You are on page 1of 24

Dokumen rahasia bukan

untuk disebarluaskan

TUTORIAL 1

 Ilmu Penyakit Dalam
 Ilmu Bedah, Anastesi dan Radiologi
 Ilmu Kesehatan Anak
 Ilmu Obstetri dan Ginekologi
 Ilmu Forensik dan Ilmu Kedokteran Komunitas
 Ilmu Penyakit Mata
 Ilmu Neurologi & Psikiatri
 Ilmu THT
 Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin dan Parasitologi

1
Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal

Dokumen rahasia bukan
untuk disebarluaskan

Soal Latihan Ilmu Penyakit Dalam

1. Seorang laki-laki 26 tahun datang ke klinik lembaga permasyarakatan karena batuk sejak
1 bulan yang lalu. Hasil pemeriksaan sputum dengan Ziel Nielsen : +/ ++/ ++. Hasil
pemeriksaan HIV menunjukkan hasil reaktif. Pemeriksaan selanjutnya adalah?
a. Limfosit T
b. Anti HIV
c. CD4
d. LED
e. CRP

2. Pasien laki-laki usia 72 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan sering lapar, sering
haus, sering buangh air kecil siang maupun malam, berat badan turun dan lemas. Pada
pemeriksaan fisik badannya kurus, turgor kulit berkurang. Pemeriksaan yang harus
dilakukan adalah?
a. Kadar gula darah dan reduksi urin
b. Kadar kolesterol darah
c. HDL dan LDL kolesterol darah
d. Ureum dan kreatinin
e. HbA1C

3. Seorang laki-laki 16 tahun datang dengan keluhan sesak nafas saat beraktifitas yang
sudah dialaminya selama 3 bulan. Pada saat dilakukan auskultasi didapatkan bunyi
jantung 2 mengeras dan terdengar opening snap saat diastol dengan nada rendah pada
apikal, hepar tidak membesar, yang terjadi pada pasien ini adalah?
a. Stenosis mitral
b. Regurgitasi mitral
c. Regurgitasi trikuspid
d. Stenosis aorta
e. Stenosis pulmonal

4. Seorang pria berusia 24 tahun datang dengan keluhan badan terasa lemas. Hal ini telah
dialami pasien sejak kecil. Pada pemeriksaan mikroskopis darah ditemukan adanya sel
target. Penyebab keluhan di atas adalah?
a. Anemia defisiensi besi
b. Anemia defisiensi folat
c. Anemia aplastik
d. Anemia hemolitik
e. Anemia karena penyakit kronis

5. Pada laki-laki 45 tahun datang dengan keluhan diare. Diare sekitar 15 kali sehari
sebanyak 1 gelas belimbing dengan konsistensi cair. Pada pemeriksaan fisik diperoleh :
somnolen, turgor kulit menurun. Tanda vital : TD 90/60 mmHg, nadi meningkat.

2
Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal

Hasil laboratorium didapatkan Hb 8g/dl. konjungtiva pucat. nadi 125 kali/menit. Laki-laki 60 tahun sesak datang dengan keluhan sesak sejak 3 jam SMRS sampai tidak bisa tidur terlentang. antihipertensi. Terapi yang paling tepat untuk pasien ini adalah? a. Hasil USG contracted kidney. Propranolol e.1. Hemodialisis elektif d. dan transfusi darah e. pernafasan kussmaul. Komplikasi akut yang terjadi pada pasien tersebut adalah? a. Tekanan darah 210/110 mmHg. Gagal ginjal akut post-renal d. Keempat ekstremfisik didapatkan sering terasa kram. Alkalosis respiratorik 8. ureum 150 mg/dl. Pada kedua lapangan paru bawah terdengar ronki. cair. Isosorbid dinitrat d. Gagal ginjal akut renal c. koreksi status asam basa. Antibiotik. Pada pemeriksaan fisis didapatkan keadaan umum lemah. Asidosis metabolik b. sedikit ampas. lemah. Wanita 65 tahun tampak mengantuk sejak 4 jam yang lalu.5. Terdapat riwayat hipertensi dengan pengobatan tidak teratur. somnolen. TD 210/110 mmHg. 1 gelas tiap buang air besar. Oksigenasi. sesak nafas disertai bengkak pada kedua tungkai bawah sejak 4 bulan sebelumnya. kreatinin 4. Seorang laki-laki 30 tahun datang dengan muntah darah. rambut ketiak (-). Clodinin c. Furosemid b. frekuensi nadi : 98 kali/menit. Terdapat bising gallop di apex. kalium 6. Kelainan Ph yang mungkin? a. Pasien memiliki riwayat hepatitis B kronis. ginekomastia (+). Penyebab hematemesis adalah? 3 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Dehidrasi yang nyaris gagal ginjal 6. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan Pemeriksaan laboratorium diperoleh ureum 96. frekuensi napas 30 kali/menit. kreatinin 12. Diltiazem 9. Gagal ginjal akut pre-renal b. tekanan darah : 140/90 mmHg. Seorang pria usia 60 tahun datang ke UGD dengan keluhan lemah. Diare sejak 2 hari yang lalu dengan frekuensi >10 kali/hari. Ketoasidosis c. peranjakan 5 cm. Hemodialisis cito dan bila memungkinkan transplantasi ginjal 7. Terapi awal yang tepat adalah? a. Pada pemeriksaan fisik didapatkan konjungtiva anemis. Antihipertensi dan transfusi darah c. Batas jantung kiri bergeser ke lateral dan caudal.3 mg/dl. antihioertensim dan transfusi darah b. Asidosis respriatorik e. Alkalosis metabolik d. respirasi 40x/menit dengan tiper pernapasan kussmaul dan nadi 100x/menit. Keadaan umum.

