You are on page 1of 11

MODUL B.

INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -1 -

B. INDONESIA

1 – Memahami Teks Hasil Observasi
A. Memahami Teks Hasil Observasi
Lingkungan dapat kita jadikan sebagai sumber belajar. Banyak hal yangdapat dipelajari dari lingkungan.
Komponen lingkungan seperti tumbuhan, binatang, atau alarm dapat kalian amati (observasi). Dari hasil observasi
inilah, kalian akan mendapatkan ilmu baru. Untuk lebih memahami teks yang berupa hasil observasi, perhatikan teks
berikut.

Tanaman Kantong Semar

Tanaman Nepenthes sp. atau yang biasa kita kenal dengan tanaman kantong semar termasuk dalam famili
monotopik. Kantong semar memiliki sedikitnya 103 spesies dan uniknya hampir seluruhnya merupakan tanaman
karnivor.
Kantong semar banyak tersebar mulai dari Australia bagian utara, Asia Tenggara, hingga Cina bagian selatan.
Selain itu, kantong semar juga terdapat di Madagaskar, Kaledonia Baru, India, dan Sri Lanka. Dari sekitar 103
spesies yang tersebar di seluruh dunia, sedikitnya 64 spesies kantong semar terdapat di Indonesia. Kantong semar
adalah tanaman jenis epifit, yakni tanaman yang hidup pada-tanaman lain, tetapi tidak menyerap makanan tuan
rumah seperti benalu. Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi sekitar 15-20 m. Di ujung daun tanaman ini, terdapat
sulur yang yang membentuk alat perangkap berupa kantong panjang. Bibir sulur inilah yang membuat hewan-
hewan tertarik untuk hinggap karena aromanya yang manis. Setelah mangsa ditarik masuk ke dalam kantong,
mangsa tersebut akan dicerna dengan cairan asam (enzim proteolase) dan diolah menjadi garam phosphat dan
nitrat. Selama proses pencernaan, bibir kantong semar akan menutup rapat.
Bentuk kantong dari kantong semar sangat bergantung pada jenisnya. Pada N. ampullaria, kantongnya
berbentuk periuk dengan panjang sekitar 10 cm, sedangkan pada sedangkan pada N. gracillima lebih menyerupai
terompet dengan panjang sekitar 20 cm.
Selain bentuknya yang unik, ada lagi keunikan Sain dari kantong semar. Ternyata, tak semua jenis kantong
semar memililki mangsa favorit. Contohnya, N. mirabilis memiliki mangsa favorit semut N. albomarginata lebih
memilih rayap. Bahkan ada yang menyukal kotoran burung. yakni N. lowii. Dari sekian banyak spesies kantong
semar ada satu spesies yang merupakan vegetarian, yakni N. ampullaria. Spesies ini lebih memilih memakan
guguran dedaunan yang berada di atasnya danpada memakan hewan.
Kantong semar berkembang biak OSCAS
dengan – INOVASI
cara TIADAsilang
perkawinan HENTIkarena tanaman ini termasuk jenis flora
berumah dua. Artinya, tiap tanaman hanya memiliki satu jenis kelamin bunga. Selain itu, kantong semar juga

