You are on page 1of 27

SKRINING RESEP

No. Dokumen :

No. Revisi :
SOP
TanggalTerbit :

Halaman :½

Puskesmas EtiLenita, SKM,M.Kes
NIP.197606262000122002
Air SugihanJalur 27

1. Pengertian Skrining resep merupakan proses kegiatan yang meliputi pemeriksaan
kelengkapan administrasi, kesesuaian farmasetis dan pertimbangan klinis
untuk menjamin terlaksananya pelayanan kefarmasian secara optimal dan
efektif.

2. Tujuan Terlaksananya penerimaan resep yang benar dan efektif dari unit terkait di
Puskesmas.

3. Kebijakan SK Pimpinan Puskesmas Air Sugihan Jalur 27 No………………… tentang
Skrining Resep

1. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 30 Tahun
4. Referensi
2017 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas

5. Langkah- 1. Membuka loket pelayanan dan menerima resep pasien.
Langkah 2. Periksa kelengkapan resep meliputi,
Sumber resep (ruangan), tanggal resep, nama pasien, usia dan atau berat
badan pasien, alamat pasien, nama dan jumlah obat, aturan pakai, bentuk
sediaan.
3. Periksa kesesuaian farmasetik, bentuk sediaan, dosis, cara dan lama
penggunaan obat.
4. Jika no. 1 s/d 3 tidak lengkap dan belum sesuai, konfirmasi ke
penulis resep. Berikan pertimbangan dan alternatif, bila perlu meminta
persetujuan setelah pemberitahuan.
5. Jika no. 1 s/d 4 lengkap dan benar, resep diberi nomor dan obat

disiapkan (khusus resep yang mengandung obat-obat golongan narkotika,
psikotropika serta prekusor diberi tanda garis merah).

5. Bagan Alir Periksa
Menerima
kelengkapan
resep
resep

Periksa
Kesesuaian
Farmasetika

Jika ada yang
Obat
belum lengkap
golongan
konfirmasi
narkotika
kepada penulis
resep

6. Hal-hal yang -
perlu diperhatikan

7. Unit terkait Apotek
Poli Umum
Poli Gigi
UGD

11.Rekaman historis N Yang diubah Isi Perubahan Tanggal mulai
perubahan O diberlakukan

Jalur 27 197606262000122002 1. Kebijakan 4.ruang KIA. Peracikan obat angkah 1. Prosedur/ Uraian umum Langkah. Referensi 5. Petugas menerima resep dari ruangan pengobatan umum. PELAYANAN OBAT DI APOTIK PUSKESMAS No. Petugas membaca dan meneliti resep yang diterima 3. SKM Air Sugihan NIP. Tujuan Sebagai pedoman kerja petugas apotik dalam pemberian obat kepada pasien 3. Petugas menanyakan kembali kepada penulis resep apabila resep yang di terima kurang jelas atau obat yang dimintak tidak tersedia 4. Revisi : 00 SOP Tanggal Terbit : / /2018 Halaman : Puskesmas Eti Lenita. Dokumen : 440/ /SOP/ASG27/ /2018 No. Menerangkan cara memakai obat Menerangkan kepada pasien tentang aturan minum. ruang pengobatan gigi. Petugas meracik obat dan membuat etiket apabila resep sudah jelas . Pencatatan dan pelaporan Pencatatan hasil jumblah penggunaan obat dalam sebulan dalam sebulan dengan buku bantu register pengeluaran obat Langkah-langkah: 1.IVA di apotik 2. Pengertian 2. Nama 3. Pengambilan obat dan pembuatan (puyer) jenis obat sesuai dengan resep Pemberian Etiket Pemberian label pada Masing-masing obat meliputi: 2.waktu pemakaian dan cara penggunaan obat 6. Dosis Cara Penggunaan 5. Alamat 4.

Petugas menerangkan kepada pasien mengenai pemakaian obat. aturan minum. dan cara penggunaan sesuai dengan anjuran yang ada .5. Petugas menaruh obat dalam kemasan kemudian diberikan kepada pasien 6.

Cuci kembali tanggan sampai bersih setelah melakukan peracikan 11. Alat yang telah digunakan serta meja racikan dibersihkan dan dikembalikan pada tempatnya 10. SOP MERACIK OBAT No.hitung terlebih dahuluh dosisnya 6.Sudip.Perkamen. Dokumen : 440/ /SOP/ASG27/ /2018 SOP No. Siapkan etiket serta wadah obat dan instruktur sediaan yang diminta 4. jumlah dan jenis sediaan yang diminta serta nomor resep 3. Untuk penyerahan kembali ke SOP Pemberian obat dan pelabelan 12. Langkah- 1. Etiket. Bersihkan meja racikan dan siapkan alat yang akan digunakan langkah 2. Siapkan dan susun perkamen sesuai jumlah yang diminta dalam resep 7. Buatlah instruksi meracik. Susun obat yang tela terbungkus ke dalam plastik obat kemudian beri etiket 9. Jalur 27 197606262000122002 6. Unit Terkait Poli Umum Poli KIA . Alat Dan Alat dan bahan: Bahan Stamfer dan mortir. Siapkan obat sesuai yang tetera pada resep jika perhitungan nominal secara manual. Hal-hal yang Penulisan resep dan perhitunggan dosis perlu diperhatikan 13. Referensi 10. Pengertian 7. Kebijakan 9. Pelastik dan Kantong pelastik 11. Revisi : 00 UKP Tanggal Terbit : / /2018 Halaman : Puskesmas Eti Lenita. Tujuan 8. terdiri : nama pasien. SKM Air Sugihan NIP. Tuangkan puyer ke dalam perkamen mengunakan sudip hingga habis dan terbagi rata secara visual kemudian dibungkus 8. Cuci tangan dan gunakan masker 5.

PENYEDIAAN DAN PENGGUNAAN OBAT No. Resep . Pengertian Prosedur ini mengatur penyediaan dan pengunaan obat 2. Penggunaan obat di lakukan sesuai pengeluaran obat atau resep serta kebutuhan di unit pelayanan. Unit Terkait 1. Penyediaan obat di lakukan oleh petugas farmasi b. Tujuan Sebagai pedoman dalam melakukan penyediaan dan penggunaan obat untuk pelayanan 3. Penyediaan a. Dokumen : 440/ /SOP/ASG27/ /2018 SOP No. Kebijakan Sebagai pedoman dalam melakukan penyediaan dan pengunaan obat untuk pelayanan 4. SKM Air Sugihan NIP. Jalur 27 197606262000122002 1. LPLPO 2. Prosedur 1. Obat disediakan di ruang obat serta unit-unit pelayanan sesuai kebutuhan 2. Penggunaan a. 5. Revisi : 00 Tanggal Terbit : / /2018 Halaman : Puskesmas Eti Lenita.