You are on page 1of 15

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMK PGRI 1 Sidoarjo
Mata Pelajaran : Simulasi Digital
Kelas/Semester : X /1(satu)
Materi Pokok : Teknik Presentasi
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3.Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Menerapkan pengetahuan teknik presentasi.
4.1. Menerapkan teknik presentasi

C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1. Mengidentifikasi teknik presentasi
4.1.1. Mendemonstrasikan teknik presentasi

D. Tujuan Pembelajaran
3.1. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik mampu mengidentifikasi
teknik presentasi
4.1. Disediakan peralatan komputer dan jaringan internet, peserta didik akan dapat
mendemonstasikan teknik presentasi dengan hasil portofolio peserta didik

E. Materi Pembelajaran
Saat ini hampir semua bidang profesi memiliki kebutuhan untuk presentasi, baik
untuk promosi produk maupun untuk mengomunikasikan pesan berupa gagasan atau
konsep, yang tentunya dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan.
Sebelum berlanjut, mari kita pertanyakan terlebih dahulu, mengapa kita gunakan
PowerPoint untuk presentasi. Berikut ini adalah beberapa di antara penyebab atau
kegunaannya.
 Menarik minat hadirin
 Memfokuskan perhatian
 Mengarahkan diskusi / ikhtisar / ringkasan
 Mendukung pesan/gagasan/konsep yang sedang disampaikan

Page 1 of 15

d. Unsur-unsur desain struktur tayangan meliputi antara lain jenis dan ukuran Font. dalam dunia tipografi. bagan. Page 2 of 15 . Perencanaan yang baik akan menghasilkan kinerja pelaksanaan yang efektif dan efisien. pembuatan tayangan. Kemudian. tabel. berikut ini akan kita bahas langkah demi langkah menyiapkan bahan paparan. c. yaitu Font serif. Kenali khalayak yang akan hadir  Siapakah pendengar yang akan hadir?  Kira-kira apa sajakah yang telah mereka ketahui?  Apa sajakah yang mereka harapkan?  Kesulitan apa yang mungkin akan Anda hadapi. Anda harus merancang desain struktur tayangan. dan variasi di antara keduanya. atau wacana yang berisi bahan berargumentasi. kewajiban Anda adalah mengikuti secara taat azas (konsisten) urutan baik struktur maupun kerangka paparan (dibahas pada butir e sesudah ini) hingga tayangan terakhir. b. gambar. warna. Font sans serif atau sanserif. misalnya pelajaran (pengetahuan).Font serif adalah Font ‘berkaki’. ada 5 (lima) faktor yang selalu harus dijadikan patokan:  keterbacaan. sans berarti tanpa. disiplin ilmu yang khusus mempelajari seluk-beluk Font.  keserasian / keindahan (estetika). Susun Desain Struktur Tayangan (slide) Setelah menentukan materi informasi yang akan Anda tayangkan. ada tiga jenis Font. temuan kajian (misalnya sejarah. Tentukan tujuan Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan paparan Anda. Dalam bahasa Prancis. Sekali Anda tentukan. 1) Acuan Meskipun desain/struktur tayangan ditentukan secara empiris. apakah terkait dengan penyampaian informasi. olah bahan-bahan tersebut hingga menjadi informasi yang Anda anggap paling bermanfaat bagi hadirin yang akan Anda temui. dan gaya bicara Anda nantinya. Untuk menyiapkan sebuah presentasi yang baik. dan  kemanfaatan. 2) Jenis dan ukuran huruf (Font) Pada dasarnya. Hal-hal tersebut perlu Anda ketahui karena akan mempengaruhi penentuan materi.1. a.  menarik.  fokus. atau Font ikal. Menyiapkan bahan paparan Perencanaan adalah tahap pertama bagi siapa saja yang akan melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan. geografi. jumlah kata dan baris dalam sebuah tayangan. tentukan informasi yang akan Anda sampaikan. atau urusan bisnis (memperkenalkan produk atau layanan). dan kumpulkan bahan-bahan terkait sebanyak mungkin. Tentukan Materi yang akan Anda sampaikan Setelah tahu tujuan paparan dan siapa yang akan hadir. pendidikan karakter). grafik.

