You are on page 1of 7

LIGHTNING ARRESTER JENIS EKSPULSI

atau
TABUNG PELINDUNG (PROTECTOR TUBE)

A. Pendahuluan

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat menyebabkan meningkatnya
kebutuhan akan tenaga listrik tidak hanya untuk penggunaan penerangan saja dan
keperluan industri , tetapi sudah sampai pada kebutuhan rumah tangga yang sekecil-
kecilnya . Oleh karena itu suatu sistem tenaga listrik sangat diharapkan dapat
menyalurkan daya secara terus-menerus kepada konsumen . Dalam proses
penyaluran tenaga listrik tersebut sering terjadi gangguan internal dan eksternal.
Gangguan-gangguan ini terjadi karena jarak antara sumber listrik dan pusat-pusat
beban sangat jauh sehingga sumber harus dihubungkan oleh sistem transmisi energi
listrik. Untuk meminimalisir dampak dari gangguan maka pada sistem transmisi perlu
ditambahkan sistem proteksi yang terdiri dari peralatan proteksi yang berfungsi sesuai
kegunaannya sehingga sistem tersebut bisa dikatakan handal.

Lightning arrester merupakan peralatan proteksi yang sangat mendukug
kehandalan suatu sistem tenaga listrik karena mampu melindungi peralatan tegangan
tinggi yang ada pada sistem transmisi atau distribusi semisal suatu Gardu
transformator tihang (GTT) .

Gardu transformator tihang (GTT) merupakan salah satu bagian penting
dalam suatu sistem distribusi daya listrik. GTT digunakan sebagai tempat peletakan
transformator sistem 20 kV atau transformator distribusi 20 kV tipe pasangan luar
(outdoor) . Trafo tersebut berfungsi sebagai penurun tegangan, yang menurunkan
tegangan 20 kV (tegangan menengah) menjadi 400/230 V (tegangan rendah). karena
trafo terhubung dengan saluran udara 20 KV dengan kawat telanjang (over head open
wire) dan penempatannya yang ditempat terbuka sehingga pada trafo dapat terjadi

B. Lightning arrester terdiri atas dua jenis yaitu jenis ekspulsi dan jenis katup. 3. Pada dasarnya fungsi dari Lightning arrester adalah sebagai isolator pada kondisi normal dan bekerja sebagai konduktor saat sistem diterpa tegangan surja. Sela pemutus bunga api diletakan di dalam tabung. salah satu elektroda dihuungkan ke tanah. Arester jenis ekspulsi merupakan tabung yang terdiri dari : 1. Arester jenis Ekspulsi Arester jenis ekspulsi biasa juga dikenal dengan nama Tabung pelindung (Proector tube). Sambaran petir akan menimbulkan tegangan lebih yang tinggi melebihi kemampuan isolasi trafo hingga menyebabkan kerusakkan isolasi yang fatal. . Dinding tabung (Fiber) yang terdiri dari bahan yang mudah menghasilkan gas jika dilalui arus. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka setiap pemasangan trafo distribusi 20 KV pada GTT selalu dilengkapi dengan Lightning Arrester.gangguan tegangan lebih akibat sambaran petir secara langsung atau sambaran petir tidak langsung (induksi). Sela batang (external series gap) yang biasanya diletakan pada isolator porselin untuk mencegah arus mengalir dan membakar fiber pada tegangan jala-jala setelah gangguan diatasi. 2.

Temperatur pelepasan dari busur api akan menimbulkan tekanan dalam tabung fiber. Dengan demikian daya busur api akan cenderung mengikuti pelepasan peralihan (transient discharge) ke ground tanpa ada kekuatan selama gelombang tegangan lebih terakhir. sehingga akan membinasakan busur api dan mengusir uap gas yang tak berpenghantar ke luar tabung gas (vent). sehingga tabung fiber akan menghasilkan uap gas. Loncatan busur api ini akan turun ke dalam tabung fiber (fiber tube) diantara elektroda atas dan bawah yang merupakan celah api 2. yang diluar dan yang berada didalam tabung serat. Uap gas yang dihasilkan oleh tabung fiber akan bercampur dengan busur api. Prinsip kerja Arester jenis Ekspulsi Lightning arrester jenis expulsion ini mempunyai dua celah api. yang satu berada diluar dan satu lagi berada dalam. Ketika terjadi tegangan lebih pada jaringan maka pada elektroda batang sebagai celah api 1 akan terjadi loncatan busur api (flshover). tembus seketika dan membentuk jalan penghantar dalam . Lightning arrester jenis ekspulsi atau Tabung pelindung C. Bila ada tegangan surja yang tinggi sampai pada jepitan arrester kedua sela percik. Makin tinggi temperatur busur api makin banyak uap gas yang dihasilkan. Pada prinsipnya terdiri dari sela percik yang berada dalam tabung serat dan sela percik yang berada di udara atau disebut juga sela seri. Gambar 1.

