You are on page 1of 6

CINTA PRODUK DALAM NEGRI SEBAGAI

WUJUD CINTA TANAH AIR

DWI YANA
NPM: 12212315

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014

Diharapkan pula dengan . Latar Belakang Cinta produk Indonesia dapat menjadi gambaran betapa besarnya rasa cinta masyarakat pada bangsa ini. Jakarta. April 2014 Penulis BAB I PENDAHULUAN A. Bayangkan. ketika seluruh rakyat Indonesia dengan penuh kesadaran mengonsumsi produk-produk buatan lokal di tengah derasnya arus barang impor dari luar negeri. konsumsi yang begitu besar akan meningkatkan pendapatan pengusaha lokal bahkan pendapatan nasional. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. karena berkat limpahan nikmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini yang berjudul “Cinta produk dalam Negri sebagai Wujud Cinta Tanah Air”. KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Secara tak langsung. Oleh karena itu penulis mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang konstruktif untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

. ternyata banyak juga atlit dunia yang menggunakan produk indonesia untuk perlengkapan mereka. Beberapa hal di atas mungkin hanya sebagian kecil dari pentingnya rasa cinta tanah air yang diwujudkan dengan “Cinta Produk Dalam Negeri”. Salah satu pernyataan ini diungkap oleh Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia. BAB II PEMBAHASAN Banyak alasan untuk mencintai produk dalam negeri. banyak produk dalam negeri yang jadi pemasok merk-merk mahal dan terkenal dari luar negeri. Selain itu. lebih mencintai produk dalam negeri. seperti sekarang ini sudah memasuki zaman globalisasi persaingan terjadi dimana-mana tidak di dalam maupun di luar Negara. Perlu dilakukan langkah terpadu untuk mengajak masyarakat dan pihak-pihak terkait agar lebih Gemar pada Produk Indonesia. mungkin sekarang sudah banyak orang yang melupakan akan pentingnya Cinta Tanah Air. permintaan produk lokal yang tinggi tentu menuntut peningkatan jumlah produksi yang juga akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi jutaan rakyat Indonesia. tidak heran jika pernyataan tersebut dilontarkan pada era sekarang ini. pemerintah. akan tetapi Kita sering merasa lebih berkelas ketika memakai produk berlabel luar negeri. dan masyarakat Indonesia untuk saling bahu–membahu bekerja sama memprioritaskan penggunaan produk Indonesia. dan sudah merupakan keharusan bagi warga negara agar mencintai produk-produk dalam negeri agar produk dalam negeri sendiri bisa bersaing di kancah internasional. Akan tetapi ternyata. Kenapa negara-negara maju itu tertarik menggunakan barang lokal untuk merk dagang mereka yang mendunia? Bukankah orang Indonesia sendiri mengatakan bahwa produk lokal merupakan barang kelas dua atau bahkan kelas tiga? Tidak hanya brand besar serta selebriti dunia. pelaku bisnis.keuntungan tersebut pelaku usaha akan terus meningkatkan mutu produk-produknya sebagai timbal balik dari kepercayaan publik dalam negeri. Situasi ini menuntut kepedulian konsumen. Banjir produk luar negeri di pasar domestik terus berlangsung. Karena sekarang ini sudah mengalami perubahan. buatan rumah fashion ternama. Ade Sudrajat. karena brand dunia pun sudah mengakui kualitas barang lokal kita. Sudah seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia.

Hal ini diakibatkan minimnya pengetahuan para pengrajin tentang perbankan. kendala dalam bidang ekonomi yang dialami para pengrajin sebagai modal pengembangan masih menjadi permasalahan besar. kendala dalam segi ekonomi (modal). “Produk-produk dalam negeri (Made in Indonesia) akan bisa menjadi terkenal ketika produk itu mulai banyak diminati oleh masyarakat. Dengan kita menggunakan produk dalam negeri.karena alasan untuk bertahan hidup. Jika hal ini terus berlangsung secara terus menerus akan membuat ketergantungan terhadap produk/barang-barang yang berasal dari luar negeri. Dan itu harus dimulai dari diri kita sendiri. agar produk dalam negeri dapat bertahan di negerinya sendiri. Jadi alangkah baiknya kesempatan bagus ini kita manfaatkan untuk mempromosikan bahwa inilah Indonesia dan inilah produk asli buatan tangan-tangan mahir para pengrajin Indonesia. harus ada perlindungan terhadap produk-produk dalam negeri.sebagai bagian dari masyarakat Indonesia. Tentunya kita akan bangga apabila produk Indonesia menjadi unggulan di negerinya sendiri atau bahkan di luar negeri.” Apalagi mayoritas penduduk Indonesia cenderung untuk mencontoh atau bisa dibilang meniru (ketika produk itu mulai banyak diminati). Untuk menghindari terjadinya kasus perdagangan bebas yang berlebihan. ketatnya persaingan dengan produk luar. jika semakin banyaknya ragam pilihan yang bukan hanya berasal dari dalam negeri sendiri. terutama pada bagian promosi. Negatif. Hanya saja . Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan kita menggunakan produk dalam negeri. jika perdagangan bebas yang terlalu bebas dapat membuat produk dalam negeri itu sendiri akan kalah bersaing dengan produk luar negeri yang anggapan beberapa orang jauh lebih berkualitas. akan menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air. Konsekuensi mengikuti perdagangan bebas ada yang positif dan ada pula yang negatif. Selain itu.Meswkipun begitu kita sebagai warga Negara yang baik harus menanam sikap cinta tanah air dalam kondisi apapun supaya dapat mewariskan di masa yang akan datang. Untuk itu mari membeli dan menggunakan produk-produk dalam negeri. dan perdagangan bebas. Positif. Selain harganya murah. Diantaranya. Namun begitu banyak kendala yang dialami seiring berjalannya waktu sehingga menghambat kemajuan produk-produk tersebut. bukan hanya kita (konsumen) yang merasa terbantu tapi kita (konsumen) juga akan dapat membantu perekonomian para pengrajin yang tidak lain juga berasal dari bangsa Indonesia sendiri. produk-produk dalam negeri juga tidak kalah bagus dengan barang-barang yang berasal dari luar negeri.

mengasyikkan. Sayangnya. Dengan kita mencintai tanah air kita. Kampanye cinta produk dalam negeri sebenarnya sudah sangat lama digalakkan. Untuk apa kita membeli barang- barang dari luar negeri yang ternyata dibuat di negeri sendiri. Orang tua cenderung lebih memilih mainan import tersebut daripada mainan tradisional. Tentu itu merupakan contoh yang baik dan mencerminkan kecintaannya kepada tanah air. gerakan mencintai produk dalam . Kesimpulan Dengan kita menggunakan produk dalam negeri. akan menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air Mencintai produk dalam negeri dimulai dengan kita mencintai tanah air sendiri. Di Indonesia sendiri mainan anak-anak yang berbahan dasar plastik pun jauh lebih banyak peminat dibandingkan dengan mainan tradisional yang bersumber dari alam sekitar. Namun. Dan banyak juga mainan tradisional yang dijadikan kebudayaan suatu daerah. Mencintai produk dalam negeri dimulai dengan kita mencintai tanah air sendiri. Padahal banyak perusahaan luar yang membeli dan diganti merek lalu kembali dijual di Indonesia atau dijual di negaranya sendiri. Padahal mainan tradisional jauh lebih menyenangkan. dari segi pengemasan dan promosi yang kurang perhatian. gerakan mencintai produk dalam negeri kurang mendapat respon dari masyarakat. Biarpun. apakah kita rela jika ternyata kebudayaan tersebut diambil alih? BAB III PENUTUP A. dan mainan anak-anak juga dapat merangsang kreatifitas anak. Tanpa kita sadari bahwa mainan buatan tersebut adalah berbahaya karena mengandung zat-zat kimia. maka otomatis dengan sendirinya kita akan tergerak untuk mencintai hal-hal yang berkaitan dengan negeri yang kita cintai. Dengan kita mencintai tanah air kita. Sayangnya. maka otomatis dengan sendirinya kita akan tergerak untuk mencintai hal-hal yang berkaitan dengan negeri yang kita cintai. Kampanye cinta produk dalam negeri sebenarnya sudah sangat lama digalakkan. Dari segi ekonomi mainan tradisional juga jauh lebih ekonomis. Jusuf Kalla atau yang akrab kita panggil dengan sebutan JK (mantan wakil presiden) pernah melepaskan dan menunjukkan sepatunya adalah sepatu kulit asli buatan dalam negeri.

html http://penakuasaberkarya.html http://larejaler.com/2013/03/mencintai-produk-dalam-negri. DAFTAR PUSTAKA http://www.com/2011/10/bagaimana-cara-menarik-konsumen- memakai.blogspot. Jusuf Kalla atau yang akrab kita panggil dengan sebutan JK (mantan wakil presiden) pernah melepaskan dan menunjukkan sepatunya adalah sepatu kulit asli buatan dalam negeri.negeri kurang mendapat respon dari masyarakat.blogspot.html . Biarpun.ighie.com/2010/06/cinta-produk-dalam-negeri-disusun-untuk. Tentu itu merupakan contoh yang baik dan mencerminkan kecintaannya kepada tanah air.