Jenis Font yang tingkat keterbacaannya tinggi adalah jenis Font yang polos (sans serif). Untuk keperluan presentasi. Jenis mana yang Anda anggap lebih mudah dibaca? Hingga sekarang. orang juga menganggap keterbacaan jenis Font sans serif lebih baik dari pada jenis Font serif. Untuk Font judul biasanya digunakan Font 36 48. keheranan-heranan. Jika ketentuan tersebut diikuti.The quick brown fox jumps over the lazy dog Century Gothic .The quick brown fox jumps over the lazy dog Garamond 11 .The quick brown fox jumps over the lazy dog Old English 11 . jenis Font serif. kan? Berikut ini adalah contoh Font serif. tetap digunakan juga. maka sebuah tayangan akan berisi sekitar 7 baris. Mengapa? Penyebabnya adalah untuk menghilangkan kejenuhan pembaca. Untuk teks daring. seperti contoh di bawah ini. dan jumlah kata dalam sebuah tayangan. keterbacaan paparan ditentukan selain oleh jenis Font. melingkar. Tidak ada aturan baku yang menentukan ukuran Font yang harus digunakan dalam tayangan. dengan ukuran font yang relatif sangat besar.The quick brown fox jumps over the lazy dog Clarendon 11 . keterkejutan.The quick brown fox jumps over the lazy dog Calibri . seperti kekaguman. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran Font. juga ukuran Font. atau untuk membangkitkan semangat. Baskerville11 . baik jenis font serif maupun sans serif.The quick brown fox jumps over the lazy dog Times New Roman 11 . Page 3 of 15 .The quick brown fox jumps over the lazy dog Perhatikan baik-baik keterbacaannya. Kadang-kadang kita temui hanya ada sebuah atau 3 buah kata dalam sebuah tayangan. The quick brown fox jumps over the lazy dog Mengapa? Karena di dalam kalimat tersebut terdapat semua Font dalam alfabet.The quick brown fox jumps over the lazy dog Verdana . perdebatan tentang keterbacaan Font tak kunjung selesai. Hal ini tak berarti bahwa ketentuan tersebut selalu harus diikuti. dari a sampai z. Namun demikian. Arial . dan sudah barang tentu tergantung pula pada selera pembacanya. melengkung.The quick brown fox jumps over the lazy dog Tahoma. dan tiap baris maksimum terdiri atas 9 buah kata. Di antara kedua junis Font tersebut terdapat 1001 variasi. sedangkan Font teks 24 – 28. yang disebut juga Font berkaki atau bersepatu. Untuk memberi contoh Font. karena penggunaan berbagai jenis Font tersebut sangat tergantung pada selera penulis. Font sans serif atau sanserif adalah Font polos. Semua tergantung pada pesan yang ingin disampaikan oleh penyaji / pembicara. subjudul Font 28-32. Hal ini dimaksudkan untuk mengekspresikan sesuatu.The quick brown fox jumps over the lazy dog Century 11 .The quick brown fox jumps over the lazy dog Bell MT 11 . Barang cetakan menggunakan keduanya. Coba buktikan! Bagaimana? Betul.The quick brown fox jumps over the lazy dog Ini adalah contoh Font sans serif. biasanya digunakan kalimat sebagai berikut.

ketika penyaji ingin menampilkan sesuatu yang perlu dilihat hadirin secara utuh. Gambar 2. kemudian tampilkan pada tayangan berikutnya sekelompok kalimat dengan Font yang besar. Dalam hal demikian. Kadang-kadang pedoman 6 baris x 8 kata atau 7 baris x 9 kata terpaksa dilanggar. lagi-lagi tak ada hal yang baku dalam pengaturan tata letak tayangan. Cara menggunakannya. Semua terpulang pada keterbacaan dan rasa estetika masing-masing. Pilihan tata letak (layout) Perihal jenis/ukuran Font untuk isi/konten tayangan. Berikut ini contoh halaman judul sebuah paparan. Tata letak (layout) Ketika keluar tampilan seperti tertera di bawah ini. Misalnya. Gambar 1. klik tombol lay out yang terdapat pada tab Home. mulailah menampilkan keseluruhan teks. Page 4 of 15 . sesuai aturan 6x8 atau 7x9 di atas. Pertahankan kesederhanaan! Jenis  Hindari TerlaluBanyak huruf dan Gaya 3) Tata letak (layout) Dalam perangkat lunak presentasi PowerPoint terdapat fitur tata letak (lay out) tayangan (slide). karena situasi memang memaksa. Anda tinggal memilih dengan cara mengklik tata letak yang Anda kehendaki.

