You are on page 1of 4

Tanda dan Gejala Umum Malaria

Pada tahap awal, gejala-gejala malaria kadang-kadang mirip dengan gejala
penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri , virus , atau parasit. Gejala-
gejala tersebut antara lain:

Demam.

Menggigil.

Sakit kepala.

Berkeringat.

Kelelahan.

Mual dan muntah.

Gejala umum malaria ini mungkin muncul seperti siklus, serta dapat hilang dan
timbul dengan jangka waktu yang berbeda. Namun bisa saja gejala-gejala
tersebut tidak mengikuti pola siklus, terutama pada tahap awal penyakit.

Pola siklus gejala malaria ini karena siklus hidup parasit plasmodium penyebab
malaria, mulai dari berkembang, reproduksi, dan dilepaskan dari sel-sel darah
merah dan sel-sel hati di dalam tubuh manusia. Siklus gejala-gejala ini juga
merupakan salah satu indikator utama yang menunjukkan bahwa kita terinfeksi
malaria.

Parasit plasmodium falciparum

Gejala dari penyakit malaria yang diinfeksi dari jenis parasit plasmodium falciparum yaitu penderita akan mengalami anemia hemolitik berat yang mana sel-sel darah merah benar-benar akan menjadi rusak. anemia hemolitik karena rusaknya sel darah merah adalah tanda dan gejala penyakit malaria yang disebabkan oleh parasit plasmodium falciparum Parasit plasmoidum ovale Tanda dan gejala penyakit malaria yang kedua adalah gejala yang berasal dari jenis parasit plasmodium ovale. Jenis parasit yang satu ini merupakan jenis parasit yang paling berbahaya karena akibatnya bisa sangat fatal yaitu seperti gagal ginjal. Namun walaupun begitu anda tetap tidak boleh menyepelekan jenis parasit yang satu ini dan harus tetap waspada. Jenis parasit ini memang tidak terlalu berbahaya namun juga bisa mengakibatkan gejala seperti misalnya anemia atau kekurangan darah. tanda dan gejala malaria karena parasit plasmodium ovale adalah anemia karena kekurangan sel darah merah Parasit plasmodium vivax . koma dan bahkan jika tidak mendapatkan penanganan khusus yang tepat maka akan mengakibatkan kematian. Namun gejala ini termasuk gejala yang ringan sehingga tidak mengancam membahayakan dan juga tidak mengakibatkan hal-hal yang fatal yang sampai mengancam kehidupan. Sangat menyeramkan bukan? Oleh karena itu anda harus selalu waspada dan tidak menganggap malaria adalah penyakit yang sepele.

malaria karena plasmodium malariae menyebabkan komplikasi serta gejala penurunan fungsi ginjal bahkan gagal ginjal Itulah tadi beberapa tanda dan gejala penyakit malaria berdasarkan jenis parasit yang menginfeksinya.Dan gejala atau tanda penyakit malaria yang ketiga adalah yang diinfeksi dari parasit jenis plasmodium vivax. Gejala dari penyakit malaria dari jenis parasit plasmodium malariae ini juga jarang mengancam kehidupan karena tidak begitu berbahaya dan tidak begitu fatal akibatnya. maka diharapkan kita semua dapat . Namun gejala penyakit yang berlangsung lama dan tidak segera diobat maka akan bisa mengakibatkan gagal ginjal dan jika tidak mendapatkan pengobatan atau terapi khusus maka tanda dan gejala penyakit malaria jenis ini akan bertahan dan akan mengganggu penderita sepanjang hidupnya. Yang mana gigitan dan infeksi yang dihasilkan akan menyebabkan anemia yang semakin berkembang dan akan mengakibatkan pecahnya organ limpa dalam tubuh yang tentu akan memperburuk kondisi tubuh. penyakit malaria yang disebabkan plasmodium vivax mengakibatkan gejala penurunan fungsi limpa dalam tubuh Parasit plasmodium malariae Dan yang terakhir adalah gejala dari penyakit malaria yang diinfeksi dari jenis parasit plasmodium malariae. Dengan mengetahui faktor penyebab malaria serta tanda dan gejala penyakit malaria ini. Gejala dengan parasit plasmodium vivax dan juga plasmodium ovale ini akan kambuh beberapa bulan setelah terjadinya gejala awal sehingga harus mendapatkan penanganan medis yang tepat supaya tidak kambuh terus menerus.

mengantisipasi sejak awal dan melakukan upaya pencegahan penyakit malaria untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi .