You are on page 1of 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Sekolah : MTs Negeri 1 Subang
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Topik : Gerak dan Gaya
Alokasi Waktu : 9 JP (3 x pertemuan)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pengamatan gambar rangka dan tanya jawab, peserta didik mampu menjelaskan
pengertian rangka

2. Melalui pengamatan gambar rangka dan tanya jawab, peserta didik mampu menuliskan

minimal 3 fungsi rangka

3. Melalui pengamatan gambar rangka, peserta didik mampu membedakan Macam-macam

tulang
4. Melalui LKPD dan bahan ajar, peserta didik mampu menjelaskan proses perkembangan tulang
5. Melalui LKPD, peserta didik mampu membedakan macam-macam sendi

6. Melalui pengamatan gambar otot, peserta didik mampu menyebutkan fungsi otot
7. Setelah mengerjakan LKPD, peserta didik mampu membedakan macam macam otot.

8. Melalui percobaan, peserta didik mampu menjelaskan mekanisme kerja otot.

9. Melalui percobaan diameter otot, peserta didik mampu menjelaskan 3 ciri-ciri otot yang

sedang berkontraksi.

10. Melalui studi literatur peserta didik mampu menjelaskan gangguan sistem gerak Pada
Manusia dan upaya pencegahannya

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
NO. KD INDIKATOR

1. 3.1 Memahami gerak pada 3.1.1 Menerangkan struktur dan fungsi rangka

makhluk hidup, sistem 3.1.2 Menerangkan struktur dan fungsi sendi

gerak pada manusia, dan 3.1.3 Menjelaskan struktur dan fungsi otot

upaya menjaga 3.1.4 Menjelaskan mekanisme kerja otot
kesehatan sistem gerak

2. 4.1 Membuat tulisan tentang 4.1.1 Mendiskusikan laporan tentang berbagai

berbagai gangguan pada gangguan pada sistem gerak serta upaya
sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak
menjaga kesehatan sistem

gerak manusia

1

 Jenis-jenis tulang berdasarkan bentuknya: tulang pipih. Prinsip  Otot memendek. tulang panjang.Tlg. Otot Jantung  Rangka tubuh manusia tersusun dari 206 tulang Konsep  Rangka adalah susunan tulang dengan sistem tertentu  Fungsi rangka adalah penopang dan penunjang tegaknya tubuh.C.Tlg. memberi bentuk tubuh.Tlg. tempat melekatnya otot-otot rangka. Materi Reguler Fakta Gambar 1.pinggul Gambar 6. MATERI 1. Lengan Gambar 4. alat gerak pasif. melindungi alat-alat atau bagian tubuh yang lunak.Tlg. Otot Lurik Gambar 9. tempat pembentukan sel darah dan penimbunan mineral. rangka manusia Gambar 7. ketika terjadi kontraksi  Otot memenjang. tulang tidak beraturan. Rusuk Gambar 3.Tlg. Gerak bawah Gambar 5. ketika terjadi relaksasi Prosedur  Proses perkembangan tulang 2 . tulang pendek. Otot Polos Gambar 8. tengkorak Gambar 2.

sehingga osteoblast sebagai pembentuk tulang kurang aktif. Osteoporosis umumnya terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Penulangan bagian ini menyebabkan tulang memanjang. tersusun melingkar membentuk sistem Havers. bagian epifisis dan diafisis membentuk daerah antara yang tidak mengalami pengerasan. Osteoporosis senilis. Di bagian tengah tulang pipa terdapat osteoblas yang merusak tulang sehingga tulang menjadi berongga kemudian rongga tersebut terisi oleh sumsum tulang.3.4. METODE PEMBELAJARAN 1. 3. tulang akan kehilangan mineral. . Bagian ini berupa tulang rawan yang mengandung banyak osteoblas. Osteosit terbentuk dari osteoblas. terutama pada bagian tengah epifisis dan bagian tengah diafisis.5 dan 6) 2. disebut cakraepifisis. . Osteosit mensekresikan zat protein yang akan menjadi matriks tulang. Di tengah sistem Havers terdapat saluran Havers yang banyak mengandung pembuluh darah dan serabut saraf. serta pada jaringan ikat pembungkus tulang rawan. 2. dan massa tulangpun jadi berkurang. Materi Pengayaan Berdasarkan hasil analilis hasil tes peserta didik yang sudah memenuhi KKM di beri program materi tambahan dengan menghubungkan osteoporosis dengan kehidupan sehari-hari. . Pembelajaran berbasis proyek (pertemuan 6) 3 . Namun ada juga kasus osteoporosis yang ditemukan pada anak dan remaja. Setelah mendapat tambahan senyawa kalsium dan fosfat tulang akan mengeras. yaitu Osteoporosis postmenopausal. Bagian cakraepifisis terus mengalami penulangan. dan Osteoporosis sekunder. Model : . Jenis-jenis osteoporosis. Pendekatan : Scintified Approach (pertemuan 1. D. . . 2. Materi Remedial Berdasarkan hasil analilis hasil tes peserta didik yang belum memenuhi KKM di beri program remedial dengan materi macam-macam tulang pada sistem rangka. Selain itu tingkat pembuatan sel tulang baru lebih rendah dari tingkat kehilangan/kerusakan sel tulang. Tulang rawan pada embrio mengandung banyak osteoblas. Bila hal itu terjadi. . Osteoporosis pada orang tua biasanya disebabkan oleh terbentuknya hormon lebih sedikit. massa dan struktur sehingga membuatnya lemah dan mudah patah. Selama terjadi penulangan.

keterampilan. 2. Gambar : Anonim G. b. Peserta didik mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh guru serta gambar yag ditampilkan melalui LCD (mengamati) 2. 4. Kemdikbud.2017. LKPD e. MEDIA DAN BAHAN 1. Peserta didik merespon motivasi yang diberikan oleh guru “baiklah sebelum kita masuk ke materi inti. c. Peserta didik menyimak pokok bahasan dan tujuan pembelajaran yang diutarakan oleh guru. Demontrasi . dan sikap. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan 1 (2 JP) Kegiatan Pendahuluan (10 menit) 1. SUMBER BELAJAR a. Buku Guru IPA SMP/ MTs Kelas VIII Semester 1. Kemdikbud. sendi dan otot . Jakarta: Kemdikbud RI. IPA SMP/ MTs Kelas VIII Semester 1. Alat dan Bahan : . coba amati teman yang duduk sebelah kamu! Mengapa temanmu dapat duduk dengan tegak? 3. Peresentase E. Jakarta: Kemdikbud RI. LKPD 2.Gambar rangka. yaitu aspek pengetahuan. Guru menyampaikan lingkup penilaian. Guru menrumuskan suatu masalah sesuai pencapaian kompetensi yaitu ‘Bagaimana seandainya tubuh kita tidak memiliki rangka?’ 4 . Tanya jawab . 3. Peserta didik menjawab ucapan salam dari guru dan peserta didik berdoa dengan tertib selanjutnya guru menanyakan kehadiran siswa. Media : . Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan konsep tentang rangka (menanya) 3. Metode :. Kegiatan Inti (60 menit) 1. Penugasan . Guru menyampaikan manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik 5.2017. Hand out materi pembelajaran. Proyektor F. d.

