You are on page 1of 15

LAPORAN BAHAN GALIAN GRAFIT

D

I

S

U

S

U

N

OLEH :

BENISA SIREGAR

GEOLOGI PERTAMBANGAN

SMK N 1 MANDAU

sumbernya. 2 . bahan konstruksi kimia berkembang amat pesat. Hampir sebagian industri kimia baik yang ada dalam skala laboratorium besar dan kecil memanfaatkan hasil bahan galian tersebut. Bahan galian terdiri dari beberapa klasifikasi yaitu berdasarkan . Pemanfaatan bahan galian adalah langkah positif yang tak terhindarkan untuk mencukupi kebutuhan yang telah di tentukan oleh harga pasar mineral yang selalu mendorong upaya eksploitasi bahan galian semaksimal mungkin. KATA PENGANTAR Dalam beberapa tahun terakhir ini. Di Indonesia salah satu dari bahan konstruksi kimia tersebut adalah bahan galian dari alam itu sendiri. cara mendapatkannya serta penggunaan nya. Bahan galian dari alam tersebut digunkan sebagai bahan baku atau bahan pokok dari suatu industri kimia.

................................... DAFTAR ISI Halaman Judul.....................6 Manfaat Atau Kegunaan Dari Bahan Galian Grafit………………………12 Bab III (Penutup).......................1 Latar Belakang.......................................... 1 Kata Pengantar....... 4 1.......3 Tujuan dan Manfaat. 5 2... 2 Daftar Isi.......................................................................................................1 Pengertian Bahan Galian Grafit ......................................................................................................................8 2................................. 17 3 ................................5 Perusaan Yang Melakukan Atau Yang Mengolah Bahan Galian Grafi…….....................................................................................................................................................................................................................5 Bab II (Pembahasan)............ 6 2................................................... 3 Bab I (Pendahuluan)................................ 5 2......................................................................................................................................................... 4 1.........9 2..........2 Mineral-Mineral Penyusun Bahan Galian Grafit........................... 4 1....3 Genesa/Asal Terjadinya Bahan Galian Grafit……………………………7 2......................................................................................4 Metode Eksplorasi Dan Penambangan Bahan Galian Grafit………………...................4 Manfaat Penulisan………………………………………………………................. 5 1...............2 Permasalahan..

sehingga bulat. BAB I PENDAHULUAN 1. berkontribusi terhadap superioritas pertumbuhan angkatan laut Inggris. Borrowdale grafit digunakan sebagai bahan tahan api untuk cetakan line untuk bola meriam. khususnya dari kapal. selama Elizabeth pemerintahan (1533-1603). dan dengan mudah dapat dipecah menjadi tongkat. Cumbria. Deposit tertentu dari grafit murni dan sangat lembut. Inggris . setoran besar dari grafit ditemukan pada pendekatan untuk Knotts abu-abu dari dusun Seathwaite di Borrowdale paroki . yang ditemukan penduduk setempat sangat berguna untuk menandai domba. Ini tetap deposit hanya grafit ditemukan dalam bentuk dikemas. Grafit digunakan oleh 4 SM milenium budaya Marica untuk membuat cat untuk menghias keramikgerabah selama Neolitik Umur di Eropa tenggara.2 Rumusan Masalah 1. Produksi per hari dan jumlah cadangan serta perkiraan umur tambang dari bahan galian grafit c. Beberapa waktu sebelum 1565 (beberapa sumber mengatakan sedini 1500). 1.1 Latar Belakang Masalah Makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan tentang bahan galian grafit. Pengertian bahan galian grafit 2. tambang ini unik dan produksi yang ketat dikontrol oleh mahkota. Lebih serius. Genesa/asal terjadinya bahan galian grafit 4. Metode eksplorasi dan penambangan bahan galian grafit 5. bola halus yang bisa dipecat lanjut. Analisa keuangan harga jual nasional/internasional per ton/per kg dari bahan galian grafit b. Karena pentingnya militer. Foto proses penambangan ( alat berat dan transportasi tambang) 4 . Perusahaan yang melakukan a. Mineral-mineral penyusun bahan galian grafit 3.

