You are on page 1of 8

41 .

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SMP

Mata pelajaran : IPA

Kelas/Semester : VII/Ganjil

Topik : Makluk hidup dengan lingkungannya

Sub topic : Interaksi dalam Ekosistem membentuk suatu pola

Aloksi waktu : 2 x 40 (menit).

A.KOMPETENSI DASAR :

2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah (memilik rasa ingin tahu,objektif,jujur,teliti,cermat,tekun ,hati-
hati,bertanggung jawab , terbuka,kritis,kreatif,inovatif dan peduli lingkungan)dalam aktifitas sehari-
harise bagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pecobaan dan diskusi .

2.3.Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung-jawab dalam aktifitas sehri-hari.

3.8.Mendiskripsikan interaksi antar makluk hidup dan lingkungannya.

4.12.Menyajikan observasi terhadap interaksi makluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

B.INDIKATOR :

1 .Mengidentifikasi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya

2 .Mendiskrepsikan pengertian organisme autotrof

3. Mendiskreosikan pengertian organisme heterotrof.

5.Menunjukkan ketekunan ,tanggung jawab,saling menghargai dalam kegiatan belajar baik secara
individu maupun kelompok

C.TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran peserta didik diharap dapat

1. Menjelasakan pengertian rantai makanan

2. Trampil membuat diagram rantai makanan

3. Menjelaskan pengertian jarring-jaring makanan

Menjelaskan pengertian simbiosis mutualisme 7.Menjelaskan pengertian organism autotrof 12. Contoh: tumbuhan anggrek dengan tumbuhan yang inangnya. Trampil membuat digram jaring-jaring makanan 5.srigala dengan bison Kompetisi: interaksi dimana satu organism e mengalahkan organism lain yang dalam prosesnya sama- sama menderita/dirugikan. Contoh : hubungan lebah dengan bunga.burungjalak dengan kerbau. Menjelaskan pengertian simbiosis komensalisme 8. Difinisi simbiosis komensalisme:hubungan antara 2 makluk hidup yang berbeda satu mendapat keuntungan yang satunya tidak merasa dirugikan. Menjelaskan pengertian predasi 10. Contoh : tumbuhan benalu dengan inangnya. .4. Menjelaskan pengertian kompetisi 11.ikan hiyu dengan ikan remora. MATERI PEMBELAJARAN Rantai makanandapat diartikan peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu danarah tertentu Jaring-jaring makanan dapat diartikankumpulan dari rantai makana yang saling berhubungan satu sama lain dan membentuk hubungan yang komplek.tali putri d engan inangnya. Piramida makanan adalah suatu piramida yang menunjukkan jumlah makanan yang terkandung dalam produsen.Menjelaskan pengertian organismeheterotrof D. Predasi adalah interaksi dimana salah satu organism dirugikan karena dimakan. Difinisi simbiosis perasitisme : hubungan 2 makhluk hidup yang berbeda satu mendapat keuntungan yang satunya dirugikan.konsumen I sampai konsumen puncak Simbiosis mutualisme dapat diartikan interaksi 2 makluk hidup yang saling menguntungkan. Menjelaskan pengertian piramida makanan 6. Menjelaskan pengertian simbiosis perasitisme 9. Contoh : harimau dengan kambing.

Karnivora 3. 2.LCD.makanannya dari organisme yang lain.Organisme berdasarkan cara menyusun makanannya dibagi 2 : 1.PENDEKATAN/METODA PEMBELAJARAN PENDEKATAN : Scientifik Metode : diskusi kelompok Model : Dairerec instruction (DI)/eksperimem F. indicator . Guru menampakkan gambar hewan dan tumbuhan.Sumber pembelajaran:  Buku IPA kelas VII. Guru menyampaik an cara tujuan. Frutivora E.sawah  lembar kerja siswa G.Puskurbuk 2013  halaman sekolah . Organisme heterotrof berdasarkan jenis makanan nya dibedakan: 1.cara kerja Kegiatan inti Mengidentifikasi  Menyampaikan informasi tentang 60 menit masalah kegiatan diskusi saling .Organisme heterotrof: organism e yang tidak dapat membuat makan sendiri .kompetensi. dapat berfotosintesis 2.MEDIA .ALATDAN SUMBER PEMBELAJARAN 1. Omnivora 4.KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke tiga (2jp) Kegiatan Langkah-langkah Deskripsikan kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan Apersepsi dan Guru menanyakan pada siswa apakah 10 menit Motifasi perbedaan komponen biotic dan abiotik Guru menanyakan pada siswa apakah contoh contohkomponen biotic .Organisme autotrof : organisme yang dapat membuat makanan sediri .MEDIA : Komputer. Herbivora 2.alokasi waktu.Gambar.