Peserta didik menyimpulkan hasil imformasi yang sudah dikumpulkan. Guru menyampaikan manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik 5. Guru mengorganisir peserta didik untuk mengerjakan LKPD 4. Peserta didik mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh guru serta gambar yag ditampilkan melalui LCD (mengamati) 3.(menganalisis) 5 .proses pembentukan tulang 6. Peserta didik menyimak pokok bahasan dan tujuan pembelajaran yang diutarakan oleh guru. 8. Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada siswa tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni macam-macam tulang dan perkembangan tulang.(menganalilisis) 6. Pertemuan 2 (3 JP) Kegitan Pendahuluan (15 menit) 1. 2. Kegiatan Inti (75 menit) 1. 4. Guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. Guru menyampaikan lingkup penilaian. 2. Kegiatan Penutup (10 menit) 1. Peserta didik menjawab ucapan salam dari guru dan peserta didik berdoa dengan tertib selanjutnya guru menanyakan kehadiran siswa.4. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang berangotakan 3-5 orang. 2. Peserta didik menyimpulkan hasil imformasi yang sudah dikumpulkan.(mengomunikasikan) 7. Peserta didik melakukan kajian buku ajar dan dibimbing oleh guru (mengumpulkan data) 7. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan konsep tentang rangka (menanya) 5. yaitu aspek pengetahuan. peserta didik diharapkan mengerjakan kegiatan tentang: . keterampilan. Guru melakukan konfirmasi dan penguatan materi. dan sikap. 3. Guru mengajukan quiz pada seluruh peserta didik dan mengapresiasi positif pada peserta didik yang berhasil menjawabnya.bentuk tulang . Guru memandu pserta didik untuk mencari imformasi mengenai rumusan masalah di buku ajar. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Beberapa peserta didik menyampaikan hasil ksesimpulan di depan kelas. Dengan dipandu LKPD. dengan memegang seluruh tulang pada tubuhnya! Apakah ada yang panjang atau pendek? 3.(mengumpulkan data) 5. Guru memberikan appersepsi dan memotivasi pserta didik.

Peserta didik menyimpulkan hasil imformasi yang sudah dikumpulkan. (menanya) 5.8. 10. keterampilan. Beberapa kelompok/perwakilan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. 2. Guru melakukan konfirmasi dan penguatan materi. Guru memberi apresiasi pada kelompok/peserta didik terbaik dan memotivasi dan membimbing yang mempunyai kinerja kurang dalam belajar. dan sikap.(menganalisis) 8. (mengomunikasikan) 6 . Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. 3. Guru menyampaikan manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik 5. Petemuan 3 (2 JP) Kegitan Pendahuluan (10 menit) 1. Guru mengorganisir peserta didik untuk mengerjakan LKPD 4. 6. peserta didik diharapkan mengerjakan kegiatan tentang: tipe persendian. Peserta didik mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh guru serta gambar yag ditampilkan melalui LCD (mengamati) 3. 4. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. yaitu aspek pengetahuan. kurang dalam sikap. Peserta didik menjawab ucapan salam dari guru dan peserta didik berdoa dengan tertib selanjutnya guru menanyakan kehadiran siswa. Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada siswa tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni tipe persendiaan. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang berangotakan 3-5 orang. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan konsep tentang struktur dan fungsi sendi. Guru menyampaikan lingkup penilaian. Dengan dipandu LKPD. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi. Peserta didik menyimak pokok bahasan dan tujuan pembelajaran yang diutarakan oleh guru. Guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. (mengomunikasikan) 9. Beberapa kelompok/perwakilan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. 2. dengan mendemontrasikan tangan peserta didik dengan memegang suatu benda tampa membengkokkan siku! Apakah yang terjadi? 3. Kegiatan Penutup (10 menit) 1. Peserta didik melakukan kajian buku ajar dan dibimbing oleh guru (mengumpulkan data) 7. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi. Kegiatan Inti (60 menit) 1. Guru memberikan appersepsi dan memotivasi pserta didik. 2.