Rifampisin b. Tekanan darah 120/70 mmHg. Seorang pria 48 tahun mengeluh sesak sejak 2 hari ini dan makin lama makin memberat. >2 kali dalam sebulan. Tekanan darah : 150/100 mmHg. Isoniazid c. Wanita 55 tahun. Terapi hipertensi yang tepat adalah? a. Intermitten b. Dari pemeriksaan spirometri PEV kurang lebih 60%. Ethambutol e. Gastroesophageal reflux disease. Berdasarkan keterangan diatas maka termasuk dalam klasifikasi? a. trombosit : 250. Asma d. β-bloker c. ACE inhibitor e. Ca antagonis 11. Pirazinamid d. Enam bulan yang lalu diagnosis TB dan mendapat regimen RHZES. PPOK eksaserbasi akut 13. Perempuan 19 tahun. mulai nilai tertinggi variasi expirasi >30%. datang ke PKM karena haid tidak teratur selama tiga bulan.5 derajat celcius. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan a. Diuretic d. Persisten ringan 4 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Perforasi ulkus gaster e. Diagnosis yang mungkin adalah? a. Keluhan juga disertai batuk produktif dan dahak berwarna kuning kental. Riwayat merokok sejak umur 20 tahun sebanyak 20 batang per hari. gula darah 2 jam postprandial : 224 mg/dL. Obat yang dapat menimbulkan efek tersebut adalah? a. TB paru b. Pasien punya riwayat asma sejak 10 tahun yang lalu. frekuensi napas : 16 kali/menit.000/uL. mengganggu kegiatan sehari-hari. gula darah puasa : 214 mg/dL. d. Pneumonia komunitas e. frekuensi nadi 80 kali/menit. Pecahnya varises esofagus c. temperatur 37. Bronchitis c. Perfokasi ulkus duodenum 10. dan >1x dalam sehari. EKG menunjukkan adanya hipertrofi ventrikel kiri. nadi 110 kali/menit. α-blocker b. datang dengan keluhan sering kencing dan sering haus. Streptomisin 12. Sindrom Malory-weiss tear b. Wanita 45 tahun datang dengan keluhan sesak nafas yang dirasakan > 1 kali dalam 1 bulan. leukosit : 5000/uL.

Persisten berat e. Trauma lambung e. Pemeriksaan fisik didapatkaan balotement (+) pada regio flank. Pasien didiagnosis TB paru dan dilakukan pemeriksaan SPS dengan hasil negatif. Trauma ginjal sinistra c. diketahui bahwa tekanan darah 130/80 mmHg. Sebagai dokter tindakan yang anda lakukan adalah? a. MRI 16. Pada pemeriksaan tanda vital. Seorang pasien datang ke puskesmas dengan keluhan/ batuk sejak 3 (tiga) minggu yang lalu. ureum 92 dan creatinin 2. dan temperatur 36. Trauma limpa d. Teraba massa di abdomen kiri dengan perkusi pekak dan perut mengalamai distensi tegang. dan temperatur 39 0 C. 5 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Trauma hepar b. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan c. Tindakan penunjang apa yang harus dilakukan? a. denyut nadi 80 kali/menit. tekanan darah 120/80 mmHg. Asma tidak terkontrol 14. Foto thoraks dan BNO d. CT Scan e. Seorang pria berusia 28 tahun datang ke UGD dalam keadaan lemah setelah terjatuh dari motor dua jam lalu. Melakukan pemeriksaan sps ulangan e. BNO dan IVP b. Pemeriksaan fisik didapatkan TD 90/50 mmHg. trombosit 250. Persisten sedang d. Keluhan disertai dengan demam tinggi dan menggigil secara terus – menerus selama tiga hari.50C.000/mm3. Sebelumnya pasien mengalami penurunan berat badan dan keringat malam. Foto thoraks c. fraktur terbuka pada dahi dan paha kanan. bakteriuria. Kultur kuman BTA d. Diagonisis yang tepat pada kasus tersebut adalah : a.000/mm3. Pada pemeriksaan fisik didapatkan. Hasil pemeriksaan laboratorium hemoglobin 14 g/dl. nadi 80 kali/menit. Anastesi dan Radiologi 15. frekuensi napas 28 kali/menit. Berikan OAT kategori II Soal Latihan Ilmu Bedah. leukosit 20. Memberikan antibiotik nonkuinolon selama 2 minggu c. terdapat jelas/luka memar dan nyeri perut pada hipokondrium sinistra.1. Seorang laki – laki berumur 27 tahun mengeluh nyeri pinggang sejak beberapa hari lalu. frekuensi pernapasan 20 kali/menit. Dari pemeriksaan fisik ditemukan. Trauma colon desenden 17. Seorang laki – laki berusia 31 tahun mengalami kecelakaan lalu lintas dan dilarikan ke UGD dengan luka di kepala dan kaki kanan. Nyeri juga dirasakan pada puncak bahu kiri (Kehr’s sign). Memberikan OAT sebagai kategori I b.

Epididimoorkitis b. Apa yang harus anda lakukan? a. Galatocele d. Abses testis c. Seorang wanita berusai 40 tahun berobat ke dokter dengan keluhan jantung berdebar- debar disertai sering berkeringat. dan temperatur 36.00C. merah. Penyakit pasien ini adalah? a. Fungsi dari pemeriksaan ini adalah? a. dan temperatur 36. Seorang pria berusia 18 tahun datang ke UGD dengan keluhan sakit mendadak di skrotum. Penyakit pasien ini adalah? a. Hasil pemeriksaan USG didapatkan kapur epidermis dan korda spermatika membesar dengan koreksi cairan di testis. Pembesaran kelenjar getah bening tidak ada. Ia baru saja menyadari ada benjolan selama tiga minggu belakangan karena tidak terasa nyeri selama ini. Tumor testis d. Pemasangan ventilator 18.50C. tekanan darah 120/80 mmHG. Torsio testis 6 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . testis kiri membesar. Pada pemeriksaan fisik didapatkan. Menentukan penatalaksaan selanjutnya 20. frekuensi napas 20 kali/menit. Fibroadenoma b. Resusitasi jantung paru c. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan Ditemukan pula bising napas pada supraklavikula. Pemasangan infus e. Abses payudara 19. Pada pemeriksaan. Pada pemeriksaan fisik ditemukan. Evakuasi nodul tiroid c. frekuensi napas 20 kali/menit. Pada pemeriksaan fisik juga ditemukan massa padat kenyal di payudara dan mudah digerakkan. T4 bebas meningkat dan TSH meningkat. Pada pemerikasaan tanda vital didapatkan. dokter memutuskan dilakukan pemeriksaan penunjang yaitu permeriksaan sidik tiroid. Seorang wanita 16 tahun datang ke dokter dengan keluhan adanya benjolan pada payudara kiri. DC shock b. Cystoma pyloides e. pasien mengalami henti napas. dan posisi mendatar. Tiba-tiba. nadi 80 kali/menit. Pemasangan EKG d. Kemudian. Menyingkirkan diagnosis banding e. Ca mamma c. tekanan darah 110/70 mmHg. Menentukan ukuran kelenjar tiroid b. Menentukan pembesaran kelenjar tiroid d. letak lebih tinggi. nadi 80 kali/menit.

