You are on page 1of 8

MAKALAH ETIKA PROFESI BAB V

Disusunoleh :

1. DendrifikaAnggun Maharani NIM. 1531410013
2. RiniAnggraeni NIM. 1531410014
3. Violitha Regina Aldisa NIM. 1531410114

JURUSAN TEKNIK KIMIA
POLITEKNIK NEGERI MALANG
2018

Setiapmanusiaselalueratkaitannyadenganetika. benar.1 Lata Belakang Kemajuanteknologiakanterusberjalandanakanselalumengalamipercepatan. baik. atauburuk. Teknik Kimia merupakansalahsatubidangteknologi yang mempunyaiperanan yang sangatbesar.2 Keselamatan dan Risiko Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan aspek penting dalam mengendalikan semua risiko yang ada didalamoperasional perusahaan sehingga Penerapan (K3) ditempat kerja dapat meminimalkan risiko kecelakaan kerja pada setiap .Sebagaisuatusubyek. Manusiaitusendirihendaknyaselalubertindakdanbekerjasesuaietika yang diterapkan di lingkungankerjamerekamasingmasingsertamengingatkembalietikatersebut agar iadapatbertindakdanbekerjadenganmengutamakanetikadaripadakepentingandantujuan masingmasingpribadi.Manusiasebagaimakhlukpribadimaupunsebagaimakhluksosial yang selaluberinteraksidengansesamanyatidakdapatlepasdarietika.Tenagaahli di bidanginisangatdibutuhkandalammendukungpembangunan di bidangindustri di Indonesia. Etikasudahmelekatdalamsetiapinteraksi yang dilakukanmanusiadengansesamanya. baikketikamanusiatersebutberperilakudalamlingkunganmasyarakatmaupundalamlingk ungankerja. 1. BAB I PENDAHULUAN 1. etikaberkaitandengankonsep yang dimilikiolehindividuataupunkelompokuntukmenilaiapakahtindakan-tindakan yang dikerjakannyaitusalah.Kehidupanmanusia yang saratakankepentingandantujuanmembuatmanusiaterkadangmelupakanpentingnyakebe radaanetika yang sebenarnyamelekatpadadirimerekamasing-masing. Kemajuantersebutakanmelibatkanseluruhaspekkehidupantermasukjugadalamhalpeme nuhankebutuhanhidupmanusia. terutamaberkaitandenganrekayasadanoperasionalsuatuIndustri. Salah satubentukdarikemajuanteknologiadalahkemajuandalambidangindustri yang akanmelibatkanbanyaktenagaahlikhususnyadalambidangTeknik.

1. dan penentuan batasan) 2. Kecelakaan yang terjadi di lingkungan kerja sebagian besar 88% disebabkan karena perilaku yang tidak aman(unsafe action). Oleh karenaitu manajemen perusahaan harus melakukan analisis terhadap manajemen risiko yang diharapkan dapat mengurangi danmelindungi bahkan menghilangkan risiko kecelakaan kerja (zero Accident) pada tenaga kerja dengan melakukan pencegahan padatimbulnya kecelakaan kerja selama melakukan kegiatan proses produksi. terkena flake yang tajam dan terkena oli panas saat terjadi kebocoran pipa. kegiatanproses produksi. Tingkat risiko yang paling tinggi yang bisa berpotensi kematian(ektstrem risk) yaitu ketika pekerja melintasi tangga forming dan hot press. Mendefinisikan masalah (penentuan kebutuhan. X divisi Particle Board di area glue kitchen. forming danpress line. Memilih solusi terbaik 6. Salah satu metode yang kadang-kadang digunakan unt. orang yang akan mengambil manfaat. membantu menganalisis risiko dan menentukan apakah suatu proyek dilanjutkan atau tidak. . 2. Penting unt memastikan bhw orang yang menanggung risiko adl. Terdapat 23 kejadian risiko keselamatan dan kesehatan kerja yang sudah di identifikasi. Menguji solusi 5. Sedangkan tingkat risiko yang paling rendah yaitu ketikapekerja terbentur besi beam. Menganalisis setiap solusi (menentukan apa saja sisi pro dan kontra dari masing- masing solusi) 4. Mengimplementasikan solusi yang dipilih 1. 3.3 Desain Keselamatan Desain keselamatan yang baik dalam proses desain engineering baku 1.4 Analisa Risiko dan Manfaat 1. Harus mempertimbangkan siapa yang menaggung risiko dan siapa yang mendapatkan manfaat. Adapun risiko yang palingbanyak terjadi yaitu pada tahapan proses forming dan press process. Menghasilkan beberapa solusi (berbagai desain alternatif diciptakan) 3. Tujuan penelitan ini yaitu melakukan identifikasi potensibahaya dan melakukan penilaian risiko bahaya yang akan terjadi di PT. 10% kondisi lingkungan kerja yang tidak aman (unsafe condition) dan 2% tidak diketaui penyebabnya. persyaratan.

atau peralatan yang tidak bekerja dengan baik dalam situasi yang dihadapi. . 2. Kecelakaan Sistemis merpkan teknologi yang sangat canggih dan organisasi rumit yang diperlukan unt. Kecelakaan Teknis disebabkan oleh kerusakan dalam desain. meliputi : kerusakan material. 4. peralatan yang tidak bekerja sesuai harapan. 3. Ini hal yang mendasar terhadap isu keadilan ekonomi dalam masy. (konsep “rasisme” lingkungan) 1. Mengoperasikannya (lebih sulit dipahami dan sulit diawasi). KeelakaanProsedural merupakankecelakaan palingumumdanterjadiakibatdaripilihanburuk yang diambilseseorangataukarena orang itutidakmengikutiprosedur yang telahditetapkan.5 Kecelakaan 1.

PRIA sekaligus melihkan kembali kondisi Lakardowo. Sementara Heru meminta agar Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mencabut izin PT. . Heru yang pernah bekerja di PT. Kabupaten Mojokerto. Pada tahun 2010. Menurut Rumiyati. sebagian lagi menolak keberadaan pabrik yang telah ada di desa tersebut semenjak tahun 2010. PRIA sejak tahun 2010 mengatakan bahwa limbah yang di bawa ke pabrik hanya ditimbun di tanah. terbelah menjadi pro dan kontra atas keberadaan pabrik pengolah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) PT Putra Restu Ibu Abadi (PRIA). yang menjabat sebagai Sekretaris Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan (KPPL) Desa Lakardowo menyatakan bahwa awalnya warga desa tidak merasakan dampak apapun terhadap keberadaan pabrik. mereka belum mempunyai izin tetapi sudah melakukan aktifitas. beberapa tahun terakhir ini dampaknya mulai dirasakan warga terutama air tanah atau air sumur untuk keperluan harian. dari bau hinggap perubahan warna air. namun airnya tetap tidak layak pakai. Sebagian warga setuju. Akan tetapi. semua limbah dipindahkan dari desa serta kondisi lingkungan dipulihkan. Padahal sebelumnya bisa digunakan untuk mencuci dan memasak. Kecamatan Jetis. Rumiyati meminta agar pabrik ditutup. tampa menggunakan sistem pengamanan maupun diolah terlebih dahulu. Tanah di lahan mereka dikeruk tanpa diberi alas dan semua jenis limbah dibuang langsung disitu.6 Study Kasus Masyarakat Desa Lakardowo. BAB II PEMBAHASAN 1. Berulang kali saya membuat sumur. Heru Siswoyo yang merupakan warga Desa Lakardowo juga mengatakan perubahan kualitas air sumur di desanya mulai terlihat sejak tahun 2013.

pengolahan limbah fasa padad dengan menggunakan mesin insinerator. . Penyakit seperti kanker. lukemia dan penyakit berbahaya lainnya yang diderita warga yang harus dicurigai sebagai dari dampak pencemaran lingkungan. pemanfataan limbah B3 menjadi produk batako. Tuscon. indikasi yang terjadi di masyarat sangat memungkinkan pencemaran memang ada di lingkungan Desa Lakardowo. Direktur Eksekutif Ecoton.000 industri. Sementara masyarakat Desa bersama Lakardowo bersama Ecoton telah melaporkan persoalan ini ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk ditindaklanjuti. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Timur telah melakukan uji laboratorium terhadap kualitas air sumur Desa Lakardowo. rumah sakit dan klinik kesehatan. PRIA menerima limbah lebih dari 1. pengolahan limbah cair dengan metode elektrokoagulasi. paving block dan kertas (low grade paper). Melinda Laituri juga menyatakan bahwa penilitian kasus pencemaran air akibat limbah yang mirip dengan Lakardowo pernah dilakukan di Arizona. Proses hidrologi yang terjadi akibat penimbunan memang tidak akan bisa dihindari. Pengecekan kualitas air oleh Ecoton Foto: Ecoton Peraih gelah PhD di bidang sumber daya lingkungan ekuitas dan tanah dari University of Arizona. PT. Prigi Arisandi juga menambahkan bahwa dampak lingkungan akibat pengolahan limbah B3 yang tidak benar hanya tinggal menunggu waktu saja. namun hasilny belum keluar. PT PRIA merupakan satu-satunya perusahaan pengolahan limbah B3 di Jawa Timur dan bergerak dalam bidang jasa pengangkutan. pemanfaatan dan pengolahan limbah B3. Jenis kegiatan pengolahan yang dilakukan antara lain pengangkutan limbah B3.

KESELAMATAN. merupakanjeniskecelakaanProsedural dan kecelakaan Teknis.7 Analisa 1.1.Dikarenakan pemilihan desain yang buruk dan seharusnya dilakukan pengujian limbah yanglebih detail dan lebih komplex dikarenakan limbah B3merupakan limbah yang berbahaya dan sangat mencemari lingkungan.Sehinggalimbahtersebutmenyemari air sumurmasyarakatsekitar. VIOLITHA REGINA ALDISA Kecelakaan yang terjadipadakasuslimbah B3 PT. RINI ANGGRAENI (16) Masalah yang dihadapi oleh PT.PRIA ini apabila dilakukan analisa merupakan jenis kecelakaan kerja prosedural. Dimana kecelakaan Prosedural timbul karena pilihanburuk yang diambilseseorangataukarena orang itutidakmengikutiprosedur yang telahditetapkan. karena yang ditangani adalah limbah B3 yang sangat berbahaya bila sampai mencemari lingkungan. 2. PRIA jika dianalisa menurut RISIKO. DAN KECELAKAAN. PRIA tersebut di bahaspadamateribab lima tugasetikaprofesitermasukKecelakaan Teknis disebabkan oleh kerusakan dalam desain. Kerusakan dalam desain ini merujuk pada desain tempat penampungan limbah yang ada jurang sesuai. DENDRIFIKA ANGGUN M Masalah yang di hadapi oleh PT. Sedangkan pencemaran Teknis timbul karena kerusakandalamdesain. 3. . PRIA tidak membuat tempat pengolahan limbahnya sesuai prosedur serta tidak melakukan proses pengolahan limbah sesuai prosedur. Seharusnya pabrik merancang tempat penampungan limbah sesuai prosedure.Kerusakandalamhaldesainitudapatdijelaskankarenaindutritersebuttidakmemb anguntempatpenampungan yang amanutuktempatlimbahnya. sehingga limbah yang ditampung menyebabkan pencemaran terhadap sumur – sumur air warga sekitar. PT. Hal inidapatdiketahuidari air sumurmasyarakatsekitar yang telahtercemarolehlimbah industry tersebut. Selain itu juga prosedural yang seharusnya dilakukan harus dilakukan sesuai standart yang ada .