You are on page 1of 8

LAPORAN KEGIATAN

SENAM SEHAT PROLANIS DAN EDUKASI

(CUCI TANGAN 6 LANGKAH)

Malang, 5 Mei 2018

KLINIK PRATAMA RAWAT JALAN “DELTA”

JL. Raya Kepuh 47 Kota Malang

LaporanProlanisEdukasi&Senam Page 1

kalau ada upaya yang dapat mengurangi aau meminimalkan pemakaian obat para peserta merasa terbantu. sehingga perlu baru dan terobosan agar penderita sabar dan berkenan mengikuti anjuran sehingga komplikasi penyakit diabetes dan hipertensi tidak terjadi. LaporanProlanisEdukasi&Senam Page 2 . Mudah-mudahan kegiaan ini dapat menjadi titik awal untuk lebih meningkatkan pelayaan kepada peserta BPJS khususnya penderita penyakit Hipertensi dan Diabetes dikemudian hari. Mudah-mudahan dikemudian hari ada solusi yang dapat membantu para penderita diabetes dan hipertensi ini. Hampir semua peserta tidak mengharapkan sakit dan harus minum obat selamanya. apalagi penyaki kronis dimana penyembuhannya sangat tergantung dari perilaku masing-masing orang.1. Kesabaran dan ketelatenan merupakan modal awal dalam pengobatan penyakit diabetes dan hipertensi. PENDAHULUAN Untuk meningkatkan pelayanan peserta BPJS khususnya pasien penderita Hipertensi dan Diabetes kami FKTP I Klinik Pratama Rawat Jalan “Delta” akan berupaya mengadakan senam Prolanis bagi peserta tersebut walaupun sebagian peserta enggan untuk mengikuti. Kegiatan edukasi dan senam Prolanis ini merupakan salah satu bentuk kegiatan prolanis yang dipergunakan untuk lebih memberikan perhatian kepada peseta BPJS agar lebih memperhatikan pentingnya suasana kebersamaan dalam menerima cobaan berupa pemyakit. Alangkah indahnya apabila semua dapat bekerja bersama-sama dalam memberikan pelayanan kepada peserta BPJS dengan jiwa yang ikhlas dan mengelola pesertanya sehingga semua dapat senang dapat ketawa walaupun masih ada yang menderita sakit tetapi masih diperhatikan. karena sebagian besar para penderita diabetes dan hipertensi sudah cukup lama menderita dan juga mengalami kebosanan.

TUJUAN TUJUAN UMUM Pembinaan peserta yang menderita Diabetes Melitus dan Hipertensi melalui Klub Abiyoso Klinik “ Delta”. LaporanProlanisEdukasi&Senam Page 3 . Terselenggaranya senam Prolanis bagi peserta BPJS yang menderita Diabetes Melitus dan Hipertensi 3. Raya Kepuh 47 Kota Malang 4. karena masih masih banyak peserta yang belum minat atau ada suatu alasan tertentu seperti kerja dll. Walaupun demikian. semua peserta yang hadir turut serta dalam kegiatan senam prolanis tersebut meskipun ada yang kurang mampu mengikuti gerakan senam karena usia atau terlalu gemuk.Untuk acara selanjutnya dusahakan peserta akan lebih banyak dan selalu memberi motivasi kepada peserta agar minat peserta semakin tinggi untuk mengikuti senam prolanis.00 – selesai Tempat pelaksanaan : Jl. Terselenggaranya edukasi peserta BPJS yang menderita Diabetes Melitus dan Hipertensi b.2. WAKTU DAN TEMPAT Waktu Pelaksanaan : Hari Sabtu Tanggal : 5 Mei 2018 Jam : 07. TUJUAN KHUSUS a. PELAKSANAAN Peserta yang hadir 37 orang yang terdiri dari pasien prolanis dan PRB.

Instrukur senam diebetes Rp. 908. Diakhir pertemuan para peserta mengharapkan setiap minggu diadakan.000. Insya Allah setiap satu bulan sekali program ini akan dilaksanakan yaitu minggu pertama pada hari sabtu.- 6.- 3. karena mereka merasa ada teman yang sama-sama merasakan sakit tetapi masih ada yang berbagi cerita masing-masing.- 2. PENGGUNAAN KEUANGAN Penggunaan keuangan sebagai bukti kegiatan sebagaiberikut : 1.150.- ____________ Total semua Rp.000.358. LaporanProlanisEdukasi&Senam Page 4 . PENUTUP Para peserta merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Pertemuan seperti ini sekaligus menjalin silaturahmi antara sesama pasien.000.000. Honor narasumber Edukasi diabetes mellitus dan Hipertensi Rp. Mudah-mudahan Allah SWT berkenan mempertemukan semua keinginan ini menjadi lebih baik lagi.5. Pembelian snack untuk diabetes dan hipertensi Rp.400. Amin. semoga ini merupakan kegiatan yang dapat berlangsung secara rutin dan semoga pihak BPJS berkenan memfasilitasinya.

BPJS KCU MALANG PERTEMUAN EDUKASI & SENAM PROLANIS TAHUN 2018 DI KLINIK PRATAMA RAWAT JALAN “DELTA” KOTA MALANG Hari : Sabtu Tanggal : 5 Mei 2018 Waktu : 07. Raya Kepuh 47 Kota Malang Undangan : Peserta Prolanis yang menderita DM dan Hipertensi Topik : Cuci tangan 6 langkah Pembicara : dr. Dheny Surya Aditya LaporanProlanisEdukasi&Senam Page 5 .00 -10.00 WIB Tempat : Jl.

5 Mei 2018 Penerima.358.400. 5 Mei 2018 Penerima.000. dr. Materai 6000 Terbilang :Rp. Dheny Surya Aditya KWITANSI TELAH DITERIMA DARI:BPJS INDONESIA CABANG MALANG DI MALANG UANG SEBESAR : Tiga ratus lima puluh delapan ribu rupiah UNTUK PEMBAYARAN:KONSUMSI SNACK.KWITANSI TELAH DITERIMA DARI:BPJS INDONESIA CABANGMALANG DI MALANG UANG SEBESAR:EMPAT RATUS RIBU RUPIAH UNTUK PEMBAYARAN:HONOR NARASUMBER EDUKASI Prolanis (DM dan HT) Malang.. SENAM DAN EDUKASI Prolanis (DM dan HT) Malang.- Materai 3000 LaporanProlanisEdukasi&Senam Page 6 . Terbilang :Rp.000.

DOKUMENTASI SENAM SEHAT PROLANIS DAN EDUKASI (CUCI TANGAN 6 LANGKAH) 5 Mei 2018 LaporanProlanisEdukasi&Senam Page 7 .

LaporanProlanisEdukasi&Senam Page 8 .