Seorang wanita berusia 48 tahun datang ke dokter dengan keluhan tangan kanannya tidak dapat digunakan untuk memegang sapu. Stadium tumor c. Artritis e. Sepsis 24. Nyeri tersebut sudah terasa lebih dari lima hari sejak dia bermain tenis terakhir. Dokter menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan imunohistokimia untuk reseptor estrogen dan progesterone. Pada malam harinya. Terapi yang tepat untuk diberikan pada pasien ini adalah? a. Dia telah memberikan balsem untuk mengurangi nyeri dan bengkak pada sikunya. tekanan darah 80 palpasi. Pasien sudah dijahit di puskesmas dengan luka jahitan 28 cm. Respons kemoterapi b. frekuensi napas 20 kali/menit. Pemeriksaan fisik di daerah siku kanan 7 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . suhu 36.50C dan tidak ada pendarahan THT. Penyakit pasien pada kasus diatas adalah? a. Risiko kanker payudara familial 23. Resusitasi cairan e. Osteomelitis b. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg. ditemukan pendarahan dengan gambaran berbentuk binkonkaf. Pembedahan terbuka 22. Seorang wanita berusia 44 tahun didiagnosa Ca payudara. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan e. Sebelumnya. Burr hole b. Tapi. frekuensi nadi 80 kali/menit. Seorang pria berusia 30 tahun datang ke UGD dengan keluhan demam dan menggigil. Kehadiran metastasis d. Tetanus c. Pemeriksaan diatas dilakukan untuk mengetahui? a. ia merasakan nyeri di tangan kanannya meskipun tidak sedang melakukan aktivitas apapun. frekuensi nadi 120 kali/menit. Derajat keganasan e. terutama di daerah siku kanan. Miolitis d. tetap tidak berkurang. Pasien diketahui terlempar dari sepeda motornya dan kepalanya membentur aspal. Masuk ICU c. Pemeriksaan fisik saat ini didapatkan. Dari hasil pemeriksaan CT scan kepala. Hernia skrotalis 21. Seorang pria berusia 16 tahun di bawa ke UGD dalam keadaan tidak sadar setelah mengalami kecelakaan lalu lintas satu jam yang lalu. temperatur 390C. Hasil pemeriksaan laboratorium didapatkan hemoglobin 6 g/dl. tiga hari yang lalu pasien jatuh dari tangga dan mengalami patah tulang terbuka grade II. Antritrombolitik d.

Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan menunjukkan adanya oedem dan hiperemi. Manakah dari otot dibawah ini yang sangat terganggu pada kasus tersebut? a. Penderita masih dapat membuka mata dengan rangsangan nyeri dan dapat melokalisasi nyeri yang diberikan. Reposisi dan fiksasi dengan gips c. Pemberian antibiotik pada luka b. Tetapi. Dari pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg. Pasang kateter folley e. M. Pasang tourniquet pada luka d. 10 bulan e. Melakukan resusitasi cairan 8 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . ditemukan luka terbuka pada kepala. Apa yang harus anda lakukan selanjutnya adalah? a. Tindakan apa yang pertama kali anda lakukan? a. Pasien telah terpasang oksigen dan iv line. heart rate 98 kali/menit. Berat badan 4. Melakukan CT scan kepala c. M. GCS 8. Flexor carpi ulnaris c. Seorang laki-laki berusia 1 bulan dibawa ke puskesmas dengan keluhan sumbing bibir dan langit. serta memar pada tangan dan kaki kiri. Vesika urinaria penuh.5 kg. frekuensi napas 24 kali/menit dan suhu 36. Pasang monitor pemantau tanda vital 26. Pemeriksaan laboratorium dengan Hb 11 g/dl. Pada pemeriksaan. denyut nadi 70 kali/menit. dan tidak pilek. Diusia berapakah pasien tersebut dapat dilakukan labioplasty? a. dagu. tidak batuk. keadaan umum baikk. tidak dapat mengeluarkan suara. M. Pronator teres 25. dan respiratory rate 25 kali/menit.80C. Didapatkan labiognatopalatoschizis unilateral sinistra komplit. Pada pemeriksaan fisik. Seorang wanita berusia 30 tahun dibawa ke UGD dengan penurunan kesadaran selama tiga jam setelah tabrakan bermotor kecepatan tinggi. Menjamin airway dengan kontrol servical d. M. Seorang laki-laki 19 tahun masuk ke UGD dengan keadaan trauma multiple setelah terjadi kecelakaan satu jam yang lalu. 10 minggu d. M. Saat masuk ke UGD tekanan darah 120/70 mmHG. 10 tahun 27. Triceps brachii d. Extensor carpi radialis e. 10 jam b. Pemeriksaan lain dalam batas normal. Pemeriksaan foto kepala untuk mencari adanya fraktur b. 10 hari c. Flexor digitorum profundus b.

2. Pemeriksaan terhadap adanya trauma di tempat lain 28. BCG b. N. Dokter ingin memberi terapi vitamin A. Sesak. Sesak. batuk pilek 3 hari. RR 56x/menit. pada tangan kiri tidak bisa dorsofleksi pergelangan tangan kiri dan tidak dapat fleksi ibu jari. Anak perempuan usia 3 tahun sering menabrak meja bila hari sudah senja. dan 15 e. Hepatitis B + BCG e. DPT + polio 30. Kapsul merah 3x15. demam 1 hari. Sesak. Imunisasi dasar apakah yang selanjutnya diberikan? a. Musculocutaneus e. Ulnaris c. Retraksi dinding dada. datang dengan sesak. Pada pemeriksaan didapatkan. Demam. pernapasan cuping hidung (+). Gejala yang mendukung diagnosis menurut WHO adalah? a. Medianus b. N. ronki di kedua lapang paru e. Brachioradialis Soal Latihan Ilmu Kesehatan Anak 29.2. nafas cepat b. N. Kelainan ini disebabkan adanya kelumpuhan? a. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan e. Kapsul biru pada hari 1. Kapsul merah pada kali pertama kunjungan b. N. Regimen pemberian vitamin A yang tepat adalah? a. demam c. Kapsul merah pada hari 1. BCG + polio c. Radialis d. Seorang wanita 45 tahun mengeluh kepada seorang dokter bahwa dia jatuh satu minggu yang lalu sehingga jari-jari tangan kirinya tidak dapat digerakkan. nafas cepat d. terutama sehabis main dari luar. dan 15 c.000 IU 31. retraksi dinding dada (+). bunyi ronki kedua lapang paru. N. batuk 9 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Hepatitis B d. Bayi perempuan berusia 1 bulan dibawa ke Puskesmas untuk imunisasi bayi sudah diberikan suntikan di paha kiri dan kanan setelah lahir. Pasien diberikan imunisasi yang diteteskan ke dalam mulut sebelum keluar dari RS. Anak 11 bulan. Kapsul biru pada kali pertama kunjungan d.

