Inilah Arti dan Makna Proklamasi

Tribunnews.com - Selasa, 17 Agustus 2010 02:13 WIB Share +– Proklamasi berasal dari bahasa Latin (Proclamare) pengumuman atau pemberitahuan ke publik. Proklamasi adalah semangat dengan rela berjuang, berjuang dengan hakiki, tulus dan penuh idealisme dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri. Semangat Proklamasi adalah adalah semangat persatuan, kesatuan yang bulat mutlak dengan tiada mengecualikan setiap golongan dan lapisan masyarakat Republik Indonesia. Proklamasi merupakan hal yang bersejarah bagi bumi Nusantara seringkali makna proklamasi belum seluruhnya diterapkan begitu juga kemerdekaan. Dalam UUD 1945 dikatakan, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Nah dalam konteks seperti ini sebagai bangsa yang merdeka dan mandiri seringkali rasa "keadilan" yang menjadi objek utama untuk penegakan hukum di Indonesia banyak mendapat tantangan. Tantangan berasal dari berbagai sistem politik, kebijakan bahkan kepentingan. Semoga kemerdekaan yang telah dicapai oleh para pendahulu bangsa bisa membawa perkembangan sejati hidup, dan kebulatan tekad menuju Indonesia berdemokrasi. Secara teoretik naskah Proklamasi tidak dapat dikualifikasi sebagai Grundnorm (dalam pengertian Kelsen) maupun Staatsfundamentalnorm (dalam pengertian Nawiasky). Namun untuk kasus di Indonesia, kedudukan hukum naskah Proklamasi dapat dikualifikasi sebagai Grundnorm. Sebab nilai-nilai, asas-asas, dan prinsip-prinsip yang terkandung di dalam naskah Proklamasi itu memenuhi unsur atau indikator dari Grundnorm yaitu sesuatu yang diasumsikan, abstrak, universal, dan meta juristic sifatnya. Sedangkan Staatsfundamentalnorm Indonesia adalah Pembukaan UUD 1945 yang di dalamnya memuat ruh dan spirit Proklamasi (dan Pancasila). Namun dalam praktik ketatanegaraan RI, keberadaan dan kedudukan hukum naskah Proklamasi belum mendapat tempat dalam tata urutan (hierarki) peraturan perundang-undangan yang berlaku. Proklamasi adalah sumber Hukum Tata Negara Indonesia yang mengandung makna sebagai salah satu obyek penyelidikan Hukum Tata Negara. Secara praktis kajian hukum atas naskah Proklamasi juga penting, karena selama ini masyarakat hanya ditanamkan pada pengertian politik dan kesejarahan Proklamasi, sehingga cukup dibacakan setiap tanggal 17 Agustus dan sesudah itu dilupakan lagi.

