You are on page 1of 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Topik : Interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
Sub Topik : Interaksi dalam ekosistem membentuk suatu pola
Pertemuan ke :3
Alokasi waktu : 2 x 40 menit (1 kali tatap muka)

A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.1 Mendeskripsikan interaksi antarmakhluk hidup dan lingkungannya
Indikator :
 Menjelaskan pengertian interaksi.
 Menjelaskan pengertian interaksi makhluk hidup.
 Menjelaskan pengertian simbiosis.
 Menjelaskan perbedaan simbiosis mutualisme, komensalisme dan
parasistisme.
 menjelaskan perbedaan interaksi pada tingkat individu, populasi dan
komunitas.
 Menjelaskan pengertian organisme autotorof dan organisme heterototrof.
 Menjelaskan perbedaan antara organisme autotorof dan organisme heterototrof
 Menjelaskan pengertian organisme herbivora, karnivora dan omnivora serta
memberikan contoh masing-masing.

Peserta didik dapat menjabarkan pola-pola interaksi. antar populasi dan antar komunitas. merupakan interaksi antar populasi. 3. C. Simbiosis Mutualisme.  Alelopati. . Tujuan Pembalajaran 1. 2.  Interaksi dalam ekosistem merupakan hubungan antara komponen-komponen biotik dalam ekosistem.  Interaksi dalam ekosistem dibedakan menjadi : interaksi antar individu. Contoh : disekitar pohon wahut (juglans) jarang ditumbuhi tumbuhan lain karena tumbuhan ini menghasilkan zat bersifat toksik. .2 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup.  Melakukan diskusi dan pengamatan interaksi makhluk dalam ekosistem dan menkomunikasikan hasilnya 4.Interaksi Antar Populasi  Interaksi antar populasi debadakan menjadi 2 (dua) yaitu :  Kompetisi.2 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan tentang penanggulangan masalah. 3. bila populasi yang satu menghasilkan zat yang dapat menghalangi timbulnya populasi lain.3 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem.1 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya Indiktor :  Menjelaskan pola-pola interaksi makhluk hidup dalam ekosistem. sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan.Predasi dan Parasitisme .Interaksi Antar Individu  Netral Netral adalah hubungan tidak saling menggangu antar makhluk hidup dalam habitat yang sama. 4. Contoh : persaingan antar populasi lembu dan populasi kambing di padang rumput. adalah hubungan antar populasi dan di antara populasi terdapat kepentingan yang sama. Contoh : kambing dengan capung  Simbiosis Simbiosis adalah hubungan antar makhluk hidup dari spesies yang berbeda yang hidup bersama. Saling ketergantungan ini akan membentuk suatu pola interaksi baik antara komponen biotik dengan abiotik maupun antara komponen biotic dengan komponen biotik lainnya  Interaksi makhluk hidup adalah pola tingkah laku antar makhluk hidup yang saling mempengaruhi satu sama lain guna mencukupi kebutuhan hidupnya. D. baik yang sejenis ataupun yang berlainan jenis. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian interaksi. Materi : Interaksi dalam ekosistem membentuk suatu pola  Setiap organisme tidak dapat hidup sendiri dan saling bergantung pada organisme lain dan lingkungannya. Simbiosis dibedakan menjadi 4 (empat) yaitu : Simbiosis Komensalisme.

. dan dekomposer  Organisme berdasarkan cara kemampuan menyusun makanannya dibagi menjadi dua. dan gulma. Kegiatan pembelajaran Pertemuan ke tiga (2 JP) Kegiatan Deskripsi kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 1. Pendekatan. Metode : Diskusi 3. model dan metode Pembelajaran 1. Sumber belajar : Buku IPA SMP kelas VII 3. burung. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk 10 mengikuti proses pembelajaran yang diawali dengan menit berdoa secara religius dipimpin oleh salah seorang siswa 2. dan omnivora. ular. fitoplankton. zooplankton. karnivora. Makanan organisme heterotrof tergantung pada organisme lain. apakah semua makluk hidup tersebut saling berinteraksi ?” 4. singa . Apersepsi : Guru bertanya pada siswa : “Coba kalian sebutkan makluk hidup apa saja yang dapat kalian temui di lingkungan rumah kalian. misalnya padi. 1. Komunitas sawah disusun oleh bermacam-macam organisme. Laptop 2. Organisme autotrof disebut juga sebagai produsen. Motivasi : guru menayangkan slide berupa gambar-gambar interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya berupa gambar interaksi antara ikan hiu dengan ikan remora. yaitu herbivor. Sedangkan komunitas sungai terdiri dari ikan. Alat dan sumber pembelajaran 1. ganggang.Organisme autotrof adalah organisme yang mampu membuat bahan organik dari bahan anorganik.Organisme heterotrof adalah organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Pendekatan : Scientific 2. Guru mengecek kehadiran siswa 3. belalang. Contohnya adalah tumbuhan .  Contoh : misalnya komunitas sawah dan sungai. Organisme heterotrof berdasarkan jenis yang dimakan dibedakan mejadi 3. proyektor. Interaksi Antar Komunitas  Komunitas adalah kumpulan polulasi yang berbeda di suatu daerah yang sama dan saling berinteraksi. yaitu organisme autotrof dan organisme heterototrof . Alat dan bahan : Buku. Model : Discovery Learning 2.