1 b. terdapat asites.5. Berapakah terapi oralit yang dibutuhkan untuk rehidrasi? a. 5 d. tanpa lendir. tanpa darah. muka tampak tua. bila posisi tubuh berubah tidak tersedak lagi. 3 c. Ibu pasien mengatakan bahwa dia memberikan ASI eksklusif. turgor kulit menurun. 100 ml/jam. Berapa nilai Apgar scorenya? a. Tunggu 6 jam kemudia periksa keadaan bayi lagi 34. Beri asupan makanan TKTP b. dada. Laringitis d. dan hilang saat mengubah posisi tubuh. 7 e. Tindakan yang harus diberikan adalah? a. Transfusi tukar c. dan atasi gangguan elektrolit d. dalam 3 jam 10 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . dalam 4 jam b. Teratoma e. pucat. 200 ml/jam. Beri susu e. tidak menangis. 9 33. Makanan sedikit demi sedikit dan cegah hipotermi c. sangat kurus. Foto terapi b. denyut nadi 90x/menit. Mata sedikit cekung. ekstremitas sedikit fleksi. cegah hipotermi. Rehidrasi. batuk pada perangsangan. Nodul plica vocalis c. Rambut rontok. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan 32. Anak usia 2 tahun dibawa ke Puskesmas dengan keluhan bila minum tersedak. ASI ditambah susu formula e. bilirubin tidak terkonjugasi 1. Spasme laring 35. Seorang anak berusia 2 tahun mengalami diare sebanyak 8 kali sehari semenjak 4 minggu yang lalu. kulit merah namun sianosis pada ekstremitas. Tidak minum ASI sejak usia 7 bulan dan saat ini tidak mengkonsumsi susu karena tidak ada biaya. Terapi yang harus diberikan pada bayi tersebut adalah? a. namun anak tersebut masih dapat minum. Anak 1 tahun datang dengan keluhan diare 1 hari. Diagnosis yang tepat adalah? a. Penyuluhan makanan kepada ibu 36. dan ekstremitasnya berwarna kuning. Bayi lahir cukup bulan dengan berat badan lahir 2800 gram. bilirubin total 15. Seorang bayi berusia 30 jam datang dengan keluhan muka. Laringomalasia b. ASI diganti susu formula d. Bayi baru lahir. Berat badan 6 kg dengan tinggi badan 66 cm. sesak kadang dirasakan.

dalam 3 jam e. 4 bulan c. JVP 5+3. Penegakan diagnosa dilakukan dengan cara? a. ASTO (+). maka anak tersebut berusia? a. Pergelangan tangan dan sendi lutut dirasakan nyeri. lemah. ASTO (-). Seorang bayi baru lahir dengan berat badan lahir 2800 gram. Escheria coli b. 300 ml/jam. 2 kriteria minor. Campylobacter jejuni e. Riwayat demam dan batuk pilek lama. 10 bulan 39. 1 kriteria minor. 2 bulan b. 1 kriteria mayor d. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan c. Anak laki-laki berusia 12 tahun datang dengan keluhan jantung terasa berdebar-debar sejak 1 minggu yang lalu. 1 kriteria minor. 2 kriteria minor. 1 kriteria mayor e. Pada pemeriksaan fisik ditemukan thrill. ASTO (-). Injeksi epinefrin c. Salmonella thyphii c. tidak respon dengan rangsangan. Tindakan yang paling tepat dilakukan adalah? a. Seorang anak laki-laki dibawa ke Puskesmas untuk memeriksa perkembangannya. Memberikan VTP d. Pasien anak usia 9 tahun mengalami diare sejak 2 hari yang lalu. Hasil kultur menunjukkan kuman kolini gram negatif berbentuk koma (sayap burung). ASTO (+). 300 ml/jam. Denyut jantung 95x/menit. 8 bulan e. Memasang akses IV line 38. berusaha menggapai benda yang diarahkan kepadanya. 1 kriteria minor. Helicobacter pylori d. Didapatkan anak sudah bisa duduk dengan sedikit bantuan. tampak pucat. suhu 380C. Menilai APGAR score b. Jika perkembangan normal. dalam 4 jam d. Clostridium botolinum 11 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . 6 bulan d. Kuman yang sesuai adalah? a. dalam 4 jam 37. 2 kriteria mayor b. ASTO (+). 200 ml/jam. Pasien mudah lelah dan sesak nafas bila beraktivitas. dan terdapat retraksi dinding dada. sudah bisa telungkup dari posisi terlentang. 1 kriteria mayor c. 2 kriteria mayor 40. Melakukan intubasi dan membebaskan jalan napas e.

Setiap satu sirkulasi terdiri dari 3 kompresi dan 1 ventilasi dalam waktu 5 detik Soal Latihan Ilmu Obstetri dan Ginekologi 43. Solutio plasenta c. Oligoteratospermia e. Demam disertai nyeri kepala dan anak tidak mau makan. Setiap satu sirkulasi terdiri dari 3 kompresi dan 1 ventilasi dalam waktu 2 detik e. Seorang pria usia 32 tahun dan sudah menikah 2. Teknik kompresi yang benar adalah? a. Diagnosis yang tepat adalah : a. Oligoastenospermia d. dan tidak lama kemudian bayi lahir dan tangisan merintih. Morbilli 42. morfologi A = 45%. kulit berwarna kebiruan. Pemeriksaan fisik : leopold tidak teraba janin. Oligoastenoteratospermia 12 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Setiap satu sirkulasi terdiri dari 1 kompresi dan 1 ventilasi dalam waktu 2 detik c. Vasa previa 44. Pemeriksaan sperma 10 juta/ ml. hamil 35 minggu datang dengan perdarahan per vaginam. leopold 2 teraba bagian keras melenting di kiri. D = 10%. Setiap satu sirkulasi terdiri dari 3 kompresi dan 1 ventilasi dalam waktu 3 detik d. denyut nadi 50x/menit. muncul bintik-bintik kemerahan pada kulit dimulai dari wajah kemudian tubuh dan tungkai. B = 20%. Wanita usia 35 tahun G6P4A0. Rubella c. tidak nyeri. tinggal serumah dengan istrinya dan rutin melakukan hubungan seksual. terdapat papul. Measles d. Seorang perempuan 20 tahun datang dalam keadaan in partu. C = 25%. DJJ 144 x/menit. Pria tersebut bekerja pada pabrik pestisida. Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah : a. Normozoospermia b. makula kemerahan. Setiap satu sirkulasi terdiri dari 1 kompresi dan 3 ventilasi dalam waktu 3 detik b. Diagnosisnya adalah? a. Pada hari ke-3 demam. Rubeola infantum b. Varicella e. Bayi tampak lemah. Oligospermia c. Pada pemeriksaan didapatkan gambaran eksantem.5 tahun namun belum memiliki naka. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan 41. Inversion uteri e. Dokter kemudian menginisiasi melakukan kompresi dada. Ruptur uteri d. leoold 3 tidak teraba bagian janin. normolitas 80%. His 1 kali dalam 10 menit selama 20 detik. Plasenta previa b. Anak laki-laki usia 5 tahun di bawa ibunya dengan keluhan demam sejak 3 hari yang lalu.

