PERANG DUNIA KE II

A. LATAR BELAKANG PERANG DUNIA KE II
1. Benito Mussolini di Italia mempelopori gerakan fasvio de combatimento,dengan cita-cita membentuk
Italia Raya

Jerman.2. Membentuk NAZI . Adolf Hitler.

yaitu pada tanggal 1 Maret 1937 ketika Jepang menduduki Manchuria. Fasis Militer B. perang ini adalah perang yang paling dahsyat pernah terjadi di muka bumi. Kurang lebih 50. Jepang.000.000 (lima puluh juta) orang tewas dalam konflik ini. JALANNYA PERANG DUNIA KE 2 Perang Dunia II. . Sampai saat ini. Tenno Meiji. Meskipun demikian ada yang berpendapat bahwa perang sebenarnya sudah dimulai lebih awal.3. secara resmi mulai berkecamuk pada tanggal 1 September 1939 sampai tanggal 14 Agustus 1945.

Asia dan Fasifik a.1945) Henry Pu Yi Konflik perang mulai di Asia beberapa tahun sebelum pertikaian di Eropa. Perang Dunia II berkecamuk di tiga benua tua. Jepang menunjuk Henry Pu Yi . Asia dan Eropa. Asia dan Eropa.Umumnya dapat dikatakan bahwa peperangan dimulai pada saat pendudukan Jerman di Polandia pada tanggal 1 September 1939. Berikut ialah data pertempuran-pertempuran dan peristiwa penting di setiap benua. Berikut ialah data pertempuran-pertempuran dan peristiwa penting di setiap benua 1. yaitu Afrika. Perang Sino-Jepang (1937 . yaitu Afrika. Jepang telah menginvasi China pada tahun 1931. jauh sebelum Perang Dunia II dimulai di Eropa. dan berakhir pada tanggal 14 atau 15 Agustus 1945 pada saat Jepang menyerah kepada tentara Amerika Serikat. Pada 1 Maret. Perang Dunia II berkecamuk di tiga benua tua.

Hari berikutnya. sehingga mengakibatkan kerusakan parah pada Armada Pasifik Amerika. dan menghentikan invasi Jepang terhadap Burma. Aksi ini menguatkan konflik Jepang dengan Amerika Serikat dan Britania Raya yang bereaksi dengan boikot minyak. juga dikenal sebagai Harimau Terbang Chennault. Pada 1937. perang telah dimulai ketika Jepang mengambil alih Manchuria Roosevelt menandatangani sebuah perintah eksekutif yang tidak diterbitkan (rahasia) pada Mei 1940 mengijinkan personel militer AS untuk mundur dari tugas. turut serta dalam perang. sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam operasi terselubung di China sebagai "American Volunteer Group" (AVG). c. Dengan adanya tindakan Amerika Serikat dan negara lainnya yang memotong ekspor ke Jepang. Jajahan Perancis Vichy (1940) Pada 1940. pasukan Jepang tiba di Hong Kong. A. Selama periode tujuh bulan. negara boneka bentukan Jepang di Manchuria. dan bergabung dengan kekuatan Poros Jerman dan Italia. maka Jepang merencanakan serangan terhadap Pearl Harbor pada 7 Desember 1941 tanpa peringatan deklarasi perang. menenggelamkan sejumlah kapal Jepang. b. kelompok Harimau Terbang berhasil menghancurkan sekitar 600 pesawat Jepang. invasi Jepang di Asia Tenggara (1941) . Jepang menduduki Indochina Perancis (kini Vietnam) sesuai persetujuan dengan Pemerintahan Vichy meskipun secara lokal terdapat kekuatan Perancis Bebas (Free French). yang kemudian menyebabkan menyerahnya pasukan Inggris pada Hari Natal di bulan itu. Pearl Harbor.S.menjadi kaisar di Manchukuo.

.

Laksamana Madya Chuichi Nagumo .

Brunei. Jepang sengaja mengambil taktik tersebut sebagai taktik gurita yang bertujuan mengisolasi kekuatan Hindia Belanda dan Sekutunya yang tergabung dalam front ABDA (America (Amerika Serikat). . Dutch (Belanda). Pasukan Jepang menghadapi perlawanan kecil dan menghancurkan pelabuhan tersebut. pangkalan angkatan laut AS terbesar di Pasifik. Jepang menginvasi Filipina. Australia) yang berkedudukan di Bandung. Sejak peristiwa ini. d. British (Inggris). Borneo dan Birma. Malaya. Markas Britania Raya di Singapura juga dikuasai. Serangan-serangan itu mengakibatkan kehancuran pada armada laut ABDA khususnya Australia dan Belanda. dan juga koloni-koloni Inggris di Hong Kong. Jepang juga menyerang pangkalan udara AS di Filipina. dengan maksud selanjutnya menguasai ladang minyak Hindia Belanda. Invasi Hindia-Belanda (1942) Penyerbuan ke Hindia Belanda diawali dengan serangan Jepang ke Labuan. Seluruh wilayah ini dan daerah yang lebih luas lagi. Semenanjung Malaya. Singapura. pesawat Jepang dikomandoi oleh Laksamana Madya Chuichi Nagumo melaksanakan serangan udara kejutan terhadap Pearl Harbor. Setelah serangan ini. Sekutu akhirnya memindahkan basis pertahanannya ke Australia meskipun demikian Sekutu masih mempertahankan beberapa kekuatannya di Hindia Belanda agar tidak membuat Hindia Belanda merasa ditinggalkan dalam pertempuran ini. Palembang. yang dianggap oleh Churchill sebagai salah satu kekalahan dalam sejarah yang paling memalukan bagi Britania.Pada 7 Desember 1941. Tarakan dan Balikpapan yang merupakan daerah-daerah sumber minyak. jatuh ke tangan Jepang dalam waktu beberapa bulan saja. AS dengan segera mengumumkan perang terhadap Jepang Bersamaan dengan serangan terhadap Pearl Harbor.

. Armada Gabungan sekutu kalah dan Karel Doorman gugur.Laksamana Karel Doorman Jepang mengadakan serangan laut besar-besaran ke Pulau Jawa pada bulan Februari-Maret 1942 dimana terjadi Pertempuran Laut Jawa antara armada laut Jepang melawan armada gabungan yang dipimpin oleh Laksamana Karel Doorman.

Midway. 2. Port Moresby.e. C. 1942: Laut Coral. . Guadalcanal f.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful