You are on page 1of 16

Education

Kamis, 05 September 2013
RPP menata produk gasal

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMK Negeri 9 Semarang
Kompetensi : Pemasaran
Mata Pelajaran : Menata Produk
Kelas / Semester : XII / V
Pertemuan ke : 1, 2, 3, 4, 5
Alokasi Waktu : 20 X 45” (5 x pertemuan@ 4 jam)21qgh
Standar Kompetensi : Menata Produk
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perencanaan visual penataan produk
Indikator :
 Menjelaskan pengertian penataan produk
 Menyebutkan tujuan display atau penataan produk
 Membedakan jenis jenis display
 Menyebutkan landasan hukum perlindungan konsumen
 Menjelaskan ruang lingkup kode etik APLI
 Menyebutkan istilah istilah kode etik
 Menjelaskan segmentasi pasar , targeting , dan positioning
 Mengelompokkan jenis dan spesifikasi barang
 Menata produk sesuai dengan SOP
 Menentukan sikap dalam menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk.

Karakter yang diharapkan :
 Tanggung jawab

targeting . .  Jujur  Disiplin  Kerja keras  Kreatif I. Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran ini diharapkan : Pertemuan 1 :  Siswa dapat menjelaskan pengertian penataan produk  Siswa dapat menyebutkan tujuan display atau penataan produk Pertemuan 2 :  Siswa dapat membedakan jenis jenis display  Siswa dapat menyebutkan landasan hukum perlindungan konsumen Pertemuan 3 :  Siswa dapat menjelaskan ruang lingkup kode etik APLI  Siswa dapat menyebutkan istilah istilah kode etik Pertemuan 4 :  Siswa dapat menjelaskan segmentasi pasar . dan positioning  Siswa dapat mengelompokkan jenis dan spesifikasi barang Pertemuan 5 :  Siswa dapat menata produk sesuai dengan SOP  Siswa dapat menentukan sikap dalam menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk.

Open display Yaitu barang barang yang dipajangkan pada suatu tempat terbuka sehingga dapat dipegang dan diteliti tanpa bantuan petugas pelayanan. Macam-macam interior display antara lain . setelah masuk ke toko . . Closed Display Yaitu barang yang dipajangkan dalam suasana yang tertutup. kemudian melakukan pembelian 1.  Tujuan display atau penataan produk Tujuan diadakannya display adalah: 1. misal : dikamar tamu. gambar-gambar. kartu harga dan poster didalam toko. dikamar tidur. b. Materi Pembelajaran Pertemuan 1 :  Pengertian penataan produk Penataan produk atau display adalah suatu cara penataan produk.1 . dengan tujuan melindungi barang dari kerusakan. 2.2.Interior Display Adalah memajang barang-barang. a. terutama produk barang yang diterapkan oleh perusahaan tertentu dengan tujuan untuk menarik minat konsumen. Attention dan Interest customer Artinya display bertujuan untuk menarik perhatian para pembeli yang dilakukan dengan cara menggunakan warna-warna . lampu dan sebagainya Pertemuan 2 :  Jenis jenis display Display dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu .1.Desire dan action customer Yaitu untuk menimbulkan keinginan memiliki barang barang yang dipamerkan di tokotersebut. Architectural display Yaitu memperlihatkan barang barang dalam penggunaannya. didapur dan perlengkapannya.II. kecurian dan sebagainya c.

Asosiasi penjualan langsung Indonesia adalah sebuah lembaga yang menaungi para pengusaha yang tergabung di dalamnya.pada dasarnya konsumen . VDSA .Exterior Display yaitu penataan yang dilaksanakan dengan memajangkan barang barang di luar toko. UU perlindungan konsumen no 8 tahun 1999 . Pengusaha .2.3. harga. 2. Konsumen Pertemuan 4 :  Segmentasi pasar .Window Display Adalah memajangkan barang barang. gambar gambar.2. Hak dan kewajiban konsumen Pertemuan 3 :  Ruang lingkup kode etik APLI .  Istilah istilah kode etik . kemasan prestive pabrik. Hak dan kewajiban pelaku usaha .  Pengelompokkan jenis dan spesifikasi barang Produk adalah sekumpulan atribut fisik yang nyata(tangibel dan tidak nyata(intangibel) didalamnya sudah tercakup warna. kartu harga. Penjual langsung . targeting . dan positioning Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar berdasarkan yang sejenis atau bersifat homogeny. dan pelayananyang mungkin diterima konsumen sehingga konsumen merasa puas.  Landasan hukum perlindungan konsumen . symbol dan sebagainya di bagian depan toko yang disebut etalase.

