You are on page 1of 6

5

File Server
A. Tujuan
Setelah mengikuti praktikum ini, praktikan diharapkan dapat:

1. Memahami definisi samba server
2. Mengkonfigurasi samba server
3. Mengakses file sharing dari client.

B. Teori Pendahuluan

Seputar Samba

Samba merupakan program aplikasi yang dapat digunakan sebagai jembatan antara
sistem operasi Linux dengan sistem operasi Windows agar dapat saling berbagi pakai baik
file, device/maupun perangkat lainnya seperti printer dan CDROM.

Samba merupakan serangkaian aplikasi linux yang berkomunikasi dengan protokol Server
Message Block (SMB), yang dikembangkan oleh Andrew Tridgell.

Server Message Block (SMB) adalah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh
Microsost dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan
sharing file dan printer serta tugas-tugas lainya yang berhubungan.

Samba server memungkinkan komputer-komputer Linux melakukan sharing file dan printer
dengan komputer Windows bukan hanya dengan komputer-komputer Linux sendiri.

Beberapa fungsi yang disediakan samba server yaitu sebagai berikut :

• Sharing file/direktori antar Linux dengan windows client.
• Sharing printer pada Samba server dengan windows client.
• Menyediakan proses Autentikasi komputer windows client ketika login ke Windows
domain/Primary Domain Controller (PDC).

Modul Praktikum Jarkom 2 – Prodi Teknik Informatika - Unirab
17

Modul Praktikum Jarkom 2 – Prodi Teknik Informatika . sehingga dapat diakses dari client NFS dan client NFS harus mengetahui secara pasti nama direktori yang dieksport oleh server NFS.Network File System (NFS) Network File System (NFS) merupakan program aplikasi untuk memudahkan kita dalam melakukan sharing file atau data di linux.4 x diganti dengan nomor urut kelompok masing-masing.x.Unirab 18 .168. C.168. Jika belum. 3 PC dengan system operasi windows.168.  Cek paket samba root@abdurrab:/# dpkg –l samba Jika paket samba belum terinstal. Melalui NFS.x. Peralatan Praktikum 1 PC dengan system operasi linux Ubuntu server yang terhubung ke intranet dan internet. sehingga bisa saling berbagi data atau menjalankan program aplikasi. lakukankan proses instalasi dengan perintah sebagai berikut: root@abdurrab:/# apt-get install samba catatan: perintah di atas membutuhkan koneksi internet. Pastikan server dapat berkomunikasi dengan semua client.2 root@abdurrab:/# ping 192. perbaiki konfigurasinya.3 root@abdurrab:/# ping 192. Dalam hal ini server NFS harus menentukan direktori mana yang akan dieksport. Mengkonfigurasi Samba Server  Pastikan configurasi IP Address sudah benar root@abdurrab:/# ifconfig Test ping ke client: root@abdurrab:/# ping 192. memungkinkan mesin anda untuk melakukan mounting mesin orang lain atau server melalui remote. D. Praktikum 1.x.

Unirab 19 . ketik share definitions lalu tekan enter.conf Tekan Ctrl + W . Modul Praktikum Jarkom 2 – Prodi Teknik Informatika . Lalu ikuti instruksi di bawah ini: Rubah konfigurasi sesuai pada bagian yang ditandai box merah. edit file tersebut sesuai dengan konfigurasi berikut: root@abdurrab:/# nano /etc/samba/smb.  Edit file konfigurasi Samba File konfigurasi samba terletak di /etc/samba/smb. x diganti dengan nomor urut kelompok masing-masing dan valid user diganti dengan user masing- masing kelompok. Maksud perintah di atas adalah untuk mencari bagian share definitions.conf.

1 x diganti dengan nomor urut kelompok masing-masing Modul Praktikum Jarkom 2 – Prodi Teknik Informatika .x.d/smbd restart  Merubah password user untuk samba root@abdurrab:/# smbpasswd –a abdurrab-x Username disesusaikan dengan valid user pada konfigurasi samba.Unirab 20 .  Cek File Sharing Konfigurasi Samba root@abdurrab:/# smbclient –L \\192.  Restart service samba Ketikan perintah berikut untuk melakukan restart service samba: root@abdurrab:/# /etc/init.168.

 Konfigurasi Komputer Client sesuaikan pada bagian yang ditandai box merah. Masukan username dan password. maka folder ini hanya dapat dibuka oleh user yang bersangkutan.conf kita tentukan valid user nya. Modul Praktikum Jarkom 2 – Prodi Teknik Informatika . laku pilih ok.  Akses samba server dari client Ketik ip address server di address windows explorer seperti yang terlihat pada gambar berikut: Buka Folder Share Files.Unirab 21 . karena pada smb. network pada ip address diganti nomor urut kelompok masing-masing.

Laporan dibuat dalam format file PDF. capture setiap langkah yang anda lakukan. seperti pada gambar di bawah ini: Silakan hapus atau edit salah satu file tersebut. Apa yang terjadi? Mengapa demikian? Buat laporan praktikum pada sesi ini.Unirab 22 . jelaskan masing-masing langkah tersebut dengan bahasa sendiri. dikumpul minggu depan Modul Praktikum Jarkom 2 – Prodi Teknik Informatika . Jika berhasil maka file yang telah di share oleh server akan terlihat.