4. Contoh Bagaimana cara memasukkan giraf ke dalam lemari es yang sudah berisi gajah? Jawab 1. atau warna gelap di atas warna terang Warna biru terang di atas latar gelap Warna kuning terang di atas latar gelap Warna putih terang di atas latar gelap Warna gelap huruf di atas latar terang kuning Warna putih terang di atas latar gelap  Pertahankan kesederhanaan! Page 5 of 15 . tanpa prioritas. 2. kotak. panah (bulkonah) Mei 2014 a) Jika Anda harus membuat daftar/senarai yang prosesnya harus berurutan atau mengikuti suatu urutan tertentu. Tutup pintu lemari es. atau  hirarkhi. gunakan warna yang kontras. 3. gunakan bulkonah. gunakan angka. 5) Warna Untuk memperoleh hasil tampilan yang optimal. Simulasi Digital Bab II Pengelolaan Informasi Digital Oleh: Gambar Tim 3. Contoh Pengembang tampilan halaman judul Simdig SEAMOLEC dan VEDC Malang 4) Pemakaian angka dan bulat. Masukkan giraf ke dalamnya. atau hirarkhi. Buka pintu lemari es. Keluarkan gajah dari dalam lemari es.  pioritas. yaitu warna terang di atas warna gelap. b) Jika Anda harus membuat daftar/senarai yang prosesnya tidak harus berurutan atau mengikuti suatu urutan tertentu. bulkonah = bulat  kotak  panah  Contoh Bulkonah digunakan jika Anda harus membuat daftar/senarai yang prosesnya tanpa memerlukan  urutan.

satu tayangan satu idé. Perhatikan selalu keterbacaan dan keserasian dalam menentukan ukuran Font.  Tayangan harus jelas. Rencanakan Kerangka / Garis Besar Presentasi Perencanaan adalah langkah pertama ketika Anda akan melakukan sesuatu. Teknik Penyampaian Peserta atau hadirin tentunya telah meluangkan waktu. menarik perhatian.  Buatlah kerangka menurut suatu alur pikir yang logis dan bermanfaat bagi hadirin/peserta. untuk sebuah presentasi perlu Anda siapkan antara 24 – 30 tayangan.  Jika ketentuan tentang ukuran Font ditaati. Kerangka tayangan (slide)  Bahan paparan / tayangan yang Anda siapkan harus mengikuti suatu pola pikir yang logis. Apabila penyaji membawakan presentasinya tidak menarik.  Tuliskan pada kerangka paparan hanya butir-butir pokok saja. Jika tiap menit Anda tampilkan 1-2 tayangan. tentu saja hal ini akan membuat hadirin merasa bosan dan kecewa.  Hindari Terlalubanyak warna Kerangka paparan Kerangka paparan adalah keseluruhan hal-ikhwal yang akan Anda paparkan. disertai dengan bunyi-bunyian yang tidak perlu. dan juga tenaga untuk menghadiri atau mendengarkan presentasi yang ingin disampaikan. maka selain tampilan tayangan (slide) yang tepat. Di sini juga berlaku: pertahankan kesederhanaan! 2. maka sebuah tayangan akan berisi sekitar 7 baris. biaya. dan bermanfaat bagi hadirin/peserta. Pembukaan  Menyapa. Jika pesan yang ingin kita sampaikan dapat menarik perhatian hadirin sehingga mereka antusias mendengarkan presentasi kita. a. dan tiap baris maksimum terdiri atas 9 buah kata.  Waktu yang disediakan untuk sebuah paparan biasanya sekitar 15 – 20 menit. Jangan menampilkan kalimat utuh. perkenalan  Topik selayang pandang  Gaet perhatian Topik utama  Isi presentasi Penutup  Kesimpulan  Ucapan terima kasih Page 6 of 15 . Animasi Animasi memang diperlukan untuk menghindarkan situasi monoton. misalnya judul pada tiap lembar tayangan. tiba saatnya Anda membuat rencana kerangka / garis besar pemaparan yang akan Anda lakukan. Setelah siap dengan bahan informasi dan bahan paparan yang akan Anda paparkan / presentasikan. satu kalimat satu idé. Tetapi hindari gerakan tampilan yang rumit.  Tuliskan kerangka tersebut pada lembar pertama dan jika perlu lembar ke-2 setelah halaman judul tayangan Anda. diperlukan juga teknik penyampaian presentasi yang menarik.