2. Peserta didik menyimak pokok bahasan dan tujuan pembelajaran yang diutarakan oleh guru. Guru memberi apresiasi pada kelompok/peserta didik terbaik dan memotivasi dan membimbing yang mempunyai kinerja kurang dalam belajar. 2. 3. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. peserta didik diharapkan mengerjakan kegiatan tentang: . 2.macam-macam otot 7 . Guru menyampaikan manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik 5. kurang dalam sikap. 4.fungsi otot . keterampilan. Kegiatan Penutup (10 menit) 1. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan konsep tentang rangka (menanya) 5. Kegiatan Inti (75 menit) 1. apakah tulang-tulang penyusun rangka manusia dapat digerakkan tampa adanya bagian yang lain. 10. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang berangotakan 3-5 orang. Guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. Guru memberikan appersepsi dan memotivasi pserta didik: . Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada siswa tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni struktur dan fungsi otot. yaitu aspek pengetahuan. Pertemuan 4 (3 JP) Kegitan Pendahuluan (15 menit) 1. Coba kamu sekarang pikirkan. Guru menyampaikan lingkup penilaian. dan sikap.(selain sendi yaitu otot) 3. Guru melakukan konfirmasi dan penguatan materi. Guru mengorganisir peserta didik untuk mengerjakan LKPD 4. Dengan dipandu LKPD. Peserta didik mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh guru serta gambar yag ditampilkan melalui LCD (mengamati) 3. Peserta didik menjawab ucapan salam dari guru dan peserta didik berdoa dengan tertib selanjutnya guru menanyakan kehadiran siswa.9.

3. Guru menyampaikan lingkup penilaian. 3. 2. 4. Beberapa kelompok/perwakilan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. keterampilan. Guru memberi apresiasi pada kelompok/peserta didik terbaik dan memotivasi dan membimbing yang mempunyai kinerja kurang dalam belajar. Peserta didik melakukan kajian buku ajar dan dibimbing oleh guru (mengumpulkan data) 7. dan sikap. 2. Peserta didik melakukan kajian buku ajar dan dibimbing oleh guru (mengumpulkan data) 8 .(menganalisis) 8.6. 2. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan konsep diameter otot (menanya) 4. Peserta didik menyimpulkan hasil imformasi yang sudah dikumpulkan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi. Guru melakukan konfirmasi dan penguatan materi. Peserta didik menyimak pokok bahasan dan tujuan pembelajaran yang diutarakan oleh guru. kurang dalam sikap. Guru memberikan appersepsi dan memotivasi peserta didik. Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada siswa tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni praktik diameter otot Petemuan 5 (2 JP) Kegitan Pendahuluan (10 menit) 1. Peserta didik menjawab ucapan salam dari guru dan peserta didik berdoa dengan tertib selanjutnya guru menanyakan kehadiran siswa. Guru menyampaikan manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik 5. (mengomunikasikan) 9. Guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang berangotakan 3-5 orang. (mengamati) 3. Guru memandu peserta didik untuk mengikuti cara kerja ‘mengamati diameter otot’. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Kegiatan Penutup (10 menit) 1. Kegiatan Inti (60 menit) 1. yaitu aspek pengetahuan. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. 10.

Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru melakukan konfirmasi dan penguatan materi.. 3. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi. Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada siswa tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni tugas proyek laporan tentang berbagai gangguan pada sistem gerak serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak melalui wawancara dengan tenaga medis dan mencari literatur (internet atau buku) Pertemuan 6 (3 JP) Kegitan Pendahuluan (15 menit) 1.. Guru menyampaikan manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik 5. dan sikap. apakah pada umumnya membungkuk? Kenapa bisa seperti itu? 3.5. Peserta didik menyimak pokok bahasan dan tujuan pembelajaran yang diutarakan oleh guru. Kegiatan Penutup (10 menit) 1. Peserta didik menyimpulkan hasil imformasi yang sudah dikumpulkan. yaitu aspek pengetahuan. bagaimanakah cara jalannya. Beberapa kelompok/perwakilan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. Guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. 2. Guru memberikan appersepsi dan memotivasi pserta didik: . kurang dalam sikap. Guru menyampaikan lingkup penilaian. keterampilan. Peserta didik menjawab ucapan salam dari guru dan peserta didik berdoa dengan tertib selanjutnya guru menanyakan kehadiran siswa. 9 . 2. 4. 8. (mengomunikasikan) 7. Coba kamu perhatikan orang tua.(menganalisis) 6. Guru memberi apresiasi pada kelompok/peserta didik terbaik dan memotivasi dan membimbing yang mempunyai kinerja kurang dalam belajar. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan.