bentuk interaksi apa sajakah yang dapat terjadi ?  Apakah yang dimaksud dengan simbiosis ?  Sebutkan macam-macam simbiosis makluk hidup  Apakah perbedaan simbiosis komensalisme. simbiosis mutualisme. Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan interaksi makhuk hidup dalam ekosistem di lingkungan sekolah. 2. dan parasitisme ?  Apakah yang dimaksud dengan kompetisi ?  Apakah yang dimaksud dengan Alelopati  Apakah perbedaan antara simbiosis Kompetisi. dan burung jalak dengan kerbau. 2. dengan rusa.  Di dalam Ekosisitem. 1. Mengasosiasi. mutualisme. Alelopati ?  Apakah yang dimaksud dengan organisme autotorof dan organisme heterototrof ? Mencari Informasi 1. . Setiap kelompok merancang sendiri langkah pengamatan yang akan dilakukan. simbiosis komensaisme. Guru bertanya “coba kalian tunjukan manakah yang termasuk kompetisi. kedalam beberapa kelompok secara heterogen 7 Guru menjelaskan langkah-langkah proses sains Kegiatan Mengamati 50 Inti 1. dan simbiosis parasitsme?” 5 Guru menyampaikan tujuan mempelajari materi interaksi organisme dalam ekosistem 6 Guru membagi siswa. 3. Menanya. Guru menyampaikan informasi pada siswa tentang menit kegiatan yang akan dilakukan yaitu melakukan pengamatan interaksi makhluk hidup dalam ekosistem dilingkungan sekolah. Siswa mencari informasi dari sumber-sumber lain. Siswa mengamati Charta tentang interaksi makhluk hidup dalam ekosistem serta membaca buku siswa tentang tentang interaksi makhluk hidup dalam ekosistem membentuk suatu pola. Siswa menuliskan langkah-langkah kerja yang mereka lakukan.

menganalisis dan menyimpulkan setiap hasil pengamatan interkasi makhluk hidup di lingkungan sekolah. 4. Guru memberikan penghargaan kepada Siswa/kelompok (misal dengan pujian / Bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok berkinerja baik.Siswa dan Guru mereview hasil kegiatan pembelajaran 20 . Siswa mencatat data hasil pengamatan pada lembar pengamatan dengan tanggung jawab dan teliti 4. 2. hewan apa saja yang ditemukan dilingkungan sekolah. Penilaian 1. 5. Guru memberikan penilaian keterampilan mengkomunikasikan hasi diskusi. Guru dan Siswa membuat kesimpulan keseluruhan tentang interkasi makluk hidup dalam ekosistem. Mengamati lingkungan sekolah. 5.Siswa menjawab tes formatif tentang interkasi makhuk menit hidup . Penutup . 3. Contoh Instrumen . 2. Siswa mengolah. Metode dan bentuk instrumen Metode Bentuk Instrumen Sikap Lembar pengamatan sikap dan Rubrik Keterampilan komunikasi Lembar pengamatan keterampilan komunikasi Tes tertulis Tes pilihan ganda (PG) 2. Mengkomunikasikan 1.Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya tentang Perpindahan energi. Serta menentukan jenis interkasi yang terjadi 3. Guru menyampaikan pentingnya mempelajari interaksi makhluk hidup dalam suatu ekosistem serta untuk menjaga kelestarian organisme dalam suatu eksosistem. Tiap-tiap kelompok mempresentasikan Hasil diskusi kelompok sementara kelompok lain menyimak dan menanggapi dengan memberikan pertanyaan.

