You are on page 1of 5

PEMERINTAH KABUPATEN HALMAHERA BARAT

PUSKESMAS JAILOLO
Jln. Puaen, Desa Guaemaadu Kec. Jailolo Kode Pos 97752

KERANGKA ACUAN PENYAKIT ISPA/PNEUMONIA

PUSKESMAS JAILOLO

I.PENDAHULUAN

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Merupakan penyakit yang sering terjadi pada
anak.Insiden menurut kelompok umur Balita diperkirakan 0,29 kasus peranak/tahun dinegara
berkembang dan 0,05 kasus peranak/tahun dinegara maju.Ini menunjukkan bahwa terdapat 156
juta kasus baru di dunia per tahun dimana 151 juta kasus (96,7%) terjadi dinegara berkembang.
Kasus terbanyak terjadi di India,Cina,Pakistan,Banglades,Indonesia dan Nigeria. Diindonesia
terjadi 6 juta kasus. Dari semua kasus yang terjadi dimasyarakat,7-13% kasus berat dan
memerlukan perawatan rumah sakit.Kasus batuk pilek pada balita di Indonesia diperkirakan 2-3
kali pertahun( Rudan et Bulletin WHO 2008).

ISPA merupakan salah satu penyebab utama kunjungan pasien dipuskesmas (40%60%) dan
rumah sakit (15%-30%).

Pneumonia adalah pembunuh utama Balita didunia,lebih banyak sebanding dengan gabungan
penyakit AIDS, malaria dan campak. Di dunia setiap tahun diperkirakan lebih dari 2 juta balita
meninggal karena Pneumonia ( 1balita/20 detik) dari 9 juta total kematian balita. Diantara 5
kematian balita 1 diantaranyadisebabkan oleh pneumonia.Bahkan karena besarnya kematian
Pneumonia ini disebu tsebagai “Pandemi yang terlupakan ‘’ ATAU “ The Forgotten Pandemic’’.
Namun tidak banyak perhatian pada penyakit ini.Sehingga Pneumonia disebut juga pembunuh
balita yang terlupakan atau “the forgotten killer of children’’ (Unicef/WHO 2006, WPD 2011).

II. LATAR BELAKANG

dengan jumlah kunjungan 1.Dilaksanakan sesuai dengan prosedur pelaksanaan. 2) Tujuan Khusus 1. JADWAL Kegiatan dilaksanakan di tiab-tiab Desa sesuai sasaran puskesmas jailolo pada bulan yg berjalan.Ditunjang dengan dokumentasi dan foto kegiatan. PENCATATAN DAN PELAPORAN 1. TUJUAN 1) Tujuan umum Setelah diberikan penyuluhan diharapkan sasaran mampu memahami tentang masalah ISPA/Pneumonia. CARA PELAKSANAAN Melakukann penyuluhan kepada semua lapisan masyarakat diwilayah kerja Puskesmas Jailolo. 2. Masyrakat mengetahui apaitu ISPA. XI. 2. BIAYA Pembiyaan kegiatan ini bersumber dari dana BOK (Bantuan Operasioanl Kesehatan) Tahun 2018.662 pada tahun 2016. IV.Hal ini bias dibuktikan bahwa penyakit ISPA menduduki peringkat pertama 10 besar penyakit di Puskesmas Jailolo. SASARAN Semua lapisan Masyarakat wilayah kerja PuskesmasJailolo. serta tanda dan gejalanya. VII.Ispa masih merupakan masalah kesehatan diwilayah kerja Puskesmas Jailolo. III. IX. . Masyarakat mengetahui penyebab dan piñata laksanaan awal dirumah. VI. V. PENUTUP Demikianlah kerangka acuan ini dibuat sebagai acuan pelaksaan kegiatan.

angka kematian balita bisa diturunkan. Desa Guaemaadu Kec.pilek.Tanda dan gejalanya penyakit ISPA dapat berupa : batuk. PEMERINTAH KABUPATEN HALMAHERA BARAT PUSKESMAS JAILOLO Jln.yaitu pneumonia (infeksi paru) yang ditandai dengan nafas cepat dan mungkin juga tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam.Tujuan Umum Untuk meningkatkan pengetahuan kader di wilaya puskesmas jailolo . II.6%.Diharapkan dengan meningkatnya pengetahuan kader tentang tanda dan gejala pneumonia. PENDAHULUAN Hingga saat ini Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) masih merupakan masalah masyarakat di Indonesia. LATAR BELAKANG Petugas kesehatan dan juga kader perlu mengenal anak-anak yang sakit serius dengan gejala batuk atau sukar bernafas yang membutuhkan pengobatan dengan antibiotika. Jailolo Kode Pos 97752 KERANGKA ACUAN REFRESING KADER TENTANG TATALAKSANA PADA PENYAKIT ISPA/PNEUMONIA I.kesukaran bernafas.sakit tenggorokan. Pneumonia adalah infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli).Anak dengan batuk atau sukar bernafas mungkin menderita pneumonia atau infeksi saluran pernafasan yang berat lainnya.sakit telinga dan demam.Kematian pada Balita (berdasarkan surfei kematian Balita tahun 2005) sebagian besar disebabkan karena pneumonia yaitu 23. Puaen. III. TUJUAN 1.

2. Menekan angka kematian balita akibat Ispa/pneumonia. BIAYA Pembiyaan kegiatan ini bersumber dari dana BOK (Bantuan Operasioanl Kesehatan) Tahun 2018 IX. b. IV. Tujuan Khusus a. VI. Meningkatkan pengetahuan kader tentang Ispa/pneumonia. CARA PELAKSANAAN Melakukan refresing kader ditiab-tiab desa pasa saat jadwal posyandu diwilayah kerja Puskesmas Jailolo. PENCATATAN DAN PELAPORAN 1. PENUTUP Demikianlah kerangka acuan ini dibuat sebagai acuan pelaksaan kegiatan.Dilaksanakan sesuai dengan prosedur pelaksanaan. VII. 2. . XI.Ditunjang dengan dokumentasi dan foto kegiatan. JADWAL Kegiatan dilaksanakan di tiab-tiab Desa sesuai sasaran puskesmas jailolo pada bulan yang berjalan. SASARAN Semua kader posyandu wilayah kerja Puskesmas Jailolo. V.