Untuk dapat mengetahui metode eksplorasi dan penambangan dari bahan galian grafit. d. Untuk dapat mengetahui perusaan yang melakukan atau yang mengolah bahan galian grafit. 1. Manfaat atau kegunaan dari bahan galian grafit 7. Untuk mengetahui secara jelas apa pengertian dari bahan galian grafit. Referensi atau daftar pustaka 1.4 Manfaat Penulisan 1. Peta kesampaian lokasi 6. Untuk mengetahui genesa/asal terjadinya dari bahan galian grafit. 6. Untuk dapat mengetahui manfaat atau kegunaan dari bahan galian grafit. 4.3 Tujuan Penulisan Tujuan disusunnya makalah ini untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh Dosen Mata Kuliah Genesa Bahan Galian. 2. Untuk mengetahui mineral-mineral penyusun dari bahan galian grafit. Selain itu penyusunan ini juga untuk membuka jendela pengetahuan tentang permasalahan yang ada saat ini di dunia pertambangan. 5 . 5. 3.

tepat di atas antrasit dan alternatif yang disebut meta-antrasit. berguna dalam aplikasi seperti lampu busur elektroda. akibatnya. dan mungkin hidrotermal berasal. meskipun tidak biasa digunakan sebagai bahan bakar karena sulit untuk terbakar. datar. digunakan dalam termokimia sebagai keadaan standar untuk mendefinisikan panas pembentukan senyawa karbon. Ada tiga jenis utama dari grafit alam. Hal itu dinamai oleh Abraham Gottlob Werner pada tahun 1789 dari Yunani Kuno "untuk menggambar / menulis". 2. Benjolan grafit (juga disebut grafit vena) terjadi di retakan pembuluh darah atau patah tulang dan muncul sebagai intergrowths platy besar kristal berserat atau acicular agregat . Sangat memerintahkan grafit pirolitik atau grafit pirolitik sangat berorientasi (HOPG) mengacu pada grafit dengan spread sudut antara lembaran grafit kurang dari 1 °. Hal ini. Tidak seperti berlian (lain alotrop karbon). untuk digunakan dalam pensil . grafit merupakan konduktor listrik . sebuah semimetal . masing-masing terjadi dalam berbagai jenis bijihdeposito: 1. Bentuk tertinggi berkualitas sintetis yang digunakan dalam penelitian ilmiah.1 Pengertian Bahan Galian Grafit. mana yang biasa disebut timbal (tidak harus bingung dengan elemen logamtimah ). BAB II PEMBAHASAN 2. seperti piring partikel dengan heksagonal tepi jika terputus dan ketika melanggar tepi dapat tidak teratur atau sudut. Serpihan grafit sangat halus kadang-kadang disebut amorf dalam perdagangan. Grafit dapat dianggap sebagai kelas tertinggi dari batubara . tahap terakhir dari coalification. Serpihan grafit Kristal (atau mengelupas grafit untuk pendek) terjadi sebagai terisolasi. Grafit amorf terjadi sebagai partikel halus dan merupakan hasil dari metamorfosis termal batubara. Grafit adalah bentuk paling stabil karbon di bawah kondisi standar . Para mineral grafit adalah salah satu alotrop karbon . 3. Nama "serat 6 . Oleh karena itu. dan kadang-kadang disebut meta- antrasit.

layering ini memberikan kontribusi untuk kerapatan yang lebih rendah. Namun. sehingga dapat menghantarkan listrik.Paraakustik dan termal sifat dari grafit sangat anisotropik . Penelitian terbaru menunjukkan bahwa efek yang disebut superlubricity juga dapat menjelaskan sifat pelumas grafit itu. Bentuk alfa dapat dikonversi ke bentuk beta melalui perlakuan mekanik dan bentuk beta beralih ke alpha terbentuk ketika itu dipanaskan di atas 1300 ° C. pelumas kering seperti molibdenum disulfida . Bubuk grafit dan grafit dinilai dalam aplikasi industri untuk diri-pelumas dan kering pelumas properti.335 nm. telah menunjukkan bahwa dalam vakum lingkungan (seperti dalam teknologi untuk digunakan di ruang angkasa ).grafit" juga kadang digunakan untuk merujuk kepada serat karbon atau karbon diperkuat serat polimer . 2. Para grafit heksagonal bisa datar atau melengkung. Pengamatan ini menyebabkan penemuan bahwa pelumasan adalah karena adanya cairan antara lapisan. Hal ini juga korosif terhadap aluminium di 7 . atom karbon disusun dalamkisi heksagonal dengan pemisahan 0. Namun. alpha (heksagonal) dan beta ( rombohedral ). sudah sangat sifat fisik yang sama (kecuali bahwa graphene lapisan tumpukan sedikit berbeda).2 Mineral-Mineral Penyusun Bahan Galian Grafit. Grafit memiliki struktur. yang secara alami teradsorpsi dari lingkungan. grafit pelumas sangat miskin. karena fonon merambat sangat cepat sepanjang pesawat erat-terikat. Ini elektron valensi bebas untuk bergerak. Properti molekul tidak seperti lainnya berlapis. Grafit dapat menghantarkan listrik karena besar elektron delocalization dalam lapisan karbon (fenomena yang disebut aromatisitas ). listrik ini terutama dilakukan dalam bidang lapisan. dan untuk mempromosikan galvanik korosi antara logam berbeda (karena konduktivitas listrik).142 nm. tetapi lambat untuk perjalanan dari satu pesawat yang lain. Dua bentuk grafit dikenal. seperti udara dan air. berlapis planar. Penggunaan grafit dibatasi oleh kecenderungan untuk memfasilitasi korosi pitting dalam beberapa stainless steel . dan jarak antara pesawat adalah 0. Sifat-sifat konduktif dari grafit bubuk memungkinkan digunakan sebagai pengganti semikonduktor pada awal Karbon mikrofon . Dalam setiap lapisan. Ada kepercayaan umum bahwa sifat pelumas grafit adalah semata-mata karena kopling interlamel longgar antara lembar dalam struktur.

