You are on page 1of 8

BAB II

TINJAUAN UMUM LAPANGAN DAN LABORATORIUM

2.1. Tinjauan Umum Daerah Bawuran
Secara administratif, lokasi penelitian termasuk dalam wilayah
Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Propinsi Daerah istimewa Yogyakarta.
Terletak pada garis S7o53’18.9132” E110o25’42.1392” dan terletak di sekitar
14 km selatan kota Yogyakarta. Lokasi kabupaten Pleret, sekitar 15 km sebelah
selatan kota Yogayakarta. Lokasi penelitian terlihat pada gambar 2.1

Gambar 2.1 Lokasi penelitian24)

5

3 Gambar 2.2 Gambar 2. Disana warga memanfaatkan batuan lempung untuk membuat genting.3 Peta Geologi Yogyakarta26) . Terlihat pada gambar 2.2 Daerah Bawuran24) Secara geografis Bawuran terdapat formasi semilir. batu bata dan juga buat pengeboran sumur. 6 Bawuran banyak terdapat tanah liat atau sering disebut batuan lempung. Terlihat pada gambar 2. terlihat pada peta geologi.

Indonesia. pantai selatan jawa bagian tengah.2. Depok. Terlihat pada gambar 2. Daerah Istimewa Yogyakarta 55283. Condongcatur.4 Penulis juga melakukan Tugas Akhir di Laboratororium UPN Veteran Yogyakarta yang beralamat di Jalan SWK 104. Berikut ini adalah gambaran secara umum di laboratorium UPN Veteran Yogyakarta. Formasi yang memainkan peran penting dalam stratigrafi. 7 Di peta tersebut penulis dapat melihat pembagian dan batasan formasi dengan mengklasifikasikn objek berdasarkan daerah dan warna. Formasi semilir selaras dengan formasi kebobutak dan bagian atasnya ditindih oleh formasi nglanggeran. Kesimpulannya formasi semilir terdapat pada zona hijau atau daerah bawuran. Gambar 2. Berikut gambar susunan formasi semilir. Kabupaten Sleman. Profil Laboratorium Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta biasanya disingkat UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasaan di yogyakarta yang berdiri pada tanggal 2 Oktober 1958 dengan . 2.4 Formasi Semilir27) Formasi semilir tersingkap luas sepanjang pegunungan selatan.

1 Program Diploma. Berikutnya PTPN “Veteran” pun berubah namanya menjadi Unversitas Pembangunan Nasional “Veteran” pada tanggal tanggal 5 November 1977. Laboratorium Lumpur bor dan semen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta adalah laboratorium untuk penelitian dan pengembangan yang beroperasi dalam bidang hulu dan hilir minyak dan gas bumi bisa berperan besar dalam perkembangan industri migas melalui penelitian perekayasaan dan pengembangan bidang minyak dan gas bumi. .5 di bawah ini menunjukkan ruang laboratorium lumpur dan semen tampak depan. UPN “Veteran” mengalami perubahan status kedinasannya menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sejak tanggal 1 April 1995. Status perguruan tinggi swasta disandang UPN “Veteran” Yogyakarta cukup lama hingga awal oktober 2014. UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki 6 Fakultas dengan 16 Program Sarjana. 8 nama pertama kali Akademi Pembangunan Nasional (APN) “Veteran” sebagai sumbangsih negara terhadap para veteran pejuang kemerdekaan republik indonesia. Laboratorium Lumpur bor dan semen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta merupakan laboratorium uji analisa lumpur dan semen untuk uji sifat fisik dan kimia yang bergerak dibidang penelitian lumpur dan semen pengeboran dan mendidik mahasiswa yang trampil menjadi seorang tenaga ahli. Pada 6 Oktober 2014 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta akhirnya kembali mendapat status kedinasaannya menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta sudah terakreditasi perguruan tinggi dengan predikat A berdasarkan Nomor SK BAN-PT 023/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014. dan 6 Program Magister. Pada tanggal 30 Juli 1965 Akademi Pembangunan Nasional (APN) “Veteran” berubah nama menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) “Veteran”. Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Yogyakarta memiliki beberapa laboratorium. salah satunya adalah laboratorium lumpur bor dan semen. Gambar 2.

Indonesia. Gambar 2. Depok. Kabupaten Sleman.7 menunjukkan suasana laboratorium lumpur dan semen di dalam ruangan. Kegiatan-kegiatan penelitian ini merupakan wujud tanggung jawabnya dalam memberikan sumbangan pemikiran dan pengetahuan kepada pemerintah dalam menentukan suatu kebijakan serta membantu memecahkan masalah-masalah industri migas. Daerah Istimewa Yogyakarta 55283. Depok. Laboratorium Lumpur bor dan semen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta melaksanakan penelitian-penelitian terapan untuk mengembangkan teknologi dibidang lumpur pengeboran. Condongcatur. . 9 Gambar 2.5 Ruang Laboratorium Lumpur dan Semen Tampak Depan25) Laboratorium Lumpur bor dan semen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta berada di Sleman tepatnya di Jalan SWK 104. Kec. Condongcatur.

2 Fasilitas .2. Program .Fasilitas Laboratorium Lumpur Bor dan Semen Laboratorium Lumpur bor dan semen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta telah berkiprah dalam penelitian lumpur dan .Program Laboratorium Penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Laboratorium Lumpur bor dan semen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta meliputi penelitian lumpur dan semen pengeboran.1. yaitu upaya penelitian dan mendidik mahasiswa yang trampil sebagai Sumber Daya Manusia menjadi seorang tenaga ahli dibidangnya.6 Ruang Laboratorium Lumpur dan Semen Tampak Dalam25) Komitmen kuatnya dalam menjalankan misinya ditunjukan dengan program yang sedang dijalankan yang sangat menentukan keberhasilan negara dalam pengelolaan energy. 2.2. 2. 10 Gambar 2.

2. 2.2.  Meningkatkan iklim kerja yang kondusif melalui sinergi.3.  Meningkatkan kualitas jasa litbang untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Misi Laboratorium lumpur bor dan semen Meningkatkan peran dalam memberikan masukan kepada pemerintah guna meningkatkan iklim yang kondusif bagi pengembangan industry Migas.2. B.2.1. Fasilitas-fasilitas yang disediakan adalah laboratorium dan ruangan khusus untuk kursus lumpur dan semen pengeboran.  Menciptakan produk unggulan dan mengembangkan produk andalan. koodinasi serta penerapan sistem manajemen secara konsisten. . Visi Laboratorium lumpur bor dan semen Menjadi Laboratorium lumpur bor dan semen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta yang bisa bersaing dalam dunia migas. 11 semen pengeboran. Visi dan Misi Laboratorium lumpur bor dan semen A. Struktur Organisasi Berikut akan dijelaskan struktur organisasi Teknik Mineralogi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta khususnya dibagian Laboratorium Lumpur bor dan semen pemboran.

Rektor Dekan Teknik Mineralogi Bendahara Secretary Kajur T. 12 STRUKTUR ORGANISASI LABORATORIUM LUMPUR BOR DAN SEMEN PEMBORAN. Perminyakan Kepala Laboratorium Kepala Laboratorium Lumpur dan Semen Teknisi dan Assisten Logistic Mekanik Laboratorium . Mineral: Dosen Staff T.