You are on page 1of 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SD Negeri 1 Cisaat
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pelajaran : 10
Tema : Kasih Sayang
Subtema : Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s.
Kelas/ Semester : II/ 2
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
2.3 Memiliki sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Fātihah.
3.15 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Siswa mengetahui kisah singkat keteladanan Nabi Ya’qub a.s..
2. Siswa meneladani sikap berani Nabi Ya’qub a.s.

D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan beberapa hal berikut.
1. Berperilaku kasih sayang kepada sesama.
2. Menyebutkan kisah singkat keteladanan Nabi Ya’qub a.s. dengan benar.
3. Menyebutkan sikap berani Nabi Ya’qub a.s. dengan benar.
4. Menunjukkan sikap berani bertanya dengan benar.

E. Materi Pembelajaran
1. Kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
2. Kasih sayang Nabi Ya’qub a.s

F. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :Sientifik
2. Metode :
a) Observasi
b) Diskusi

Sumber Belajar 1. Kegiatan Inti 120 • Mengamati menit 1. berdialog. 5. “Ya Allah. 3. Guru menceritakan kisah singkat nabi Ya’qub a. Media Pembelajaran Software PAI SD/MI dari JGC yang berisi materi Kisah keteladanan Nabi Ya’qub a. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang arti nabi dan rasul. menyimak. Langkah-langkah Pembelajaran No. 3. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati. 4. • Menanya 1. Al-Quran dan terjmahannya 2. Siswa dimotivasi guru untuk bertanya wujud kasih sayang nabi . Kegiatan Waktu 1. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema Kisah keteladanan Nabi Ya’qub a. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai. 2. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang arti tujuan diutusnya rasul menjadi penjelasan utama. tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik. Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan surah Al Fatihah. c) Presentasi d) Demontrasi G. menanggapi dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran 6.s. terkait nabi yang mempunyai sikap kasih saying. Guru mengarahkan kesiapan diri peserta didik dan kehadiran peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran. H.menanya. 2. 2. Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas II 3. mengkomunikasikan dengan menyampaian.s. Untuk menunjang dalam proses pembelajaran disediakan media potongan kertas yang berwarna bertuliskan huruf hijāiyyah dalam bentuk tunggal dan bentuk bersambung. Lingkungan sekitar I.s. Pendahuluan 1. Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah 10 dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang menit peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu: “Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.

s 2. Pada rubrik “sikapku”. Pada rubrik “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (denganteman sebangku) melakukan: a) menyebutkan contoh/pengalaman sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari. 2. 2.s. Peserta didik membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi Ya’qūb a. b) mengamati dan menceritakan maksud dari gambar yang mendeskripsikan anak laki-laki menuntun seorang kakek jalan kaki memakai tongkat. • Komunikasi/demonstrasi/Networking 1. Peserta didik mendiskusikan bersama teman sebangku/kelompok tentang perilaku prilaku yang dapat diteladani. 3. Ya’qub a. Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing oleh guru. 4.s. 4. Siswa dimotivasi guru untuk bertanya keteladanan yang dapat ditiru dari nabi Ya’qub a. Misalnya orang tua diminta mengamati sikap kasih sayang kepada orang tua dan sesama anggota keluarga atau kepada orang lain. • Mengasosiasi/mencoba 1. 1. Pada rubrik “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. terkait nabi yang mempunyai sikap kasih sayang dari nabi Ya’qub a. • Mengekplorasi/menalar. 2. Tugas. 3. Siswa berlatih melafalkan Alaihis Salam artinya Keselamatan baginya. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati sikap kasih sayang anak dalam keluarganya. Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan 10 pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah Menit dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya. dan sikap kasih sayangnya dengan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual). 3.s.s 2. kalimat tersebut diucapkan setelah nama semua nabi di ucapkan kecuali nabi Muhammad. guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. • Penutup 1. Membaca do’a penutupan “Alhamdulillah” . Siswa mampu mendemontrasikan di depan guru tentang kisah nabi Ya’qub a.. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. guru meminta peserta didik selalu bersikap kasih saying dalam kehidupan sehari-hari.

2016 Mengetahui.. Artinya : Segala puji bagi Allah. Allah Swt 1-4 2. Apabila jawabannya benar (tidak bergantung pada bacaan yang ada) maka skornya tetap benar. Sikap kasih sayang 1-4 3. Perlindungan 1-4 Skor maksimum 16 Nilai siswa = (nilai perolehan : 16) x 10 atau 100 Cisaat. Penskoran Benar dan lengkap = 4 Menjawab benar kurang lengkap = 3 Menjawab benar kurang tepat = 2 Menjawab tapi salah = 1 Kunci jawaban Kunci jawaban ini dapat dikembangkan guru.. Kunci Jawaban Skor 1. J. Nama siswa: …………………………………. NIP.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Maksudnya dimungkinkan siswa menjawab dengan jawaban lain. Kepala Sekolah SD Negeri 1 Cisaat Guru Mata Pelajaran PAI …………………………………. Tuhan semesta alam. ……………………………. Penilaian Hasil Belajar Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. . NIP. Menyembah Allah Swt 1-4 4..