Dikiranya orang suruhan dari warung Babah Lim yang datang. Teks di atas bila diamati memiliki tokoh. latar. kantong semar juga berkembang biak dengan cara vegetatif menggunakan tunas. Pak Adam. Teks yang memaparkan serangkaian proses dari suatu fenomena alam maupun sosiokultural disebut teks eksplanasi. Tadi pagi ia memesan sekilo daging untuk membuat rendang. Secara teori. Kalimat ini merupakan pendapat mengapa suatu fenomena. Artinya. Teks yang menyajikan hasil- hasil pengamatan atau laporan disebut teks hasil observasi. Syarat-syarat teks hasil observasi yang baik adalah sebagai berikut.Teks ini berbeda dengan teks hasil observasi yang lebih banyak menyajikan fakta- fakta sebagai hasil pengamatan suatu objek. Spesies ini lebih memilih memakan guguran dedaunan yang berada di atasnya danpada memakan hewan. Objektif. Teks ini menjelaskan habitat. teks ini memaparkan fakta-fakta dengan jelas dan terperinci. dan juga cara berkembang biak tanaman kantong semar. OSCAS – INOVASI TIADA HENTI . Makanan kesukaan Pak Adam. B. Tokoh dalam kutipan teks di atas adalah Bu Sinta. Latarnya di rumah Bu Sinta. Hari ini dia akan memasak makanan yang lezat. Dalam penyusunannya. TEKS 2 Sambil bersenandung Bu Sinta menyapu lantai rumahnya. tentu akan menimbulkan kesulitan di bidang ekonomi. Objek yang akan diamati harus menarik. 3. 1. dapat disarankan itu agar pada keluarga seperti. 2. Dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Menggunakan bahasa yang efektif dan logis. sang ibu pun bekerja atau anak-anak yang kuliah sambil bekerja. sedangkan pencari nafkah hanyalah sang ayah. Pada saat itulah terdengar bunyi bel. Teks ini berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh hasil pengamatan. cara mencari makanan. suaminya. dalam hal ini fenomena sosial. dan Babah Lim. dan alur. tiap tanaman hanya memiliki satu jenis kelamin bunga. 5. Teks di atas dibentuk oleh tiga buah kalimat. ampullaria. Disusun secara sistematis. yakni N. Membedakan Teks Hasil Observasi dengan Jenis Teks Lainnya TEKS 1 Meningkatkan kesejahteraan keluarga berkaitan erat dengan besarnya anggota keluarga yang harus ditanggung oleh pencari nafkah. INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -2 - semar ada satu spesies yang merupakan vegetarian. 4. Serta alur yang dipakai dalam kutipan ini adalah alur maju. ciri- ciri fisik.MODUL B. ketika pintu dibuka dia tidak menemukan siapa-siapa di sana. (Diolah dari berbagai sumber) Teks tersebut merupakan contoh teks hasil observasi tanaman kantong semar. Kantong semar berkembang biak dengan cara perkawinan silang karena tanaman ini termasuk jenis flora berumah dua. Selain itu. la bergegas ke pintu. dapat terjadi. Namun. Bu Sinta segera ke dapur untuk mempersiapkan bahan-bahan yang akan dimasaknya. Suatu keluarga dengan anak banyak.

Teks ini merupakan contoh teks hasil observasi terhadap suatu objek atau tempat. 2 hektare untuk taman pembibitan. 7 hektare untuk taman bermain anak-anak. air yang cukup tersedia. Pada saat pertama kali sampai ke lokasi dan duduk-duduk di bawah pohon pinus. Mereka bersiaga untuk memungut setiap sampah yang disebabkan oleh kegiatan rombongan. Kelebihan-kelebihan laut antara lain suhu yang yang jarang berubah-ubah. Teks hasil observasi ju ga bisa berupa laporan hasil percobaan.Taman ini memiliki luas 35 hektare. Dengan air yang cukup tersebut. saya memperhatikan serombongan petugas kebersihan. unsur seperti tokoh. kutipan teks di atas adalah kutipan teks narasi. Dalam teks hasil observasi. latar. maka yang perlu diamati adalah kondisi sebelum dan sesudah dilakukan percobaan. Hasil yang didapat adalah keadaan tempat dan orang-orang yang ada di sana. Satu hal penting yang saya peroleh di sana adalah bahwa kesadaran akan pentingnya kebersihan iingkungan dapat menghasilkan keindahan yang tuar biasa nikmat. seperti sampah bekas minuman dan makanan. yaitu 23 hektare untuk taman bunga. Perbedaannya adalah teks eksposisi tidak perlu diawali dengan kegiatan pengamatan. dapat disimpulkan bahwa teks tersebut adalah teks eksposisi. Prasasti peresmiantaman bunga ini terbuat dari batu vulkanik yang disimpan di depan pintu gerbang. Teks di atas menjelaskan kelebihan laut bila dibandingkan dengan daratan. TEKS 3 Sebagai tempat hidup. C. Mereka begitu sigap memungut sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung. dukungan yang lebih banyak untuk melawan gravitasi bumi. Teks ini memiliki kesamaan dengan teks hasil observasi. atau peristiwa alam. perhatikan teks berikut : TEKS 1 Taman Bunga Nusantara Taman Bunga Nusantara pertama kali diresmikan pada 10 September 1995 oieh Presiden Soeharto. dan 3 hektare untuk fasilitas restoran. Untuk lebih jelas. makhluk hidup di laut dapat menyerap air iangsung masuk sistem tubuh. laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. OSCAS – INOVASI TIADA HENTI . Dengan ciri ini. Teks ini memaparkan informasi sejelas- jelasnya agar pembaca mendapatkan pengetahuan baru.MODUL B. yakni dalam hal penyajian fakta. Objek tersebut bisa berupa hewan. tempat. Mengklasifikasi Teks Hasil Observasi Teks hasil observasi dapat diklasifikasikan berdasarkan objek yang diamati. INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -3 - Berdasarkan ciri-ciri tersebut. Makhluk hidup di laut dapat memperoleh oksigen dan karbon. sebagian besar adaiah ibu-ibu. dan alur tidak perlu ada. Bila teks hasil observasi merujuk pada suatu percobaan. tumbuhan. Lahan seluas itu kemudian dibagi menjadi beberapa fungsi.