Lagi-lagi. cari . Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat kita temukan bahwa arti kata merdeka adalah: 1) bebas dari perhambaan. Sedangkan kemerdekaan adalah keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas. dan anggota masyarakat. saya masih memerlukan pendapat. saya belum merdeka! Dilihat dari pengertian ketiga pun (tidak terikat. berarti saya belum merdeka! Dilihat dari pengertian kedua (tidak terkena atau lepas dari tuntutan). sebagai seorang wanita. kasih sayang. berjuang dengan hakiki. Sebagai seorang ibu. Sebagai seorang anak. saya sangat membutuhkan perhatian. kemerdekaan pribadi saya? http://remakaryantis. Sudahkah saya merdeka? Jika dilihat dari pengertian pertama (bebas dari perhambaan.wordpress. penjajahan. kebebasan. saya merasa. Saya masih dibelenggu hawa nafsu saya untuk memiki barang lebih banyak dari yang saya butuhkan.tulus dan penuh idealisme dan dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri. saran. Sebagai seorang istri. saya bukan orang merdeka.Inilah yang menjadi momen bangsa Indonesia seperti dikatakan di atas. ibu. Sebagai anggota masyarakat. dsb. 3) tidak terikat. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. baik sebagai anak. lepas. saya tidak bisa lepas dari tuntutan kewajiban seumur hidup. berdiri sendiri). dan dukungan dari orang tua saya. istri. saya juga membutuhkan hubungan pertemanan. 2) tidak terkena atau lepas dari tuntutan.com/2010/08/17/inilah-arti-dan-makna-proklamasi Pengertian Kemerdekaan Kata kemerdekaan berasal dari kata dasar merdeka. tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu. kadang-kadang. dan dukungan suami.com/2009/08/16/apa-arti-kemerdekaan-bagi-anda/ Konstitusi Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Berdasarkan pengertian di atas saya mencoba menerapkan kata merdeka pada diri saya sendiri. Jika demikian. penjajahan.. di mana letaknya kemerdekaan diri saya. Saya masih membutuhkan orang-orang tertentu dalam kehidupan saya. Saya belum belum bebas dari penjajahan hawa nafsu saya sendiri. masih terjajah oleh keinginan-keinginan duniawi seperti pakaian dan aksesori pelengkapnya. tidak bergantung kepada pihak tertentu).tribunnews. Kiranya makna Kemerdekaan adalah hak segala bangsa bisa membawa Indonesia untuk tetap maju bersama dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Merdeka!!! http://www. saya juga memerlukan kasih sayang dan dukungan anak-anak saya. tidak terjajah lagi). berdiri sendiri. persahabatan dengan anggota masyarakat lainnya.. proklamasi adalah semangat dengan rela berjuang.

adalah : a. aktivitas. Istilah konstitusi dapat diterapkan kepada seluruh hukum yang mendefinisikan fungsi pemerintahan negara. maksudnya dapat menjamin kepastian hukum. wewenang dan kewajiban pemerintahan negara pada umumnya. Konstitusi umumnya merujuk pada penjaminan hak kepada warga masyarakatnya.com/doc/4634605/Pengertian-Semantik . konstitusi memuat aturan dan prinsip-prinsip entitas politik dan hukum. konstitusi harus menentukan segaa apa dalam negara. TNI. Konstitusi dalam arti positif. Kosntitusi dalam arti absolut. buruh. tani dsb). 4. prinsip-prinsip dasar hukum termasuk dalam bentukan struktur. http://yanel. c.Dalam kasus bentukan negara. Lasalle pengertian konstitusi adalah Kekuasaan antara kekuasaan yang terdapat dalam masyarakat (faktor kekuatan riil : presiden. prosedur. Dalam bentukan organisasi konstitusi menjelaskan bentuk. dan aturan dasar organisasi tersebut. segala wadah yang mampu menampung segala ide yang dicantumkan satu persatu sebagai konstitusi sebagai mana disebut dalam konstitusi dalam arti relatif. Carl Schmitt dari mazhab politik. 3. EC Wade Konstitusi adalah naskah yang memaparkan rangka dan tugas pokok dari badan pemerintahan suatu negara dan menentukan pokok-pokok cara kerja badan tersebut. Konstitusi dalam pengertian luas adalah keseluruhan dari ketentuan-ketentuan dasar atau hukum dasar. Konstitusi dalam pengertian sempit berarti piagam dasar atau undang-undang dasar (Loi constitutionallle) ialah suatu dokumen lengkap mengenai peraturan dasar negara. 2. d. Partai.biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis . Konstitusi dalam arti ideal.wetpaint. Untuk melihat konstitusi pemerintahan negara tertentu. 6. seluruh keadaan atau struktur dalam negara. istilah ini merujuk secara khusus untuk menetapkan konstitusi nasional sebagai prinsip-prinsip dasar politik. merupakan suatu putusan tertinggi dari pada rakyat atau orang yang tergabung dalam suatu organisasi yang disebut negara. struktur. Herman Heller menamakan undang-undang dasar sebagai riwayat hidup suatu hubungan kekuasaan. b. 5. lihat daftar konstitusi nasional.com/page/Negara+dan+Konstitusi http://www. Konstitusi dalam arti relatif. karakter.Konstitusi (Latin constitutio) dalam negara adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara . Pengertian Konstitusi : 1.scribd. II.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful