You are on page 1of 9

PEMERINTAH KOTA CIREBON

DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 CIREBON
Jalan Perjuangan (0231) 480202, 487346 Cirebon 45132

JOBSHEET
Nama Guru :
SMK N 1 Cirebon Mengoperasikan Agus Triwidiyanto, S.T
Bidang Studi : KKPI PC stand alone
Bid. Keahlian : Smua Program KKPI.104.001.01 Waktu : 4 x 45 Menit
keahlian
Mengoperasikan operasi
Kelas / Sem : X / satu Pertemuan 2 dan 3
berbasis teks

A. Standart Kompetensi
Mengoperasikan PC stand alone
B. Kompetensi Dasar
Mengoperasikan operasi berbasis teks
C. Indikator

1. Sistem komputer dijelaskan dengan rinci
2. Sistem komputer dinyalakan sesuai dengan prosedur yang benar.
3. Indikator keberhasilan sistem ditampilkan pada layar monitor
4. Prosedur shut down sistem dilakukan secara benar
D. Peralatan
1. Komputer
2. Buku Paket
3. Jobsheet
E. Deskripsi
Ruang lingkup isi : Disk Operating System
1. Internal command
2. External command
Hasil yang : Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan
diharapkan untuk dapat :
1. Menjelaskan dan melakukan perintah-perintah
internal dengan penulisan yang benar.
2. Menjelaskan dan melakukan perintah-perintah
eksternal dengan penulisan yang benar

termasuk media penyimpan (storage devices)  Server. mengendalikan siapa saja yang dapat masuk ke dalam sistem momputer tersebut  Accountant. sistem operasi dapat dikelompokkan dalam dua kategori.  Guardian.Manfaat di Industri : Setelah mempelajari modul ini. Jumlah User  Single user . yaitu menyediakan fasilitas sehingga instruksi yang kompleks dapat dikerjakan dalam tingkatan tertentu. 2. sistem operasi harus memilki kemampuan untuk bertindak sebagai :  Coordinator. melayani aplikasi yang dibutuhkan oleh user 2. Memahami konsep dasar dari sebuah operating system. penggunaan memory. Karena itu. peserta didik diharapkan untuk dapat : 1. hardware komputer. 3. Memahami konsep dari DOS (Disk Operating System) F. memiliki access controls untuk melindungi file dan mengadakan restriksi terhadap reading/writing/executing data dan program  Gatekeeper. Mengetahui dan menjelaskan mengenai dasar – dasar tentang operating system yang digunakan pada sebuah PC. menjaga kerja CPU. Kategori Berdasarkan user yang dapat dilayani. Kemampuan dan Fungsi Sistem Operasi (OS) merupakan bagian dari software komputer yang berfungsi sebagai interface (penghubung) antara aplikasi user. yaitu berdasarkan : 1. dan software komputer. Teori Singkat 1.

contoh : DOS x. dsb). sedangkan untuk System Operasi yang lainnya (Linux) akan kita bahas pada modul yang lain. Sistem operasi menentukan aplikasi mana yang harus dikerjakan dan berapa waktu yang disediakan unutk aplikasi tersebut sebelum mengerjakan aplikasi yang lain. Perkembangan Operating Sytem Seiring dengan perkembangan jaman. Jumlah Instruksi Sistem operasi juga dapat dikelompokkan menurut jumlah instruksi yang mampu dijalankan pada saat bersamaan. Berikut ini kita akan membahas mengenai DOS (Disk Operating System) dan Windows. Sebagai contoh adalah WINDOWS NT. OS juga mengatur pembagian internal memory di antara aplikasi-aplikasi tersebut. contoh : Windows 3. muali dari yang sangat sederhana. Mac OS. Perkembangan Operating System ini tidak berlangsung seenaknya saja. LINUX. tatapi sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan manusia.x  Multi-tasking Sistem operasi yang dapat menjalankan lebih dari satu instruksi pada waktu bersamaan. maka Operating System-pun mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. FreeBSD.Yang masuk dalam kelompok ini di antaranya adalah DOS. . Pada sistem ini. UNIX. WINDOWS 3X. dan UNIX (Linux.x sampai dengan Windows 2000). yaitu DOS (Disk Operating System) sampai dengan yang cukup modern seperti Windows (Windows versi 3. 2.  Mono-tasking Sistem operasi yang hanya mampu menjalankan satu buah instruksi pada saat bersamaan.  Multi user Sistem operasi yang dapat melayani lebih dari satu user pada saat yang bersamaan. Sistem operasi yang hanya dapat melayani seorang user pada saat yang bersamaan. WINDOWS 9X.