Menurut dokter. HPHT 20 juni 2011. Wanita. pandangan berkunang-kunag dengan kaki bengkak. Pasien wanita. Urin acak b. Diagnosis pada pasien ini adalah : a. Plasenta previa + eklamsi 49. 45 tahun P3A0 sudah tidak haid sejak 12 bulan yang lalu. TD 160/ 100 mmHg. Seorang wanita usia 25 tahun. 27 Maret 2012 13 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Perut kaku seperti papan. Kelainan pembekuan darah e. 28 tahun. Ruptur uteri 48. Pemberian antioksidan 47. Retensi jaringan plasenta c. Kemungkinan diagnosis pasien ini adalah : a. 20 Maret 2012 b. siklus haid teratur 36 hari. Tindakan yang paling tepat adalah : a. Plasenta previa + PEB c. Atonia uteri b. Taksiran perkiraan persalinan pada pasien ini : a. Pasien sudah tidak haid selama 4 bulan. Untuk menyingkirkan diagnosis KET yang diperlukan adalah : a. Pada pemeriksaan fisik keadaan umum tampak lemah. Urin malam hari e. nyeri ulu hati. Post partum. Laserasi jalan lahir d. Proteinuria +++. Pada pemeriksaan didapatkan uterus membesar sebesar kehamilan 6-8 minggu. Gerakan bayi berkurang. Urin tengah pancar d. Observasi c. Partus imaturus + PER d. pasien mengalami HPP dini.5 g/dl. Terapi hormon d. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan 45. Pada USG terdapat mioma uteri. Solutio plasenta + PEB b. Solutio plasenta + eklamsia e. Miomektomi b. pasien mengalami oerdarahan sampai pasien jatuh syok dengan TD 80/40 mmHg. Urin tampung c. Seorang wanita berusia 38 tahun P6A0 post anestesi spinal 2 jam yang lalu atas indikasi gagal induksi oksitosin drip. Histerektomi total e. Pada pemeriksaan laboratorium Hb 8. datang dengan keluhan nyeri perut bawah yang hebat dan mendadak. Urin pagi hari 46. Seorang perempuan 25 tahun sedang hamil 9 bulan datang ke IGD dirujuk oleh bidan karena pasien mengeluh nyeri perut mendadak dan perdarahan pervaginam berwarna kehitaman.

20 April 2012 e. Pemeriksaan tanda vital dan fisik dalam batas normal. Pasien wanita 28 tahun G2P1A0 hamil 7 bulan mengeluh perdarahan pervaginam. Pemeriksaan fisik. Keluhan juga disertai dengan keluar lendir darah dari vagina. KPD b. Wanita 30 tahun. 27 April 2012 50. Pasien telah mencoba berbagai obat untuk merangsang haid. kepala belum masuk pintu panggul. Amenore sekunder c. Pada pemeriksaan obstetri didapatkan TFU 1 jari di bawah processus xyphoideus. Perempuan 18 tahun datang dengan keluhan tidak pernah haid sebelumnya. Terasa tegang di bagian kiri. Solusio plasenta e. Injeksi dexamethasone e. tinggi badan 160 cm dan berat badan 50 kg. Pemeriksaan inspekulo steril c. Induksi persalinan 53. Pada pemeriksaan dalam didapatkan pembukaan 3 cm dan teraba teraba kaki kanan dan kiri. Pemeriksaan bimanual d. Pemeriksaan yang perlu dilakukan adalah : a. Ganti pembalut 3x perhari selama 3 hari selama 3 hari terakhir ini. Pemeriksaan fundus uteri e. Taksiran berat janin 2100 gram. Frekuensi nadi 80x/menit. Diagnosis pasien tersebut adalah : a. Letak sungsang c. 29 Maret 2012 d. Frekuensi pernapasan 18x/menit. Pemeriksaan gerak janin 51. Sekarang perdarahan berupa bercak di pembalut. Diagnosis paling tepat untuk pasien di atas adalah : a. DJJ 134 dpm. G1A0 datang mengaku hamil 9 bulan. Tidak mengeluh mulas dan nyeri. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan c. hamil 32 mingu dengan keluar cairan bening dari vagina sejak 4 jam yang lalu. Transfusi darah d. DJJ 148 bpm. Tirah baring di Rumah Sakit b. Penatalaksanaan yang tepat pada pasien ini adalah : a. Monometroragi 14 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . tapi tidak pernah berhasil. Terdapat keluhan mules-mules teratur. Pemeriksaan fisik dengan TD 110/ 70 mmHg. tanda vital normal dengan kontraksi 10-15 detik/ 3 kali ireguler/ 10 menit. Dirawta di puskesmas c. Wanita 27 tahun. Amenore primer b. Plasenta previa 52. G2P1A0. Letak lintang d. gerak janin (+). Pemeriksaan digital b. Rambut ketiak dan pubis tumbuh sesuai usia.

