You are on page 1of 4

PENATALAKSANAAN OBESITAS

No. Dokumen :
SOP/ /UKP/01/2018
SOP No. Revisi : 00
Tanggal Terbi : 04/01/2018
Halaman : 1/2
UPT PUSKESMAS dr. ROBBY MONIAGA
MUNJUNGAN NIP.19680315 200904 1 001

1.Pengertian Suatu tata cara penatalaksanaan keadaan dimana
seseorang memiliki kelebihan kandungan lemak (body
fat) sehingga orang tersebut memiliki risiko kesehatan.
2.Tujuan Sebagai acuan langkah-langkah penatalaksanaan
obesitas.
3.Kebijakan Surat Keputusan Kepala UPT Puskesmas Munjungan
Nomor 188.45/ /35.03.010.02.001/2017 tentang
Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan.
4.Referensi Peraturan Menteri Kesehatan no 5 tahun 2014 tentang
Panduan Praktik Klinis Dokter di Fasilitas Pelayanan
Kesehatan
5. Prosedur/ 1. Penatalaksanaan dimulai dengan kesadaran pasien
Langkah - bahwa kondisi sekarang adalah obesitas, dengan
Langkah berbagai risikonya dan berniat untuk menjalankan
program penurunan berat badan
2. Diskusikan dan sepakati target pencapaian dan cara
yang akan dipilih (target rasional adalah penurunan
10% dari BB sekarang)
3. Usulkan cara yang sesuai dengan faktor risiko yang
dimiliki pasien, dan jadwalkan pengukuran berkala
untuk menilai keberhasilan program
4. Penatalaksanaan ini meliputi perubahan pola makan
(makan dalam porsi kecil namun sering) dengan
mengurangi konsumsi lemak dan kalori,
meningkatkan latihan fisik dan bergabung dengan
kelompok yang bertujuan sama dalam mendukung
satu sama lain dan diskusi hal-hal yang dapat
membantu dalam pencapaian target penurunan berat
badan ideal.
5. Pengaturan pola makan dimulai dengan mengurangi
asupan kalori sebesar 300-500 kkal/hari dengan
tujuan untuk menurunkan berat badan sebesar ½-1
kg per minggu.

Informed Consent 3. Kriteria rujukan: a. b. Dokumen : TILIK DT/ /UKP/01/2018 No. maka pasien dirujuk ke spesialis penyakit dalam untuk memperoleh obat- obatan penurun berat badan. Bagan Alir - 7. Hal-hal yang harus - diperhati kan 8. 6. aktifitas fisik yang meningkat dan perubahan perilaku) selama 3 bulan. Rekam Medis Terkait 2. 6. 7. Jika sudah dipercaya melakukan modifikasi gaya hidup (diet yang telah diperbaiki. Rekaman Tanggal mulai No Yang diubah Isi perubahan historis diberlakukan perubahan PENATALAKSANAAN OBESITAS DAFTAR No. Unit terkait 1. Pasien dapat memulai dengan berjalan selama 30 menit dengan jangka waktu 3 kali seminggu dan dapat ditingkatkan intensitasnya selama 45 menit dengan jangka waktu 5 kali seminggu. Gizi 9. dan tidak memberikan respon terhadap penurunan berat badan. Latihan fisik dimulai secara perlahan dan ditingkatkan secara bertahap intensitasnya. Konsultasi pada dokter spesialis penyakit dalam bila pasien merupakan obesitas dengan risiko tinggi dan risiko absolut. Poli Umum 2. Revisi : 00 . Form Rujukan Internal 10. Dokumen 1.

19680315 200904 1 001 SOP PENATALAKSANAAN OBESITAS Unit :……………………………………………………………… Nama Petugas :……………………………………………………………… Tanggal Pelaksanaan :……………………………………………………………… Sesuai dengan No Tahapan kegiatan/langkah prosedur Keterangan Ya Tidak 1. Tanggal Terbi : 04/01/2018 Halaman : 1/2 UPT PUSKESMAS dr. Penatalaksanaan ini meliputi perubahan pola makan (makan dalam porsi kecil namun sering) dengan mengurangi konsumsi lemak dan kalori. meningkatkan latihan fisik dan bergabung dengan kelompok yang bertujuan sama dalam mendukung satu sama lain dan diskusi hal-hal yang dapat membantu dalam pencapaian target penurunan berat badan ideal. 5. ROBBY MONIAGA MUNJUNGAN NIP. Diskusikan dan sepakati target pencapaian dan cara yang akan dipilih (target rasional adalah penurunan 10% dari BB sekarang) 3. dengan berbagai risikonya dan berniat untuk menjalankan program penurunan berat badan 2. Pengaturan pola makan dimulai dengan mengurangi asupan kalori sebesar 300-500 kkal/hari dengan tujuan untuk menurunkan berat . Usulkan cara yang sesuai dengan faktor risiko yang dimiliki pasien. dan jadwalkan pengukuran berkala untuk menilai keberhasilan program 4. Penatalaksanaan dimulai dengan kesadaran pasien bahwa kondisi sekarang adalah obesitas.

. b........ maka pasien dirujuk ke spesialis penyakit dalam untuk memperoleh obat-obatan penurun berat badan. Pasien dapat memulai dengan berjalan selama 30 menit dengan jangka waktu 3 kali seminggu dan dapat ditingkatkan intensitasnya selama 45 menit dengan jangka waktu 5 kali seminggu..... Jika sudah dipercaya melakukan modifikasi gaya hidup (diet yang telah diperbaiki. 6.2018 Pelaksana / Auditor ………………………… .. aktifitas fisik yang meningkat dan perubahan perilaku) selama 3 bulan.... 7......% Munjungan..... Compliance Rate (CR):.. Konsultasi pada dokter spesialis penyakit dalam bila pasien merupakan obesitas dengan risiko tinggi dan risiko absolut.. Latihan fisik dimulai secara perlahan dan ditingkatkan secara bertahap intensitasnya...... dan tidak memberikan respon terhadap penurunan berat badan. badan sebesar ½-1 kg per minggu. Kriteria rujukan: a.