2= cukup dan 3 = baik Untuk penilaian sikap. Nilai = Skor Perolehan x 100 Skor Maksimal Jumlah skor maksimum adalah 15 Kriteria Nilai : 90-100 = A 50-60 =C 70-80 = B Kurang dari 50 = D Rubrik penilaian perilaku NO Aspek yang dinilai Rubrik 1 Keaktifan 3. Lembar pengamatan sikap Pengamatan perilaku ilmiah Aspek yang dinilai Rasa Bertanggung Jumlah No Nama Aktif ingin Kerjasama Toleransi Nilai jawab skor tahu 3 2 1 3 2 1 3 2 1 3 2 1 3 2 1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 sampai dengan 3.Menunjukan keaktifan yang sangat baik pada saat proses pembelajaran dan saat berdiskusi dengan kelompok 2. a. Menunjukan sikap yang tidak terlalu aktif pada saat proses pembelajaran dan saat diskusi kelompok dan aktifnya ketika disuruh saja . 1 = Kurang . angka ini berfungsi sebagai alat peringkas profil peserta didik.

berkelompok namun belum menunjukkan upaya terbaiknya 1. enghargai pendapat siswa lain diskusi 2. . Menunjukan sikap yang sangat tidak aktif pada saat proses pembelajaran dan diskusi kelompok walaupun sudah didorong untuk terlibat aktif 2 Rasa ingin tahu 3. Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas. Tidak menunjukkan rasa ingin tahun dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran 3 Kerjasama 3. Menyelesaikan kegiatan kelompok dengan melakukan secara individualism tanpa bantuan dari teman sekelompoknya 4 Tanggung jawab 3.Menunjukan sikap toleransi dalam proses pembelajaran dan diskusi. b. 1. dapat mengemukakan proses belajar dan gagasan atau ide. tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide. kurang menghargai pendapat siswa lain. Menyelesaikan kegiatan kelompok dengan kerjasama yang baik dengan teman kelompoknya 2. Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar dan (curiosity) antusias dalam mengikuti proses pembelajaran 2.Bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dalam belajar dan dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan. Menunjukkan rasa ingin tahu dan antusias yang tidak terlalu besar dalam mengikuti proses pembelajaran 1. Lembar pengamatan keterampilan diskusi . menghargai pendapat siswa lain 1. berupaya bekerja baik secara tepat waktu individu maupun 2. tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide. Menyelesaikan kegiatan kelompok dengan kerjasama hanya dengan beberapa teman kelompoknya 1. dan tugasnya tidak selesai 5 Bertoleransi terhadap 3. Menunjukan sikap toleransi dalam proses teman-teman dalam pembelajaran dan diskusi. Menunjukan sikap toleransi dalam proses pembelajaran dan diskusi.

angka ini berfungsi sebagai alat peringkas profil peserta didik. 2. 6. 8. Aspek yang dinilai Antusias Menguasai Terampil dalam Menanggapi No Nama materi yang menyampaikan/ pertanyaan dan dipresentasikan mempresentasikan mengemukakan materi gagasan 1. 1 = Kurang . 9. 7. 3. 10. 2= cukup dan 3 = baik Untuk penilaian keterampilan. Skala penilaian keterampilan dibuat dengan rentang antara 1 sampai dengan 3. 5. 12. 11. Nilai = Skor Perolehan x 100 Skor Maksimal Jumlah skor maksimum adalah 12 Rubrik penilaian diskusi . 4.

tidak semua materi yang dikuasai 1. Antusias 3. Menanggapi pertanyaan . Kurang lancer dalam menyampaikan materi sehingga hanya beberapa yang tersampaikan dengan baik 1. Menunjukan rasa antusias yang sangat besar dalam proses diskusi 2. Menunjukkan rasa antusias yang tidak terlalu besar dalam proses diskusi 1. Menguasai materi yang dipresentasikan 3. materi yang disampaikan tidak sesuai dan materi tidak tersampaikan dengan baik 4. Tidak menunjukan rasa antusias dalam proses diskusi 2. sehingga tersampaikan dengan baik 2.No Aspek yang dinilai Rubrik 1. Terlalu gugup. Menanggapi pertanyaan dan mengemukakan 3. Memahami dan menguasai materi yang akan disampaikan 1. Terampil dalam menyampaikan/ 3. Menguasai hanya beberapa materi. Sama sekali tidak menguasai materi yang akan dipresentasikan 3. Menyampaikan materi mempresentasikan materi dengan jelas.

