You are on page 1of 6

MATP-3.2/4.

2/1/1/1-1

Jumlah dan Selisih Vektor

1. IDENTITAS UKBM

a. Mata Pelajaran : Matematika
b. Semester : 1
c. Kompetensi Dasar : 3.2 dan 4.2
d. Indikator Pencapaian Kompetensi :

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3. 2. Mendeskripsikan dan menganalisis 3.2. 1 Membedakan antara skalar dan
konsep skalar dan vektor dan vektor
menggunakannya untuk membuktikan 3.2. 2 Mengemukakan definisi vektor
berbagai sifat terkait jarak dan sudut 3.2. 3 Menganalisis jumlah vektor
serta menggunakannya dalam 3.2. 4 Menganalisis selisih vektor
memecahkan masalah 3.2. 5 Menentukan proyeksi orthogonal
suatu vektor pada vektor lain
4. 2. Memecahkan masalah dengan 4.2. 1 Memecahkan masalah kehidupan
menggunakan kaidah-kaidah vektor nyata menggunakan konsep vektor

e. Materi Pokok : Vektor
f. Alokasi Waktu : 3JP × 2
g. Tujuan Pembelajaran :

Melalui pembelajaran berbasis masalah, discovery learning peserta didik dapat :
1. membedakan antara skalar dan vektor
2. mengemukakan definisi vektor
3. menganalisis jumlah vektor
4. menganalisis selisih vektor
dari masalah kontekstual dan dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear tiga variabel, sehingga peserta didik dapat menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli dan
bertanggungjawab, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi,
kolaborasi, kreativitas (tuntutan abad 21:C4)

1

MATP-3. Sifat-sifat operasi jumlah dan selisih dua vektor Prosedural 1. Definisi dua vektor yang sama 3. Materi Pembelajaran : Faktual 1. Masalah kontekstual yang diselesaikan dengan definisi atau sifat-sifat vektor Konseptual 1. Langkah-langkah menentukan jumlah dan selisih dua vektor 2. PETA KONSEP 2 .2/4. Definisi besaran skalar dan besaran vektor 2.2/1/1/1-1 h.

5) Jangan lupa melalui pembelajaran ini kalian dapat mengembangkan sikap jujur. berlatihlah memperluas pengalaman belajar melalui tugas-tugas atau Kegiatan Belajar 1. dan 3. 3) Kerjakan tugas-tugas di buku kerja yang sudah kalian siapkan sebelumnya. MATP-3. j. hal . 2..2/4.2/1/1/1-1 3. 4) Apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam Kegiatan Belajar 1. 2... peduli. kolaborasi. silahkan kalian membaca dan memahami cerita di bawah ini dengan baik. komunikasi. kreativitas. 2) Setelah memahami isi materi. dan bertanggungjawab.. serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Pernahkah kalian melihat lembing yang meluncur di udara saat dilempar oleh atlet lempar lembing? 3 . Pendahuluan Sebelum masuk pada materi. dan 3 baik yang harus kalian kerjakan sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya sesuai instruksi guru. sd . kalian boleh sendiri atau mengajak teman lain yang sudah siap untuk mengikuti tes formatif agar kalian dapat belajar ke UKBM berikutnya (jika belum memenuhi KKM kalian harus mempelajari ulang materi ini kemudian minta tes lagi sampai memenuhi KKM).. Petunjuk Umum Penggunaan UKBM 1) Baca dan pahami BTP (Buku Teks Pembelajaran) Lihat Buku Matematika untuk SMA/MA Kelas X Penulis Sukino. PROSES BELAJAR i.

Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi pada UKBM ini. kalian boleh melanjutkan ke kegiatan belajar 2 Setelah kalian selesai mengerjakannya..2/4. mari kita lanjutkan ke Kegiatan Belajar berikut. temuilah guru untuk menilai ketepatan hasil kerjamu! l.2/1/1/1-1 Lembing tersebut meluncur dengan kecepatan dan arah tertentu sesuai dengan keinginan sang atlet. Penutup Setelah kalian belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan belajar 1. dan 3 isilah tabel berikut untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang telah kalian pelajari. 2. Dalam matematika. Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi No Pernyataan Ya Tidak Apakah kalian sudah 1 mengerti tentang . Kemudian diskusikan jawaban yang tepat)  Kunci jawaban Apabila kalian merasa sudah dapat memahami pembelajaran ini... lembing yang meluncur ini mewakili sebuah vektor. 4 ... yaitu suatu besaran yang memiliki besar dan arah. k. Kegiatan Inti 1  Uraian singkat materi yang akan dibahas  Berikan contoh-contoh  Berikan latihan soal-soal (Apabila kalian telah selesai. Agar kalian lebih memahami tentang vektor ini. MATP-3. mintalah gurumu untuk menilai ketepatan hasil kerjamu.

.... coba kalian diskusikan kembali . sekarang kalian boleh melanjutkan ke UKBM .......... (diisi dengan kode UKBM) 5 .. (diisi dengan kode UKBM)..... (uraian ilustrasi pada bagian pendahuluan) di bagian awal tadi..... Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.. maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 1... Ini adalah bagian akhir dari UKBM ..2/1/1/1-1 Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas....... MATP-3................. Dan apabila kalian menjawab “YA” pada semua pertanyaan....... 2.. Yuk cek pemahamanmu terhadap materi ini! Agar dapat dipastikan bahwa kalian telah menguasi materi . maka kerjakan soal berikut secara mandiri di buku kerja kalian.2/4....... maka lanjut ke berikut.. LATIHAN SOAL-SOAL Setelah menyelesaikan evaluasi di atas... dan 3 yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat.... Dimana Posisimu? Ukurlah diri kalian dalam menguasai materi mengembangkan pendapat dalam teks eksposisi dalam rentang 0-100..... tuliskan ke dalam kotak yang tersedia..

2/4. MATP-3. KALIAN ADALAH GENERASI CERDAS 6 .2/1/1/1-1 SELAMAT BELAJAR DAN SUKSES.