Tayangan yang menarik. apapun kedudukan. jabatan. Gunakan bahasa tubuh. Orientasi pada Hadirin Posisikanlah diri kita sebagai hadirin atau pendengar. cara memaparkan yang santun dan memikat hati hadirin. dan mengajak pendengar menerima. Menurut salah seorang pakar presentasi terkemuka. sapalah terlebih dahulu hadirin sebelum mulai memberikan penjelasan. c. apabila diperlukan. Cara pembicara menyampaikan kurang menarik atau penyusunan tayangan (slide) tidak efektif. Berlatihlah sebelum Anda tampil. sehingga setelah seseorang berdiri untuk memberikan presentasi. serta tergerak untuk melakukan hal-hal yang terkandung dalam pesan yang disampaikan. 95% dari presentasi yang disampaikan tergolong buruk. d. Menguasai bahan yang akan Anda paparkan adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Penampilan Jagalah penampilan Anda! Gunakan pakaian yang sesuai dengan karakter hadirin dan situasi pertemuan. dan ujungnya Anda akan dipermalukan di depan khalayak. Kuasai isi bahan yang akan Anda paparkan. memang diperlukan. Persiapkan diri Anda dengan sebaik-baiknya.  gagasan / konsep materi yang akan dipaparkan. bawalah perlangkapan sendiri untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu jalannya presentasi. tetapi tanpa menguasai materi yang Anda paparkan. memahami. akan membuat pendengar cepat jenuh sehingga mempengaruhi pemahaman terhadap pesan yang disampaikan. Perlengkapan Pastikan semua peralatan yang akan dipakai selama jalannya presentasi telah siap. Guy Kawasaki. Tetapi. Presentasi dikatakan berhasil jika dapat memberikan inspirasi. atau pakaian yang kita kenakan akan teralihkan ke pesan yang disampaikan.  paparan/ tayangan (slide) yang menarik. dan  pembicara / penyaji (penyaji). b. pasti Anda akan menemui kesulitan dalam menjawab pertanyaan kritis para hadirin. Kehadiran mereka tentunya ingin mengetahui pesan yang akan Anda sampaikan. tarik perhatian hadirin. Biasanya Panitia sudah menyiapkan berbagai kelengkapan untuk presentasi. Gunakan bahasa yang baik.  Penyemangat Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu presentasi. Kenalilah suasana dan situasi tempat presentasi. Faktor-faktor ini saling mempengaruhi. yaitu  perencanaan yang baik. Kurang baiknya persiapan dan penyampaian yang menyebabkan tujuan dari presentasi tidak tercapai. Page 7 of 15 .