Terbatas pada sistem yang mempunyai besar arus sistem kurang dari 1/3 dari besar arus terpanya. permukaan tabung akan rusak karena terbakar. Panas yang timbul karena mengalirnya arus petir menguapkan sedikit bahan tabung serat. Walaupun termasuk pemotong surja yang murah karena kemampuannya memotong arus susulan. Arrester jenis ekspulasi ini mempunyai karakteristik volt – waktu yang lebih baik dari sela batang dan dapat memutuskan arus susulan. Jadi tidak menimbulkan gangguan. Pemakaian Lightning Arrester jenis Ekspulsi Berdasarkan prinsip kerja yang dimiliki dan penjelasan mengenai kekurangan dari tabung pelindung. Karena setiap arrester bekerja. 2. maka pemakaiannya lebih cocok untuk : .bentuk busur api. sehingga arrester ini mempunyai batasan pada jumlah operasinya dimana arrester ini masih berfungsi dengan baik. namun tidak cocok digunakan untuk melindungi peralatan yang mahal. Kekurangan Arester jenis Ekspulsi 1. E. sehingga gas yang timbul akan menyembur pada api. Arus susulan dalam arrester jenis ini dapat mencapai harga yang tinggi sekali tetapi lamanya tidak lebih dari 1 (satu) atau 2(dua) gelombang. Jadi arrester menjadi konduktor dengan impedansi rendah dan melalukan surja arus dan arus daya system bersama – sama. D. Hal ini disebabkan karena kemampuan untuk memutuskan arus susulan tergantung dari tingkat arus hubung singkat dari sistem pada titik di mana arrester itu dipasang. dan biasannya kurang dari setengah gelombang. 3. Hal ini disebabkan karena arus yang sangat besar akan menyebabkan fiber habis terbakar dan arus yang terlalu kecil tidak mampu menghasilkan cukup gas pada tabung untuk mematikan busur api.

F. Untuk meminimalisir dampak dari gangguan-gangguan selam proses penyaluran daya listrik maka padasistem transmisi perlu ditambah dengan sistem proteksi sehingga sistem kelistrikan tetap handal. Melindungi trafo-trafo kecil di pedesaan. Kesimpulan Kemajuan teknologi yang berkembang pesat menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan tenaga listrik oleh karena itu suatu sistem tenaga listrik sangat diharapkan dapat menyalurkan daya secara terus-menerus kepada konsumen . Pada tiang transmisi tertentu yang cukup tinggi dimana kemungkinan tersambar petir sangat besar. 3. Dalam proses penyaluran tenaga listrik tersebut sering terjadi gangguan internal dan eksternal yang disebabkan karena jarak dari sumber ke pusat-pusat beban sangat jauh. Dipakai pada tiang transmisi sebelum memasukigardu untuk memotong besar arus terpa yang dating shingga berfungsi menguragi kerja dari arrester di gardu. 2. . karena arrester jenis ekspulsi lebih murah. Lightning arrester terdiri atas dua jenis yaitu jenis ekspulsi dan jenis katup. 4. 1. Melindungi isolator transmisi karena mudah dikoordinasikan untuk melindungi isolator dari tembus permukaan. karena mampu melindungi peralatan tegangan tinggi yang ada pada sistem transmisi atau distribusi Pada dasarnya fungsi dari Lightning arrester adalah sebagai isolator pada kondisi normal dan bekerja sebagai konduktor saat sistem diterpa tegangan surja. Lightning arrester merupakan salah satu peralatan proteksi yang sangat mendukung kehandalan suatu sistem tenaga listrik.

Temperatur pelepasan dari busur api akan menimbulkan tekanan dalam tabung fiber. 3. Tidak cocok digunakan untuk melindungi peralatan yang mahal. 2. Ketika terjadi tegangan lebih pada jaringan maka pada elektroda batang sebagai celah api 1 akan terjadi loncatan busur api (flshover). Sela batang (external series gap) 3. yang satu berada diluar dan satu lagi berada dalam. Makin tinggi temperatur busur api makin banyak uap gas yang dihasilkan. sehingga tabung fiber akan menghasilkan uap gas. Dengan demikian daya busur api akan cenderung mengikuti pelepasan peralihan (transient discharge) ke ground tanpa ada kekuatan selama gelombang tegangan lebih terakhir. Uap gas yang dihasilkan oleh tabung fiber akan bercampur dengan busur api. Arester jenis ekspulsi merupakan tabung yang terdiri dari : 1. Terbatas pada sistem yang mempunyai besar arus sistem kurang dari 1/3 dari besar arus terpanya. . Mempunyai batasan pada jumlah operasinya dimana arrester ini masih berfungsi dengan baik. Untuk Arester jenis ekspulsi atau yang dikenal dengan nama Tabung pelindung (Proector tube). sehingga akan membinasakan busur api dan mengusir uap gas yang tak berpenghantar ke luar tabung gas (vent). Adapun kekurangan dari arrester jenis ekspulsi ini ialah: 1. Sela pemutus bunga api Lightning arrester jenis expulsion ini mempunyai dua celah api. Loncatan busur api ini akan turun ke dalam tabung fiber (fiber tube) diantara elektroda atas dan bawah yang merupakan celah api 2. Dinding tabung (Fiber) 2.

maka pemakaiannya lebih cocok untuk : 1. . Dipakai pada tiang transmisi sebelum memasuki gardu 3. Berdasarkan prinsip kerja yang dimiliki dan penjelasan mengenai kekurangan dari tabung pelindung. Pada tiang transmisi tertentu yang cukup tinggi dimana kemungkinan tersambar petir sangat besar. Melindungi trafo-trafo kecil di pedesaan 4. Melindungi isolator transmisi 2.