sebuah harapan untuk lebih cantik dan menarik b Produk berwujud/produk normal Adalah produk yang ditawarkan secara nyata dan lengkap kepada konsumen yang terdiri dari pembungkus. a Produk inti (core Produkt) Adalah produk sesungguhnya yang harus dibeli oleh konsumen karena memiliki manfaat sebenarnya contoh . Radio c Produk tambahan(produk yang disempurnakan) Adalah produk yang ditawarkan yang mencakupi keseluruhan manfaat yang diterima atau dinikmati Pembeli. yaitu. mutu. tetapi sasarannya mereka membayar sesuatu untuk memuaskan keinginan. Seorang wanita yang membeli lipstik pada hakekatnya bukanlah membeli seperangkat atribut kimiawi dan fisik iti sendiri tetapi yang dibelinya adalah. corak dan ciri khas dari produk yang ditawarkan. nama merk. contoh. cntohnya. membeli tidak hanya sekedar kumpulan atribut fisik saja. Mengatur peralatan toko Penerangan ruangan . garansi pengajaran pemakaian diberikan penjual secara paket (keseluruhan) Pertemuan 5 :  Menata produk sesuai dengan SOP Hal hal yang harus diperhatikan didalam mengatur dan menata ruangan toko adalah a. Mengatur hiasan ruangan toko Meletakkan pot bunga/hiasan Menyusun barang dagangan dalam almari pajang dengan menarik Brosur perlu disusun dengan baik b. dengan demikian perusahaan yang bijaksana bahwa menjual manfaat (benefit) produk tidak hanya produk saja (manfaat intinya)tetapi harus merupakan suatu sistim. pembelian produk yang memberikan pemasangan. TV. dan dalam mengembangkan suatu produk perencana produk harus membagi produk menjadi tiga tingkatan.

Kesegaran udara dalam ruangan Keindahan dalam ruangan Keamanan barang dagangan Kesehatan barang dagangan 3.Persyaratan pemajangan barang yang baik a. Cermat . Pendahuluan 15” 1. mudah dicari c. . Bertanggung jawab III. menarik e. Kegiatan Siswa Waktu 1. mudah diambil d. mudah dilihat b. aman  Sikap dalam menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk. Pendekatan Pembelajaran Constekstual Teaching and Learning IV. A. Langkah – Langkah Pembelajaran Pertemuan 1 : Alokasi No. Apresiasi . Teliti .

Penutup 15”  Guru memberi tugas kepada siswa membuat kliping tentang penataan produk . B. 8 th. Konfirmasi  Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan  Membimbing siswa menyimpulkan materi 3. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen  Mengemukakan pertimbangan presiden RI tentang perlunya UU No. Elaborasi  Menjelaskan pengertian penataan produk  Memberi gambaran tentang tujuan penataan produk  Memberi penjelasan tentang Pasal 7 UU No.  Memeriksa kebersihan kelas  Presensi siswa  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai 2. Eksplorasi  Menggali informasi dari siswa tentang pengertian penataan produk  Menggali informasi dari siswa tentang tujuan display 2. C. Kegiatan Inti 135” 1. 1999 sebagai landasan hukum perlindungan konsumen 3.

Pendahuluan 15” 1. B. Kegiatan Inti 1. Penutup 15”  Membimbing para siswa untuk memahami materi  Guru menutup pertemuan dengan salam . Elaborasi  Menjelaskan jenis jenis display  Menjelaskan tentang landasan hukum perlindungan konsumen 3. A. Eksplorasi 135”  Menggali informasi dari siswa tentang jenis jenis display  Menggali informasi dari siswa tentang landasan hukum UU perlindungan konsumen 2. Konfirmasi  Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan  Membimbing siswa menyimpulkan materi 3. Apresiasi  Memeriksa kebersihan kelas  Presensi siswa  Menyampaikan materi yang akan dicapai 2. C.Pertemuan 2 : Alokasi No. Kegiatan Siswa Waktu 1.

A. Kegiatan Inti 135” 1.Pertemuan3 : Alokasi No. Eksplorasi  Menggali informasi dari siswa tentang Asosiasi penjualan langsung Indonesia 2. Kegiatan Siswa Waktu 1. Apresiasi  Memeriksa kebersihan kelas  Presensi siswa  Menyampaikan materi yang akan dicapai 2.  Penjelasan kelompok barang di supermarket  Penjelasan jenis.sifat dan spesifikasi barang supermarket . Pendahuluan 15” 1. B. Elaborasi ● Penjelasan tentang APLI ● Menjelaskan tentang Segmentasi pasar (segmenting)  Menjelaskan pasar menurut Ruang Lingkupnya  Menjelaskan pasar menurut Motif Pembeliannya  Memberi kesempatan kepada para siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan  Penjelasan kelompok barang berdasarkan keputusan segera dan kesejahteraan konsumen jangka panjang dan tujuan pemakaian.

C. B. Kegiatan Inti 135” 1. Apresiasi  Memeriksa kebersihan kelas  Presensi siswa  Menyampaikan materi yang akan dicapai 2. Kegiatan Siswa Waktu 1. Penutup 15”  Membimbing para siswa untuk memahami materi  Guru menutup pertemuan dengan salam Pertemuan 4 : Alokasi No. 3. Konfirmasi  Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan  Membimbing siswa menyimpulkan materi 3. A. Pendahuluan 15” 1. Eksplorasi  Menggali informasi dari siswa tentang Segmentasi pasar .