Ingat. atau informasi. untuk menyegarkan suasana. atau informasi. Dengan mimik/ekspresi yang beragam. f. h. Jangan memaksakan menyelesaikan tayangan (slide) apabila sudah terlihat kejenuhan hadirin! Ingat. jangan memaksakan meneruskan atau menyelesaikan tayangan (slide)jika sudah terlihat kejenuhan hadirin!Sisipi paparan Anda dengan anekdot (KBBI: cerita singkat yg menarik karena lucu dan mengesankan). e. berlatihlah agar kita terbiasa berbicara di depan hadirin. dan akhirnya menginginkan agar presentasi tersebut cepat selesai. Pendekatan. tetapi juga merupakan ajang Anda untuk mengekspresikan diri secara total. Diskusi Page 8 of 15 . kenalilah situasi dan kondisi. atau hanya diam di satu titik tanpa bergerak? Semua hal ini tentunya akan membuat hadirin merasa bosan. Untuk itu kuasailah atau pahamilah apa yang ingin Anda sampaikan. Hal ini akan membuat hadirin menjadi fokus terhadap apa yang kita ucapkan. konsep. akan membuat peserta tertarik untuk mendengarkan paparanAnda. Model dan Metode Pembelajaran Pendekatan : Scientific Strategi : Discovery Learning Metode : Observasi.di samping meningkatkan interaksi Anda dengan hadirin. atau duduk dengan kepala menunduk menatap laptop. mengantuk. konsep. bahwa presentasi tidak sekadar mengomunikasikan gagasan. posisi badan. tetapi juga ajang untuk mengekspresikan diri Anda secara total. tatapan mata. akan mempengaruhi hadirin sehingga mereka dapat merasakan semangat yang didapat. Bahasa tubuh / Gestur Apakah yang ada di benak kita apabila melihat penyaji dengan posisi berdiri menghadap meja. Gunakanlah gestur berupa gerakan tangan. atau penyaji yang selalu berada di zona nyaman di belakang meja. Variasi intonasi Gunakan intonasi suara untuk setiap kata atau kalimat yang dianggap kunci utama. yang akan membantu proses imajinasi peserta. dan beragam gerakan lainnya. bahwa presentasi tidak sekadar mengomunikasikan gagasan. jenuh. Ekspresi Presentasi dengan mimik wajah yang datar tidak akan membuat hadirin merasa nyaman. Gairah / passion Hal yang paling penting ketika melakukan presentasi adalah gairah atau passion. g. F. Presentasi yang dibawakan dengan penuh gairah.

G. Peserta didik lain memberikan tanggapan terhadap presentasi.  Peserta didik menerima tanggapan dari Peserta didik lain dan guru. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Kegiatan Deskripsi Waktu Pendahuluan 1.  Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan Penutup  Guru memberikan tanggapan balik dari hasil 15 menit belajar siswa  Guru memberikan reward pada seluruh peserta didik atas pembelajaran yang sudah berlangsung Page 9 of 15 . Guru memberikan apersepsi teknik presentasi Mengamati (Merumuskan uraian masalah) 105 menit Inti  Guru meminta Peserta didik untuk membaca teknik presentasi  Peserta didik mengidentifikasi teknik presentasi  Guru menugaskanPeserta didik untuk mengamati beberpa teknik presentasi  Peserta didik berdiskusi tentang teknik presentasi Menanya (Mengembangkan Kemungkinan)  Guru menugaskan Peserta didik untuk membuat resume tentang teknik presentasi  Peserta didik mempraktekkan teknik presentasi dan Peserta didik mendiskusikan tentang tips dan trik presentasi Mengumpulkan Informasi (memeriksa/ evaluasi penyebab atau proses diagnosa)  Peserta didik Mengeksplorasi teknik teknik presentasi  Peserta didik mendokumentasikan hasil eksplorasi yang dilakukan setiap anggota kelompok  Peserta didik mencoba melakukan komunikasi pada jaringan internet tentang teknik presentasi Menalar (Mengevaluasi)  Peserta didik Membuat kesimpulan tentang teknik presentasi Mengkomunikasikan  Guru menugaskan Peserta didik menyajikan cara atau kesimpulan teknik presentasi. Guru mempersiapkan kondisi siswa dengan 15 menit melakukan absensi 2.

