd Joko Purnomo.

sosial. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR Matematika 3. guru. sekolah. dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga.1. Menyajikan segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan berupa gambar PPKn 3.4 Megidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa. sosial. santun.4. peduli. SBdP Pembelajaran ke : 2 Alokasi waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit) A. dan benda-benda yang dijumpainya di rumah. 3. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SatuanPendidikan : SDN SIRNARASA 01 Kelas / Semester : 4 /1 Tema 1 : Indahnya Kebersamaan Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku Muatan Pelajaran : Matematika. dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat. B. sosial. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar. PPKn. dan tetangga. dan budaya di Indonesia . melihat. dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. Menjelaskan berbagai bentuk keragaman suku bangsa. makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya. sosial.8. 4.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan. 3. dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. Menunjukkan perilaku jujur. KOMPETENSI INTI 1. 3.4.1.1.1. 4. membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa. Menjelaskan sifat-sifat segi banyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan 4. teman. tanggung jawab. dan dalam tindakan yang mencerminkan perilakuan akhlak beriman dan berakhlak mulia. disiplin. 4. dan budaya di indonesia 4..8.8 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis. Mengkomunikasikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya 2.

D. 5. Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut 10 menit dahuluan agama dan keyakinan masing-masing. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN Alokasi Kegiatan DeskripsiKegiatan Waktu KegiatanPen. siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap. dan definisi) dengan benar. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN Pendekatan : Scientific. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Diskusi. MATERI PEMBELAJARAN 1. dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis. siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya. Setelah eksplorasi.1. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan. . Setelah mengamati. . Setelah diskusi. 6. ciri-ciri. C. Setelah eksplorasi dan diskusi. Menampilkan gerakan tarian bungong jeumpa. Setelah mengamati berbagai bentuk bangun datar. siswa mampu mengdentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa 4. siswa mampu menyebutkan contoh-contoh segi banyak di sekitar dengan benar. 3.1. dan alat musik tradisional. Menjelaskan dasar-dasar gerak tarian bungong jeumpa 4. siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda disekitar dengan sistematis. . dan discovery learning Metode : Penugasan. 3. danCeramah F. (Ada pada buku siswa halaman 1) 3.3. Peta budaya (ada di buku siswa) :perbedaan pakaian adat. Kegiatan Inti 100 menit . SBdP 3. .etnis. bukan contoh. siswa mampu menuliskan konsep segi banyak dalam bentuk diagram frayer (contoh. Wawancara. Tanya Jawab.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.3. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. 2. rumah adat. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. Setelah berekplorasi. Teks “Pawai Budaya”. 2. Bunyi E. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. tarian adat.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah 4.

Guru memberi penguatan terhadapn hasil diskusi dan kerja kelompok. Siswa secara berkelompok membunyikan berbagai jenis barang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya bangsa. 10 menit . . menonton televisi. Suku Minang. . kesulitan yang mereka alami. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat. siapa di antara kalian yang berasal darisuku Sunda. . . Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya dan dilanjutkan menyelesaikan tugas pada buku siswa halaman 11 . . . . Penutup . Suku Jawa. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajarbanyak tentang budaya Indonesia. . Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesiasesuai dengan bacaan pada teks. guru menempelkan gambar seorang anak Baliyang memakai baju tradisional. Alokasi Kegiatan DeskripsiKegiatan Waktu .. .sertahal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Di belakanganak ada rumah tradisional Bali. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas. Guru bertanya jawab tentang alat musik termasuk cara menyembunyikannya. . Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya dan dilanjutkan menyelesaikan tugas pada buku siswa halaman 8. Sebelum memulai pembelajaran. Guru mengajukan pertanyaan pembuka. . Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari. . Siswa dapat bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar. . Siswa dibentuk 6 kelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). rumah tradisional dan makanannya. Siswa dalam kelompoknya diberi tugas membaca teks “Pawai Budaya”. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Siswa secara berpasangan diminta untuksaling menginformasikan tentang asal sukumereka kepada teman di sebelahnya. Siswa mencari informasi lain tentang keberagaman budaya Indonesia. Ketua kelas memimpin do’a akhir pembelajaran. selanjutnya siswa berdiskusi untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf 3 dan 4. G. . Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. . PENILAIAN . . . atau membaca buku. .

Guru/Wali Kelas 4. 196204161983051001 NIP. Syaefulloh. (Ada pada buku siswa hal. Lingkungan keluarga. Penilaian Proses 1) Penilaian Kinerja. c. d. A. 20 Juli 2017 Kepala Sekolah. MEDIA. c.  Buku Pedoman Guru Tema1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Pd. 1. 3 s. 2016). Jenis Penilaian a. Pembelajaran remedial : disajikan setelah selesei tahap penilaian dengan hsil analisis soal tertulis dan lisan yang disajikan di akhir pembelajaran. Penilaian Hasil Belajar  Esai atau uraian. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2. M.  Buku Pengembangan Diri Anak.15). 2) Penilaian Produk. Instrumen Penilaian b. Penilaian Ketrampilan : Perbuatan Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.19850520201211100 . Pembelajaran Remedial dan Pengayaan. ALAT DAN SUMBER BELAJAR. S. dan Lingkungan sekolah. Penilaian Hasil Belajar Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan. Penilain Pengetahuan : TesTertulis dan lisan. Mengetahui Tanjungsari. b. H.  Sumber Motivasi / Inspirasi Hidup:  Slide /gambar tentang Keberagaman BudayaBangsaIndonesia.  Dirianak. O. SD NIP.d hal. Pd Joko Purnomo.