yang membedakannya adalah sifat fisik. hidrotermal. kekerasan 1 – 2 (skala Mohs).3 Genesa/Asal Terjadinya Bahan Galian Grafit. mudah ditemukan.5000C bila kondisi bukan oksida. boron nitride heksagonal . genes. metamorfogenik. dan transparan. Genesis : terbentuk pada lingkungan batuan metamorf. serta tidak mudah larut. Hal ini kadang-kadang disebut grafit putih. baik pada metamorf fisme regional. Alam dan kristal grafit tidak sering digunakan dalam bentuk murni sebagai bahan struktural. Angkatan Udara AS melarang penggunaannya sebagai pelumas di dalam pesawat aluminium. dan residual. atau kontak. Hal ini juga sangatdiamagnetik .hadapan kelembaban. Grafit umumnya berwarna hitam hingga abu-abu tembaga. grafit sama dengan intan karena keduanya berkomposisi karbon. Mineral 8 . Menurut Kuzvart (1984) grafit dapat terjadi secara proses magnetik awal. Untuk alasan ini. berat jenis 2. kerapuhan dan sifat mekanik tidak konsisten. tidak berbau dan tidak beracun. Ketika sejumlah besar cacat kristalografi mengikat pesawat bersama-sama.1 – 2. memiliki struktur molekul yang sama seperti grafit. Proses dekomposisi berlangsung lambat pada suhu 6000C dan dalam kondisi oksida atau pada suhu 3. Intan dikenal sangat keras. dan opak. Bahkan grafit pensil tanda pada bagian aluminium dapat memfasilitasi korosi. Dapat dijumpai pada batu gamping kristalin. kuarsit. sedimen. sehingga akan mengambang di udara di atas sebuah magnet yang kuat. Grafit terjadi pada batuan metamorf sebagai akibat dari pengurangan dari sedimen senyawa karbon selama metamorfisme . langka. lain suhu tinggi pelumas. dan lapisan batubara termetamorf. grafit kehilangan sifat pelumasan dan menjadi apa yang dikenal sebagai karbon pirolitik . Bahan ini berguna untuk darah menghubungi implan seperti katup jantung buatan . dan untuk menggunakannya dalam aluminium yang mengandung senjata otomatis. 2. kecuali dalam asam hidroflorik atau aqua regia mendidih. Hal ini juga terjadi pada batuan beku dan di meteorit .3. Grafit adalah mineral yang dapat berasal dari batuan beku. dan metamorf. karena sifat yang mirip. sekis. sedangkan grafit agak lunak. Secara kimia. kontak magmatik. karena mereka geser-pesawat.