ada 5 (lima) faktor yang selalu harus dijadikan patokan:  keterbacaan. Jelaskan kretia yang perlu 2. dan variasi di antara keduanya. Kunci Jawaban. dan tiap baris maksimum terdiri atas 9 buah kata. Untuk Font judul biasanya digunakan Font 36 48.  keserasian / keindahan (estetika). Jelaskan bagaimana Presentasi fikasi dapat menyusun tayangan (slide) teknik mendeskrips yang efektif dan presentasi ikan teknik efisien/sederhana! presentasi 2. Hal ini tak berarti bahwa ketentuan tersebut selalu harus diikuti. Jenis dan ukuran huruf (Font) Pada dasarnya. atau untuk membangkitkan semangat. Hal ini dimaksudkan untuk mengekspresikan sesuatu. Font sans serif atau sanserif. dan Cara Pengolahan Nilai Kompetensi Jenis Indikator Indikator Soal Soal Dasar Soal Teknik Mengidenti 1. sedangkan Font teks 24 – 28. Peserta didik Uraian 1. Menyusun tayangan (slide) yang efektif dan efisien/sederhana a. keheranan-heranan. Penilaian Kisi-Kisi.H.  fokus. ada tiga jenis Font. keterkejutan. b. Acuan Meskipun desain/struktur tayangan ditentukan secara empiris. dan  kemanfaatan.  menarik. dalam dunia tipografi. Peserta didik disipkan sebulum proses dapat penayangan? menjelaskan 3. Jika ketentuan tersebut diikuti. maka sebuah tayangan akan berisi sekitar 7 baris. subjudul Font 28-32.  Pertahankan kesederhanaan! Jenis  Hindari TerlaluBanyak huruf dan Gaya Page 10 of 15 . yaitu Font serif. Begaimanakah teknik kreteria presentasi yang baik teknik presentasi 3. Soal Pengetahuan. seperti kekaguman. Peserta didik dapat menjelaskan teknik presentasi Kunci Jawaban Soal: 1. disiplin ilmu yang khusus mempelajari seluk- beluk Font.

satu tayangan satu idé. yaitu warna terang di atas warna gelap. Di sini juga berlaku: pertahankan kesederhanaan! Page 11 of 15 . b. atau warna gelap di atas warna terang  Pertahankan kesederhanaan!  Hindari Terlalubanyak warna f. c. g.  Waktu yang disediakan untuk sebuah paparan biasanya sekitar 15 – 20 menit. Kerangka paparan Kerangka paparan adalah keseluruhan hal-ikhwal yang akan Anda paparkan. Perhatikan selalu keterbacaan dan keserasian dalam menentukan ukuran Font. kemudian tampilkan pada tayangan berikutnya sekelompok kalimat dengan Font yang besar. mulailah menampilkan keseluruhan teks. Jangan menampilkan kalimat utuh.  Tayangan harus jelas. Misalnya. Tuliskan pada kerangka paparan hanya butir-butir pokok saja.c. dan bermanfaat bagi hadirin/peserta.  Jika ketentuan tentang ukuran Font ditaati. misalnya judul pada tiap lembar tayangan. a. bulkonah = bulat  kotak  panah  e. karena situasi memang memaksa. gunakan bulkonah. sesuai aturan 6x8 atau 7x9 di atas. Animasi Animasi memang diperlukan untuk menghindarkan situasi monoton. dan tiap baris maksimum terdiri atas 9 buah kata. Warna Untuk memperoleh hasil tampilan yang optimal. satu kalimat satu idé. panah (bulkonah)  Jika Anda harus membuat daftar/senarai yang prosesnya harus berurutan atau mengikuti suatu urutan tertentu. maka sebuah tayangan akan berisi sekitar 7 baris. menarik perhatian. disertai dengan bunyi-bunyian yang tidak perlu. atau hirarkhi. Tuliskan kerangka tersebut pada lembar pertama dan jika perlu lembar ke-2 setelah halaman judul tayangan Anda. Dalam hal demikian. untuk sebuah presentasi perlu Anda siapkan antara 24 – 30 tayangan. h. Jika tiap menit Anda tampilkan 1-2 tayangan. Buatlah kerangka menurut suatu alur pikir yang logis dan bermanfaat bagi hadirin/peserta. d. Tetapi hindari gerakan tampilan yang rumit. kotak.  Jika Anda harus membuat daftar/senarai yang prosesnya tidak harus berurutan atau mengikuti suatu urutan tertentu. Tata letak (layout) Dalam perangkat lunak presentasi PowerPoint terdapat fitur tata letak (lay out) tayangan (slide Kadang-kadang pedoman 6 baris x 8 kata atau 7 baris x 9 kata terpaksa dilanggar. ketika penyaji ingin menampilkan sesuatu yang perlu dilihat hadirin secara utuh. Pemakaian angka dan bulat. Kerangka tayangan (slide)  Bahan paparan / tayangan yang Anda siapkan harus mengikuti suatu pola pikir yang logis. tanpa prioritas. gunakan warna yang kontras. gunakan angka.