. Organisme yang dapat membuat makanan sendiri dengan melakukan fotosintesis adalah … (C.1) a.. Heterotroph c. B. (C. Simbiosis parasitisme b. Simbiosis komensalisme 4.. Instrumen soal Pengetahuan: Tes Pilihan Ganda: Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf A. Menanggapi pertanyaan namun mengemukakan gagasan kurang sesuai dengan apa yang ditayangkan 1..1) a. dan mengemukakan gagasan sesuai dengan apa yang ditayangkan 2. Antibiosis d.. Cara hidup bersama antar 2 spesies yang berbeda dan makhluk hidup yang satu menghambat pertumbuhan makhluk hidup yang lain disebut.. C atau D 1. Simbiosis d. Kompetisi 2.. dan tidak bias mengemukakan gagasan yang sesuai B.. Netralisme b. Predasi c. Omnivora b.. gagasan dengan cermat.1) a... Perhatikan contoh interaksi makhluk hidup berikut! . Tidak menanggapi pertanyaan dengan baik. Autotrop 3. Kompetisi c. Peristiwa hidup bersama antara dua individu yang berbeda disebut … (C.. Karnivora d...

. Perbedaan Antara organisme autotrof dan organisme heterototrof terletak pada … (C. (C. 2. Tali putri dengan tanaman beluntas 7.3) a. Budi berkeliling taman sekolah menunggu teman-teman untuk bermain layangan bersama. Tempat memperoleh makanannya 6.. Cara bersimbiosisinya d. 4. 1... di taman tersebut ia menemukan kupu-kupu yang indah dan kambing yang sedang memakan rumput. Bahan makanannya b. Jamur dengan ganggang b. Jenis makanannya b.2)… a. Ikan remora dengan ikan hiu 2. (C. Burung jalak dengan kerbau 5.. Yang tidak termasuk merupakan bentuk simbiosis ialah. 3) a.. Parasitisme d. Letak habitatnya c.2) A. 2. Cara mencerna makanannya c. dan 3 b.. Interaksi antara kedua hewan tersebut adalah… (C. dan 5 5. Kucing dengan anjing d. Lebah madu dengan bunga mangga 4. Komensalisme 8. carnivora dan omnivora didasarkan pada (C. dan 4 d. Bunga anggrek dengan tanaman inang 3. 3. dan 4 c. Keampuan menyusun makanannya . Predasi c. 1. Ikan remora dengan ikan hiu c.. Berikut adalah bentuk simbiosis. 1. Cara menangkap makanannya d... 2.2) a. 3. Pengelompokan organisme heterotrof menjadi herbivora. Bakteri pembusuk dalam usus manusia Contoh simbiosis komensalisme adalah nomor …. Netral b.

Menambah jumlah predator alami misalnya burung di lahan pertanian tersebut c. 1.. 9.4) a. Daun tanaman polong-polongan dapat dijadikan pupuk kompos b. Tanah pertanian yang ditanami polong-polongan dapat menjadi subur dibandingkan dengan lahan pertanian yang ditanami oleh jenis tanaman lainnya. agar keadaan tersebut tidak merugikan petani maka langkah alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi kerugian adalah. dan 4 10 5 B. Jenis makanannya 10 6 C. antara organisme ulat dan daun. Rubrik penilaian : No. Autotrop 10 3 A. Membiarkan tanaman habis dimakan ulat d. Menambah jumlah predator alami misalnya burung di 10 lahan pertanian tersebut . Netral 10 8 D. Jika dalam suatu lahan pertanian ditemukan suatu keadaan dimana jumlah simbiosis parasitisme meningkat. Keampuan menyusun makanannya 10 9 B. Kucing dengan anjing 10 7 C. Bintil-bintil akar polong-polongan menghasilkan unsur hara yang diperlukan tanaman d. Simbiosis 10 2 D. hal ini dapat terjadi karena … (C. Simbiosis parasitisme 10 4 B. Bintil-bintil akar tanaman polong-polongan 10 mengandung Rhizobium yang dapat mengikat nitrogen 10 B. Akar tanaman polong-polongan dapat menggemburkan tanah 10.4) a. Kunci jawaban skor 1 C. 2. Memberikan pestisida b. (C. Bintil-bintil akar tanaman polong-polongan mengandung Rhizobium yang dapat mengikat nitrogen c. Menebang tanaman yang habis dimakan ulat tersebut.

.......... Cipatat.................. Juli 2013 Kepala Sekolah Guru IPA ________________________ __________________________ NIP.................... Total skor 100 Mengetahui. . ...... ........... NIP........