sublevel stoping adalah sistem dimana dibuat sublevel-sublevel dengan jarak tertentu. Korea Utara (30 kt) dan Kanada (28 kt). Quarry adalah metode penambangan yang diterapkan untuk bahan galian non logam. underground glory hole adalah sistem penggaliannya dimulai dari atas raise dan diperbesar kesegala arah. dunia produksi dari grafit alam di tahun 2008 adalah 1.Brasil (76 kt ). Supported methods : 9 . Open pit. Metode Tambang Bawah Tanah : 1. AS konsumsi grafit adalah 42 kt dan 200 kt untuk grafit alami dan sintetik. Menurut United States Geological Survey (USGS).terkait dengan grafit termasuk kuarsa . India (130 kt). 4. gophering adalah sistem yang arah penggaliannya selalu mengikuti arah endapan bijih. dimana eksportir utama berikut: Cina (800 kt). Alluvial mine adalah metode penambangan yang diterapkan untuk endapan alluvial. Grafit tidak ditambang di AS. 2. Strip mine adalah metode penambangan yang diterapkan untuk endapan bahan galian yangposisinya horisontal atau agak miring. shrikage stoping adalah sistem penggaliannya dilakukan secara over hand.110 ribu ton (kt). 2.kalsit . open cut. 3. c. Open stope methods : a. open cast dan open mine adalah metode penambangan yang diterapkan untuk bahan galian logam. mika dan turmalin . namun produksi AS dari grafit sintetik pada tahun 2007 adalah 198 kt senilai $ 1180000000. Pada meteorit itu terjadi dengan troilite dan mineral silikat.4 Metode Eksplorasi Dan Penambangan Bahan Galian Grafit. 2. Grafit ditambang di seluruh dunia oleh kedua metode tambang terbuka dan bawah tanah : Metode Tambang Terbuka : 1. masing-masing. b.

Cekungan Ombilin ini mempunyai panjang 60 km dan lebar 25 km. Sijunjung terletak pada bagian tengah cekungan Ombilin yang merupakan bagian dari Cekungan Sumatera Tengah. Menurut Koesoemadinata (Vide. granit. 2. 1987). kalsit. Sijunjung yaitu di kelola oleh pemerintah setempat. square set stoping adalah sistem penambangannya digunakan timber untuk menyangga seluruhruangan bekas tambang. top slicing adalah sistem penggaliannya diawali dari puncak yang dilakukan slice demi slice. Stratigrafinya terdiri dari batuan sedimen yang berumur tersier. cut and fill stoping adalah sistem penggaliannya dimana broken orenya dikeluarkan seluruhnyadan diganti dengan fiiling material. pasir kuarsa. fosfat. c. d. andesit. 2. b. batu kapur. Pemilik pertambangan di Kab. silika. marmer. hingga batubara.5 Perusaan Yang Melakukan Atau Yang Mengolah Bahan Galian Grafit. shrinkage stoping adalah sisitem yang menerapkan perpaduan antara shrinkage dan cut and fillstoping. seperti. a. Dengan kondisinya yang seperti itu maka daerah ini menyimpan sumber daya mineral dan energi yang cukup potensial. batuan metamorf yang berumur Pra-Tersier & batuan intrusi yang berumur Trias. sublevel caving adalah sistem penggaliannya dengan membuat sublevel- sublevel. block caving adalah penambangannya dengan memanfaatkan runtuhnya broken ore dalam tiapblock level. stull stoping adalah sistem penambangannya menggunakan stull untuk menyangga antarahanging wall dan foot wall. kaolin. b. lempeng kuarsit. Pada cekungan ini terdapat dua formasi batuan yaitu: Anggota Bawah Formasi Ombilin dan Anggota Atas Formasi Ombilin. Caving methods : a. Sukendar Asikin. c. Secara regional Kab. emas. Analisa Keuangan Harga Jual Nasional/Internasional Per Ton/Per Kg Dari Bahan Galian Grafit 10 . Grafit.

Secara garis besar penggunaan Alat Berat di dunia pertambangan memiliki 5 type fungsi 1. Sijunjung. Produksi Per Hari Dan Jumlah Cadangan Serta Perkiraan Umur Tambang Bahan Galian Grafit Jenis Lokasi Cadangan Penyebaran Grafit Kec. Tanjung Gadang Bukit Pendakian Tanah Hitam Batang Karing Terbatas Terbatas Hitam Batang Karing Data produksi di atas didapatkan dari dinas pertambangan pemerintah kab. Trucks 11 . Foto Proses Penambangan ( Alat Berat Dan Transportasi Tambang) Tujuan utama penggunaan alat berat di dunia pertambangan adalah untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat yang lain dalam hal ini dari loading point menuju dumping area. Sijunjung sebagai pengelola dari pertambangan di daerah kab. Kamang Baru Bukit Sungai Cengar Desa Kamang Ratusan Ton 30 Ha Km 10 Jalan Kiliran Jao Kec.Sampai saat ini belum ada informasi di media massa maupun di media komunikasi yang menyatakan tentang Analisa Keuangan Harga Jual Nasional/Internasional Per Ton/Per Kg Dari Bahan Galian Grafit.

2. Haul Dump atau OHT (On High Truck) adalah suatu kendaraan yang berfungsi untuk mengangkut material dari Loading Area menuju Dumping Area ataupun Stock Pile. Motor Grader Motor Grader memiliki fungsi untuk meratakan dan merawat jalan (Haul Road) yang digunakan untuk mengangkut material dari loading area ke Dumping area ataupun stock pile 4. Hydraulic Backhoes (Excavator) ataupun Wheel loaders. Track type Tracktor 12 . Hydraulic front shovel. Kendaraan ini memiliki kapasitas muat yang cukup banyak dengan berbagai macam type.Truck atau yang biasa disebut Dump Truck. Loading tools ini berfungsi memindahkan material dari Loading Area ke dalam Dump Truck untuk diangkut menuju tempat yang diinginkan. Loading Tools Loading tools yang biasa digunakan di tambang bermacam-macam seperti cable shovel. 3. bergantung dari kondisi tambang yang digunakan.

alat ini digunakan untuk mengebor tanah atau membuat lubang di tanah dengan diameter dan kedalaman tertentu untuk memasukkan bahan peledak (blasting) dengan tujuan untuk mempermudah memindahkan material. 1. facings pengecoran dan pelumas. ia 13 . yang juga diciptakan / ditemukan) diproduksi grafit hampir murni. proses pemisahan dari grafit akan membutuhkan beberapa perkembangan teknologi sebelum ekonomis layak untuk menggunakannya dalam proses industri. pembuatan baja. Drills Sesuai dengan namanya Drill yang berarti bor.6 Manfaat Atau Kegunaan Dari Bahan Galian Grafit. memiliki sifat fisik yang unik dan mungkin salah satu zat terkuat yang dikenal. Sementara belajar efek dari suhu tinggi pada Carborundum. 5. Kegunaan Dozer adalah untuk mendorong tanah dan bertujuan merapikan area loading maupun Dumping dan Stock Pile. Penggunaan Grafit Alam Grafit alam sebagian besar dikonsumsi untuk refraktori. namun. sesuai dengan namanya Dozer menggunakan track untuk berjalan atau lebih gampangnya mirip tank yang berjalan menggunakan track. 2. yang terjadi secara alami dalam grafit. Penemuan Dari Grafit Sintetik Grafit sintetik diciptakan / ditemukan oleh Edward Goodrich Acheson (1856-1931). grafit diperluas. pelapis rem. Grafena . 2. Pada 1890-an pertengahan.Mesin yang termasuk dalam keluarga track type tracktor adalah Dozer. Acheson menemukan bahwa overheating Carborundum (juga disebut silikon karbida atau SiC.

14 . Pada tahun 1928 perusahaan ini digabung dengan National Karbon Co (sekarang Union Carbide). Ini yang kemudian diproduksi oleh Acheson Koloid Co (sekarang Acheson Industri). Acheson juga mengembangkan berbagai produk koloid grafit termasuk Oildag dan Aquadag. Para Acheson Grafit Co dibentuk pada 1899.menemukan bahwa silikon menguap pada sekitar 4150 ° C (7. dan itu menjadi sangat berharga dan bermanfaat sebagai pelumas. meninggalkan karbon graphitic. Grafit ini adalah penemuan besar lain baginya.500 ° F).

15 .  Bahan galian industry yang berkaitan dengan intrusi plutonik batuan . Klasifikasi bahan galian industry dapat ditentukan berdasarkan asal bahan galian tersebut diperoleh:  Bahan galian industry yang berkaitana dengan batuan sedimen.  Bahan galian industry yang berkaitan dengan batuan gunung api. BAB III PENUTUP Kesimpulan Bahan galian adalah semua produk dari pertambangan diperoleh dengan cara pelepasan dari batuan induknya dalam kerak bumi. agar pembaca dapat memahami pembahasan ini lebih mendalam.  Bahan galian industry yang berkaitan dengan residu dan endapan letakan.asam dan ultar basa.  Bahan galian industry yang berkaitan dengan proses ubahan hidrotermal. terdiri dari mineral mineral.  Bahan galian industry yang berkaitan dengan batuan malihan Saran Pembaca dapat mencari literatur lain mengenai “bahan galian industry” ini.