2. (diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari) Hari Ke.2 sangat terhambat. 3. "pot 2". Jumlah daun Tinggi Batang (cm) Kualitas Tanaman 1 0 0. INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -4 - TEKS 2 Judul : Pengaruh Cahaya Matahari terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau Tujuan : Mengetahui benar tidaknya pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. 4. 5. Letakkanlah wadah yang pertama pada tempat yang terkena cahaya matahari. Tanamlah pada tiap wadah tersebut 5 bibit tanaman kacang hijau. 7. Beri label pada tiap wadah dengan tulisan "pot 1". dst. Alat dan bahan:  3 buah wadah air mineral kemasan gelas  Kapas secukupnya  Beberapa bibit tanaman kacang hijau  Air secukupnya  Spidol Cara kerja: 1. Siapkan 3 buah wadah air mineral kemasan gelas. Amati pertumbuhan ketiga tanaman kacang hijau tersebut dan masukkan data-data hasil pengamatan pada tabel yang telah disediakan. wadah kedua di tempat redup. 3 0 1. tanaman juqa agak layu 7 2 15 karena mendapat terlalu banyak sinar matahari OSCAS – INOVASI TIADA HENTI . Siramilah ketiga wadah tersebut dengan jumlah air yang sama banyak (secukupnya) secara rutin setiap pagi dan sore hari.3 Tanaman segar. Pilih bibit tanaman kacang hijau yang tumbuh untuk ditanam.MODUL B. Biarkan beberapa saat. Letakkan beberapa kapas dengan ketebalan masing-masing 1 cm pada tiap wadah. Proses Pengamatan Tabel Pot 1 . 9. dan wadah ketiga di tempat yang sama sekali tak terkena cahaya matahari.9 batang tanaman tumbuh 4 1 3 ke atas. hanya saja 5 2 6 pertumbuhan tanaman 6 2 9. daun 2 0 0. Rendamlah beberapa bibit tanaman kacang hijau. 8. 6.6 berwarna hijau tua.