bayi lahir hidup dengan berat badan 3200 gram. datang dengan keluhan utama perdarahan dari jalan lahirnya. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan d. Diketahui pasien 4 jam lalu melahirkan di rumah di tolong bidan. Cervisitis b. Derajat berapakah robekan tersebut? a. Galactore b. dan temperatur 360C. Fat necrosis d. Pasien baru melahiran anaknya seminggu yang lalu di bidan desa. Diagnosa pasien ini adalah : a. Mastitis akut c. Tromboflebitis 55. suhu 380C. Endometritis c. pervaginam. Seorang wanita usia 30 tahun datang dengan keluhan payudara kanan bengkak dan terasa nyeri. Riwayat 3 hari yang lalu melahirkan pervaginam. Seorang dokter keluarga selalu memberikan informasi tentang hasil pemeriksaan dan perkembangan kondisi penyakit pasien tanpa menunggu permintaan dari pasien. Derajat 4 e. 32 tahun. spontan. tegangm nyeri bila disentuh. Derajat 5 Soal Latihan Ilmu Forensik dan Ilmu Kedokteran Komunitas 57. Fibrokistik adenoma 56. Patient centered case b. Derajat 2 c. Dari pemeriksaan fisik dijumpai robekan perineum sampai ke rektum. Endometriosis d. Derajat 3 d. dan pada payudara kiri didapati retraksi puting ke dalam. Diagnosa kasus di atas adalah : a. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 100/60 mmHg. Peritonitis e. Patient advodkasi e. Oligomenore e. nadi 100x/menit. Pada payudara kanan atas didapatkan kulit merah. Seorang wanita. adanya cairan yang keluar berwarna kuning dan bau. Duktetasis e. Holistic care c. Seorang wanita mengalami nyeri perut kanan bawah. Polimenore 54. Derajat 1 b. frekuensi nafas 18x/menit. heart rate 80x/menit. Termasuk prinsip kedokteran keluarga yang mana yang diaplikasikan dokter tersebut ? a. TD 120/80 mmHg. Comprehensive care d. Continuing care 15 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal .

Tindakan dokter tersebut termasuk dalam? a. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan 58. Universal promotion b. Sosioekonomi c. Justice 60.000/bln. Sejak lahir tidak mendapatkan ASI. Dokter hendak mengadakan usul kepada pihak perusahaan untuk memberikan alas kaki kepada seluruh masyarakat yang ada di daerah tersebut. Ibu membawa anaknya laki2 berumur 11 bulan ke puskesmas atas anjuran kader karena berat badan anak tetap selama 3 bulan berturut2. 16 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Sosioekonomi. Pendidikan ortu SD. Non malefisiensi b. hal ini termasuk aspek etik? a. Otonomi e. Penyakit penyerta e. Mengatakan sejujurnya. Pelayanan kesehatan d. Pengetahuan b. Utility d. Pengetahuan. tidak ingat kalau pernah memeriksa perempuan tsb 59. pemeriksaan hapusan vulva tidak didapatkan spermatozoa kemudian dokter membuat visum et repertum dan menyimpulkan tidak didapatkan tanda-tanda persetubuhan. Pengetahuan. Pemeriksaan didapatkan luka memar di paha bagian dalam. Promotion health c. Pelayanan kesehatan. Social promotion 61. Menolak karena melanggar kaedah dasar moral yaitu otonomi c. kebiasaan makan tidak teratur. Memberi penjelasan bahwa korban tidak diperkosa b. Faktor resiko terjadinya gizi buruk pasien : a. penghasilan < RP. Pengetahuan. Memberikan penjelasan bahwa korban dianiaya bukan diperkosa d. 6 bulan kemudian dokter dipanggil pengadilan untuk menjadi saksi ahli. Riwayat Diare berulang. Sosioekonomi. Sosioekonomi. Seorang perempuan usia 21 th datang ke IGD RS dengan keluhan telah diperkosa pacarnya sekitar 12 jam yll dengan permintaan visum et repertum. Riwayat kelahiran didukun. Memberikan pendapat terhadap pemeriksaan perempuan tsb e. sebuah perkebunan teh terjadi wabah anemia yang disebabkan oleh cacing. Beneficience c. Advocacy promotion e. Budaya. Pengetahuan. 500. Dokter menjelaskan tentang penyakit pasien tentang komplikasi yang terjadi secara jelas. Education promotion d. Keterangan apa yang diberikan sebagai dokter? a.

10 kematian neonatus akibat tetanus. Seorang peneliti melakukan studi case-control untuk mengetahui hubungan antara gangguan belajar (learning disorder) pada anak-anak usia sekolah dasar dengan riwayat asfiksia pada waktu lahir. Pada 1000 Kelahiran. strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan program tsb? a. pemberdayaan masyarakat b. Seorang dokter akan melakukan penelitian tentang hubungan antara usia dengan derajat hipermetropia. Apa skala penelitian tersebut ? 17 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . 50/1000 e. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan 62. terdapat 50 kematian neonates. Self-selection bias b. Cross sectional series b. 5/50 d. Seorang peneliti mengamati perkembangan motorik anak-anak yang tinggal di daerah industri lebih lambat dibandingan dengan anak-anak yang tinggal di daerah pedesaan. Differential loss to follow-up bias 66. 5/20 b. Case control c. bina suasana c. Angka kasus tetatus yang tercatat adalah 5. Peneliti memilih sampel untuk kasus di rumah sakit dan kontrolnya di masyarakat. Prevalence-incidence bias c. Referral bias d. Usia dibedakan menjadi 3 kelompok usia. 55-65 tahun dan 65-75 tahun. yaitu 45-55 tahun. sedang dan berat. Case study d. Seorang kepala puskesmas kecamatan D dianggap belum berhasil melaksanakan program PHBS di wilayah kerjanya. Ternyata di masyarakat banyak kasus asfiksia berat yang tidak berumur panjang (meninggal sebelum usia SD) sehingga proporsi riwayat asfiksia di masyarakat berbeda dengan di rumah sakit. 5/10 c. komunikasi d.Apakah bias yang paling mungkin terjadi? a. Non-respondent bias e. Apa desain penelitian yang digunakan? a. Case series e. Cohort 63. 20 kematian neonatus akibat diare. Waktu dan sumber daya yang dimiliki peneliti memadai untuk melakukan penelitan dengan populasi yang besar dan waktu yang panjang. sedangkan derajat hipermetropia dibedakan menjadi ringan. advokasi 65. 20/1000 64. Case fatality rate tetanus adalah … a. kemitraan e. salah satu penyebabnya adalah kurangnya kerjasama lintas sektoral dan dukungan dari pemda setempat.