akan membuat peserta tertarik untuk mendengarkan paparanAnda. perkenalan  Topik selayang pandang  Gaet perhatian Topik utama  Isi presentasi Penutup  Kesimpulan  Ucapan terima kasih  Penyemangat b. konsep. Bahasa tubuh / Gestur Apakah yang ada di benak kita apabila melihat penyaji dengan posisi berdiri menghadap meja. Ekspresi Presentasi dengan mimik wajah yang datar tidak akan membuat hadirin merasa nyaman. apapun kedudukan. atau penyaji yang selalu berada di zona nyaman di belakang meja. Tetapi. Rencanakan Kerangka / Garis Besar Presentasi Perencanaan adalah langkah pertama ketika Anda akan melakukan sesuatu. Pembukaan  Menyapa. bahwa presentasi tidak sekadar mengomunikasikan gagasan. Orientasi pada Hadirin Posisikanlah diri kita sebagai hadirin atau pendengar. Perlengkapan Pastikan semua peralatan yang akan dipakai selama jalannya presentasi telah siap. apabila diperlukan. sapalah terlebih dahulu hadirin sebelum mulai memberikan penjelasan. g.2. atau duduk dengan kepala menunduk menatap laptop. tetapi juga ajang untuk mengekspresikan diri Anda secara total. atau hanya diam di Page 12 of 15 . bawalah perlangkapan sendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu jalannya presentasi. Teknik Penyampaian a. Biasanya Panitia sudah menyiapkan berbagai kelengkapan untuk presentasi. Dengan mimik/ekspresi yang beragam. Kehadiran mereka tentunya ingin mengetahui pesan yang akan Anda sampaikan. Gunakan bahasa yang baik. e. d. f. jabatan. Variasi intonasi Gunakan intonasi suara untuk setiap kata atau kalimat yang dianggap kunci utama. sehingga setelah seseorang berdiri untuk memberikan presentasi. Ingat. Penampilan Jagalah penampilan Anda! Gunakan pakaian yang sesuai dengan karakter hadirin dan situasi pertemuan. Setelah siap dengan bahan informasi dan bahan paparan yang akan Anda paparkan / presentasikan. Hal ini akan membuat hadirin menjadi fokus terhadap apa yang kita ucapkan. atau pakaian yang kita kenakan akan teralihkan ke pesan yang disampaikan. atau informasi. Kenalilah suasana dan situasi tempat presentasi. tiba saatnya Anda membuat rencana kerangka / garis besar pemaparan yang akan Anda lakukan. c.