4 daun berwarna hijau 3 1 7. Akan tetapi. pertumbuhannya normal. Daun tanaman berwarna hijau tua. jumlah intensitas cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Jumlah daun Tinggi Batang (cm) Kualitas Tanaman 1 0 0. batang tanaman kacang hijau ini tidak bisa tegak dan daun tanaman pun tampak layu serta berwarna agak pucat. Hal ini terjadi karena tanaman sama sekali tidak mendapat cahaya matahari sehingga tanaman tidak mampu menghasilkan karbohidrat untuk pembentukan klorofil. (diletakkan di tempat yang redup) Hari Ke.3 3 1 5 Tananaman segar. tanaman menjadi kerdil. Jumlah daun Tinggi Batang (cm) Kualitas Tanaman 1 0 0. batang 5 2 18.7 Tananaman sedikit layu. pertumbuhan 6 2 22 tanaman berjalan sangat cepat 7 2 24 Dari hasil pengamatan. Namun.9 kekuningan dan terlihat 4 1 12 pucat. Oleh karena itu.1 melengkung.5 7 2 22. Karena hormon auksin terhambat oleh cahaya matahari. tekstur batang tanaman kuat dan warna daun hijau tua dan segar karena mendapatkan terlalu banyak sinar matahari. tanaman kacang hijau yang tumbuh di daerah gelap. 2 0 3. INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -5 - Tabel Pot 2 . Hasil yang didapat adalah hasil pengujian terhadap hipotesis penelitian/ percobaan serta hasil dari pengamatan yang dilakukan.5 2 0 1.3 tumbuh ke atas. pertumbuhannya lebih cepat daripada tanaman yang terkena cahaya matahari maupun di tempat redup karena kerja hormon auksin tidak dihambat oleh cahaya matahari. Untuk tanaman kacang hijau yang tumbuh di tempat redup. Teks ini merupakan teks hasil observasi terhadap suatu percobaan. Untuk tanaman yang tumbuh di tempat terkena cahaya matahari pertumbuhannya mengalami hambatan. batang tumbuh 5 2 19. daun 4 1 11 berwarna hijau tua. Auksin adalah hormon tumbuh yang banyak ditemukan di sel-sel meristem.MODUL B. OSCAS – INOVASI TIADA HENTI . Hormon auksin berjalan dengan normal yang mengakibatkan batang tanaman tidak terlalu tinggi.7 Tabel Pot 3 (diletakkan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari) Hari Ke. 6 2 20. Tanaman tampak segar karena mendapatkan cukup cahaya matahari.

semua peserta bersiap-siap untuk pulang. Misalnya. teks ini dapat dikatakan cukup baik karena informasi yang disebutkan sudah mencakup hal-hal inti seperti jumlah peserta. Ratusan ibu rumah tangga berunjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Bundaran Hotei Indonesia. Apabila teks ini adalah sebuah ringkasan laporan. Setelah diperiksa dokter. Dari segi kejelasannya. Mengidentifikasi Kekurangan Hasil Observasi Perhatikan teks berikut. semua peserta sehat-sehat saja. Tampil sebagai tokoh dalam unjuk rasa itu adalah aktris Titi Qadarsih yang mengenakan penutup mulut. Teks tersebut cukup jelas bila ditinjau dari sudut kegiatan para demonstrannya. esok harinya. teks ini memerlukan tambahan kalimat yang dipakai untuk menjelaskan lebih detail tentang objek yang diamati. Teks di atas melaporkan kegiatan demonstrasi yang dilakukan ibu-ibu terhadap rencana kenaikan BBM oleh pemerintah. jalannya kegiatan. keadaan peserta. dan keselamatan peserta selama kegiatan berlangsung. Selama kegiatan berlangsung. Dalam teks disebutkan kegiatan dan tuntutan mereka. Para demonstran membawa alat masak seperti panci dan kompor. teks tersebut kurang bagus karena hanya sedikit yang dilaporkan. pembagian tugas para peserta. OSCAS – INOVASI TIADA HENTI . Agar lebih jelas.MODUL B. Menurut mereka. INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -6 - D. Perhatikan pula teks berikut. juga tingkat keberhasilan dari kegiatan tersebut. temyata siswa tersebut hanya ketakutan. untuk menutupi utang pemerintah dan kurangnya anggaran dapat dilakukan melalui penghematan arggaran belanja negara. Kegiatan diikuti oleh 160 siswa dan guru. Mereka menuntut pembatalan kenaikan harga BBM karena capat memiskinkan rakyat. Namun. Minggu pagi. Teks di atas merupakan bagian dari teks hasil observasi berupa sebuah laporan kegiatan. Hanya ada satu peserta yang pingsan saat api unggun akan dinyalakan. juga tokoh yang terlibat dalam kegiatan itu. isi teks tersebut perlu dilengkapu oleh sikap pemerintah atas kenaikan BBM itu sehingga laporannya menjadi berimbang.