yaitu : 1. Internal Command Yaitu perintah-perintah yang dapat dijalankan langsung dari prompt hanya dengan file command. DOS tidak membedakan antara penulisan command dengan huruf kecil maupun kapital. meskipun Microsoft telah mengeluarkan WINDOWS yang lebih user-friendly. DOS (Disk Operating System) DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi pertama yang dijalankan pada komputer IBM PC kompatibel. Langkah Kerja Command (perintah) DOS Pada Windows Xp aplikasi DOS dapat dibuka dengan mengklik tombol : START – All Programs – Accessories – Comand Prompt. 2.SYS tentunya). Keselamatan Kerja 1. G. DOS merupakan sebuah sistem operasi yang bersifat single-user dan mono-tasking. tetapi aplikasi DOS tetap disertakan. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh IBM kemudian dilanjutkan oleh Microsoft. H. 3.4. Saat ini. . maka kita akan melihat di layar : Inilah yang disebut Command Prompt Beberapa command penting yang ada dalam DOS Ada dua macam perintah dalam DOS. Bertanya pada guru jika ada hal-hal yang belum dipahami. Perhatikan keselamatan penggunaan alat dan gunakan prosedur kerja yang benar.SYS dan MSDOS.com (bersama IO. Seperti yang telah dijelaskan di atas. Lakukan pembersihan dan perawatan peralatan komputer dan tempat kerja sebelum dan sesudah digunakan.

txt c:\salman Ren rename file ren nama_lama nama_baru del Menghapus file . pada prompt kita ketikkan : md salman Rd Menghapus directory misal kita ingin menghapus directory salman. kita ketikkan copy *.Meng-copy kumpulan file bertype sama misal untuk meng-copy file berekstensi .…….TXT. kita ketikkan rd salman copy . Pindah ke directory yang berada di atasnya Md Membuat directory baru misalkan kita ingin membuat directory bernama salman.Meng-copy satu file misal untuk meng-copy file bernama EDIT.Contoh : Command Fungsi Ver Mengetahui versi DOS yang dimiliki oleh komputer Dir Melihat isi dari sebuah directory dir/w menampilkan isi dari sebuah directory secara melebar di layar dir/p menampilkan isi dari sebuah directory halaman demi halaman dir/p/w menampilkan isi sebuah directory melebar halaman demi halaman Cd Berpindah directory Misalkan bila pada command promt kita ketikkan cd dos Maka kita masuk pada directory DOS cd\ Pindah ke root directory (A. D. kita ketikkan copy c:\dos\edit. C.) cd..hlp c:\salman .HLP dari directory DOS ke directory salman.

ekstensi menghapus seluruh file yang berekstensi sesuai dimaksud 2. Winamp E. Ms-DOS B. Tampilan yang menarik berkat desktop dan screen saver yang dapat diganti-ganti sesuai keinginan C. UNIX 3. Pengelolaan file lebih mudah dengan Windows Eksplorer . Linux D. Mengatur cara kerja komputer secara bertahap seperti langkah demi langkah agar setiap perintah dapat diproses E. Windows C. Evaluasi SOAL EVALUASI Soal Pilihan Ganda 1. Mengatur cara kerja komputer secara mendasar seperti mengatur media input- proses-output. Berikut ini adalah software sistem operasi. Mengatur cara kerja komputer sehingga setiap input langsung diproses untuk menghasilkan output yang sesuai B. External Command Yaitu perintah-perintah yang memerlukan file tertentu untuk menjalankannya. del nama.: fdisk Membuat partisi I. Sistem Operasi (Operating System) adalah sistem software yang berfungsi : A. Contoh : deltree Menghapus direktori tanpa mengosongkan dulu isinya excopy Meng-copy direktori termasuk isi subdirektorinya edit Merupakan text-editor yang disediakan oleh DOS format memformat drive yang dimaksud …. Mengatur cara kerja komputer secara terus menerus agar hasilnya terlihat pada layar monitor maupun printer D. kecuali : A. memory dan penjadwalan prosesor C. kecuali : A.ekstensi menghapus file del *. Dapat menjalankan 2 atau lebih program aplikasi pada saat yang bersamaan B. Sistem Operasi Windows memberikan kemudahan-kemudahan bagi pengguna komputer. Mengatur cara kerja komputer secara acak sehingga tampil tidak teratur 2.

ren c:\setoran.. C:\Kreasi\Baru>CD. rd c:\setoran. C:\>md Laci G. Menekan dan menahan tombol kiri mouse sambil menggeser 5. C:\>md picnic B. Perintah yang benar untuk membuat sub-direktori Laci di dalam direktori Lemari adalah : F.doc D.doc. 9. Monitor 6.doc E. D. Scanner C. Menekan tombol Ctr dan Alt secara serempak C.. C:\Kreasi>CD\ B. D. Menekan dan menahan tombol kanan mose sambil menggeser E. rd setoran. D. C:\Lemari>md Laci H.doc B. yaitu : A.txt menjadi simpanan. Perintah berikut ini adalah untuk mengubah atau mengganti nama file setoran.. ren setoran. C:\>md\picnic E. Perintah yang benar untuk membuat sub-direktori Picnic di dalam direktori Pantai adalah : A. C:\Pantai>md\picnic 7.doc C. Menekan tombol kiri mouse sebanyak 2 kali D. C:\Pantai\Picnic>md. Istilah Drag and Drop berarti : A. Speaker Active B. C:\>md\Laci J.txt simpanan. Printer E.. Dilengkapi dengan dengan berbagai aksesories seperti Calculator dan Paint 4. kecuali A. Memilih dan menjalankan program dengan menekan tombol kiri mouse B.. Jawaban A dan C benar 8. Dilengkapi dengan Winamp untuk memainkan / memutar lagu MP3 E. C:\Lemari>md\Laci . Penulisan perintah Ms-Dos yang salah adalah : A.txt simpanan. C:\Lemari\Laci>md. I. Komponen komputer berikut ini merupakan bagian keluaran atau output device. Projector D.Kreasi C. C:\Pantai>md picnic C. C:\Kreasi>CD. C:\>CD. C:\>CD Kreasi E.txt c:\simpanan.txt c:\simpanan.