(menganalisis) 7. (menanya) 4. 3. Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada siswa tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni gerak dan gaya. Beberapa kelompok/perwakilan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. Peserta didik mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh guru serta gambar yag ditampilkan melalui LCD (mengamati) 3. H. (mengomunikasikan) 8. Guru memberi apresiasi pada kelompok/peserta didik terbaik dan memotivasi dan membimbing yang mempunyai kinerja kurang dalam belajar. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Teknik Penilaian a. diharapkan berdiskusi tentang: . Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi. 2.macam-macam otot 5. Kegiatan Penutup (10 menit) 1. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Dengan dipandu laporan yang dibuat peserta didik. Guru melakukan konfirmasi dan penguatan materi. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan konsep tentang gangguan sistem rangka dan upaya menjaga kesehatan sitem rangka. 2. 9. Kegiatan Inti (75 menit) 1. Guru melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. PENILAIAN 1. Peserta didik melakukan kajian buku ajar dan dibimbing oleh guru (mengumpulkan data) 6. kurang dalam sikap. Instrumen Instrumen Pelaksanaan Observasi Jurnal Saat Penilaian untuk pembelajaran dan pencapaian berlangsung pembelajaran 10 . Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang berangotakan 3-5 orang. Peserta didik menyimpulkan hasil imformasi yang sudah dikumpulkan.gangguan sistem gerak . Sikap spritual dan sikap sosial Teknik Bentuk Contoh Butir Waktu Ket.

Keterampilan No Teknik Bentuk Contoh Butir Kapan/saat Ket. Instrumen Instrumen Pelaksanaan 11 . Instrumen Pelaksanaan 1. (assessment for and of learning) Catatan:Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) siswa. Perhatikan gambar Saat penutup Penilaian dan/atau proses pembentukan pembelajaran pencapaia tugas tertulis tulang di bawah ini! berlangsung n berbentuk kompeten essay si Berdasarkan gambar tersebut.. Melindungi organ tubuh bagian dalam Tertulis Pertanyaan 2. Tertulis Pilihan 1. Alat gerak pasif B. b.. A. Perhatikan gambar Saat penutup Penilaian ganda bagian rangka pembelajaran untuk dibawah ini! berlangsung pembelaja ran (assessme nt for learning) Fungsi rangka yang sesuai dengan gambar tersebut adalah . Memberi bentuk tubuh C. jelaskan proses pembentukan tulang! c. Pengetahuan No Teknik Bentuk Contoh Butir Instrumen Waktu Ket.

Guru Mata Pelajaran. 198103182006041001 12 . jika 50% atau lebih siswa belum mencapai ketuntasan. Pembelajaran ulang. Program remedial Berdasarkan hasil analisis penilaian. S. M. Bimbingan perorangan.Materi) Subang.Materi) berdasarkan permen 22 thn 2016 3. 1 proyek Dalam dan Penilaian untuk. 19651204 198503 1001 NIP.Si NIP. Program pengayaan Berdasarkan hasil analisis penilaian. b. pembelajaran dan/atau pencapaian pembelajaran 2. yaitu: a.Pd Yanto Abdulah. Pemanfaatan tutor sebaya. diluar sebagai. Drs. jika 11-49% siswa belum mencapai ketuntasan. Juli 2018 Mengetahui. Kepala Madrasah. bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajardiberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial. bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa esei tentang hubungan osteoporosis dengan kehidupan sehari-hari (materinya di masukkan bagian D. jika 1-10% siswa belum mencapai ketuntasan (materinya di masukkan bagian D. Wawan Soleh Setiawan.