radio beberapa keputusan penting. penyebaran angket OSIS SMP Sudirman mengadakan rapat dengan para 3. lebih banyak mengungkapkan argumen Berbeda dengan budaya pop Jepang yang hanya c. pengaruh barat di budaya Asia Teks tersebut mengamati tentang . diskusi d. . Hampir semua yang ditimbulkannya terhadap kita sangat hebat. Menurut Kim Song Hwan. . nilai-nilai Asia pedesaan. seorang 4. sate!it gambar-gambar venus. menyajikan sebuah cerita b. pengamatan langsung 5. Tujuan dari rapat ini adalah untuk Kita telah melihat perkembangan pesat membicarakan rencana pesantren kilat dan bakti telekomunikasi selama 200 tahun terakhir. ditutup pada pukul 17. pengusaha rekaman di nusantara b. musik sebagai kegemaran masyarakat desa 2. Bacalah dengan saksama. . tidak memiliki gagasan utama yang jelas menjangkau anak-anak dan remaja. . siaran stasiun televisi dilakukan adalah .Hoilywood Style. fenomena budaya pop Korea memanfaatkan kondisi tersebut. Dampak sosial menjelang bulan Ramadan. a. . Oleh sebab itu. musik dangdut a. . anggotanya pada hari Senin. Jenis kalangan terutama di Asia disebabkan teknik pemasaran musik tersebut tidak hanya disenangi oieh masyarakat Asian Values. Bacalah dengan saksama. optik. membacakan keputusan-keputusan sebagatnya mereka akan sangat terpesona dan itu dan semua yang hadir menyepakatinya. wawancara ahli c. a. 24 Juni 2013 pada pukul 15.00. tidaklah berlebihan bila semua stasiun televisi yang ada di negeri ini 1. Dangdut juga digemari oleh masyarakat dikemas dengan pemasaran gaya modern. . Perbedaan teks di atas dengan teks hasil observasi adalah . Ketua OSIS. . pengurus OSIS serta pembina OSIS hadir. c. Rapat menganggap semua itu perbuatan tukang sihir. sebagai televisi. Artinya. budaya Asia berirama dangdut dengan jam tayang yang berbeda- b.00. pengeiola sindikat siaran televisi Korea Selatan. mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. perkotaan. . Bacalah dengan saksama. budaya pop Korea d. memprogramkan paket khusus penayangan musik a. d. produk budaya Korea berhasil menjangkau penggemar di semua Musik berirama dangdut banyak penggemarnya. Objek yang diamati dalam teks tersebut adalah . OSCAS – INOVASI TIADA HENTI . dan pemimpin rapat. . d. Banyak pengusaha rekaman yang juga c.MODUL B. hal yang harus b. INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -7 - SOAL PILIHAN GANDA!! Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Untuk dapat menulis teks seperti ini. Rapat Seandainya orang yang hidup 200 tahun lampau bisa berlangsung dengan serius dan menghasilkan dihadirkan kembali untuk menyaksikan telepon. perbandingan budaya Jepang dan Korea beda. tidak diawali dengan kegiatan pengamatan mampu menjangkau segala usia.