Apresiasi . C.  Menggali informasi tentang pengelompokkan dan spesifikasi barang 2. Elaborasi ● Menjelaskan tentang segmentasi pasar ● Menjelaskan tentang pengelompokkan barang  Menjelaskan tentang label harga dan hal-hal yang berkaitan dengan label harga  Menjelaskan tentang price card  Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk bertanya tentang label harga dan price card  Memberi kesempatan pada siswa untuk mengemukakan pendapat tentang materi 3. Konfirmasi  Membantu para siswa untuk menyimpulkan materi 3. Pendahuluan 15” 1. A. Penutup 15”  membantu siswa memahami tentang label harga dan Price Card  Guru menutup pertemuan dengan salam Pertemuan 5 : Alokasi No. Kegiatan Siswa Waktu 1.

Eksplorasi  Menggali informasi dari siswa tentang perencanaan penataan produk 2. C. dan peralatan penataan produk  Penjelasan istilah dan perlengkapan display barang supermarket  Penjelasan sikap dalam menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk yaitu cermat teliti tanggung jawab 3. Sumber belajar : . B.  Memeriksa kebersihan kelas  Presensi siswa  Menyampaikan materi yang akan dicapai 2. Elaborasi  Penjelasan perlengkapan . Konfirmasi  Membantu para siswa untuk menyimpulkan materi 3. Kegiatan Inti 135” 1. Penutup 15”  Membantu siswa memahami langkah-langkah perencanaan visual penataan produk  Guru menutup pertemuan dengan salam V. Sumber Belajar / Media Pembelajaran a.

Jelaskan yang dimaksud tata ruang ! 10. simbol. Jelaskan pengertian produk ! 7. jelaskan macam – macam display ! 3. Apakah peranan administratror kode etik ? 5. Sebutkan dua tahap dalam visual merchandising barang supermarket ! 9. Modul menata produk  Internet b. Beri lima contoh tentang convenince goods ! 8. Hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam display ? 4. dan sebagainya di depan toko yang disebut etalase . Apakah yang anda ketahui tentang display ? 2. Sebutkan dasar – dasar segmentasi pasar ! 6. kartu harga. 2. Media pembelajaran :  LCD  Laptop  CD interaktif c. macam – macam display :  Window display yaitu memajangkan barang – barang. Teknik penilaian :  Tertulis  Instrumen : 1. terutama penataan produk yang diterapkan oleh perusahaan tertentu dengan tujuan untuk menarik minat konsumen. display adalah suatu cara penataan produk. gambar – gambar. Bagaimana sifat – sifat visual merchandise yang sukses ? Kunci jawaban 1.

Tahap dalam visual merchandising a. dan architectural display  Eksterior display. es  Barang darurat : payung 8. dan menyenangkan 10. Administrator kode etik merupakan seseorang atau suatu badan independen yang ditunjuk oleh APLI guna membantu ketaatan perusahaan anggota pada kode etik APLI dan merupakan sarana guna menyelesaikan pengaduan atas pelanggaran kode etik. Demographic variabel c. Display 9. bendara. Psychographic variabel d. 5. yaitu penataan yang dilaksanakan dengan cara wholesaler yang terdiri atas simbol dan petunjuk penggunaan produk. Labelling b. Interiar display. coklat. Buyer behavior variabillity 6. Sifat visual merchandise yang sukses :  Unik  Dramatis  Sesuai kultur . Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam display :  Store design dan decoration yaitu tanda yang berupa diantaranya simbol. 4. Dasar segmentasi pasar : a. Geographic variabel b. pasta gigi  Barang impulsif : permen. gambar. yaitu memajangkan barang – barang di dalam toko terdiri dari open display. closed display. dan semboyan  Dealer display. Contoh conviniance goods  Barang pokok : beras. warna. poster. sabun. yaitu memajangkan barang – barang di luar toko terdiri dari store design dan dealer display 3. Produk adalah barang yang secara fisik dapat diraba maupun tidak dapat diraba termasuk bungkus. prestice perusahaan 7. Tata ruang adalah proses kegiatan pengaturan ruang secara tepat guna. lambang. sehat.

 Mudah dimengerti  Menyenangkan  Menunjukkan penggunaan  Mengundang kreatifitas konsumen  Menciptakan trafic konsumen  Norma penilaian : Soala terdiri dari 10 nomor Skor max = 10 (tiap nomor skor) Betul sempurna = 100 Jlh skor NA = --------. Tugas tidak terstruktur Carilah bahan kliping menata produk di internet untuk dibuat presentasi produk .X 100 10 B.

Mengetahui. Semarang. S. Siti Fadhilah. 197206152008012010 . Juli 2012 Kepala SMK NEGERI 9 SEMARANG Guru Mata Diklat Dra. M.Pd Sri Lestari.Pd NIP. 196110211988032005 NIP.