 Kelompok mendiskusikan untuk mengkaji LKS tentang saling ketergantungan makluk hidup.Lembar Pengamatan Sikap . H.mengum pengamatan pada table pengamatan pulkan data.PENILAIAN 1.  Siswa menganalisis data untuk menjawab pertanyaan pada LKS Pengolahan data  Siswa mempresentasikan hasil data dan analisa percobaan.Metode dan Bentuk instrument Metode Bentuk instrument Sikap Lembar pengamatan siswa Tes tulis Tes uraian Instrumen a. (LKS).  Siswa mengamati gambar peristiwa makan dan dimakan dalam suatu rangkaian dan menuliskan hasil Observasi.  Siswa membuat kesimpulan tentang Verifikasi saling ketergantunga makhluk hidup Generalisasi Penutup  Siswa dan guru mereview hasil 10 menit kegiatan pembelajaran  Guru memberi penghargaan yang relevan kepada kelompok yang kinerjanya baik.  Siswa memjawab kuis tentang pengaruh interaksi terhadap pencemaran lingkungan  Guru memberi tugas :siswa diharap membawa bahan pratikum ikan dalam air bersih dan tercemar pada sub topicinteraksi makhluk hidup dengan lingkungannya.  Membagi siswa menjadi 6 kelompok. ketergantungan makhluk hidup.

menghargai pendapat siswa lain 1. aktif rasa ingin tahu dalam dalam kegiatan kelompok 2: menunjukkan rasa ingin tahu. Menunjukkan 3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar. dapat mengemukaan gagasan atau ide. Padi Belalang katak ular elang bakteri Apa yang terjadi jika ular dalam rantai makanan punah? . Pengamatan Perilaku Ilmiah No Aspek yang dinilai 3 2 1 Keterangan 1 Rasa ingin tahu (curiosity) 2 Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok 3 Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar Rubrik Penilaian Perilaku No Aspek yang Rubrik dinilai 1. tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide. berupaya tepat waktu. kurang menghargai pendapat siswa lain B. aktif dalam tanya jawab. dalam belajar 2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas. aktif dalam tanya jawab. dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh 1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan. tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide. namun tidak terlalu antusias. sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat 2 Ketekunan dan 3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang tanggungjawab bisa dilakukan. antusias.Lihat pada diagram rantai makanan dibawah ini. menghargai pendapat siswa lain 2. dan tugasnya tidak selesai berkelompok 3 Berkomunikasi 3. aktif dalam tanya jawab. Instrumen tes tulis Soal Uraian 1. 1. namun dan bekerja baik belum menunjukkan upaya terbaiknya secara individu 1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan maupun tugas.

sedangkn populasi elang akan mati karena kekurangan makan.sedangkan kupu-kupu mendapatkan nectar sebagai makanannya. 3 buatkan rantai makanan pada ekosistem sawah 3. 2.2.Keuntungan bunga cepat terjadi proses penyerbukan.populasi katak akan bertambah . elang Padi ayam Ulat katak belalang ular Rubrik penilaian uraian NO URAIAN SKOR 1 Jika jawaban benar 5 2 Jika jawaban benar 10 3 Jika 1 membuat rantai makanan 2 Jika 2 membuat rantai makanan 4 Jika 3 membuat rantai makanan 6 Jika 4 membuat rantai makanan 8 Jika membuat 5 rantai makanan 10 .Buatkan jaring.Kedelai ulat katak ular elang bakteri 4. 3.jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan! Kunci jawaban: 1.Keuntungan apakah yang diperoleh oleh kupu-kupu dan bunga pada proses penyerbukan.

kertas manila cara kerja : 1.Disebut apakah peristiwa makan dan dimakan yang terdapat pada diagram diatas 2.) (…………………………….Tempelkan salah satu potongan gambar pada diagram dibawah ini 3.bagaimana hubungan rantai makan dengan jarring -jaring makanan 5.buatkan rantai makanan yang terdapat pada ekosistem laut 3.Apa yang akan terjadi jika salah satu organism dalam rantai makanan punah 4.potong lah gambar-gambar yang telah tersedia 2. Buatkan diagram jarring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan.) Lampiran LEMBARAN KERJA SISWA Alat dan bahan : gambar hewan dan tumbuhan gunting .Lakukan seperti no 3 untuk melengkapi diagram dibawah ini 5.lem.Mengetahui KEPALA SMP Guru bidang studi (……………………………………. .Tempelkan satu persatu potongan gambar lagi sehingga terbentuklah hubungan peristiwa makan dan dimakan 4.Tuliskan hasil pekerjaanmu Jawabalah pertanyaan: 1..