. dekorasi buku dan syahdunya kicauan burung. Mereka tampak 8. Tidak ada rasa lelah di wajah mereka d. mengunjungi kebun itu. Bacalah dengon saksama keenam yang diberikan nama Lapisan Dua. dan d. Akan tetapi. Bacalah dengan saksama. lag! Membetulkan batu-batu yang bergeletakan di ('dengan pengubahan) tengah jalan. Teks tersebut termasuk jenis teks . . kegiatan pembersihan jalan c. Awalnya. seorang ilmuwan India. Airnya digunakan untuk Semuanya tentu merupakan salah satu alasan menyiram pepohonan yang ada di sana. hektare. Tak heran perpustakaan sekolah itu menjadi juara. parit yang penuh dengan rerumputan liar. Teks tersebut membahas . Apalagi Pikiran utama paragraf di atas adalah.Sebagian Sumber: Moh. hanya diketahui ada lima lapisan kornea b. eksposisi a. c. Prof. kehidupan penduduk Kebunnya cukup luas. mengacu pada nama si penemu. . ruang perpustakaan menikmatinya pula sambil menikmati sejuknya udara b. INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -8 - Aspek yang perlu ditambahkan dalam penjelasan teks d. perpustakaan teladan tersebut adalah . sibuk sambil sesekali bercanda satu sama lain. hasil observasi b. keadaan jalan raya 10. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9.com. . membelah kebun itu. Ramai sekali suasana c. d. b. stroma. Mungkin ada sekitar dua 7. kita bisa a. membran descernet. menyapu sampah-sampah yang berserakan. Ibu-ibu tidak ketinggalan. ilmuwan dari India walau kegiatan bersih-bersih jalan itu sudah berlalu dua jam lamanya. baru-baru ini. lapisan ini tidak ditemukan Beberapa orang sibuk membereskan pinggir-pinggir karena terletak di bagian belakang kornea mata manusia. Habib Asyhad/intisari-oniine. Buku-buku buah-buahan. eksplanasi Objek yang diamati dalam teks ini adalah. . kalau sedang musim buah-buahan. deskriptif c. peserta rapat Selama ini. lapisan-lapisan kornea mata pula yang menikmati makanan ringan yang b. Ada a. . dekorasi ruangan OSCAS – INOVASI TIADA HENTI . a. yakni epitelium di bagian paling luar. waktu pelaksanaan rapat endotelium. . Bacalah dengan saksama. a. Harminder Dua. 9. . . Pasti betah bagi siapapun yang DKI Jaya tahun ini.MODUL B. kornea mata secara umum disuguhkan oleh Bu Lurah. Perpustakaan apabila pepohonannya tampak selalu subur dan itu juga ditetapkan sebagai perpustakaan teladan se- berdaun lebat. telah menemukan lapisan 6. peristiwa yang terjadi di suatu jalan d. . diikuti c. lapisan baru kornea mata ketika itu. isi keputusan rapat manusia. Udaranya yang sejuk dan beragam pemandangan bisa kita nikmati. hampir maupun dekorasi ruangannya disusun secara teratur. . Tempat itu dipenuhi oleh aneka tanaman Ruangan itu begitu bersih menyenangkan. . Ada sungai kecil di sana. tempat berlangsungnya rapat oleh bowman. .

bahaya tikus Hari ini. Selama perjalanan. aksi ricuh mahasiswa begitu indah. Bacalah dengan saksama. . .00. jenis kegiatan mencabuti spanduk-spanduk yang terpampang di SPBU. berusaha menghindari aksi dengan berbelok menuju Jalan Surabaya dan Menteng. menguning. Peserta study tour Pusat. teks tersebut menjelaskan Hal ini mereka lakukan dalam rangka penolakan kenaikan tentang . Pada pukul 06. Mereka adalah . kegiatan demonstrasi b. c. Sekitar pukul 07. . nasib petani mengadakan study tour ke Bali. INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -9 - Berdasarkan objeknya. Objek apa yang dilaporkan dalam teks di atas. tempat kegiatan OSCAS – INOVASI TIADA HENTI . Sebagian pengguna jalan peserta. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15. . Tidak ada yang b. . 11. c.tribunnews. a. luasnya kebun orasi sekaligus membentangkan spanduk dan bendera. perjalanan menuju Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Cikini. . Objek yang diamati dalam teks di atas adalah. tuntutan mahasiswa ada yang memanennya. BBM. . menutup jalan Cikini Raya. kehidupan di desa rombongan berkumpul di lapangan. padi Jumat. siswa kelas VIII SMP Bina Bakti akan c. peserta mendatangi bus untuk memasukkan barang bawaan Aksi demonstrasi menotakkenaikan harga bahan mereka ke bagasi bus. Setelah semua siap. aksi demo mahasiswa diharapkan dari tanaman padi itu. Jakarta Bali pun dimulai pada pukul 08. sehingga menyebabkan arus bus diwarnai dengan canda tawa dan nyanyi'an dari lalu lintas menjadi tersendat. b. . tampak persawahan itu c. kemacetan di ibu kota Sebagian lagi.MODUL B. keindahan pepohonan di sebuah kebun 12. tanpa d. . Rombongan dibagi Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan menjadi 4 bus. Setelah itu. Informasi yang tidak dijelaskan dalam teks di atas Massa berkumpul di SPBU Cikini. . Permasalahan yang paling banyak disoroti dalam teks merana. Bahkan. . dengan tertib peserta bakar minyak (BBM) juga diikuti oleh 30 anggota memasuki bus. kenaikan harga BBM pantas saja apabila para petani membiarkan. tetapi banyak yang rusak karena hama. Akan tetapi. . . Hijau menguning. suasana suatu kebun Sumber: Bintang Prodewo/www. 14. mereka sampai tampak sangat menikmati perjalanan.com. Senin (17/6/2013). b. yang bisa kita temukan adalah padi-padi yang tumbuh dengan 13. 21 Juni 2013 b. begitu kita dekati. rusak dimakan tikus. Rumpun-rumpun padi itu memang tampak di atas adalah .30. . d. a. melakukan aksi corat-coret tembok di depan SPBU dan a. Bus yang kami pakai diparkir tidak jauh 13. a. nikmatnya tinggal di kebun (dengan pengubahan) d. Oleh karena itu. penolakan kenaikan harga BBM Apabila dilihat dari kejauhan. kemacetan di ibu kota lihat. Mahasiswa juga melakukan aksi bakar ban dan a. dari lapangan sekolah. itu yang bisa kita d.00.

INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -10 - c. (3) Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan c. (5) Pohonpohon banyak ditebang. (6) Pada hari ini. dan gergaji. Narasi kota Jakarta. Sumber: Mohamad Takdir/intisari-online. banjir. (1) b. sendok semen. Warga takut pepohonan itu akan rubuh dan d. wilayah Jakarta membahayakan pengendara sepeda dan motor. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 16 dan (dengan pengubahan) 17. (4) 21. tujuan kegiatan (TRNS) melibatkan beberapa suara elektrikal pada area c.com. jumlah peserta kemudian. sambutan kepala sekolah tertentu di otak dengan bantuan elektroda yang d. . Banyak lubang di sana sini yang dapat a. d. rusak. 19. Kerja bakti dimulai pada pukul 08. ketidakpedulian warga terhadap lingkungan menimpa warga yang sedang lewat ketika sedang terjadi hujan badai. . . Topik yang dibahas dalam teks tersebut adalah yang sering dilewati warga ini memang sudah cukup lama tentang . . pepohonan tersebut harus Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan ditebang.MODUL B. . Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti d. a. Karena itu. sambutan ketua acara kesulitan belajar. ember. warga RT 04 di lingkungan rumahku melakukan kerja bakti perbaikan jalan. eksplanasi fungsinya sebagai tempat hiburan. (1) Dua hari berturut-turut hujan deras mengguyur ibu a. Bapak-bapak Merangsang otak dengan suara frekuensi tinggi dapat di sini berkumpul dan membawa peralatan sendiri. Eksposisi alirannya tersumbat. stroke. b. . . . . menyajikan fakta-fakta b. Transcranial random noise stimulation b. Kalimat yang tidak mengungkapkan fakta dari c. banjir di beberapa kota ada banyak pohon tua yang dahan dan batangnya telah c. menyajikan pendapat a. . wilayah Jakarta akan terendam adalah . sikap para peserta Oxford University menghasilkan kesimpulan bahwa stimulasi otak ini bisa membuat saraf di otak berfungsi 15. yang menderita penyakit neurodegeneratif. tidak heran apabila 19. Rangsangan ini bisa membantu orang-orang memperjelas teks adalah . nama bus ditempelkan di kepala. . seperti meroketkan kemampuan matematika sampai enam bulan cangkul. atau a. . d. Perbedaan teks tersebut dengan teks hasil observasi begitu hujan mengguyur. Jalan 17. penyebab banjir di Jakarta lapuk. (4) Resapan air kini telah berubah d. (6) Oleh karena itu.00. melaporkan sesuatu 16. Deskripsi (3) Sampah-sampah memenuhi sungai-sungai sehingga c. bukan hasil pengamatan langsung penulis paragraf tersebut adalah kalimat nomor. b. Informasi yang dapat ditambahkan untuk lebih baik. 18. Selain itu. . (2) Saluran air di mana-mana tidak lancar. Teks tersebut termasuk teks . Semen yang OSCAS – INOVASI TIADA HENTI .