Efficacy b. Reliability e. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan a. Seorang dokter bertugas di puskesmas menggunakan metode problem solving cycle untuk menetapkan dan menyelesaikan masalah kesehatan di wilayahnya. Diagram pohon 70. Korelasi Spearman Soal Latihan Ilmu Penyakit Mata 18 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Independent-T test c. Nominal e. Peneliti ingin membandingkan lama pemakaian suatu zat kimia (tahun) dengan kejadian PPOK pada psien tersebut. Apakah yang dipakai… a. Jumlah subyek pria dan wanita 300 orang. dan sering Apakah uji hipotesis yang digunakan? a. Analisis SWOT b. Tujuan dari uji klnik tersebut adalah… a. sama saja. Chi-square test b. Diagram pareto e. Ordinal d. Rasio b. Pada uji ini intensitas olahraga dinyatakan dengan lebih jarang. Semua variable dikendalikan termasuk ketaatan minum obat. Peneliti ingin mendapatkan perbandingan antara yang sebelum dan sesudah terkena PPOK. One sample test d. Seorang dokter praktek diajak melakukan uji klinik fase III (randomized double blind control trial) untuk mengetahui perbandingan limvastatin dengan simvastatin (obat penurun kolesterol). Analisis selanjutnya yang dipilih adalah: a. Hasil analisis matriks penetapan masalah kesehatan adalah penyakit hipertensi menduduki skor tertinggi. Rating c. Korelasi regresi d. Paired test e. usia 45-65 tahun. Korelasi Pearson e. Chi square c. Diagram tulang ikan d. Effectiveness c. ANOVA test 68. ANOVA b. Safety 69. Interval 67. PICO c. Dokter X ingin melakukan penelitian mengenai hubungan usia lansia vs bukan usia lansia dengan intensitas olahraga. Efficiency d.

Hipermetrop b. Oftalmoskopi 73. VOS 6/75. Pemeriksaan yang digunakan untuk menegakkan diagnosis? a. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan 71. Miopia c. Tonometri c. Seorang pria berumur 54 tahun datang ke praktek dokter umum dengan keluhan utama penurunan ketajaman penglihatan. Setelah dikoreksi didapatkan OD S+1. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pemeriksaan visus ODS = 6/60. berair. Seorang laki-laki 35 tahun datang dengan keluhan penglihatan menurun. 12 tahun datang ke puskesmas dengan mengeluh mata terasa sangat gatal. Keratometri d. Perimetri c. Pasien wanita 30 tahun dengan penurunan penglihatan OD -2 D. semakin lama semakin memberat. Perimetri b.25. Apa diagnosanya? a. Laki-laki. Astigmatisme d.00 dan OS S+1. Dari pemeriksaan didapatkan mata merah merata. OS -8 D. pupil mid-dilatasi. Bakteri 19 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Compound miop astigamat d. Pasien dengan penurunan penglihatan tiba-tiba pada mata kiri/kanan disertai nyeri kepala serta mual. visus normal. V0D 6/60. Keluhan sudah berulang kali. Retinometri e. dan tidak dapat dikoreksi. Anisometrop c. terasa berpasir. Heterotrop 72. Simple miop astigmat e. Gonoskopi d. Pada pemeriksaan tampak BMD dangkal. yg lain dalam batas normal. Diagnosis pada pasien ini adalah? a. Hal ini dialami sejak 2 bulan yang lalu. Kampimetri b. Hipermetrop b. mata berair. Presbiopia 74. dan terasa pegal. Penyebabnya adalah? a. Tonometri e. Presbiopia e. Sebelumnya menderita katarak imatur. terdapat tanda cobblestone pada konjungtiva tarsalis superior. Pemeriksaan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah? a. Virus b. Oftalmoskopi 75.

Seorang laki-laki 60 tahun datang dengan keluhan kekakuan tangan dan kaki sejak 2 tahun yang lalu. Pasien sering susah tidur dan merasa cemas. Sadisme c. Phenitoin c. Ekshibisionisme 20 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . terkadang disertai dengan muntah. Citicolin 78. CT scan: hipodens didaerah kapsula interna dextra. bicara pelo dan mulut mencong. Apakah jenis kelainan dari suami wanita tersebut ? a. Keluhan nyeri kepala berdenyut sering kambuh dan sudah berlangsung selama 6 bulan. EKG: hipertrofi ventrikel kiri. Kesulitan berbicara dan suara lemah. Keluhan dirasakan semakin berat. Perempuan ini mengeluhkan perlakuan suaminya yang selalu memukul pada saat orgasme. Keluhan diperberat dengan aktivitas dan berjalan. pasien adalah seorang karyawan di perusahaan swasta asing. Carbamazepin b. Kesulitan berjalan apabila berjalan lambat. Fetihisme d. GCS 2 2 3. Migraine e. Vertigo d. Piracetam d. Alergi e. Trigeminal Neuralgia 77. Perdarahan subaraknoid c. Pemeriksaan fisik berat badan 78 kg. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan c. Stroke perdarahan intracerebral d. tensi 210/110 mmhg. Terapi: a. Seorang laki-laki 65 tahun datang ke IGD dengan diantar anaknya karena pasien tampak sering kebingungan. Tension tipe headache c. Levodopa e. Anggota gerak kiri tidak bisa digerakkan. Stroke infark b. Seorang wanita 24 tahun datang dengan keluhan nyeri kepala berdenyut di kepala bagian kanan. Foeyorisme e. TIA e. Jamur d. Masokisme b. Prolonge RIND 79. Seorang wanita 32 tahun datang ke UGD dengan keluhan luka memar pada badan dan tungkainya. Diagnose: a. Cluster headache b. Diagnose: a. jari tangan gemetar jika istirahat. Trachoma Soal Latihan Neurologi & Psikiatri 76.