txt Kamus.doc 11. Bila file Januari. Menampilkan isi file Bunga.txt Kamus. Melihat / Menampilkan isi subdirektori Bunga 15. C:\Bulan>move Januari. C:\Kotak>dir kardus E. INS + E . C:\Bulan>move Januari. C:\Kardus>dir C:\Kotak 13. del Buku. SHIFT + E D.doc berarti perintah untuk : A.txt D. Jika kita mempunyai subdirektori Kardus yang berada di dalam direktori Kotak. C:\>move C:\Bulan\Januari.txt c:\Bulan\Desember. maka untuk mengetahui file apa saja yang berada di dalam subdirektori Kardus tersebut kita dapat menggunakan perintah-perintah dibawah ini.doc G. Menampilkan file-file seperti Bungaross.txt C. Windows Explorer dapat dipanggil / dijalankan dengan menekan tombol kombinasi : A.doc E. rd Buku.doc I. Menghapus file dengan nama catatan yang ada pada C-prompt B. ALT + E B. Melihat / menampilkan file Catatan yang ada pada C-prompt E. del c:\Buku.txt Desember.txt c:\Kamus.doc D.doc. Melihat / menampilkan isi direktori Catatan yang ada pada C-promp D. Bungasepatu. CTR + E C. Hasil dari perintah deltree c:\Catatan adalah : A.doc yang berada pada direktori windows C.txt perintahnya adalah : A.txt E.txt 14. kecuali : A. Menampilkan seluruh file yang bernama Bunga.txt c:\Desember.doc B.txt berada di dalam direktori Bulan. yaitu : F. Perintah berikut ini adalah untuk mengubah atau mengganti nama file Buku.txt Desember. WIN + E E.txt c:\Bulan\Desember. Menghapus direktori yang bernama Catatan beserta seluruh isinya C.txt B.txt Kamus. ren Buku.txt c:\Kamus.doc J.10.doc H. maka untuk memindahkan file tersebut ke C-prompt sekaligus mengubah namanya menjadi Desember.doc. C:\Kotak\Kardus>dir C. dir C:\windows\Bunga*. C:\>move Januari. Menghapus isi / file-file yang berada pada diektori Catatan 12. C:\>dir KotakKardus D.doc. rd c:\Buku. Bungamawar. Menampilkan seluruh file yang bernama Bunga. C:\>dir c:\kotak\kardus B.txt menjadi Kamus. C:\>copy c:\Bulan\Januari.

berarti sama dengan perintah pada MS-Dos sebagai berikut : A.txt yang ada pada folder Kreasi lalu menekan delete pada keyboard. C:'>Dir Kreasi\Cerpen.New . C:\>Deltree Kreasi\Cerpen. kecuali : A. AGUS TRIWIDIYANTO. Dengan menggunakan Windows Explorer lalu klik File . Perintah dalam Ms-Dos untuk membersihkan atau menghapus tampilan di layar monitor dan meletakkan prompt ke ujung kiri atas layar adalah : A. Floppy Drive Guru Mata Pelajaran.Folder. VGA-card dan Linux adalah hardware C. RD E.txt C. CD Rom.txt E. Ms-Dos dan Windows adalah Sistem Operasi buatan Microsoft B. BD C. NIP. AD B. Pernyataan-pernyataan berikut ini adalah benar.txt D. ST. CD D. REN C. C:\>MD Kreasi\Cerpen. kemudian klik pada file Cerpen. Soundcard. Harddisk. CD-ROM E. Windows 98SE adalah pengembangan dari Windows 98 E. Scanner D. Untuk memeriksa kondisi harddisk atau disket dari kerusakan (bad sector) dapat dilakukan dengan : A. Defragmenter B. berarti sama dengan perintah dalam Ms-Dos : A. Ms-Dos dapat disimpan dan dijalankan dalam disket D. Satu buah komputer dapat dipasangi lebih dari satu Sistem Operasi 20. Diskdrive.txt B. MD 18. 19780822 201001 1 015 . DEL B. Dengan menggunakan Windows Explorer. CLS E.16. C:\>CD Kreasi\Cerpen. Scandisk C. C:\>Del Kreasi\Cerpen. MD D.txt 17. DIR 19.