gambaran semangat para pemain sangat jelas OSCAS – INOVASI TIADA HENTI . Tepat pukul 04. jalannya 25. atas adalah . b. INDONESIA SMP KELAS 7 ONE STOP EDUCATION SOULTION -11 - akan dipakai sudah dibeli terlebih dahulu. Teks di atas menjelaskan hal berikut. c. Para pemain. dana kegiatan harus disebutkan tembakan keras dari para pemain depan membuat suasana Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 22 dan makin panas 23. . 23. persiapan liburan ke Bandung candaan mewarnai kerja bakti ini.MODUL B. Sebagian ada 22. kedua kubu saling menyerang . . d. liburan ke Bandung Meskipun kerja bakti ini sangat melelahkan. a. tempat kegiatan. Segera aku mengambil wudu untuk c. seolah-olah tak merasa kelelahan sama b. pertandingan futsal yang ricuh membangunkan manusia-manusia yang masih terlelap b.. . penonton pertandingan yang semangat salat Subuh. hanya menyatakan pandangan pribadi peserta. jaket. jalannya pertandingan digambarkan dengan rinci d. Teks tersebut membahas . jenis kegiatan. . 01 dan RT 03 sangat panas. Pada saat itu. tidak ada kekurangan dalam teks tersebut Topi favoritku yang mana yang harus aku pakai. jenis kegiatan. dan sebagainya. memiliki tokoh dan alur dan keberhasilan kegiatan Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 24 dan d. c. dan kondisi peserta c. hanya menyebutkan penggambaran situasi c. ayam masih berkokok seolah bernyanyi untuk a. tanpa henti. Teks tersebut tidak termasuk teks hasil observasi a. . alat mandi. mereka b. . tujuan kegiatan. Para penonton pun tak kalah panas. waktu pelaksanaan kegiatan disebutkan dengan mereka berteriak menyemangati jagoan mereka. d. yang memperbaiki jalan dan sisanya menebang pohon. . pertandingan yang sangat seru keluarga akan berlibur ke rumah nenek di Bandung. .30 aku terbangun. . dan kondisi peserta Pertandingan futsal antar rukun tetangga di lingkungan rumahku berlangsung sangat seru. . penjelasan berlangsungnya kegiatan tidak perlu sekali. meskipun kebanyakan sudah a. Aku begitu bingung berapa banyak baju a. kegiatan. Senyum dan c. jumlah peserta. dari satu detail kubu ke kubu lain. . lebih banyak mengungkapkan pendapat b. Selesai salat. Teks di atas menggambarkan . . . jumlah peserta. Pertandingan antara RT 21. peralatan untuk kegiatan tidak perlu disebutkan tidak muda lagi. Keadaan jelas dan lengkap gawat di depan gawang pun silih berganti. gambaran paragraf tersebut sangat padu yang harus dibawa. aku langsung membereskan kamarku dan 25. dan hasil kegiatan a. Aku begitu semangat karena hari ini aku dan d. 24. Pernyataan yang menjelaskan kelebihan dari teks di menyiapkan perbekalanku seperti baju. karena . . tujuan kegiatan. pembagian tugas b. Mainan apa saja yang harus aku bawa. kondisi di pagi hari terlihat sangat antusias dan semangat. Bola bergulir dari satu kaki ke kaki lain.Tembakan- d. jalannya pertandingan yang seimbang dalam mimpi mereka. Aspek yang dapat melengkapi teks tersebut adalah . waktu kegiatan. ayam. semangat liburan 20. jumlah peserta. waktu kegiatan.