Gunakan gambar yang mengandung unsur emosi. yang akan membantu proses imajinasi peserta. kenalilah situasi dan kondisi. suara. dan akhirnya menginginkan agar presentasi tersebut cepat selesai. Hindari tayangan (slide) yang berorientasi teks. Ekspresikandiri secara total. dan beragam gerakan lainnya. satu titik tanpa bergerak? Semua hal ini tentunya akan membuat hadirin merasa bosan. Kuasai materi yang akan Anda paparkan. mengantuk. untuk menyegarkan suasana. h. 3. gambar. 4. posisi badan. Presentasi yang dibawakan dengan penuh gairah. 3. Kategori IPK 1 2 3 4 Mendemonstrasik Tidak dapat Mampu Mampu Mampu selalu an langkah langkah mendemokan mendemokan menggunakan langkah teknik langkah kurang dari 3 lebih dari 3 langkah presentasi teknik langkah langkah langkah presentasi langkah langkah teknik teknik teknik presentasi presentasi presentasi Page 13 of 15 . 2. tidak sesuai dengan teori=1) No 2:2 (Menyebutkan dengan benar disertai contoh =2. Teknik penyampaian presentasi yang menarik 1. Buat tayangan sederhana/tidak rumit. benar tidak disertai contoh =1) No 3:2 (Menyebutkan lengkap dengan penjelasannya =2. 5. Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai Skor maksimum tiap tiap soal adalah: No 1:2 (Menyebutkan dengan benar sesuai teori =2. Untuk itu kuasailah atau pahamilah apa yang ingin Anda sampaikan.Menyebutkan dengan benar tanpa penjelasan=1) Pengolahan Nilai Nilai yang diperoleh adalah sama dengan skor yang didapatkan Penilaian Keterampilan. akan mempengaruhi hadirin sehingga mereka dapat merasakan semangat yang didapat.di samping meningkatkan interaksi Anda dengan hadirin. berlatihlah agar kita terbiasa berbicara di depan hadirin. atau animasi yang tidak perlu karena akan mengganggu fokus hadirin. Sampaikan presentasi dengan penuh gairah. 6. tatapan mata. Hindari tampilan. Gunakanlah gestur berupa gerakan tangan. jangan memaksakan meneruskan atau menyelesaikan tayangan (slide)jika sudah terlihat kejenuhan hadirin!Sisipi paparan Anda dengan anekdot (KBBI: cerita singkat yg menarik karena lucu dan mengesankan). sepenuh hati. Gairah / passion Hal yang paling penting ketika melakukan presentasi adalah gairah atau passion. jenuh. 7. Gunakan jenis dan ukuran huruf yang sesuai dengan ruangan dan jumlah hadirin.

Mengajukan usul pemecahan masalah. b. g Jawab Skor Kelompok 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1.Skor penilaian ketrampilan: Kategori Nilai IPK 1 (Total Kategori : 4) x 10 Total Penilaian Sikap. Mampu bekerja sesuai dengan kemampuannya secara mandiri 4. Mampu menyelesaikan sesuai dengan waktu yang diberikan 3. Mampu menyelesaikan tugas yang diberikan 2. Mampu mencari informasi yang dibutuhkan 3. 2 = jika dua indikator terlihat 1 = jika satu indikator terlihat Indikator Penilaian Sikap : a. 2. Peran serta aktif dalam kegiatan diskusikelompok 4. Bila: 1. 3 = jika tiga indikator terlihat. dst Keterangan : 4 = jika empat indikator terlihat. Mampu menyampaikan pendapat Page 14 of 15 . Bila: 1. Mampu bekerja sesuai petunjuk yang diberikan 2. Tanggun Nama Siswa/ Jujur Disiplin Proaktif No. 3.

Mampu membantu teman yang merasa kesulitan dalam mencari informasi Nilai akhir sikap diperoleh berdasarkan modus (skor yang sering muncul) dari ke empat aspek sikap di atas. Bila: 1. Kategori nilai sikap: Sangat Baik : apabila memperoleh nilai akhir 4 Baik : apabila memperoleh nilai akhir 3 Cukup : apabila memperoleh nilai akhir 2 Kurang : apabila memperoleh nilai akhir 1 I. Mampu memberi masukan ketika berdiskusi 3. Mampu memberi pertanyaan ketika sesi Tanya jawab 4. 19610107 200604 1 007 Page 15 of 15 . Mampu berdiskusi dengan teman sejawat 2. Mampu menyelesaikan sesuai acuan yang diharapkan 3. Media. Mampu bekerja sesuai prosedur 4. MM EVY YANTI WAHYUNINGTYAS. Juli 2016 Kepala SMK PGRI 1 Sidoarjo Guru Mata Diklat Drs. H. Mampu menyelesaikan sesuai dengan waktu yang diberikan 2. Buku Siswa SMK/MAK Kelas X Mata Pelajaran Simulasi Digital Semester 1 jilid 1 Mengetahui: Sidoarjo. Bila: 1. c. S. Mampu mencari informasi sesuai materi d. Alat dan Sumber Pembelajaran Media Pembelajaran : Sumber Pembelajaran: 1. MUSAHILI.Kom NIP.