pasase udara menurun. Memasang pipa grommet 21 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . sekret serosa. Sejak 4 hari yang lalu anak pilek dan badan panas. Timpanoplasti d. Pasien tidak mendengar suara. Furunkel c. Rinosinusitis 82. dia berkeyakinan bahwa saudaranya memiliki kekuatan dan mampu membaca semua pikirannya. Dari pemeriksaan fisik didapatkan suhu 38. Tuli konduktif AS. Skizofrenia b. Anak laki-laki usia 8 tahun datang dengan keluhan hidung tersumbat dan ingus meler yang sudah sering dirasakan. Apakah diagnosisnya yang mungkin? a. Miringoplasti b. Tuli campuran ADS d.5⁰C. Apa diagnosisnya? a. sensorineural AS 83. Tuli konduktif AD. Seorang anak usia 4 tahun dinawa ibunya ke klinik THT-KL karena kesakitan pada telinga kiri dan menangis terus hingga tidak bisa tidur. Bipolar episodik depresi Soal Latihan Ilmu THT 81. Miringotomi c. Gangguan waham menetap c. Scwabach telinga kiri memendek. Rinitis alergi e. Skizofrenia paranoid d. Selain itu. Selain pengobatan dengan medikamentosa. Pasien wanita dengan gangguan pendengaran di kedua telinga. tindakan apa yang diperlukan pada pasien ini? a. Mastoidektomi e. pasien juga sering bersin-bersin. Diagnosa yang tepat pada pasien ini adalah? a. Dari pemeriksaan otoskopi tampak membran timpani hiperemis dan menonjol (bulging). Laki-laki diantar saudaranya ke praktek dokter. Pada pemeriksaan rinoskopi anterior didapatkan konka pucat. Folikulitis b. Skizofrenia undifferentiated e. Tes weber lateralisasi ke telinga kanan. Tuli sensorineural AS c. sensorineural AD b. Abses septum d. Tuli sensorineural ADS e. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan 80.

Seorang laki-laki berusia 20 tahun datang ke sebuah rumah sakit dengan keluhan utama keluar cairan kental seperti nanah dari kemaluannya. frekuensi napas 20 kali/menit. denyut nadi 80 kali/menit. Otitis Media akut stadium perforasi e. Pada pemeriksaan fisik didapatkan. Diagnosa apa yang paling mungkin dengan informasi tersebut? a. konjungtiva palpebra pucat. Pada pemeriksaan telinga didapatkan membrana timpani retraksi dan keruh. Otitis Media akut stadium hiperemis c. Non gonocal uretritis 22 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Le Fort 3 d. Pasien datang mengeluhkan nyeri pada telinga sebelah kanan sejak 4 hari yang lalu. Le Fort 4 e. pemeriksaan radiologis menunjukkan fraktur yang melibatkan maxilla saja. Le Fort 2 c. Tapi. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan 84. Dietil karbamazin e. frekuensi pernapasan 24 kali/menit. Otitis Media akut stadium supurasi d. Pada pemeriksaan tanda vital didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg. Menbendazol d. dari hasil pemeriksaan laboratorium didapatkan anemia hipokrom mikrositik. nadi 100 kali/menit. Lalu. Pemeriksaan mikroskopis pada discharge ditemukan banyak leukosit dan neutrofil. Pekerjaannya supir truk antarkota dan antarprovinsi. Seorang wanita berusia 30 tahun datang ke dokter dengan keluhan wajah pucat. terapi yang tepat untuk pasien ini adalah? a. Otitis Media akut stadium oklusi tuba b. dan temperatur 36.9oC. dan suhu 36. Niklosomid c. Pasien juga mengalami demam dan batuk pilek. Pirantel pamoat b. Tidak ada rasa sakit di daerah prostat. Pria usia 35 tahun datang dengan perdarahan dari hidung akibat kecelakaan lalu lintas. Pada pemeriksaan feses menggunakan direct smear dengan larutan garam fisiologis ditemukan gambaran oval dinding transparan bersih dengan segmented ovum. Setelah selesai melakukan survey primer dan penanganan awal. tidak ditemukan bakteri. Termasuk penggolongan Le Fort berapakah pasien ini? a.8oC. Le Fort 5 Soal Latihan Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin dan Parasitologi 86. Hasil pemeriksaan tekanan darah 100/80 mmHg. Otitis Media akut stadium resolusi 85. Prazikuantel 87. Diagnosis yang tepat? a. Le Fort 1 b.

Terapi pada keluhan ini adalah? a. Malathion 2% c. Pemfigoid bulosa b. Hidrokortison 90. Miconazole b. Pada 23 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Ketonazole d. Pseudomonas d. papul. Streptococcus e. Uretritis gonocal c. Sistitis interstisialis d. Seorang anak laki-laki berusia 10 tahun dibawa ke puskesmas dengan keluhan gatal di kaki sejak tiga minggu yang lalu. Impetigo vesikobulosa e. tampak vesikel dan bula generalisat berdinding tebal di atas kulit yang eritematosa dan edematosa. dan ekstremitas sejak dua bulan lalu. badan. dan vesikula. Gatal terutama dirasakan pada malam hari. dan kaki sejak satu bulan terakhir. Pada pemeriksaan ditemukan bakteri gram (-). Diagnosanya adalah? a. Dermatitis herpetiform d. Teman-temannya juga mengalami keadaan yang sama. sementara pemeriksaan imunofluoresensi langsung memperlihatkan endapan lgG di membran basal epidermis. Staphylococcus 89. Lupus eritematosus 91. berpigem hijau dan tidak memfermentasi karbohidrat. Keluhan disertai dengan sering buang angin. Bakteri yang ditemukan adalah? a. Permethrin 5% e. Moxarella b. Sistitis acute e. Pada pemeriksaan histopatologik menunjukkan vesikel subepidermis. pustula. Seorang anak perempuan berusia 9 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan gatal-gatal di sela jari tangan. badan. perut tidak enak. Proteus c. Seorang wanita berusia 40 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan lepuh-lepuh pada kulit kepala. kembungm dan mencret-cret. Dari pemeriksaan dermatotoksik. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan b. Pemfigus vulgaris c. Pada pemeriksaan dijumpai adanya eritem. wajah. Prostatitis acute 88. Anak ini suka bermain di pasir dan tanah.

Jenis cacing yang menyebabkan keluhan pasien adalah? a. Trichuris trichiura c. Fenomena tetesan lilin d. Seorang anak laki-laki berusia 17 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan gatal-gatal di siku. tanda vital dalam batas normal. Pada pemeriksaan feses ditemukan telur cacing. Ascarias lumbricoides e. frekuensi napas 20 kali/menit. Dokumen rahasia bukan untuk disebarluaskan pemeriksaaan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan. Ankilostoma caninum 92. Wuncheria bancrofti d. Kobner sign c. Pilihan a dan c benar e. Eritema terbatas tegas dan merata. tekanan darah 120/80 mmHg. Pemeriksaan penunjang yang perlu dilakukan adalah? a. frekuensi nadi 80 kali/menit. Pada pemeriksaan lokalis terdapat bercak-bercak eritema plak dengan skuama di atasnya. Oxyuris vermicularis b. Tampak kemerahan pada siku dan lutut.0oC. dan suhu 36. Semua pilihan benar 24 Baca dan pahami konsepnya bukan menghapal . Auspits sign b.